Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Panduan Test Toefl Dan IELTS

kursus tofel online

lister.co.id – Hello welcome guys…  Aku mau ceritain pengalaman seputar belajar toefl dan pengalaman apa yang kalian bakal dapatkan kalau kalian belajar toefl.

Pastinya kalian juga harus ada pemahaman terlebih dahulu seputar toefl itu sendiri apa dan jenis-jenis toefl apa saja biasanya orang-orang ikuti.

Buat kalian yang mungkin udah paham apa itu toefl kalian bisa skip bagian itu, dan kalian bisa baca seputar tips tips apa saja agar dapat nilai tinggi di tes toefl. Yuk cari tahu!

TOEFL adalah sebuah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Ini adalah keterampilan yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan secara langsung dengan proses pembelajaran.

Dengan demikian, bertentangan dengan tes TOEFL realisasi, yang menguji lingkup uji terbatas pada bahan yang telah dipelajari siswa di kelas bahasa Inggris. TOEFL dibagi menjadi 4 bagian yaitu (1) Listening Comprehension, (2) Structure and Written Expression, (3) Reading Comprehension, dan (4) Test of Written English (TWE).

Ada 3 jenis tes TOEFL yaitu International TOEFL test, Institutional TOEFL test, dan TOEFL Like-Test. Perbedaannya adalah bahwa pertanyaan dari tes TOEFL internasional baru dalam setiap pelaksanaan.

Adapun soal tes institutional dan TOEFL Like test bersumber pada soal-soal dari beberapa tahun yang lalu International TOEFL test. Masa berlaku tes TOEFL berbeda. Tes TOEFL internasional, masa berlaku dua tahun dapat diterima di semua universitas di dunia.

Hal ini juga dapat digunakan untuk melamar beasiswa ke luar negeri. Untuk tes Institutional TOEFL, masa berlaku enam bulan, biaya yang jauh lebih rendah, tidak dapat digunakan untuk mendaftar ke universitas di luar negeri, tapi kadang-kadang dapat digunakan untuk melamar beasiswa ke luar negeri .

Untuk TOEFL Like-Test tidak dapat digunakan untuk mendaftar ke universitas luar negeri, hanya dapat memenuhi persyaratan universitas tertentu di Indonesia.

Jenis jenis toefl yang perlu kamu ketahui

Adapun 3 jenis TOEFL yang di keluarkan oleh ETS (English Testing Service), yaitu

  1. PBT (Paper Based Test) TOEFL
  2. CBT (Compute Based Test) TOEFL
  3. IBT  (Internet Based Test) TOEFL

Perlu kamu ketahui perbedaan dari ketiga jenis tes toefl diatas,yaitu

  1. PBT TOEFL adalah jenis yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS. Tes sistem TOEFL PBT pastinya menggunakan kertas dan jawaban lembar untuk mengisi dengan pensil 2B. Bahan yang diuji yaitu, Listening, Structure ,Reading.
  2. 217-677 rentang skor.
  3. Durasi uji 2 sampai 2,5 jam.
  4. CBT-TOEFL adalah jenis kedua, menggantikan PBT-TOEFL. menguji sistem CBT-TOEFL tidak menggunakan kertas, tapi langsung ke komputer. Semua pertanyaan dijawab menggunakan computer. CBT diterbitkan pada tahun 1998. Namun, di beberapa negara Asia, khususnya Indonesia masih diperbolehkan untuk menggunakan PBT (ITP-TOEFL) sebagai stkamur tes TOEFL internasional. Sementara prestise CBT di Indonesia sangat minim. Hari ini, masih banyak orang Indonesia yang tidak tahu apa itu-CBT TOEFL. Bahan yang diuji yaitu, Listening, Structure ,Reading, Writing.
    1. 0-300 Rentang Skor.
    1. Durasi uji 2 sampai 2,5 jam.
  5. iBT TOEFL atau juga dikenal sebagai generasi berikutnya (NG) adalah jenis yang ETS tes TOEFL terakhir diterbitkan dan dilaksanakan sejak tahun 2005, namun di Indonesia, mulai berlaku pada tahun 2006 sebagai stkamur TOEFL Internasional diakui Di dalam dunia. Ets banyak perubahan format yang TOEFL dan menguji sistem baru. TOEFL iBT juga menggunakan media komputer, hanya pada sistem uji iBT menggunakan internet. Peserta langsung tes online dengan ETS dan menjawab soal-soal tes juga secara online. Bahan yang diuji yaitu, Listening, Structure ,Reading, Writing.
  6. Rentang skor iBT 0 -120.
  7. Durasi dari tes ini adalah 4 jam.

Bentuk struktural TOEFL PBT (paper test)

Kemampuan bahasa TOEFL disesuaikan dengan bidang akademik dan profesional.

Bidang ini dikemas dan dibagi menjadi beberapa bagian. TOEFL umumnya terdiri dari tiga bagian (section) dengan 140 pertanyaan. Tes TOEFL selalu dimulai dengan mendengarkan pemahaman terdiri dari bagian (section) A, B dan C, diikuti oleh struktur dan menulis terdiri dari Bagian A dan B, dan yang satu ini pemahaman bacaan.

Listening Comprehension

(Dengan mendengarkan Pemahaman)

(Bagian) ini adalah untuk menguji kemampuan Kamu dengan mendengarkan percakapan atau pidato singkat dalam bahasa Inggris melalui rekaman atau audio lain yang disediakan oleh tes TOEFL komite.

Tabel ini adalah sejumlah pertanyaan: 50 pertanyaan dengan waktu 40 menit.

Structure and Written Expression

Ini bagian yang berkaitan dengan grammar.

Di bagian ini kemampuan kamu diuji dalam memahami tata bahasa Inggris dan ungkapan-ungkapan sehari hari yang ada dalam bahasa tulis di dalam bahasa Inggris. Selain itu, bagian ini juga memerlukan kemampuan Kamu untuk menggunakan dan di mana kesalahan dalam ekspresi atau tata bahasa.

Jumlah pertanyaan: 40 pertanyaan dengan waktu: 25 menit.

Reading Comprehension

(Bagian) adalah untuk menguji kemampuan Kamu untuk memahami berbagai jenis literatur ilmiah pada: subjek, gagasan utama, isi bacaan, makna kata atau frase, serta informasi rinci tentang bacaan tadi.

Karena tingkat kosa kata dan tingkat kesulitan teks yang digunakan dalam membaca yang tinggi, Kamu harus menggunakan strategi yang tepat dalam mengerjakan bagian ini.

