Promo Special Lister!

Dapatkan Disc. hingga 45%

Jam
Menit
Detik
Hubungi Admin kami untuk tahu Promo Terbaru!

Kursus IELTS Online dengan Tutor Professional dan Bersertifikat

Kursus IELTS Preparation online bantu kamu mempersiapkan IELTS dengan maksimal. Dilengkapi kelas garansi dengan Garansi Skor 7.5 atau Jaminan Uang Kembali!

Makin Ringan dengan Cicilan Bunga 0% !

Nikmati manfaat kursus kami dengan menggunakan fitur cicilan Bunga 0%. 

Kursus IELTS online, Siapkan Bekal untuk Hadapi IELTS

Tes IELTS adalah syarat utama bagi Anda yang ingin studi lanjut atau bekerja ke luar negeri. Namun, sudah sejauh mana keyakinan Anda akan lolos dalam tes berstandar internasional ini? 

Seringkali, kesibukan menghalangi kita untuk datang ke tempat kursus. Ditambah lagi, jarak tempuh, biaya transportasi yang mahal, serta cuaca yang tidak menentu bisa jadi penghalang Anda untuk datang ke tempat kursus IELTS. Lalu, bagaimana cara yang Paling Mudah agar dapat meraih target Skor IELTS impian Anda? 

Memperkenalkan Lister! Sebuah Kursus IELTS  online yang telah terbukti meluluskan ratusan alumni dan membantu mereka meraih Skor IELTS Impian melalui online kami yang fleksibel dan kurikulum personal, sesuai Level Anda! 

Mengapa Lister bisa Membantu Anda?

Kelas Online Lister menggunakan Metode One on One yang Personalized dan Sesuai Kebutuhan. Anda jadi Hemat Waktu dan Tenaga untuk fokus belajar pada materi yang Perlu ditingkatkan. Kami siap bantu Anda Lolos IELTS dengan skor terbaik di atas ekspektasi dengan berbagai benefit dan keunggalan!

ic_mixed_flexible_date@2x

Flexible Schedule

Nikmati layanan Kursus Online IELTS dengan jadwal fleksibel sesuai keinginan Anda. Bisa belajar kapan saja, dimana saja, lewat perangkat komputer Anda.

ic_mixed_qualified_tutor@2x

Berbasis Kurikulum Cambridge

Kurikulum kami sesuai dengan format Tes IELTS Resmi oleh Cambridge, yang dapat disesuaikan dengan level kemampuan Anda!
ic_mixed_guarantee_score@2x-1

Garansi Skor 7,5

Dengan kerjasama antara Tutor dan Siswa, meraih Skor 7.5 adalah target yang nyata. Ikuti kelas Ultimate untuk pembelajaran intensif dengan Garansi Skor 7.5!

ic_mixed_guarantee_score@2x-1

Personalized and Corrective Feedback

Didesain dalam Live Class Human to Human Interaction, dapatkan masukan dan bimbingan langsung dari Tutor Terbaik Lister untuk raih kemajuan belajar yang lebih signiifkan.

Informasi Seputar Kursus IELTS

Panduan Lengkap Tentang Kursus IELTS

Ketika anda ingin belajar atau bekerja keluar negeri terutama ke negara negara penutur asli bahasa Inggris anda pasti akan menemui tes bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL. Tujuan dari tes ini adalah memastikan bahwa kemampuan bahasa Inggris anda cukup untuk anda gunakan sebagai alat komunikasi sehari hari di negara tersebut.
Jadi apabila skor tes anda terbilang masih belum cukup, maka bisa jadi anda akan ditolak. Sebelum memutuskan untuk mengikuti kedua ujian tersebut, alangkah baiknya anda mengerti dulu tentang latar belakang dan profil dari masing masing tes.

Artikel ini ditulis untuk membantu anda mengenal salah satu tes tersebut yaitu tes IELTS. Dalam artikel ini kita tidak hanya akan membahas mengenai definisi dari IELTS tetapi juga membahas mengenai hal hal yang terkait dengan tes tersebut seperti format tes, biaya tes, hingga bagaimana cara anda menyiapkan tes tersebut.

Latar belakang tes IELTS

Tes ini dikembangkan pada tahun 1989 oleh tiga lembaga terkemuka di dunia yaitu  British Council, IELTS Australia/IDP Australia dan Cambridge Assesment English.

Tujuan dari ketiga lembaga tersebut menyusun tes ini adalah supaya masyarakat yang ingin bekerja, kuliah atau pindah ke negara negara penutur asli bahasa Inggris dapat memiliki tes yang terstandarisasi. Skor IELTS dimulai dari angka 1 (“non-user”) hingga angka 9 (“expert user”) namun ada juga yang memulainya dengan angka 0 untuk menunjukkan individu yang bersangkutan hanya daftar ujian saja tetapi tidak mengikuti ujian saat hari H tiba.

Pada tahun 2017 terdapat sekitar 3 juta orang diseluruh dunia yang mengikuti tes ini. Jumlah ini meningkat satu juta dibanding lima tahun sebelumnya. Dengan jumlah peserta ujian sebanyak itu maka tidak mengherankan apabila tes IELTS menjadi salah satu tes bahasa Inggris paling diminati diseluruh dunia.

Negara yang mengakui IELTS 

IELTS merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang diterima diberbagai negara terutama di Inggris Raya. Berbagai negara internasional menggunakan IELTS untuk berbagai kepeluan, seperti akademik, penyaringan karyawan di dunia kerja dan juga syarat masuk di negara tertentu. 

Sampai saat ini setidaknya ada 145 negara dan 12.000 organisasi yang mengakui dan menggunakan IELTS sebagai dasar untuk menilai kecakapan bahasa Inggris seseorang. Beberapa negara tersebut seperti Inggris Raya, Kanada, Australia, Amerika Serikat, Irlandia, Selandia Baru, Uni Eropa dan juga ASIA. Namun setiap negara dan setiap organisasi tentunya memiliki standar skor IELTSnya masing-masing. Hal ini juga disesuaikan dengan jenis kebutuhan. Dalam artian, skor IELTS untuk pekerjaan mungkin saja berbeda dengan skor IELTS yang ditetapkan untuk pendidikan/akademik. 

Format Tes IELTS

Tes IELTS terdiri dari empat bagian yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Empat bagian tersebut harus anda selesaikan dalam waktu 2 jam 45 menit dengan setiap bagian memiliki jatah waktu yang berbeda beda.

Di bagian Listening durasi waktu pengerjaan anda adalah selama tiga puluh menit plus  10 menit waktu memindah jawaban ke lembar soal, bagian Reading  60 menit, bagian Writing 60 menit juga dan bagian Speaking 11 sampai 14 menit. Berbeda dengan tiga bagian sebelumnya, pada bagian Speaking anda harus melakukan tatap muka dan percakapan singkat dengan penguji anda.

Format tes IELTS juga memuat kosa kata atau dialek bahasa Inggris dari tiga dialek umum yaitu British, Australia dan America. Jadi anda tidak perlu fokus mempelajari suatu dialek tertentu untuk mempersiapkan ujian ini.

Mulai tahun 2018, tes IELTS juga tersedia dalam bentuk computer delivered IELTS atau tes IELTS dengan memakai komputer. Format tes IELTS menggunakan komputer ini sama dengan tes IELTS menggunakan kertas. Hanya saja terdapat sedikit penyesuaian waktu pada bagian menyimak (listening) karena anda tidak perlu memindahkan jawaban dari lembar soal ke lembar jawab. Kelebihan dari tes IELTS dengan komputer ini adalah anda dapat memperoleh hasil tes anda lebih cepat daripada jika anda tes menggunakan kertas. Tes ini di Indonesia sudah tersedia di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan.

