Persiapan Tes

Kursus TOEFL ITP Online

Tingkatkan TOEFL ITP Anda Hanya dari Rumah!

Tak Perlu Khawatir, Dapatkan Garansi Skor TOEFL ITP 550

TOEFL ITP sudah populer di Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Tes ini banyak dijadikan acuan untuk mengetahui kecakapan dan kemampuan bahasa Inggris seseorang.  Selain digunakan sebagai persyaratan melamar beasiswa maupun pekerjaan, beberapa universitas di Indonesia juga yang menjadikan tes TOEFL ITP ini salah satu syarat kelulusan.

Deskripsi Program

LISTER Preparation course for TOEFL ITP merupakan program yang dirancang secara khusus untuk membantu siswa lebih percaya diri dalam menghadapi tes resmi TOEFL ITP diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) , dengan cara memberikan strategi, tip dan trik khusus untuk mengerjakan soal dengan benar dan tepat sehingga mampu memperoleh skor tinggi yang sesuai dengan harapan dan target siswa.

Karakteristik Siswa

Program Preparation TOEFL ITP ini ditujukan bagi siswa yang ingin melamar ke beberapa perguruan tinggi ternama di dunia, pencari beasiswa, calon pelamar kerja atau bagi profesional. Program ini dianjurkan bagi siswa yang sebelumnya pernah mempelajari bahasa inggris dengan kemampuan bahasa yang memadahi dan cukup familiar dengan kemampuan grammar, listening dan reading. Jika calon siswa masih pada level dasar dan belum mahir pada ketiga kemampuan tersebut, kami menyarankan untuk mengambil program Academic English terlebih dahulu.

Cakupan Materi Pelajaran

Lihat E-Catalogue & Harga

Semua Program Lister

Kursus Makin Ringan
Dengan Cicilan
Pembayaran!

Bunga 0%

Tersedia Pilihan Kelas

Private
Interaksi One on One memungkinkan Anda untuk lebih fokus belajar. Cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan padat.
Semi Private Berdua
Ajak 1 teman, sahabat dekat atau saudara Anda untuk Belajar Bersama! Lebih hemat karena biaya kursus bisa dibagi berdua.
Semi Private (3-5)
Anda bisa ajak 1-4 teman untuk belajar bareng. Lebih hemat dari kelas private dan lebih fokus dari kelas group.
Group (3-16)
Lebih seru belajar bareng di Group Class. Memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan classmates lain dan mendapat teman baru.

Tersedia juga Pilihan Paket mulai dari 4 hingga 80 pertemuan

Keuntungan Anda

Lister berkomitmen untuk memberikan kualitas pembelajaran dan pengalaman belajar terbaik untuk Anda!

Garansi Skor TOEFL ITP 550 hingga 600

Membantu para siswa untuk meraih skor TOEFL ITP impian mereka adalah kebahagiaan kami. Mulailah perjalanan belajar Anda bersama Lister!

Anda akan segera meraih Skor TOEFL ITP 500 (Paket Ultimate Bronze Private & Group), 550 (Paket Ultimate Silver Private), maupun 600 (Paket Ultimate Gold Private) ! 

Namun, target skor ini hanya bisa tercapai jika Anda menghadiri min.90% dari jumlah pertemuan yang dijadwalkan. Anda juga perlu memiliki skill bahasa Inggris pada level menengah dan bukan pada level yang sangat dasar. Kami yakin, kerjasama yang baik antara siswa dan tutor, keaktifan dan kerja keras siswa dalam mengerjakan latihan soal juga sangat berpengaruh dengan tercapainya target skor ini.

Gratis Bimbingan Beasiswa/Job Interview dan Simulasi Tes TOEFL ITP

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah Gratis Program Bimbingan Beasiswa atau Job Interview + Gratis 1x Simulasi TOEFL ITP! Kelas Bonus ini bisa Anda dapatkan baik di kelas Ultimate Private maupun Group. Anda pun bisa menyesuaikan sendiri bonus apa yang akan Anda ambil jika Anda ikut kelas Ultimate Private.

Gratis Placement Test!

Sebelum masuk kelas, para siswa harus mengerjakan tes penempatan sebagai syarat utama mengikuti kursus. Silakan klik tautan berikut untuk mulai Tes Penempatan Anda secara Gratis! Dengan tes penempatan ini, Tutor Anda akan lebih mudah mengenali kemampuan Anda sehingga mereka akan menyusun materi yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan Anda.