Total Soai: 50 pertanyaan dengan waktu: 55 menit.

Test of Written English (TWE)

(Bagian) dari tes yang bahasa Inggris Kamu menulis keterampilan dalam bentuk esai. Kamu akan menerima topik tertentu dan Kamu diminta untuk menulis esai singkat.

Namun tidak semua tes TOEFL ini mengujikan tes dalam bentuk TWE , bahkan hanya sedikit TWE yang memasukkannya sebagai salah satu bentuk materi pengujian.

Skor TWE pun diberikan secara terpisah dari skor TOEFL secara keseluruhan. Skala penilaiannya mulai dari 1-6. Ketika TWE termasuk bagian diuji dalam tes TOEFL, biasanya dilaksanakan sebelum Listening Comprehension.

Jumlah pertanyaan: satu, waktu: 30 menit.

kursus ielts online

Bentuk Struktur Tes TOEFL Ibt (Internet Based Test)

Reading Comprehension

Sesi (membaca) ada 3 sampai 5 pembacaan masing-masing berisi 700 kata, diikuti oleh beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks. Tema bacaan ini adalah hal-hal yang umum yang ada di buku-buku akademis.

Selain itu, pembacaan juga mengandung sebab dan akibat, perbandingan perlawanan, dan argumen (pendapat).

Dalam sesi ini, peserta akan diajak untuk menguji gagasan utama, rincian dari bacaan, kesimpulan, informasi penting, keterlibatan (sisipan pernyataan), kosa kata, tujuan sebab dan akibat, ide, dan yang terakhir menjelaskan kesimpulan.

Jumlah pertanyaan: 12-14 tentang waktu: 60-100 menit.

Listening

Sesi mendengarkan terdiri dari dua percakapan ataupun bisa lebih. Didalam percakapan terdapat 2 orang yang sedang berkomunikasi atau suara seorang narator yang sedang menerangkan.

Setiap percakapan akan diikuti oleh lima pertanyaan dan setiap diskusi diikuti oleh 6 pertanyaan.

Pertanyaan-pertanyaan ini dirancang untuk mengukur kemampuan peserta untuk memahami ide utama, detail penting informasi, implikasi, ide-ide yang terhubung bersama-sama, unit informasi, tujuan pembicara dan sikap speaker.

Jumlah pertanyaan: 6-9 bagian, masing-masing berisi pertanyaan 5-6 dengan waktu: 60-90 menit.

Speaking

Sesi berbicara terdiri atas 6 latihan. Dalam latihan mandiri, peserta diminta untuk memberikan pendapat tentang topik yang panas atau akrab.

Pada tahap ini, kemampuan berbahasa peserta secara spontan dievaluasi. Selain itu, di kedua tahun terkait, peserta diminta untuk membaca suatu wacana singkat, mendengarkan sebuah konferensi akademis atau percakapan tentang kehidupan kampus dan menjawab pertanyaan dengan menggabungkan informasi sesuai dengan membaca atau percakapan.

Kemudian, dalam dua latihan saling terkait, peserta diminta untuk mendengarkan sebuah konferensi akademis atau percakapan tentang kehidupan kampus dan pertanyaan jawaban yang mereka dengar.

Pada tahap ini, kemampuan peserta untuk mengumpulkan informasi akurat dinilai.

Peserta diperbolehkan untuk nilai tes yang harus dilakukan tentang apa yang mereka dengar atau membaca dan menggunakan peringkat ini untuk pertanyaan bantuan jawaban.

Peserta juga akan memiliki beberapa waktu untuk berpikir sebelum mereka mulai berbicara. Respon peserta akan disimpan secara digital dan dikirim ke jaringan scoring secara online (OSN) ETS dan oleh 05:57 ahli peringkat.

Jumlah pertanyaan: 6 pertanyaan dengan waktu: 20 menit.

Writing

Sesi menulis terdiri atas 2 latihan. Dalam prakteknya saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya, peserta membaca bacaan akademis pada topik, dan kemudian mendengarkan diskusi yang memiliki tema yang sama.

Peserta akan menulis kesimpulan tentang inti dari bacaan apa yang didengar dan menjelaskan hubungannya dengan apa yang ia baca.

Meskipun latihan mandiri, peserta harus menulis esai menunjukkan, menjelaskan dan mendukung pendapat peserta tentang masalah. Tanggapan ini akan dikirim ke ETS OSN dan dievaluasi oleh empat ahli.

Jumlah pertanyaan: 2 pertanyaan dengan waktu: 50 menit.

Rahasia Mendapat Nilai Tinggi di Test TOEFL

Sekarang kamu udah mulai ada bayangan kan tentang tes TOEFL itu seperti apa. Nah kalau kamu udah punya bayangan tentang tes TOEFL. Mungkin kamu juga bisa menebak-nebak kira kira pertanyaannya bakalan sesulit apa yah.

Tapi kamu ngga perlu panik, ngga perlu takut itu hanya masih gambaran saja. Mungkin saja itu bisa menjadi lebih mudah apabila kamu focus dan mulai mempersiapkan diri dari sekarang untuk tes TOEFL kamu. Aku punya a tips-tips untuk menjawab bagian dari struktur tes diatas.

Untuk kamu yang ingin ikut tes TOEFL, ada 4 bagian yang ada dites tersebut yaitu Reading, Writing, Listening, Speaking.

baca juga

Reading, Writing, Listening, Speaking.

Sesi Reading

Disini kamu harus focus terhadap pertanyaannya. Hal yang perlu diingat yaitu prioritas utama kamu adalah pertanyaan yang diajukan dalam bacaan itu.

Pahami betul bacaan tersebut dan menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan teks bacaan tersebut. Jangan fokus pada membaca teks dari awal sampai akhir, lebih baik kamu mulai dengan membaca pertanyaan yang diajukan tentang teks bacaan.

Jika kamu menemukan jawabannya, kamu bisa langsung menjawab pertanyaan yang telah di baca di awal. Dengan demikian, kamu menggunakan waktu lebih efisien.

Sesi Writing

Biasanya dalam tes tertulis baik di TOEFL atau IELTS, kamu akan diberikan dua tugas. Di tugas pertama, kamu akan diberikan grafik, table dan diagram.

Kamu akan diminta untuk menjelaskan, mengambil kesimpulan, atau menjelaskan informasi dengan menggunakan kata-kata Kamu sendiri. Tes ini akan melibatkan tentang sebuah deskripsi data, penjelasan tentang tahapan proses kerja, atau penjelasan tentang suatu objek / event.