IELTS Academic Test

Kriteria Penilaian

Skor keseluruhan dari tes IELTS dihitung dari rata rata skor pencapaian pada setiap bagian untuk kemudian dibulatkan ke bilangan bulat terendah. Skor pencapaian setiap bagian dihitung dengan cara yang berbeda. Untuk bagian Reading dan Listening  setiap jawaban yang benar akan dihitung dengan nilai 1. Kumpulan dari nilai nilai itulah kemudian disesuaikan dengan skala penghitungan skor IELTS dibawah ini:

Listening:

Skoor IELTS

Jumlah Jawaban yang benar

5

16

6

23

7

30

8

35

Academic & General Reading:

Skor IELTS

Jumlah Jawaban yang benar

 5

16

6

23

7

30

8

35

Skor IELTS

Jumlah Jawaban yang benar

4

15

5

23

6

30

7

35

8

28

Jadi, jika anda menjawab 27 soal dengan benar misalnya maka skor listening dan reading anda adalah sebesar 6.0. Sementara skor tes kepenulisan (Writing) dan kecakapan berbicara (Speaking) dihitung dengan menerjemahkan keahlian anda untuk membuat sebuah tulisan dan pembicaraan yang kohesif, sesuai tema, dan tersusun sesuai aturan gramatikal yang benar kedalam angka. Untuk tes Speaking, kemampuan anda untuk mengucapkan kosa kata bahasa Inggris dengan jelas juga menjadi bahan penghitungan.

Skor IELTS dan kemampuan bahasa Inggris 

Skor yang didapatkan setelah mengikuti IELTS digunakan sebagai alat untuk menunjukkan gambaran kemampuan bahasa Inggris seseorang. Skor IELTS terbilang 0 sampai 9 yang memiliki penjelasan seperti berikut: 

Skor IELTS

Kemampuan

Deskripsi Kemampuan

9

Expert User 

Kemampuan individu pada tingkat ini cukup mahir dalam berbahasa Inggris. Dapat menguasai seluruh persoalan yang diberikan. Dapat memahami dan menggunakan bahasa Inggris tulisan maupun lisan dengan lancar di segala kondisi. 

8

Very Good User 

Individu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik baik dengan beberapa kesalahan kecil. Dapat memahami persoalan yang rumit. Individu bisa menggunakan bahasa Inggris dengan fleksibel dan efektif. 

7

Good User

Individu menguasai bahasa Inggris yang rumit dan argumentasi yang rinci sehingga dapat menggunakan bahasa Inggris yang baik, berkomunikasi secara efektif dengan beberapa kemungkinan terdapat kesalahan/kesalahpahaman/ tidak tepat pada situasi tertentu. 

6

Competent User 

Individu dapat menggunakan bahasa Inggris yang efektif. Dapat menguasai bahasa Inggris yang kompleks terutama dalam situasi yang sudah dikenal walau dengan beberapa kesalahan. 

5

Modest User

Individu dapat menggunakan bahasa Inggris dengan kemampuan rata-rata. Dapat berkomunikasi secara dasar terutama di bidang mereka sendiri. Kurang menguasai untuk komunikasi yang lebih kompleks. 

4

Limited User 

Individu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dasar dan terbatas, hanya pada situasi yang akrab. Kesulitan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk situasi yang kompleks, sering kali terjadi salah komunikasi. 

3

Extremely Limited User 

Individu menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan informasi umum dengan sangat dasar. Sehingga komunikasi hanya terbatas menggunakan bahasa Inggris yang dasar. 

2

Intermittent User

Individu memiliki kesulitan menggunakan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Komunikasi terhalang karena kurangnya kata dan frasa. Individu hampir tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. 

1

Non-User

Individu tidak memiliki kemampuan menggunakan bahasa Inggris. 

Jenis Jenis IELTS

Secara umum tes IELTS terbagi menjadi dua tes yaitu Academic test dan General training test. 

Baik Academic test dan General training test memiliki materi dan metode penilaian yang sama. Hanya saja materi Reading dan Writing untuk General training test adalah materi tentang kehidupan sehari hari sementara materi untuk Academic test adalah materi materi umum mengenai dunia akademis. Lain daripada itu penilaian bagian Reading untuk General training test juga sedikit berbeda.

Academic test

Academic test adalah tes kemampuan bahasa Inggris untuk mengukur kecakapan seseorang dalam bidang akademik. Jika ingin daftar ke universitas dan program akademik maka tes ini umumnya digunakan sebagai salah satu syarat masuknya. 

Struktur soal pada IELTS academic test ini sama dengan general test, hanya saja pada bagian reading berisi soal-soal yang sifatnya akademic. Bersumber dari buku, jurnal, surat kabar dan lainya. 

Struktur test academic test IELTS : 

  1. Listening (30 menit) tentang komunikasi sehari-hari dan juga akademik 
  2. Reading (60 menit) teks bersifat akademik 
  3. Writing (60 menit) menulis laporan based on diagram, grafik, laporan dan juga menulis esai 
  4. Speaking (11-14 menit) wawancara singkat tentang diri dan juga topik tertentu dilanjutkan dengan diskusi dua arah.

 

General training test

Sementara General training test adalah jenis tes yang akan anda dapatkan jika tujuan anda mengambil tes IELTS adalah untuk bermigrasi, bekerja dan sekolah dengan strata dibawah sarjana termasuk kalau anda mengambil sekolah vokasi. 

Pada bagian reading, general training test lebih kepada bidang sosial sehari-hari dan juga tentang dunia kerja. 

Struktur test : 

  1. Listening (30 menit) tentang komunikasi sehari-hari dan juga pekerjaan 
  2. Reading (60 menit) teks berkaitan dengan kebutuhan sosial, pekerjaan dan yang lebih kompleks
  3. Writing (60 menit) menulis surat untuk kebutuhan sehari-hari baik pribadi, semi formal dan formal juga esai 
  4. Speaking (11-14 menit) wawancara singkat tentang diri dan juga topik tertentu dilanjutkan dengan diskusi dua arah. 

 

IELTS life skill

Selain dua tersebut diatas, ada juga jenis tes IELTS yaitu tes IELTS life skill.  Jenis tes ini ditujukan untuk anda yang ingin mengikuti keluarga anda atau pasangan anda tinggal di Inggris dan memerlukan visa. Anda juga harus mengikuti tes jenis ini apabila anda ingin tinggal permanen dan atau pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Inggris.

Ada dua level dalam IELTS ini yaitu A1 dan A2. IELTS life skill A1 digunakan untuk mengajukan visa pasangan/keluarga dan juga perpanjangan visa untuk tinggal di Inggris. 

B1 digunakan untuk mengajukan permohonan perpanjangan visa tinggal di Inggris atau berkewarganegaraan Inggris.

Struktur test : 

  1. Speaking
  2. Listening 

Biaya tes IELTS

Biaya tes IELTS di Indonesia umumnya sama yaitu kisaran Rp. 2.900.000.,00 hingga Rp.3.000.000.,00  tergantung nilai tukar dollar terhadap rupiah pada tanggal anda mendaftar tes. Oleh karena jumlah ini cukup besar, alangkah lebih baiknya kalau anda mempersiapkan tes ini dengan persiapan yang matang.

Menurut britishcouncil.org, setidaknya dibutuhkan waktu sebanyak 84 hari untuk anda mempersiapkan tes ini dengan persiapan yang matang. Dalam waktu sebanyak itu, anda bisa mengikuti kursus baik offline maupun online, mengikuti IELTS prediction test, belajar secara mandiri melalui sumber sumber gratis yang bisa anda dapatkan diinternet dan terus mengerjakan banyak soal latihan.

Banyak hal yang harus anda keluarkan jika anda ingin mengikuti tes IELTS. Tidak hanya jumlah nominal yang besar, melainkan juga waktu belajar yang cukup lama. Namun pengorbanan ini sepadan dengan keuntungan yang bisa anda dapatkan jika hasil tes anda memuaskan. IELTS adalah tes uji bahasa Inggris terkemuka dan diterima oleh 10.000 lembaga didunia termasuk diantaranya 3000 universitas di Amerika Serikat dan di China. Oleh karena itu jangan ragu ragu untuk mengikuti tes ini. Anda bisa mendaftarkan diri anda secara online ke pusat pusat IELTS terdekat di kota anda.

Belajar IELTS Menggunakan Multimedia

Ada banyak jalan ke Roma. Itulah kiranya  pepatah kuno yang sering kita dengar. Ungkapan tersebut kurang lebih berarti banyak cara yang bisa kita tempuh untuk mencapai suatu tujuan. Termasuk diantaranya tujuan untuk lolos tes bahasa Inggris dan bisa pergi ke luar negeri. Kali ini tujuan tersebut adalah mendapatkan skor IELTS yang memuaskan sehingga anda bisa melanjutkan studi di negara negara pilihan anda.