Di tugas kedua, kamu akan diminta untuk menulis esai tentang masalah dari sudut pandang Kamu. Kamu diharapkan bisa membuat argumen menarik tapi mudah dimengerti.

Tips untuk Tugas 1

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah untuk mengamati grafik dengan baik yang diberikan dalam hal ini. Pastikan Kamu benar-benar memahami arti dari grafik tersebut.

Setelah kamu selesai menjelaskan isi grafik, kamu harus menutup pernyataan Kamu dengan kesimpulan yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami.

Tips Tugas 2

Dalam Tugas 2, hal penting yang perlu kamu kembangkan dalam Menulis adalah dengan uji kosa kata (vocabulary).

Semakin luas kosakata Kamu, semakin tinggi nilai yang akan Kamu dapatkan.

kosakata bukan satu-satunya hal yang penting. Hal lain yang sama pentingnya adalah untuk memastikan setiap kata yang kamu tulis adalah penting. Hindari menulis kata-kata yang terlalu panjang.

Berikutnya, pastikan bahwa kamu membuat esai terstruktur dengan baik mulai dari awal sampai dengan membuat kesimpulan. Pendahuluan tidak boleh terlalu lama dan kesimpulan harus mampu menjelaskan sudut pkamung kamu secara keseluruhan.

Sesi Listening

Kesulitan yang biasanya sering dihadapi di dalam tes mendengarkan yaitu sulit untuk menangkap seluruh kata yang disampaikan dalam dialog.

Kadang-kadang, karena aksen tertentu, sulit untuk menebak apa yang dikatakan oleh orang-orang dalam dialog.

Terkadang dialog yang diberikan hanya untuk menipu kamu sehingga kamu bingung untuk menjawab. Buat kamu yang masih awam banget sama aksen inggris mungkin bisa mencoba untuk lebih sering mendengarkan podcast, vlog vlog-Inggris di YouTube, baca artikel dalam bahasa Inggris, menulis sebuah paragraf dalam bahasa Inggris, dan lain-lain.

Bagi mereka yang telah mempelajari waktu yang relatif singkat, terutama bagi pemula, untuk mendengarkan saya sarankan mencoba untuk memulai rutinitas membahas soal mendengarkan per hari. Jika dapat ditambahkan terus.

Tips buat kamu yang ingin belajar listening secara mandiri. Caranya, siapkan buku catatan untuk Latihan listening dan pulpen. Dengarkan apa yang dikatakan oleh pembicara , tapi jangan langsung di jawab.

Tulislah apa yang dikatakan oleh pembicara harus persis seperti yang dibicarakan. Kalau di awal kamu dengar hanya you are, yah tulis aja itu.

Terus dengarkan  lagi, berkali-kali sampai di  anggap udah yakin nulis dengan tepat apa yang dikatakan sama si pembicara walaupun ada yang ketinggalan 1-2 kata, tidak masalah.

Setelah kamu yakin nulis semua yang dikatakan si speaker, sekarang coba kamu cek audio script di bagian appendix bukunya. Cocokkan apa yang kamu tulis dengan audio scriptnya.

Ingat, jangan coba jawab dulu pertanyaannya. Kamu masih coba memahami apa maksud si speaker. Kalau ada yang ga cocok atau missed, coba dengerin ulang audio nya dan perhatikan dengan seksama di bagian mana kamu missed.

Kalau kamu udah paham di mana salahnya, coba dengarkan sekali lagi audionya tanpa melihat audio script nya dan pahami apa yang dikatakan si speaker.

Nah, Kalau sudah yakin paham dengan apa yang dikatakan si speaker, sekarang baca pilihan jawabannya. Pilih yang menurut kamu paling tepat, dan cek di lembar jawaban. Selamat mencoba.

Sesi Speaking

Dalam sesi tes berbicara bagian 1, Kamu akan diminta aspek pertanyaan sepitar kehidupan seperti hobi, tempat tinggal dan pekerjaan.

Pada bagian 2 pemeriksa akan bertanya tentang hubungan Kamu dengan salah satu orang terdekat Kamu.

Lalu akhirnya, pada bagian 3 Kamu akan ditanya tentang topik panas saat ini.

Hal yang perlu dipahami adalah bahwa Kamu harus dapat mengembangkan jawaban Kamu sehingga menarik untuk dikatakan.

Kemudian, hal yang tidak boleh lupa adalah tata bahasa. Kamu harus ingat bahwa tata bahasa memiliki nilai 25% dari ujian berbicara.

Grammar akan menjadi tantangan dalam ujian berbicara karena kita sering lupa untuk menempatkan tata bahasa yang benar ketika kita berbicara. Oleh karena itu, kunci untuk tantangan ini adalah dengan memperhatikan pertanyaan.

Nah pastinya untuk kamu yang belum mempunyai bekal Bahasa inggris sama sekali. Bisa cobain tips yang satu ini biar saat memulai tes diatas ngga bingung lagi.

Aku punya tips buat kamu yang ingin mengasah Bahasa inggris kamu biar lebih pro.

Tadi aku udah jelasin buat waktu belajarnya yang kepept dengan tes TOEFL. Sekarang aku mau kasih tips buat kamu yang ingin mengasah lagi keterampilan Bahasa inggrisnya. Sehingga pas tes TOEFL nanti kamu ngga panik karena ngga bisa Bahasa ingrris.

Atur semua bahasa gadget dan akun Kamu ke Bahasa Inggris

Set semua perangkat kamu seperti alpto dan handphone kamu ke bahasa inggris. Biar kamu terbiasa untuk melihat tulisan-tulisan dalam Bahasa inggris.

Kamu bisa atur juga keyboard dihp kamu ke Bahasa inggris agar saat kamu mengetik tulisan dalam Bahasa inggris dapat diperbaiki dan kamu juga mengerti kesalahan dalam penulisan kamu di Bahasa inggris.

Kamu juga bisa menggati pengaturan display kamu sehingga kamu terbiasa dan bisa mengetahui kata – kata asing yang sulit yang ada di perangkat yang sering kamu gunakan.

Di setting hp ada banyak kata-kata yang susah. Terus salah satu fitur yang bisa kamu pake adalah Google Assistant

Google Assistant ini membantu hidup kamu lebih mudah dari kasih command ke Assistant itu udah belajar pronounciation. Terus Assistant-nya juga akan berbicara disini dapat melatih listening kamu juga.

Selain atur perangakat, atur juga semua akun kamu ke dalam bahasa Inggris. Mulai dari twitter, whatsapp, line, dan semua social yang kamu punya.

Mendengarkan musik dan mencari artinya

Buat kamu yang hobi dengerin music apalagi music luar seperti lagu justin bieber jangan lupa untu mencari arti dari lagu yang kamu dengarkan yah. kamu bisa belajar listening, reading, dan bahkan dapat menambah kosakata kalau kamu menemukan kata kata asing yang belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Buat kamu pecinta kpop dan jpop bisa banget juga untuk belajar dengan mendengarkan lagu juga tapi pastikan lagu kpop dan jpop yang kamu sukai itu udah diubah ke dalam bahasa inggris atau kamu bisa mencari juga arti, apalagi kalau kamu tidak mengerti dengan bahasa yang idola mu nyanyikan kamu bisa tuh mencari makna dan artinya sekalian dari lagu yang idola mu nyanyikan biar saat kamu mendengarkannya kamu paham dengan apa yang oppa kamu nyanyikan untuk fansnya.

Menonton film / seri menggunakan sub English

Jika Kamu suka film / seri barat dapat mempermudah kamu mempelajari membaca dan mendengarkan juga.

Kenapa karena saat kamu menonton menggunaka sub Indonesia kamu hanya akan focus pada teks tersebut dan audionya saja, tapi saat kamu menggunakan sub English kamu akan focus dengan apa yang si actor omongkan kalau kamu tidak jelas mendengarkannya maka sub English akan membantu mengoreksi apa yang kamu dengar tadi sehingga kamu bisa mengecek apakah yang kamu dengar benar atau tidaknya.

Membaca buku Bahasa inggris

Ini juga sangat efektif bagi kamu yang hobi membaca. Kenapa? Karena dapat menambah kosakata kamu dan pastinya ada kata-kata yang tidak semuanya kamu pahami.

Walaupun awalnya bakalan sulit tapi bagi kamu yang hobi membaca akan menjadi suatu hal sangat mengasyikan karena kamu juga bisa berpikir terhadap alur dari ceritanya dan kamu juga dapat kosakata baru tiap kamu membaca.

Dan juga bisa membuat kamu percaya diri saat tes speaking karena banyak kosakata yang kamu ketahui.

Tips diatas hanya untuk menambah kosa kata kalian.

Tips grammar

  1. Hafalin tenses

Hafalin satu-satu. Cari karakternya. Cari perbedaannya. Dari situ kamu bisa tahu mana yang harus dipake di kondisi tertentu.

Berdasarkan narasumber dari yang pernah mengikuti tes TOEFL, Adapun daftar dari teori grammar yang paling sering muncul di TOEFL:

  1. Part A (Structure)
  2. Independent clauses
  3. Adjective clauses
  4. Participial phrases
  5. Appositives
  6. Adverb clauses
  7. Noun clauses
  8. Prepositional phrases
  • Part B (Written Expression)
  • Word form
  • Word choice
  • Verb form
  • Parallel structure
  • Nouns

Berbicara dengan wisatawan asing

Kalian bisa meningkatkan speaking kalian dengan sering berkomunikasi dengan orang dari luar negeri seperti bule dari amerika atau inggris yang fasih dalam berbahasa inggris. 

kalian bisa mencoba platform seperti conversationexchange atau mylanguageexchange.

Dengan ngobrol bersama orang asing kalian bisa memperbaiki tata bahasa kalian dan mempraktekan grammar kalian apakah tata Bahasa kalian di grammar telah benar atau tidak.

Apabila bule tersebut mengerti dengan apa yang kalian omongkan berarti bisa jadi grammar kalian benar karena bule tersebut paham dengan maksud yang kamu omongkan.

Baca buku Latihan TOEFL

Ini cara yang paling ampuh. Sangat dianjurkan untuk membeli buku karena ada bonus CD untuk Latihan listening.

Apabila tidak sempat membeli, dapat didownload di bookfi. Adapun Buku yang direkomendasikan yaitu Cambridge, Longman, Barron, Peterson.

Kalau dari tadi aku udah kasi beberapa tips sekarang aku mau kasih tau kenapa si kalian harus banget ikut tes toefl. Buat apa si emang tes toefl itu. Sertifikatnya bisa dipakai dimana aja.

Aku bakalan kasi tau ke kamu kenapa tes toefl itu penting. Alasan utamanya adalah Tes TOEFL merupakan jembatan untuk kamu yang ingin menambah pengalaman dan memperluas wawasan dengan berada di negara baru. Berikut adakah rangkuman beberapa manfaat dari tes TOEFL.

Arti IELTS , Skor Ielts dan Tips Lulus IELTS

Kamu udah tau nggak apa si IELTS itu. Disini aku bakalan jelasin ke kamu penjelasan dari ielts itu,dari skor yang harus kamu capai agar lulus, sampai biaya yang kamu keluarkan dan tips-tips agar kamu bisa lulus di universitas yang kamu inginkan.

Yuk buruan cek sekarang dibawah untuk mendapat informasi yang sangat bermanfaat pastinya.

Apa Itu IELTS ?

IELTS adalah sebuah singkatan dari (International English Language Test System) sistem tes bahasa Inggris International, sebuah jenis sistem yang dirancang untuk mengesahkan kapasitas bahasa Inggris seseorang. IELTS hampir mirip dengan TOEFL yang biasa banyak orang bicarakan.

Secara umum, IELTS tes diterima oleh lembaga-lembaga di Australia, Inggris dan Selandia Baru. IELTS diselenggarakan oleh University of Cambridge, British Council dan IDP Education Australia.

Dalam IELTS, Inggris yang digunakan adalah British English. IELTS ada dua jenis, yaitu pelatihan akademis dan umum. studi akademis telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan sarjana dan pascasarjana.

Sementara umum dirancang bagi mereka yang ingin pindah (Migrasi) di negara-negara Australia, Kanada, Selandia Baru dan Inggris, serta untuk pelatihan dan studi di levelundergraduate.

Tes IELTS Itu Modelnya Gimana Si?

Berbeda dengan TOEFL terkomputerisasi, IELTS berbasis kertas. Kamu dapat menulis jawabanmu menggunakan pensil sehingga memudahkanmu untuk menghapus jawabanmu. Tes IELTS sendiri terdiri dari 4 bagian, yaitu ;

1. Listening terdiri dari empat sesi, total 40 pertanyaan, 30 menit.

2. Reading, 3 sesi, 40 pertanyaan, 60 menit

3. menulis, 2 pertanyaan, 60 menit.

4. Berbicara, 3 sesi, 11-14 menit (yang diinterview oleh native speaker ) pengambil tes akan diminta untuk berbicara langsung dengan penutur asli. Peserta akan ditanya beberapa pertanyaan tentang dirinya dan subjek.