Selama ini kita mungkin banyak belajar tes IELTS memakai buku entah itu buku tips dan trick mendapatkan skor IELTS yang tinggi atau buku latihan latihan soal IELTS. Kita juga sering menggunakan berbagai website pembelajaran IELTS bahkan beberapa orangdiantara saya atau anda sekalian mengambil jalur kursus untuk mencapai hasil yang kita inginkan. Namun jangan lupa perkembangan teknologi akhir akhir ini juga dapat membantu kita belajar IELTS. Teknologi tersebut bernama video pembelajaran, podcast dan aplikasi. Bagi anda yang memiliki tipe belajar auditory mungkin lebih mudah memahami materi materi latihan IELTS menggunakan metode ini. Artikel kali ini akan membahas mengenai apa saja materi materi yang ditawarkan dalam pembelajaran melalui multimedia ini serta channel channel mana saja yang dapat anda gunakan.

IELTS Indicator

Definisi Multimedia

Menurut it-jurnal.com, definisi multimedia adalah:

“Multimedia  dapat  diartikan  sebagai  penggunaan  beberapa  media  yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.”

Oleh karena itu jika anda belajar IELTS menggunakan E-book atau Audio book itu artinya anda sudah belajar IELTS menggunakan multimedia. Hanya saja pada artikel hari ini kita akan secara khusus membahas mengenai pembelajaran IELTS menggunakan jenis multimedia yang belum cukup umum digunakan sebagai instrumen pembelajaran yaitu video, podcast dan aplikasi.

Belajar IELTS menggunakan video

Metode belajar menggunakan video adalah salah satu cara belajar alternatif  terutama jika anda adalah orang yang lebih mudah menyerap materi dengan cara mendengarkan guru anda atau tipe belajar anda adalah tipe auditory. Saat ini banyak video video di youtube dan aplikasi pemutar video lainnya yang menyajikan materi tentang IELTS. Video video tersebut  tidak hanya menyajikan  tentang bagaimana cara mendapatkan IELTS dengan skor sekian tetapi juga menceritakan bagaimana pengalaman si pembuat video saat mengikuti tes IELTS.

Dengan demikian, belajar menggunakan video akan memberikan anda beberapa keuntungan berikut ini:

  1. Mengetahui cara mengerjakan tes IELTS dengan baik dan benar

  2. Mendapatkan insight pengalaman orang orang lain yang telah mengambil tes ini

  3. Anda dapat belajar materi melalui contoh yang jelas dan bisa jadi memiliki animasi yang lebih menarik daripada jika anda mempelajari materi tersebut melalui buku

  4. Melatih pendengaran dan pronounciation yang anda miliki. Terutama jika anda menyaksikan video yang dipresentasikan oleh penutur asli bahasa Inggris (native speakers).

Kini penyaji pembelajaran IELTS melaui video tidak hanya individu individu yang telah mengikui ujian ini atau mantan penguji IELTS tetapi juga lembaga pengembang IELTS speerti British Council dan Cambridge English menyediakan pembelajaran melalui video gratis untuk anda. Namun kalau anda juga tertarik mengikuti pembelajaran video yang disajikan oleh mantan penguji IELTS, anda bisa mengikutinya dengan melihat video dari kanal IELTS Liz, IELTSbuddy atau IELTS Simon.

Belajar IELTS menggunakan Podcast

Mungkin bagi sebagian orang Podcast adalah istilah media sosial yang masih asing ditelinga. Secara sederhana Podcast adalah rekaman audio yang bisa didengar oleh khalayak ramai. Sekilas definisi Podcast sama seperti radio, akan tetapi podcast lebih bersifat personal. Artinya anda tidak perlu menjadi sebuah lembaga untuk melakukan siaran di Podcast milik anda. Begitupun halnya pendengar bisa memilih apa yang ingin mereka dengarkan dengan jumlah pilihan yang tersedia jauh lebih banyak daripada pilihan yang tersedia di radio. Saat ini fitur podcast bisa anda dapatkan diberbagai platform seperti iTunes, Mac, Spotify hingga Anchor.com.

Belajar IELTS memakai Podcast bisa jadi tantangan tersendiri bagi anda. Sebab tidak sama halnya dengan video, anda hanya bisa mendengarkan rekaman suara dan tidak bisa membaca subtitle atau melihat contoh. Namun demikian mendengarkan Podcast yang berisi materi IELTS atau Podcast berbahasa Inggris dengan tema lain dapat melatih Listening skill anda dengan baik. Pastikan sebelum mendengarkan Podcast tersebut anda sudah menyiapkan alat tulis sehingga ketika anda menemukan kosa kata atau fakta baru anda bisa dengan mudah mencatatnya.

Sama seperti halnya video, saat ini institusi institusi resmiseperti British Council dan Cambridge Assesment English juga sudah menyediakan sarana pembelajaran melalui Podcast yang bisa anda manfaatkan. Materi yang ditawarkan oleh lembaga lembaga tersebut dalam Podcast milik mereka tidak hanya sebatas IELTS melainkan topik topik umum yang mungkin akan keluar di ujian tersebut seperti sejarah Inggris, tentang pandemi covid19 dan lain lain.

Belajar IELTS menggunakan aplikasi

Selain menydiakan pembelajaran melalui video dan audio, British Council juga memfasilitasi anda dengan pembelajaran melalui aplikasi. Terdapat dua aplikasi dari lembaga ini yang dapat anda gunakan sebagai alat bantu belajar.

Aplikasi tersebut adalah IELTS Prep App dan IELTS Word Power. Didalam aplikasi IELTS Prep App anda akan memperoleh latihan soal, tips grammar, kuis dan lain lain sementara IELTS Word Power menyajikan games games seru yang dapat anda mainkan untuk meningkatkan jumlah vocabulary yang anda kuasai. Saat ini kedua aplikasi tersebut masing masing telah didownload sebanyak 1 juta lebih pengguna dan mendapatkan skor review sebesar 4.5 dan 3.4 di Google Play Store.

Aplikasi lain yang juga mendapatkan review dan jumlah download tertinggi di Google Play Store adalah IELTS Practice & IELTS Test serta IELTS Exam Preparation. Kedua aplikasi tersebut masing masing sudah di download oleh 500 ribu pengguna dan 1 juta pengguna serta mendapatkan rating sebesar 4.8 dan 4.4.

Pembelajaran melalui multimedia memungkinkan anda untuk belajar kapanpun dan dimanapun secara gratis. Termasuk jika anda berada di Indonesia dan ingin belajar tentang IELTS. Media media tersebut diatas tidak hanya menyediakan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris tetapi juga bahasa Indonesia.

Jadi anda tidak perlu khawatir untuk mulai belajar IELTS sejak dini walaupun anda masih seorang pemula. Meskipun belajar IELTS dengan mengikuti kursus pasti  memiliki nilai lebih, tidak ada salahnya kalau anda belajr IELTS secara otodidak menggunakan media media diatas.

IELTS Simulation Test – Contoh Soal IELTS

Kali ini Lister.co.id – akan sekali lagi membahas tema mengenai IELTS, namun tentunya akan berbeda dengan artikel IELTS yang sebelumnya sudah dibahas. Tema artikel kali ini adalah ‘IELTS Simulation Test’ yang akan sangat menarik minat serta akan melengkapi artikel sebelumnya. Judul artikel kali ini adalah: Contoh Soal IELTS.

Jika di beberapa artikel test preparation yang lalu telah dibahas mengenai IELTS dan sistematikanya, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai materi dan contoh soal dari IELTS.

Hal ini tentu diperuntukkan bagi mereka yang ingin dan sedang mempersiapkan suatu ujian IELTS. Karena itulah pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai contoh soal-soal beserta kunci jawaban yang biasa muncul pada tes IELTS, guna memudahkan para pembelajar tersebut.