Tes IELTS berlangsung lebih lama dari TOEFL yang bisa mencapai 2 jam dan 45 menit. Membentang skornya dari 1 sampai 9, di mana nilai-nilai yang lebih tinggi berarti keterampilan dalam bahasa Inggris lebih lancar.

Setiap bagian (band) memiliki skor dan akan mencapai dan kemudian rata-rata. masing-masing bagian (kelompok) memiliki bagian yang sama, yaitu 25%.

Untuk beasiswa Chevening, mereka meminta skor 6,5 dengan skor band yang minimal 5,5. Ini berarti bahwa bahkan jika Kamu mencetak 8 tapi tes speaking nya 5 maka Chevening tidak akan lulus.

Target tes IELTS yang harus di capai?

Mengutip dari beberapa pengumuman persyaratan beasiswa bergengsi

• Beasiswa LPDP di negara ini. IELTS 6.0

• Beasiswa luar negeri LPDP. IELTS 6,5

• Beasiswa Fulbright, IELTS 6.0

• Chevening beasiswa, IELTS 6.5

Beberapa universitas Top, membutuhkan skor IELTS 7.0. Jika Kamu biasa mengukur kemampuan bahasa Inggris Kamu melalui tes TOEFL, Kamu dapat menggunakan tabel berikut untuk mengkonversi Kamu untuk skor IELTS TOEFL. IELTS 6.0, setara dengan skor TOEFL 550. Dan setara dengan IELTS 7.0 skor TOELF 600.

Berapa Biaya Untuk Tes IELTS?

Tes IELTS termasuk mahal. Mulai dari US $ 195 menjadi US $ 220. Jika dirupiahkan dengan kurs saat ini, itu adalah di kisaran Rp2.800.000, -. Sertifikat tes IELTS hanya berlaku selama 2 tahun. Karena tes IELTS begitu mahal, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Karena biaya Tes IELTS yang begitu mahal beberapa orang sering belajar terlalu banyak agar lulus tes ini, sehingga Kamu tidak dapat efek sebenarnya malah sebaliknya.

Menurut IELTS dari Kanada, belajar mati-matian untuk mempersiapkan IELTS bukanlah hal yang baik. Otak manusia tidak dapat memproses banyak informasi sekaligus.

Jika seseorang memaksa kita untuk menghafal seperangkat aturan penulisan, kosa kata, dan ratusan definisi bahasa Inggris, yang ada otak malah akan bingung.

Jadi cara terbaik adalah terbiasa atau menjadi akrab dengan berbagai kosa kata bahasa Inggris, terutama dengan British English. Ada empat bahan yang diuji dalam IELTS, yaitu, menulis(writing), mendengarkan(listening), membaca(reading) dan berbicara(speaking).

Kamu juga bisa untuk mencoba TES IELTS secara online loh. Ada beberapa situs website yang menyediakan tes IELTS secara gratis. P

astinya akan memudahkanmu untuk terus mengasah kemampuan Bahasa inggris britania kamu. Adapun beberapa situs yang dapat membantu kamu dalam belajar, ialah ;

Mentor IELTS

Mentor IELTS dirancang untuk secara sukarela menjawab dua IELTS modul: Modul Akademik (bagi mereka yang ingin menghadiri perguruan tinggi), dan modul umum (bagi mereka yang ingin bekerja).

Di situs ini juga menyediakan banyak model untuk setiap keterampilan IELTS tanpa ketinggalan juga terdapat pula beberapa tips yang efektif yang dapat dicoba.

British Council

Website : WWW.BRITISHCOUNCIL.IN 

British Council merupakan sebuah organisasi internasional Inggris yang menghubungkan budaya dan pendidikan. Organisasi ini ada di 6 benua dan lebih dari 100 negara dan telah membawa peluang sebanyak mungkin di dalam hidup.

IELTSbuddy

Website : IELTSbuddy.com

Ini bisa menjadi pilihan persiapan kepercayaan mengikuti tes langsung tes. Keuntungan itu terletak pada bahan, khususnya tata bahasa dan kosa kata. Kamu dapat mengambil tes menulis, membaca, mendengar dan berbicara di situs ini.

Manfaat lain yang bisa Kamu dapatkan setelah mengambil tes IELTS ada masukan – masukan tentang bagian mana perlu perbaikan. Dengan demikian, materi pembelajaran dapat menjadi bahan uji di masa depan.

IELTS.org

Sama seperti namanya, situs ini adalah situs resmi dari penyelenggara, IELTS. Jadi tidak salah jika Kamu mengambil waktu untuk mempelajari tes IELTS dengan menguji langsung dari situs ini.

Selain menguji dengan mengambil serangkaian tes yang diselenggarakan oleh lembaga resmi yang memegang tes IELTS; Kamu mendapatkan banyak informasi penting di situs ini.

Kamu juga akan informasi mengenai format tes IELTS di informasi pendaftaran, biaya dan lokasi uji yang dapat dicapai dengan mudah.

Simon IELTS

Website: http://ielts-simon.com/

Simon adalah salah satu yang terkenal dan penguji IELTS yang sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun. Simon akan memberikan latihan, ringkasan e-book, atau pertanyaan pertanyaan dan jawaban IELTS dari beberapa tahun terakhir.

Isi dari situs ini selalu diperbarui secara berkala, dengan berbagai pengetahuan dan saran sangat berguna dan mudah dimengerti.

Simon IELTS juga sanagat menarik karena didalam situs ada banyak cara untuk menerapkan keterampilan menulis dengan cepat dan cara yang efisien. Tentu saja, itu sangat ideal bagi mereka yang ingin mendapatkan skor IELTS 7.0.

Untuk mendapatkan nilai tertinggi dalam empat dari bahan uji, ada beberapa tips dan trik, sebagai berikut:

  1. Biasakan untuk membaca lebih teliti

Pastikan selalu membaca petunjuk dengan benar dan teliti. Kadang-kadang ada bagian yang melarang kita untuk menuliskan jawaban lebih dari tiga kata untuk beberapa nomor. Terlepas dari kenyataan jawaban yang kamu tulis benar, tetapi jika kalimat ditulis terlalu panjang, itu dihitung tidak benar.

  • Latih listening kamu dengan terbiasa dengan aksen british

Mendengarkan Aksen British English

Karena bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris British, penting bagi kamu untuk terbiasa mendengarkan percakapan dengan aksen Inggris british begitu agar akrab. Terutama bagi kamu pecinta film harry potter kamu bisa belajar dengan memperhatikan bagaimana cara mereka berbicara.