Selayang pandang mengenai IELTS

Seperti yang sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya, IELTS adalah salah satu tes untuk mengukur kompetensi kebahasaan, khususnya Bahasa Inggris, dengan cara menguji empat kemampuan dasar dalam berbahasa, yaitu: membaca (reading), menyimak (listening), menulis (writing), dan berbicara (speaking).

IELTS sendiri merupakan singkatan dari International English Language Testing System, yang mana pada saat ini perizinan pelaksanaannya dipegang oleh Cambridge Assessment English yang bekerja sama dengan beberapa lembaga non-kepemerintahan Inggris.

Test IELTS sendiri terbilang cukup simpel, yang mana hanya perlu menguji keempat kemampuan dasar tersebut pada rentang waktu yang telah ditentukan. Secara total, dalam satu kali tes, IELTS sendiri memerlukan waktu kurang-lebih sekitar 225 menit, yang terbagi menjadi:

  • Listening : 30 menit (waktu tambahan 10 menit)

  • Reading : 60 menit

  • Writing : 60 menit

  • Speaking : 11–14 menit

Pada tes listening terdapat 40 pertanyan yang terbagi rata dalam empat sesi; pada tes reading soal akan beragam namun secara garis besar akan ada tiga sesi (sections) yang berisi text dengan total sekitar 2150-2750 kata; tes writing terbagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama kita diharuskan untuk mampu menulis minimal 150 kata dalam waktu 20 menit, sedangkan sesi kedua sebanyak 250 kata dalam 40 menit; sedangkan tes speaking akan terbagi menjadi tiga sesi dimana kita akan berbincang-bincang dengan seorang penguji yang merupakan seorang penutur asli (native speaker).

Contoh soal IELTS.

Dan berikut ini adalah beberapa contoh soal IELTS beserta kunci jawabannya. Pada artikel kali ini, hanya akan ditampilkan beberapa contoh soal yang biasa dijumpai pada tes reading saja.

Passage 1

Read about paragraph below and answer the questions.

Carbine Assault Rifle

Like all types of firearm, “Maverick M4A1 Carbine” needs quick-reload ability in order to maximize its usage because Carbine needs a big amount of ammunition so that it can work properly. The quick-reload itself, for the first, has to be trained through multiple ways of a practical method – It may help the army on the battlefield.

Carbine is categorized as an Assault Rifle firearm. Assault Rifle is a type of firearm that has long-range shots. It can release 30-50 bullets per minute, which makes it different from the other types of firearm. Carbine is also different from any other Assault Rifles. It has an accuracy that been said is above the rate of any other Assault Rifles. With all of that advantage, Carbine is chosen by many countries in the world as the standard firearm for their soldiers.

  • Type 1:

According to the passage above, how many bullets can an Assault Rifle shoot in a minute?

  1. Ten to twenty.

  2. Fifteen to forty

  3. Thirty to fifty.

  4. Sixty to a hundred.

  5. Thirteen to fifteen.

  • Type 2:

  1. Maverick M4A1

  2. Assault Rifle

  3. The quick-reload

  4. A firearm

Choose the following words to answer the questions:

  1. What types of firearm is Carbine? …

  2. What may help army in the battlefield? …

  3. What is Assault Rifle? …

  • Type 3:

Answer the questions with up to two words.

  1. Why many countries choose Carbine as their standard firearm?

  2. What makes Carbine special?

  3. Why armies need quick-reload ability when using Carbine?

Pembahasan Soal IELTS.

Soal diatas adalah salah satu bentuk materi reading yang akan ditemui pada tes IELTS. Terdapat tiga jenis tipe pertanyaan yang biasanya muncul, namun bukan berarti tipe-tipe pertanyaan yang berbeda tidak dapat muncul. Tipe pertanyaan diatas hanyalah varian jenis yang paling sering dimunculkan. Dan berikut adalah pembahasannya:

1. Untuk tipe pertanyaan pertama, tentu saja banyak orang sudah sangat lumrah sekali, karena tipe pertanyaan ini adalah yang biasa disebut dengan soal pilihan ganda (multiple choice). Dalam menjawab soal-soal semacam ini, kita hanya perlu memilih satu dari 3-5 pilihan (option) yang ada, dimana jumlah pilihan jawaban yang ada ditentukan dengan tingkat kesulitan soal itu sendiri.

Untuk menyelesaikan jenis soal tipe ini, seseorang harus mengerti konteks pertanyaan, jawaban, serta bagaimana cara mencari informasi yang dibutuhkan dari paragraf yang tersedia. Kemampuan penguasaan kosakata pada konteks yang berbeda juga diuji pada tipe pertanyaan ini.

Dapat dilihat pada pertanyaan ini dimana informasi yang dibutuhkan adalah mengenai kisaran peluru yang dapat dimuntahkan oleh senjata Carbine dalam tiap menitnya. Kita dapat melihat bahwa informasi yang ada dalam paragraf berbentuk angka (30-50), sedangkan jawaban yang tersedia berbentuk kosakata (vocabulary). Karena itu diperlukan sebuah jawaban yang melambangkan kosakata angka-angka tersebut. Maka jawabannya adalah: C. Thirty to fifty

2. Untuk tipe pertanyaan kedua, kita perlu menjodohkan beberapa pilihan yang tersedia sebagai jawaban dari beberapa pertanyaan. Pada contoh diatas, dapat dilihat bahwa terdapat empat pilihan jawaban, sedangkan pertanyaan yang ada hanyalah tiga. Karena itulah, salah satu pilihan jawaban yang ada hanya bersifat sebagai pengecoh. Namun ada juga tipe yang tidak menggunakan pengecoh, tergantung tingkat kesulitan dari tes reading itu sendiri.

Untuk menjawab, kita hanya perlu melihat mana pilihan jawaban yang sekiranya sesuai dengan konteks pertanyaan. Pertanyaan pertama mempertanyakan mengenai tipe senjata dari Carbine (maka jawabannya adalah B.); pertanyaan kedua bertanya mengenai hal yang dapat membantu tentara di medan pertempuran (jawabannya C), dan; pertanyaan ketiga menanyakan apa itu Assault Rifle (pertanyaan untuk pilihan D). Karena itu pilihan A tidak perlu dipilih karena tidak dapat menjawab ketiga pertanyaan itu dan memang bukan pasangannya.

3. Untuk tipe pertanyaan ketiga, biasa dikenal dengan pertanyaan singkat atau essay. Jawaban yang diperlukan berasal dari informasi-informasi yang dapat ditemukan pada paragraf. Bentukan dan struktur kalimat dari jawaban dapat bervariasi, namun pastikan tatabahasa (grammar)-nya tepat dan dapat menjawab pertanyaan sesuai konteks.

Untuk pertanyaan (1) cukup jawab bahwa Carbine memiliki beberapa keistimewaan, tidak perlu di jabarkan apa-apa saja keistimewaannya karena nanti itu akan menjadi jawaban pertanyaan selanjutnya.

Maka pastikan kita melihat pertanyaannya-pertanyaan yang ada secara seksama sebelum menjawab. Jawaban pertanyaan (2) memerlukan korelasi dengan keistimewaan Carbine secara spesifik (memiliki akurasi yang baik) serta spesialitas dari Assault Rifle sendiri (memiliki jarak tembak yang jauh). Sedangkan pertanyaan (3), perlu membahas mengenai kebutuhan amunisi Carbine yang banyak.

Dari tes reading sendiri, akan sangat banyak ragam-ragam soal yang lain. Soal diatas hanya sebagai contoh dan bersifat perkenalan mengenai tes IELTS. Karena itu pastikan untuk mematangkan kemampuan Bahasa Inggris dengan memperbanyak latihan sebelum memutuskan untuk mencoba IELTS.

IELTS untuk profesional kerja 

Tes IELTS banyak dibutuhkan untuk keperluan pekerjaan, akademik dan juga administrasi bepergian ke beberapa negara. Banyak organisasi baik akademik maupun pemerintahan yang menggunakan IELTS sebagai syarat bergabung. 

1. IELTS untuk persyaratan masuk di dunia kerja internasional 

Di berbagai perusahaan pemerintahan maupun swasta untuk bidang kerja profesional seperti perawat, pengajar dan lainya membutuhkan IELTS untuk melihat kemampuan bahasa Inggris individu. 

Negara Uni Eropa seperti Jerman, Italia, Prancis, Denmark, Belanda, Austria banyak perusahaannya yang menggunakan IELTS untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang terutama untuk menilai kemampuan bahasa Inggris dalam konteks pekerjaan. Selain itu juga negara ASIA seperti Singapore, Hong Kong yang membutuhkan IELTS untuk membuat visa kerja. Begitu juga dengan Inggris, Kanada, Irlandia yang menggunakan IELTS untuk keperluan imigrasi dan visa kerja. 

Jadi dalam skala internasional, IELTS untuk bidang kerja digunakan untuk keperluan membuat visa kerja dan juga menilai kemampuan bahasa Inggris dalam topik pekerjaan dan profesional seseorang. 

2. Sektor pekerjaan yang membutuhkan IELTS 

Dalam pekerjaan internasional, IELTS banyak dibutuhkan di bidang-bidang kerja yang strategis. Diantaranya seperti: 

  1. Pariwisata : banyak perusahaan yang memberi layanan tour dan hotel memerlukan karyawan yang menguasai bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan para tamu internasional 
  2. Pendidikan : universitas memerlukan tenaga administrasi maupun pengajar yang menguasai bahasa Inggris terutama dalam bidang akademik untuk komunikasi maupun kegiatan mengajar. 
  3. Kesehatan : profesi medis seperti perawat, dokter, ahli gizi dan lainnya memerlukan kemampuan bahasa Inggris yang bagus untuk berkomunikasi bahasa Inggris yang baik 
  4. Keuangan dan bisnis : profesi yang berhubungan dengan keuangan dan dunia bisnis perlu mengembangkan koneksi internasional dimana hal ini kemampuan bahasa Inggrisnya harus baik 
  5. Teknologi : profesi yang berhubungan dengan IT membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik untuk bekerja dengan tim internasional maupun klien 

 

Untuk mengukur kemampuan seseorang dalam bahasa Inggrisnya, banyak perusahaan yang menggunakan IELTS sebagai tes masuk ke perusahaannya. 

3. Skor IELTS yang diperlukan untuk masuk dunia kerja 

Untuk bisa masuk dan berkomunikasi yang baik menggunakan bahasa Inggris di dunia kerja internasional, umumnya perusahaan memberikan standar skor tertentu. 

Pekerjaan 

Skor IELTS

Kemampuan 

Sektor pelayanan jasa (Caregiver, pegawai toko), sektor pariwisata, posisi administratif 

6.0 – 6.5 

Kemampuan komunikasi dasar hingga menengah yang baik 

Pekerjaan profesional seperti sektor kesehatan (dokter, perawat), posisi tinggi di perusahaan (manajer, sekretaris, CEO, COO),  konsultan, sektor pendidikan, IT dan hukum 

7.0 – 7.5 

Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dalam berbagai situasi dan topik yang rumit. 

Pekerjaan profesional seperti peneliti, penulis, sektor akademis 

8.0 – 9.0

Kemampuan bahasa Inggris yang sangat tinggi yang bisa berkomunikasi di posisi yang kompleks. 

Tes IELTS untuk akademis 

IELTS sangat besar kegunaannya dalam hal akademis atau pendidikan. Banyak universitas di Indonesia dan di luar negeri yang mengharuskan calon mahasiswanya untuk menunjukkan skor IELTS. 

Hal ini diperlukan agar calon mahasiswa bisa mengikuti pembelajaran dan juga berkomunikasi dengan baik di masa pembelajaran. Tentu saja IELTS bisa membantu kampus untuk melihat bagaimana kemampuan calon mahasiswanya di bidang akademik. 

1. IELTS untuk keperluan akademis 

Banyak universitas negara besar seperti Inggris Raya, Amerika Serikat, Kanada umumnya memberikan syarat IELTS untuk calon mahasiswanya. Selain untuk keperluan membuat visa pelajar, IELTS juga sangat dibutuhkan untuk melihat kemampuan bahasa Inggris untuk bidang akademis. 

Keperluan akademis seperti pendaftaran mahasiswa baru, beasiswa, pertukaran pelajar dan juga magang, setidaknya program tersebut yang banyak dilakukan dan memerlukan IELTS. Setiap universitas umumnya memberikan minimal skor tertentu untuk persyaratan sehingga berbeda antar universitas. Terutama pada program studi tertentu yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik. 

Umumnya ujian IELTS yang digunakan adalah Academic IELTS dimana dalam struktur ujiannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan pelajar. 

2. Program akademik yang membutuhkan IELTS 

Ada beberapa program akademik yang membutuhkan IELTS sebagai syarat mengikuti program tersebut, seperti:

  1. Pendaftaran kuliah: Jika berencana kuliah kelas internasional maupun kuliah di luar negeri maka IELTS menjadi syarat wajib untuk dimiliki. Minimal score tergantung oleh jenis prodi dan juga syarat dari universitas. 
  2. Magang: Program magang kerja di luar negeri membutuhkan IELTS untuk melihat kemampuan bahasa inggris individu, terutama pada bidang kerja yang berhubungan dengan pelayanan umum dan bisnis internasional
  3. Pertukaran pelajar: pertukaran pelajar di kampus luar negeri, banyak universitas yang mensyaratkan IELTS 
  4. Pelatihan: Beberapa pelatihan membutuhkan IELTS untuk memberi gambaran peserta mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris 
  5. Program master & PhD: untuk apply program master dan PhD banyak universitas Indonesia maupun luar negeri mensyaratkan IELTS 

 

3. Skor IELTS yang diperlukan untuk keperluan akademis

Setiap universitas memiliki standar skor khusus yang diberikan. Hal ini juga bergantung dari program studi yang diambil. 

 

 

 

Pelatihan IELTS Karyawan, Berikan kursus Terbaik untuk Tim Anda!

Kami dapat membantu instansi Anda melalui Program Bimbingan  IELTS yang dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan dalan In-House Training Online dan atau Online Class dengan min. 5 peserta/perusahaan.

Promo GRATIS Trial Class untuk Perusahaan Anda!

Dipercaya Lebih dari 300+ Perusahaan, Sekolah dan Institusi

Fasilitasi karyawan dengan berbagai program training dari Lister untuk meningkatkan loyalitas, kompetensi dan produktifitas karyawan Anda. Karyawan yang kompeten adalah investasi penting bagi perusahaan

Pengalaman Puas Klien B2B Mengikuti Kursus Lister

Kursus IELTS Preparation Private di Lister, Bebas Tentukan Jadwal!

Deskripsi Program
LISTER Preparation Course for IELTS dirancang khusus untuk membantu siswa lebih percaya diri dalam menghadapi tes resmi IELTS Academic dan General, melalui strategi, tip dan trik khusus untuk mengerjakan soal dengan benar dan tepat hingga memperoleh target skor tinggi yang diharapkan siswa.
Karakteristik Siswa
Persyaratan level calon student adalah Intermediate B2.  Jika calon student masih berada di level Bahasa Inggris dasar, maka sangat disarankan untuk mengambil kelas Academic English terlebih dahulu.
Materi Pembelajaran
  • Introduction to IELTS Academic/GeneralTest
  • Listening task type 1, 2 and 3: matching, plan, map and diagram labelling.
  • Listening task 4,5 and 6: filling form, note, sentence completion, and short answer question.
  • Reading task 1-5: Identifying information, writer’s views/claims, matching information and heading.
  • Reading task 6-8: matching features, sentence and note completion, summary.
  • Reading task 10 & 11: Diagram label completion and short answer questions
  • Writing task 1: identify important and relevant information in a graph, chart, table or diagram; summarizing and explain data accurately in academic style.
  • Writing task 2: present a clear, relevant, well-organized argument, giving evidence, and supporting ideas.
  • Speaking task 1: communicate your opinions and information on everyday topics.
  • Speaking task 2 & 3: speak at length on a given topic and discussion.
Previous slide
Next slide

Pilihan Kelas IELTS Preparation
untuk Raih Skor Maksimal!

Anda juga bisa memesan Kelas Reguler mulai 12 hingga 80 pertemuan!

IELTS Prep
Short Course 1
Private

Sedang Diskon 15%!