  • Latihlah speakingmu

Kamu juga perlu untuk melatih kemampuan untuk berbicara. Jangan pernah meremehkan detail kecil seperti pronunciation dan intonation. Cobalah untuk selalu melatih kemampuan untuk mengembangkan ide-ide dan mengekspresikan pendapat. Jangan bingung ketika nanti kamu  diminta untuk berbicara. Kamu dapat melatih speaking dengar mendengarkan podcast atau mendengarkan music dari inggris british.

  • Biasakan mengerjakan soal dengan target waktu

Biasakan melakukan latihan dengan waktu terbatas seperti melakukan tes yang sesungguhnya. Anggap saja itu sebagai sebuah tes yang sesungguhnya. Dengan demikian,kamu akan melatih manajemen waktu sementara mengerjakan soal.

  • Cari Teman Untuk Belajar Bersama

Mencari mitra untuk belajar menjadi sangat membantu sekali. Terutama untuk memberikan umpan balik pada kemampuan berbicara dan menulis Kamu.

Selain itu, Kamu juga dapat berbicara dengan seorang teman untuk belajar jika Kamu memiliki kesulitan atau kendala dalam mengerjakan soal. Apalagi bila bisa sambil bertukar ide dan berbagi pengalaman. Namun penggunaan bahasa Inggris. Dihitung latihan.

Buat kamu yang butuh teman belajar bareng kebetulan banget nih kamu bisa dapat teman belajar dan membantu kamu agar kamu dapat lulus TES IELTS di https://lister.co.id/kursus-ielts/.

Pastinya disini diajar oleh tutor yang emang udah handal yang bakalan bantu kamu agar kamu tidak bingung dengan TES iELTS yang susah itu dan pastinya kamu bakalan dapat teman belajar sehingga belajar ielts kamu ngga membosankan lagi.

Buruan daftar diri kamu lagi ada diskon buat kamu yang serius ingin lulus TES IELTS agar keterima di universitas kebanggan kamu dan kebanggaan orang tua juga klik link https://lister.co.id/kursus-ielts/ itu untuk mendapatkan diskonnya

Pastikan kamu lulus TES IELTS dengan hasil yang memuaskan dan kamu dapat keterima di universitas yang kamu mau. Jangan sampai kamu menyesal karena kuota terbatas dan jangan buang waktu kamu percuma. Siapkan diri kamu untuk menjadi diri yang lebih baik. J

Manfaat dari studi untuk tes TOEFL dan IELTS yang perlu Kamu ketahui:

Lebih banyak kesempatan untuk bekerja di luar negeri.

Belajar TOEFL dan IELTS yang berguna untuk membuka peluang kerja di luar negeri. Ini akan menjadi peluang besar untuk menambah pengalaman kerja Kamu, sehingga Kamu akan memiliki nilai lebih.

Dengan mempelajari TOEFL dan IELTS, maka Kamu akan mampu melewati tantangan, terutama dalam hal komunikasi.  Jadi, Kamu harus dapat berfungsi dengan baik tanpa hambatan komunikasi.

Bantuan bernegosiasi dan presentasi.

Seperti dijelaskan di atas, memulai pengembangan komersial di seluruh dunia sehingga karyawan atau karyawan harus disusun berdasarkan kemampuan komunikasi yang baik, mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Dalam TOEFL dan IELTS, kami akan mempelajari struktur dan tata bahasa yang benar, untuk membuat kalimat yang benar. keduanya penting dalam komunikasi komersial yang, dalam negosiasi dan presentasi.

Mempermudah percakapan dengan bahasa Inggris

Studi tentang TOEFL dan IELTS akan memungkinkan Kamu untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris. Dalam TOEFL dan IELTS tidak hanya belajar tata bahasa atau struktur, tetapi Kamu terbiasa untuk mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris, membuat telinga asing.

Dengan demikian, Kamu akan dilatih untuk mendengarkan dan Kamu akan sadar dapat memahami setiap kata. Selain itu, TOEFL atau IELTS menggunakan penutur asli untuk berlatih pengucapan Kamu, juga.

Menjadi bekal untuk memperoleh beasiswa

Tidak hanya baik untuk bekerja dan bersosialisasi, tetapi mempelajari TOEFL dan IELTS juga bermanfaat untuk memfungsikan studi Kamu. Banyak publik dan lembaga swasta yang menawarkan beasiswa kepada siswa SMA yang ingin siswa atau lulusan yang ingin mengejar S2 S1 di luar negeri.

Berbahasa Inggris dengan persyaratan mampu banyak. Hal ini ditentukan oleh nilai TOEFL dan IELTS yang cukup tinggi. Dalam studi yang dibutuhkan tidak hanya untuk dapat fasih berbahasa Inggris. Namun, mampu menulis esai dari bahasa Inggris.

Menyentuh Perspektif Global

Berada di luar negeri, jauh dari rumah, akan memperluas perspektif. Cara kehendak kehidupan pkamungan akan jauh berbeda karena begitu banyak hal-hal baru yang Kamu temui.

Ini akan sangat berbeda nuansa langsung apa yang terjadi di negara-negara lain, dibandingkan dengan hanya membaca atau menonton berita saja. interaksi sosial dengan orang lain juga akan memperpanjang perspektif globalmu karena ada begitu banyak tradisi, budaya, dan aspek sosial yang menarik.

Semua ini hanya mungkin jika Kamu berhasil mendapatkan skor TOEFL persyaratan terpenuhi.

  • Kemampuan yang perlu diragukan lagi

Jika Kamu sedang belajar atau bekerja di negara lain, orang-orang yang akan berinteraksi langsung dengan Kamu adalah mereka yang tidak pernah mengenal Kamu sebelumnya.

Mungkin mereka hanya tahu Kamu terbatas pada surat pengenalan diri dan rekomendasi bahwa Kamu termasuk. Pada titik ini, tes TOEFL ini sangat penting.

Tidak hanya membentuk tes kecerdasan, tetapi TOEFL adalah jaminan bahwa Kamu dapat melakukan pekerjaan akademis di lingkungan yang berbicara bahasa Inggris. sistem pembelajaran di kampus-kampus luar negeri umumnya memerlukan kita untuk banyak membaca dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Menulis esai dalam bahasa Inggris harus dilakukan sebagai persyaratan perkuliahan. Jika seorang siswa tidak memenuhi syarat TOEFL, dia akan bingung dan gagal untuk menjalani perannya sebagai seorang murid.

baca juga

Evaluasi Akurat

Tentu saja kita tidak bisa menilai bagaimana pemahaman yang komprehensif tentang orang Inggris hanya dengan melihat cara dia berbicara atau nilai di kelas, kan?