Rp1.795.000

Rp1.525.750

Dapatkan Diskon Menarik Khusus Bulan Ini!

IELTS Prep
Short Course 2
Private

Sedang Diskon 15%!

Rp2.324.000

Rp1.975.400

Dapatkan Diskon Menarik Khusus Bulan Ini!

Rekomendasi

IELTS Prep
Flash
Private

Sedang Diskon 15%!

Rp3.383.000

Rp2.875.550

Dapatkan Diskon Menarik Khusus Bulan Ini!

Paket Bundling untuk Belajar Lebih Murah dan Lengkap!

Selengkapnya mengenai program bundling dapat dilihat pada link ini.

IELTS Prep & Bimbingan Beasiswa
Private Bundling Class

Cocok untuk Scholarship Hunters

*Sedang Diskon 15%!

Rp7.038.000

Rp6.538.000

*Sesuai S&K

IELTS Prep & Academic English
Private Bundling Class

Cocok untuk Test Taker Pemula

*Sedang Diskon 15%!

Rp6.118.000

Rp5.618.000

*Sesuai S&K

IELTS Prep & Academic Writing
Private Bundling Class

Cocok untuk Improvement Writing Skill

*Sedang Diskon 15%!

Rp6.118.000

Rp5.618.000

*Sesuai S&K

Diskon Lebih Besar untuk Paket Garansi!

Kapan lagi Anda bisa mendapatkan jaminan Lolos IELTS >7.5 jika tidak hari ini? Dapatkan Diskon 45% untuk pembelian paket garansi!

#HematLebihBanyak

Kursus Online IELTS Paket Garansi

Jaminan Uang Kembali jika Skor Anda tidak mencapai Target!
Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan skor Anda

Garansi Skor IELTS 6.5 - 7.5

IELTS Prep
Intensive
Private

Rp10.795.000

Rp8.795.000

*S&K Diskon Paket Garansi Berlaku

Add Your Heading Text Here

Garansi Skor IELTS 6.5

IELTS Prep
Ultimate Broze
Private

Rp16.089.000

Rp14.089.000,00

*S&K Diskon Paket Garansi Berlaku

Garansi Skor IELTS 7 - 7.5

IELTS Prep
Ultimate Silver
Private

Rp18.736.000

Rp16.736.000

*S&K Diskon Paket Garansi Berlaku

IELTS Prep
Ultimate Gold
Private

Garansi Skor IELTS 7.5-8

Rp21.383.000

Rp19.383.000

*S&K Diskon Paket Garansi Berlaku

Ikut Kursus IELTS, GRATIS Bimbingan Studi ke Luar Negeri!

Program IELTS x PDVL dengan
Diskon KHUSUS!

IELTS PDVL Short 2

Rp2.324.000

Rp 1.975.000

IELTS PDVL Flash

Rp3.383.000

Rp2.875.000

IELTS PDVL Express

Add Your Heading Text Here

Rp4.442.000

Rp3.775.000

IELTS PDVL Brushup

Rp5.500.000

Rp4.675.000

Mulai Studi Lanjut & Karir Internasional Anda
Paket Bundling IELTS Prep & Official Test!

Get Discount 5%
Pakai Kode Promo: BTIELTS

Rekomendasi

IELTS Prep + Official Test Flash

Rp6,025,000

Rp5.723.750

(Disc. 5%)

IELTS Prep + Official Test Express

Rp6,925,000

Rp6,578,750

(Disc. 5%)

IELTS Prep + Official Test Brushup

Rp7,825,000

Rp7.433.750

(Disc. 5%)

Cek Program Bundling Kursus Persiapan IELTS

Lengkapi belajar Anda dengan Kursus Skill Speaking/Writing/Reading/Listening, Simulasi IELTS,  dan Persiapan Beasiswa 

Cerita Alumni tentang Kelas Lister

Ratusan siswa telah mengambil kelas kursus IELTS dan berhasil Meningkatkan Skill mereka!

IELTS Class

Lister membantu saya untuk mempersiapkan tes IELTS untuk studi saya ke Eropa. Jadi saya hanya butuh waktu 1 bulan. Sepulang dari kerja di Maluku saya langsung bisa mengerjakan tes meskipun hanya ikut kursus dalam waktu yang singkat. Apalagi dengan kelasnya yang fleksibel dan bisa menyesuaikan untuk yang bekerja seperti saya. Hasilnya, saya berhasil mendapatkan skor IELTS 7.0 sesuai dengan keinginan saya.

Vincent Setiawan
Private Employee, Erasmus Mundus Scholarship

IELTS Class

Belajar di Lister itu asik ya. Kita bisa milih kelas sesuai kebutuhan, sesuai sifat kita, karena aku sendiri ngga suka yang kelas telalu banyak. Tutornya seru, lebih ngerasa ngomong ke temen. Belajarnya dari awal, lama-lama bertahap jadi makin sulit dan asik. Modulnya bagus. Di setiap beberapa kali pertemuan ada tes untuk memantau perkembangan. Setelah selesai juga masih bisa nanya-nanya.

Rama Nurdewanto
Institut Teknologi dan Logistik Trisakti

IELTS Class

Kemampuan Bahasa Inggris saya telah berkembang sangat pesat, saya mendapatkan hasil tes IELTS yang pertama 6.5, dan yang kedua 7.0. Enaknya ikut kelas ini adalah terdapat progress test dan post test, sehingga kita akan mengetahui seberapa jauh kita memahami konteks soal-soal IELTS demi mendapatkan hasil akhir yang jauh lebih maksimal. Selain itu terdapat modul untuk latihan mandiri. Well, it’s worth it you know.

Zaata Zamni
Psychology Student

IELTS Class


Beruntung banget bisa kenal Lister. Disini kita dapet banyak ilmu, tips dan trik
mengerjakan soal-soal IELTS bersama tutor terbaik dan berpengalaman sekaligus
awardee-awardee beasiswa luar negeri. Dengan sistem pembelajaran yang intensif dan fleksibel serta materi yang lengkap, Lister adalah solusi terbaik untuk kita yang ingin meningkatkan score IELTS tapi memiliki kesibukan.

Nursanti Aprilianti
Teacher of Pharmacy

IELTS Class

Living in eastern Indonesia made it difficult for me to get the information about IELTS & Scholarship. besides that, I also have difficulty sharing with other scholarship hunter in my neighborhood. Lister helped me to learn how to get score IELTS I need and also provide scholarship mentoring and during program i meet a lot of friends from around Indonesia who have same dream with me that could make me even more motivated in study abroad

Ahmad Shobirin
Student of Universitas Masamus Merauke

IELTS Class

Awalnya bingung dan merasa hopeless karena kerja shifting dan sepertinya susah untuk mencari tempat bimbingan belajar yang waktunya pas. Sampai akhirnya aku daftar di kelas private Pre-IELTS Lister, waktunya fleksibel,dengan materi belajar yg bisa di akses dimanapun & kapanpun. Selama satu bulan belajar, hal yang paling aku suka adalah writing ku diberi feedback, jadi aku bisa mengevaluasi apa yang perlu di tingkatkan. Tentor yang berkompeten, berpengalaman & LPDP awardee selalu memberi positive vibes, semangatjuga memberikan berbagai tips untuk meningkatkan skill IELTS. Dan ada satu kalimat penyemangat dari tentor yang sampai saat ini masih aku ingat “Keberhasilan adalah ketika kesempatan bertemu dengan persiapan” sehingga membuatku lebih bersemangat ketika kegiatan belajar berlangsung

Septiani Wahyu Tami
Office Staff at Traveloka

IELTS Class

I finally achieved my dream of getting band 7.0. It was such a rewarding process, that I increased my overall band by taking Master Plus Private program, it was really helpful to support my self-study plan of rebuilding IELTS! Thank you so much Mr Didin, you help me to create my writing as my own clearly structured expressions of ideas without taking any rigid complicated rules. And also Miss Mega, you help me a lot to bulid my confidence to speak fluently and naturally (before having you as my tutor, I always think of my self as real bad english speaker). After all, thank you so much for all your advice
and guidance!

Indriani Pratiwi
Office Staff

IELTS Class

“Thank you Ms Ratih for teaching me over two months. It has been a wonderful experience having you as my teacher. Your patience and always providing thoughtful responses to all my questions have been great . Thank you  Lister for providing such an excellent learning environment. The quality of education and the dedication of the teachers have truly made a positive impact on helping me achieve my goals.”

Keisha Khalila Mauristha
Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota UGM

Daftar Keberhasilan Siswa Lister

NoNama ProgramNama StudentHasilBukti
1IELTS Short Course 2 Private (8x)Nizamixavier Rafif LutvieIELTS 7.5Rafif.jpeg
2PUPRPak ChandraIELTS 7.0Pak Candra PUPR.jpeg
Pak Chandra PUPR1.jpeg
3IELTS Prep B2B Lister X Kementerian PUPRFika LailyIELTS 7.0Tutor Demas Fika Laily.jpeg
4IELTS Short Course 2 Private (8x)Fabian Savero Diaz PranotoIELTS 7.0Yuwanda (Diaz).jpeg
5IELTS Preparation Paket Berdua List 1 (Flash) 12xPritaIELTS 7.0Prita IELTS.jpeg
6IELTS Short Course 2 Private (8x)Kemal SusantoIELTS 7.5Kemal IELTS.jpeg
7
IELTS Preparation Paket 3-5 List 1 (Brushup) (Berlima) (20x)
NikiIELTS 7.0Niki IELTS.jpeg
8Josephine EstherList 8
Read 6.5
Speaking 6.0
Writing 6.0
Accepted Scut Intern. Scholarship
Joce IELTS.jpeg
9Pre-IELTS Short Course 1 Private (6x)Daiva Bani AthallaIELTS 7.5Daiva IELTS.jpeg
10IELTS Express Private (16x)Keisha Khalila MauristhaIELTS 7.5Keisha IELTS.jpeg
11IELTS Short Course 2 Private (8x)
Extend dr free trial
Gabriel Angelia NirvelliIELTS 8.0
Accepted GIGA Scholarship
Gabriel IELTS.jpeg
12IELTS Short Course 2 Private (8x)Fabian Savero Diaz PranotoIELTS 7.0Yuwanda (Diaz).jpeg
13IELTS Short Course 2 Private (8x)Rosa MoniqueIELTS 8.0Rosa Monique.jpeg
14IELTS Short Course 1 Private (6x)Rose Rosyida AnwarGood grade test IELTSRose Rosyida Anwar.JPG
15IELTS Short Course 2 Private (8x)Kenji SachioLebih percaya diri saat berbicara menggunakan bahasa inggrisKenji Sachio.JPG
16IELTS Flash Private (12x)Veronica JaniceIELTS 7,5Veronica Janice.jpeg
17IELTS Short Course 2 Private (8x)Florencia Lokanantasiswa 2bulan lalu sudah pernah tes sampai 2x dan skor speakingnya 5.0 terus. Dan tes lagi ini dapat 7.5 setelah 8x sesi di ListerFlorencia Lokananta.jpeg
18IELTS Trial Course (2x)Apta Archie InayasariOverall: 6,5
Dari skor ielts overall 6 menjadi 6,5
Apta Archie Inayasari.jpeg
19IELTS Brushup Private (20x)Danish Ara Parnyatatutor sangat membantu studentDanish Ara Parnyata.jpeg
20Semi Private IELTS (16x)Febi ChristyaOverall 6,5Febi Christya.jpeg
21Semi Private IELTS (16x)Octadian CandramataOcta :
Listening : 8.5
Reading : 8.0
Speaking : 6.5
Writing : 6.5
Keterima Beasiswa Awardee IISMA 2023
Octadian Candatama IISMA.jpg
Octadian Candatama Testimoni.JPG
22Bundling STUDY ABROAD 1 IELTS (20x) + Academic English (8x)Ilham Zulfikri FirdausOverall 7
Listening : 6,5
Reading : 8,5
Writing : 6,5
Speaking : 6.0
Ilham Zulfikri Firdaus.jpeg
23IELTS Preparation Paket 3-5 List 1 (Short Course 1) (6x)Christa KarinaOverall: 7,5Christa Karina.JPG
24IELTS Preparation Paket 3-5 List 1 (Short Course 1) (6x)Alver PrasetyaOverlall: 7,5Alver Prasetya.jpg
25IELTS Preparation Paket 3-5 List 1 (Short Course 1) (6x)Nikolaus TobianOverall: 7.0Nikolaus Tobian.jpg
26IELTS Short Course 2 Private (8x)Fernando Ivan Lukmana HaryantoOverall: 7,0Fernando Ivan Lukmana Haryanto.jpg
27IELTS Short Course 2 Private (8x)Keviano Azzami TsafiqOverall 7,5
(His goal was to get 6.5, but he got higher than he expected!)
Keviano Azzami Tsafiq.jpeg
28IELTS Brushup Private (20x)Jovita MelindaOverall 7,5
(She was struggling with speaking section for the past situation, yet she still nailed it with a satisfying overall score!)
Jovita Melinda.jpeg
29IELTS Simulation Test Paket Berdua List 5 (Express) (2x)M. Ikhsan Habib LubisTutor sangat responsif dan membantuM. Ikhsan Habib Lubis.png
30IELTS Intensive Private (40x)Elsa Allisanda Putrioverall 8.0
(Terimprove 0.5 point, dengan 3 band tes masing2 naik)
Elsa Allisanda Putri.jpg
31IELTS Ultimate Bronze Group (60x)Bahrultes IELTS 6,5Bahrul IELTS.jpg
32Kelas GrupMuhammad RezaLulus LPDPMuhammad Reza.jpg
33IELTS Trial Course (2x)
IELTS Trial Course (2x)
Daniel KoloayTutor bersedia membantu jika ada kesulitan dan materi mudah dimengertiDaniel Koloay.JPG
34IELTS Simulation Flash (1x)Keisha Daffa AryaniFEB UI Management
(maba UI, alumni private course ielts di Lister)
skill ilmu yang diajarin oleh tutor reza sangat berguna di subtest english
Daffa.jpeg
35IELTS (16x) + [Free] Coaching Clinic (3x) – Express – 19 MeetingWismar RizkiIELTS 7Wismar Rizki.jpeg
36IELTS Building Group Class (20x)Rachma Lutfiny Putrites IELTS 6,5Rachma Lutfiny Putri IELTS.jpg
37IELTS Brushup Private (20x)Fransiskus Budi Kurnia AgungOverall 7,5
Speaking : 6,5
Listening : 8,5
Reading : 7,5
Writing : 7,0
Fransiskus Budi Kurnia Agung.jpeg
38IELTS Express private (16x)Alya AskaIELTS : 7,5Alya Aska.jpeg
39IELTS Flash Private (12x)Annisa Putri AuliaOverall: 6,5Annisa Putri Aulia.jpg
40Private IELTSTri MirantiSpeaking: 5.5
Writing: 6.5
Listening: 7
Reading: 7
Overall naik 0,5 poin dari 6.0 jadi 6.5
Speaking naik 1 poin dari 4.5 jadi 5.5
Writing naik 0.5 poin dari 6.0 jadi 6.5
Listening dan Reading tetap di 7
Tri Miranti.jpeg
41IELTS Short Course 1 Private (6x)Michelle Florida LimbongSpeaking 7.5
Listening 6.0
Reading 8.5
Writing 7.0
Overall 7,5
Michelle Florida Limbong.jpg
42IELTS Express Private (16x)Ghina FalahPuas dengan pembelajaran di lister dari admin yang fast respon, tutor yang bagus sehingga daat menyerap pelajaran yang sudah diberikanGhina Falah.JPG
43IELTS Trial Course (2x)
IELTS Short Course 1 Private (6x)
Elovia Zahra Ramadhani Syafronstudent berhasil mencapai target band 8 walaupun cuma belajar selama 8x pertemuan, anaknya sudah skilled jadi tutor tinggal mengarahkan tentang teknik menjawabElovia Zahra Ramadhani Syafron.jpeg
44IELTS privateFathia Kautsar KhaeraniOverall: 7,5
(score listening dan reading bagus)
Fathia Kautsar Khaerani.jpeg
Fathiah Kaesar.jpeg
45IELTS Preparation Paket Berdua List 1 (Brushup) (20x)Hana FitriaIlmu yang didapatkan lebih banyak dan mendapatkan insight baru serta bisa request sistem pembelajaran yang sesuai dengan studentHana Fitria.JPG
46IELTS private dan IELTS Preparation Paket 3-5 List 1 (Brushup) (20x)Steven NigelOverall 7,5
mendapat LoA dari NUS Singapore dan untuk nilai IELTS pada listening dan reading hampir sempurna
STEVEN NIGEL.jpeg
Steven Nigel Bunalven.jpeg
47Bundling IELTS PREP + OFFICIAL TEST Express (16x)Joan Anggi PrasetyoOverall: 6,0
(Meskipun kurang maksimal karena sembari bekerja, tetapi saya bisa memakai hasilnya untuk mendaftar sduwhv.)
Joan Anggi Prasetyo.jpg
48IELTS Short Course 1 Private (6x)Ditari Salsabila EsperantiIELTS 8Ditari Salsabila Esperanti.jpeg
49IELTS Short Course 1 Private (6x)Annisa Mirza Maghfiraberangkat tanggal 26 agustus ke Beijing untuk melanjutkan study S2nya. LoAnya didapat dengan test IELTS setelah kelas di ListerMirza Maghfira Annisa.jpeg
50IELTS Short Course 2 Private (8x)Ariel Marcello WibawaMendapatkan offering SIM Global Education di singaporeAriel Marcella Wibawa.jpeg
51Bundling STUDY ABROAD 1 IELTS (20x) + Academic English (8x) (28x)Dora AnnaSemuanya berjalan lancar, materi yg di sampaikan juga komprehensif dan suasana kelas menyenangkanDora Anna.JPG
52IELTS Preparation Paket 3-5 List 1 (Brushup) (Berlima) (20x)Martinus Josephine EstherMendapatkan LoA di APU Malaysia dengan hasil IELTS 6,5
(Murid ini awalnya kurang confident untuk mengikuti ujian karena skornya selalu berkisar antara 5-5.5. Alhamdulillah bisa naik scorenya berkat mengikuti pelajaran di Lister dan juga mendapatkan LoA)
Martinus Josephine Esther.jpeg
53Bundling IELTS PREP (12x) + OFFICIAL TEST Flash 12 MeetingSheila LitaOverall 7,5
(Listening 8,5, Reading 7,5, Writing 6,5, Speaking 6,5)
berhasil mendapatkan skor yang melebihi ekspektasinya. Awalnya hanya meminta 6.5 untuk melanjutkan studinya di China. Alhamdulillah bisa naik menjadi 7.5 untuk keseluruhan nilainya
Sheila Lita.jpeg
54IELTSWilliamOverall 8.0
(Listening 8,5, Reading 9, Writing 7,5, Sepaking 7,5)
William.jpeg
55IELTS Preparation Paket Berdua List 1 (Building) (30x)Gracia Puspita DivanovenaMendapatkan Beasiswa IISMA 2023 di Vytautas Magnus UniversityGracia Puspita Divanovena.jpeg
56IELTS Preparation Paket Berdua List 1 (Short Course 2) (8x)Afrian Renalditutor cermat dalam membantu preparation IELTSAfrian Renaldy.png
57IELTS Ultimate Gold Private (80x)Brian ChayaIELTS : 6,5Brian Chaya.JPG
58IELTS Preparation Paket Berdua List 1 (Short Course 1) (6x)Kavkatutornya sangat bagus walaupun hanya mengambil 6x pertemuan bisa mendapatkan hasil IELTS yang di inginkan dengan hasil 7,5Kavka.JPG
59IELTS Flash PrivateDominikus Yoelioverall 7, writing & speaking 6Dominikus Yoeli.jpeg
60IELTS privateBela WidyokoOverall: 7Bela Widyoko.jpeg
61IELTS (20x) + [Free] Coaching Clinic (4x) – Brushup – 24 MeetingMuhammad Redho MarizkyLulus LPDPMuhammad Redho Marizky.JPG
62IELTS Short Course 1 Private (6x)Ilena Carmelita TirtaIELTS : 7,5
Proses pembelajaran yang jelas dan iteraktif membuat student mudah mengerti
Ilena.jpeg
Ilena Carmelita Tirta.jpeg
63IELTS Short Course 2 Privat (8x)Stacia GeraldineIELTS : 7.5Stacia Geraldine.JPG