Ada orang-orang yang ahli berbicara tapi kurang dalam hal tata bahasa dan tes tertulis.

Sebaliknya, ada seorang pria dan menguasai struktur bahasa Inggris yang sangat cerdas tetapi tidak mendominasi percakapan dalam bahasa Inggris.

Tanpa perlu menebak, ini adalah di mana peran tes TOEFL sebagai penilaian yang akurat dan evaluasi dari pemahaman individu dari bahasa Inggris.

Empat kategori dari pertanyaan dalam tes TOEFL, Reading, Listening, Speaking, Menulis dapat mengevaluasi kemampuan yang akan kita gunakan nanti di lingkungan akademik. A good TOEFL berarti bahwa Kamu dapat berhasil mengikuti pengajaran dalam bahasa Inggris.

Peluang Around The World

Tidak ada yang bisa tahu peluang Kamu bisa ke luar negeri untuk bisnis apapun. skor yang baik TOEFL akan menjadi titik plus dalam bidang imigrasi.

Itu berarti, secara resmi kemampuan dan memahami bahasa Inggris Kamu diakui sesuai dengan stkamur. Hampir setiap negara akan Kamu pergi, bahasa Inggris adalah bahasa utama atau keduanya. Sampai saat ini, bahasa Inggris masih yang paling populer bahasa untuk belajar.

  • Karir

Setuju kan, bahwa dunia kerja tidak mengenal batas? jaringan yang luas kadang-kadang mengharuskan kita untuk dapat memahami bahasa lain selain utama kami, Indonesia.

Dengan kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris unggul maka Kamu telah membuka pintu kesempatan yang lebih mudah diakses. Inggris selalu digunakan dalam berbagai bidang, termasuk bisnis multinasional.

Seorang karyawan dengan baik memahami bahasa Inggris, akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan.

Buat kamu kamu yang ingi tes TOEFL sekarang udah tau kan kenapa tes toefl itu penting.

Dan kenapa tes toefl itu juga susah karena pastinya ada target – target nilai yang ingin dicapi tiap – tiap kepentingan pasti memiliki target yang berbeda. Tes TOEFL di Indonesia memiliki beberapa jenis dan ada pula tes yang paling diinginkan untuk diuji. 

Selain itu kamu juga perlu tau berapa si biaya yang dikeluarkan untuk tes toefl itu. Berikut adalah biaya dan daftar tes toefl yang paling diminati  diikuti di Indonesia, yaitu :

1. TOEFL ITP (Institutional Testing Program) adalah jenis tes TOEFL menggunakan media cetak seperti kertas sebagai pertanyaan dan jawaban atau disebut Paper Pangkalan Test. Dalam tes ini diuji adalah mendengarkan, struktur dan membaca bentuk karena semua pilihan gkamu.

TOEFL ITP merupakan kebutuhan yang paling beasiswa di Indonesia LPDP (domestik), Perguruan Tinggi dan untuk melamar pekerjaan di negara bagian untuk menguji CPNS. Tes ini layanan valid dan tes di seluruh lembaga bahasa Inggris di Indonesia.

2. TOEFL-IBT (Internet Basis Test) yang merupakan jenis tes TOEFL menggunakan komputer dan internet sebagai tempat pertanyaan dan jawaban.

Tes ini menggunakan komputer tanpa kertas tes langsung terhubung ke situs ETS dari Amerika Serikat. Tes ini dapat di Indonesia (khususnya kota-kota besar) di mana ketika kamu menguji komputer di depan kamu akan langsung diawasi oleh pengawas lokal.

Dalam tes IBT TOEFL ini diuji adalah mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Jelas ini sangat berbeda dengan TOEFL ITP TOEFL ITP karena ada hanya mendengarkan struktur tes dan membaca.

IBT TOEFL adalah yang paling banyak sebuah beasiswa persyaratan atau melanjutkan studi di AS. Khususnya di Indonesia TOEFL IBT juga melayani beasiswa LPDP syarata dan khusus DIKTI asing ke Amerika.

3. TOEFL lokal Versi oleh Institute Kursus / Pusat Bahasa. Dalam hal ini masing-masing lembaga dan kursus umum pusat-pusat bahasa perguruan tinggi umumnya memiliki semacam versi lokal dari tes TOEFL, misalnya ada yang bernama PTSOL, EPT dan ELPT. Yang diuji pada kemampuan mendengarkan, struktur dan membaca.

Tapi ini adalah semacam tes TOEFL dibuat oleh lembaga-lembaga lokal dan pasukan internasional. Tujuannya adalah untuk tujuan lingkungan universitas saja tidak dapat dilampirkan dalam hal belajar atau bekerja secara internasional.

Apakah Kamu tahu bahwa belajar untuk mempersiapkan tes TOEFL dapat dilakukan melalui berbagai cara menyenangkan. Termasuk dengan bergaul dan bersenang-senang dengan teman-teman!

Tapi bukan hanya bersenang-senang selalu, ya. Ada tips dan trik yang Kamu dapat memperoleh pengetahuan dan terus mengasah pengetahuan bahasa Inggris Kamu saat bergaul dengan teman-teman.

Sebagai bonus, Kamu juga dapat memperluas jaringan, menambahkan teman dan pengalaman, dan menemukan banyak perspektif baru yang menarik! Setiap kira-kira berapa? Berikut adalah cara untuk belajar bahasa Inggris melalui komunitas:

 Couchsurfing

Apakah Kamu pernah mendengar tentang Couchsurfing? Dalam situs resminya www.couchsurfing.com, tagline ini tinggal dengan penduduk setempat dan bertemu wisatawan.

Kalau Bahasa inggrisnya stay with locals and meet travelers. Ya, Couchsufring adalah jaringan sosial yang membuat semua anggota dapat berinteraksi, terutama ketika bepergian.

Pertama kali ada pada tahun 2003, dimulai sebagai proyek non-profit untuk menghubungkan manfaat wisatawan. Sampai saat ini ada ribuan orang yang bergabung Couchsurfing dan mendapat banyak manfaat dari itu!

Contoh manfaat dalam bentuk pertukaran perhotelan, yang membantu bergiliran ketika ada anggota Couchsurfing lain yang mengunjungi negara itu.

Misalnya, Kamu akan berkunjung ke Selandia Baru. Kemudian Kamu menemukan teman di situs Couchsurfing, dan dia bersedia untuk membawa Kamu sementara di Selandia Baru.