 

Kisah Sukses Student Private Mengikuti
Kursus IELTS Lister

Sumber Belajar di kelas IELTS

1
foundation-1
3
2

Pesan Kelas Online IELTS Anda Sekarang

Keuntungan Belajar di Lister

Tutor Profesional, Lulusan Kampus Ternama
Tak perlu khawatir dengan kualitas pembelajaran Lister. Seluruh Tutor telah bersertifikat dan memiliki pengalaman mengajar > 5 tahun. Selain itu, selutuh tutor Lister juga merupakan cendekiawan yang berdedikasi untuk membantu tiap siswa memperoleh target skor impiannya.
Materi Standar Internasional
Semua materi yang kami sajikan telah terukur dan sesuai dengan Standard Kurikulum Cambridge. Kami juga memiliki tim Curriculum Specialist yang bertugas memastikan seluruh materi untuk Anda telah terkurasi dengan baik demi kemajuan belajar tiap siswa.
Kemudahan Akses
Nikmati kursus yang lebih intensif dan interaktif lewat kelas Online yang memudahkan Anda. Kapan pun dan dimana pun Anda, nikmati layanan Kursus kami sedekat ponsel serta perangkat komputer Anda!
Previous slide
Next slide

Tutor Profesional Lister

Pengajar terbaik kami siap membantu Anda

Success Rate 90%

Tutor IELTS yang paling supel! Puluhan siswa Kak Riza telah tercatat berhasil Lolos LPDP, masuk ke UI, Lolos IELTS 6.5 hingga IELTS 7. Respon positif selalu hadir pasca selesainya kelas bersama beliau.
Tutor Senior
9/10

Riza Aulia

Success Rate 90%

Lebih dari puluhan studentnya telah meraih skor IELTS 7.5 dan 8. Bahkan, di antaranya telah dinyatakan lolos IISMA serta berkuliah di Beijing, Singapore, Malaysia, dan China.
Tutor Super
9/10

Ratih Maulidini

Success Rate 85%

Kak Endo berhasil membantu para student untuk meraih skor IELTS overall 7 dalam waktu 8 pertemuan private. Berkat kelasnya, siswa tersebut dinyatakan lolos untuk masuk ke kampus impian.
Tutor Super
8.5/10

B. Endo Gauh Perdana

Success Rate 90%

Menjadi master dalam bahasa Inggris adalah spesialisasi Tutor Demas. Selain menjadi pengajar TOEFL ITP, beliau juga sangat kompeten untuk membantu student lolos tes IELTS dengan skor 8.5!
Tutor Super
9/10

Demas Asfario Suwito

Alur Pendaftaran Kelas

Registrasi

Pilih Paket

Konfirmasi Pembayaran

Pilih Jadwal Kelas

Mulai Belajar

Makin Hemat dengan Kode Promo Up to 30%

Dapatkan Kode Promo hingga 30% untuk pembelian Anda khusus hari ini!

Raih Skor IELTS Tinggi Segera!

Bersiaplah untuk kemampuan tes IELTS yang lebih baik dari sebelumnya!

Rekomendasi Sub Program IELTS

Kursus Pre-IELTS

Basic A2

Kursus Pre IELTS Online – Ikuti latihan lanjutan dalam 4 skill bahasa sebelum belajar IELTS.

IELTS Speaking

Intermediate B2

Kursus IELTS Speaking Online – Raih kecakapan Speaking English dalam tes IELTS lewat latihan intensif.

IELTS Reading

Intermediate B2

Kursus IELTS Reading Online – Fokuskan pembelajaran IELTS Anda pada section Reading.

IELTS Listening

Intermediate B1

Kursus IELTS Listening Online – Latihan mendengarkan audio agar lebih mahir mengerjakan Listening Test IELTS.

IELTS Writing

Intermediate B1

Kursus IELTS Writing Online – Perbaiki susunan tulisan Anda melalui feedback personal dari tutor.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.