Kamu bisa mendapatkan lebih dekat satu sama lain, bahkan Kamu bisa mendapatkan panduan gratis! Hal yang sama terjadi ketika ia mengunjungi Indonesia. Kamu dapat menawarkan layanan untuk membawanya pulang atau menikmati Jakarta dari sudut pandang yang berbeda, menarik?

Selain menambah teman, dengan CouchSurfing tentu saja kemampuan komunikasi bahasa Inggris Kamu akan terasah! Kamu akan ketagihan untuk aktif berbicara dalam bahasa Inggris sementara memperkaya kosakata Kamu.

Polyglot Indonesia

Pernah mendengar tentang Polyglot? Ya, Polyglot adalah istilah untuk orang yang dapat memahami banyak bahasa. Di Indonesia, ada komunitas yang tempat penampungan mereka dengan kemampuan khusus ini, dengan nama Polyglot Indonesia.

Dalam www.polyglotindonesia.org resmi situsnya, Polyglot didirikan pada tahun 2012 atas inisiatif tiga pendiri yang mengambil kelas di negeri asing. Polyglot Indonesia untuk menampung orang-orang yang mencintai bahasa atau ekspatriat yang sedang belajar Bahasa Indonesia.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh Polyglot, seperti pertemuan rutin di beberapa kota besar. Terinspirasi oleh masyarakat Polyglotclub di Paris, Polyglot Indonesia telah tumbuh lebih besar. Konsep meetup rutin mereka menyenangkan.

Tidak ada batasan bagi para anggotanya, siapa pun memiliki hak untuk berpartisipasi asalkan memiliki kemauan besar untuk belajar. Menariknya, kemudian ketika ia bertemu semua anggotanya akan memperkenalkan diri lengkap dengan bahasa dikendalikan.

Hal ini tidak mungkin Kamu bisa belajar lebih dari satu bahasa jika bergabung di komunitas ini! Jadi, Kamu dapat mempertajam kemampuan berbahasa Inggris, bahkan meminta tips dari mereka yang lebih berpengalaman atau pernah tinggal di luar negeri. Banyak manfaat, bukan?

Komunitas facebook

Komunitas selanjutnya Kamu dapat menemukannya dengan mudah. Cukup ketik kata kunci “TOEFL” di kolom pencarian, akan menampilkan daftar kelompok yang sesuai dengan TOEFL atau join langsung dengan Fb komunitas Lister .

Kamu dapat melihat satu per satu dan memilah mana yang paling cocok dengan kepribadian Kamu! Tentu saja setiap anggota kelompok ini menjadi rajin TOEFL meng-upload informasi yang relevan yang bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Kamu.

Sebagai bonus, Kamu dapat menambahkan teman-teman baru serta memperluas jaringan.

Goodreads

Goodreads bisa menjadi pilihan Anda untuk bergabung dengan pecinta buku sesama!

Dalam situs Goodreads yang dirilis pada tahun 2007, ada jutaan anggota dan Anda dapat memesan meninjau.

Melalui ulasan yang ditulis oleh sesama anggota Goodreads, Anda tahu apa buku yang cocok bagi Anda untuk membaca berikutnya! Demikian pula, review Anda menulis tentang buku baru yang Anda baca, bisa bermanfaat bagi orang lain.

Terutama bagi Anda yang sedang mengembangkan kemampuan bahasa Inggris, fokus pada buku baru atau bahasa asing. Hal ini sangat kuat memperkaya kosakata Anda akan hal-hal yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Jangan ragu untuk membuka kamus jika suatu ketika Anda merasa tertarik untuk sebuah kata dalam novel favorit Anda. Ini adalah cara yang efektif untuk membuat Anda mengerti betul dengan kata baru bagi Anda untuk mengingat cara yang menyenangkan!

Streaming Film ­­­

Tip yang terakhir bisa jadi adalah favorit semua orang. Siapa yang tidak suka mengikuti serangkaian atau menonton film yang menarik?

Nah, khusus untuk Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk TOEFL skor gemilang, pilih film atau serial dalam bahasa Inggris. Anda dapat menonton dari berbagai media, mulai dari offline untuk streaming di berbagai platform yang sekarang tersedia di mana saja.

Pastikan Anda menonton tanpa sub judul, ya! Karena akan sia-sia jika Anda masih dibantu dengan sub judul. Jika Anda terbiasa menonton tanpa sub judul, dan mendengarkan keterampilan komunikasi Anda juga akan meningkat.

Jangan hanya berhenti di sini, ya. Sebisa mungkin bergabung dalam diskusi dengan orang-orang yang juga menonton film, sehingga Anda dapat memperkaya sudut pandang dan kosa kata.

Aku udah ceritain semua pengalaman seputar toefl, seberapa pentingnya toefl itu buat kalian, kenapa si juga harus belajar toefl, komunitas seru yang kalian bisa ikutin, tips-tips yang mungkin keliatannya biasa tapi kalau kalian terapkan itu di keseharian kalian mungkin nilai toefl bakalan sempurna.

Ngga ada kata mungkin kalau ngga ada action langsung dari kita sendiri. Pastikan kalian selalu mempunyai target apa yang kalian inginkan kedepannya karena itu juga bisa menjadi motivasi untuk kalian berkembang atau mengevaluasi diri kalian sendiri.

Buat kalian yang ngga bisa belajar sendiri. Trus kalau belajar tuh lebih seru sama teman-teman dan rame, kalian bisa ikuti program toefl yang diadain Lister yang ngadain promo special untul toefl dan kuota TERBTAS .

Pastinya buat kamu yang ingin nilai toefl sempurna butuh bimbingan orang professional juga. Di lister.co.id kamu bakalan dpatin pengalaman yang lebih seru karena selain dapat tutor yang lulusan terbaik dan jago dibidangnyaa.

Daftar kelas TOEFL di Lister dan rasakan pengalaman belajar yang luar biasa bersama pengajar profesional Lister! Daftar di sini. Untuk ambil kelas Test Preparation IELTS di Lister, kamu bisa daftar di sini.

Kalian bakalan dapatin bimbingan beasiswa ke luar negeri. Buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan kuliah keluar negeri bisa banget mengikuti program TOEFL yang diadakan oleh Lister.

Kalian bisa belajar dari rumah secara online juga. Kalian tetap harus produktif dan ingat target kalian yang harus kalian capai tahun ini.

Semua bisa berbahasa inggris apabila kalian mau belajar dan atas kemauan kalian sendiri. Yuk semangatin diri kamu sendiri kalau kamu pasti bisa!