Ketahui Tip dan Trik Mudah Mengerakan TOEFL ITP Bersama Tutor Lister. Mulai Belajar Sekarang, Raih Sukses Anda Kemudian!

Selayang Pandang tentang TOEFL ITP

Sejak lebih dari 20 tahun lalu, tes TOEFL (Test of English as Foreign Langauge) telah banyak digunakan di Indonesia maupun di negara non-penutur bahasa Inggris lainnya. Penyelenggara resmi TOEFL ini adalah ETS (English Testing System) yang berpusat di USA.  TOEFL ITP (Institutional Testing Program) sendiri merupakan pengembangan dari TOEFL yang dikelola oleh IIEF (Indonesian International English Foundation). Oleh karenanya, TOEFL ITP ini bersifat lokal yang banyak digunakan oleh ratusan universitas maupun instansi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mahasiswa maupun para karyawan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa soal-soal TOEFL ITP lebih mudah daripada soal IELTS. Hal ini disebabkan karena struktur tes yang tidak sekomplit IELTS yang mengikutsertakan skill Speaking dan Writing dalan tesnya. TOEFL ITP ini lebih sederhana karena hanya memuat Listening, Reading Comprehension, dan Structure. Pasti Anda akan lebih mudah merih skor TOEFL ITP impian, ya!  

Menunda belajar memang bukan pilihan yang tepat, apalagi jika deadline pengumpulan berkas lamaran beasiswa sudah di depa mata. Anda wajib mempersiapkan diri dengan belajar jauh-jauh hari sebelum hari tes Anda agar semakin siap mengahadpi tesnya. Dengan bimbinagan dari Tutor Lister Anda akan menguasai struktur dan pola tesnya. Ayo, hubungi Admin CS kami agar Anda bisa segera terhubung dengan Tutor High Qualified Lister!

Client Kami

Rekomendasi Program Lainnya

IELTS PREPARATION

Intermediate B1

Kursus IELTS Preparation Online – Garansi IELTS 7.5

TOEFL IBT PREPARATION

Intermediate B1

Kursus TOEFL IBT Online – Siap Kuliah di Luar Negeri dengan Skor IBT Tinggi

TPA PREPARATION

Basic

Kursus TPA Preparation Online – Lolos Seleksi Masuk Kampus dan Kerja

BIMBINGAN BEASISWA

Basic A2

Kursus Mentoring Beasiswa Online – Kuliah Pakai Beasiswa, Semua Pasti Bisa

Test TOEFL Online di Indonesia

Apabila pada artikel artikel sebelumnya kita membahas mengenai serba serbi kursus persiapan tes TOEFL, sekarang kita akan membahas mengenai tes TOEFL itu sendiri.

Test TOEFL (Test of English as Foreign Language) adalah test kemahiran berbahasa Inggris yang sangat populer di Indonesia. Saat ini test ini telah diterima oleh lebih dari 11.000 universitas di seluruh dunia[i]. Tidak hanya universitas, test ini juga diterima sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris oleh berbagai perusahaan dan lembaga baik perusahaan dan lembaga dari dalam negeri maupun perusahaan dan lembaga dalam negeri.

Sebagaimana tertulis di artikel artikel sebelumnya, di Indonesia test ini terbagi menjadi tiga jenis test yaitu test TOEFL prediksi, test TOEFL ITP dan test TOEFL iBT. Tes TOEFL prediksi adalah jenis test TOEFL yang banyak kita temui dan berharga paling terjangkau yaitu kisaran Rp. 75.000 hingga Rp. 150.000. Sedangkan harga test TOEFL ITP (Institutional Testing Program) bervariasi tergantung nilai tukar dollar. Begitupun test TOEFL iBT hanya saja biasanya tes TOEFL iBT memiliki biaya sekitar USD 205 atau kurang lebih Rp. 3.000.000.,00.

Meskipun soal soalnya dibuat semirip mungkin dengan test TOEFL yang lain, test TOEFL prediksi hanya bisa anda gunakan sebagai patokan awal skor anda dan kurang cocok untuk anda kirimkan sebagai dokumen prasyarat beasiswa maupun masuk perusahaan. test TOEFL ITP secara teoritis hanya digunakan untuk internal sebuah institusi saja, namun di Indonesia hasil tes ini dapat anda pakai untuk melamar kerja maupun melamar beasiswa untuk universitas di dalam negeri.

Test TOEFL iBT merupakan tes TOEFL yang paling mahal dan paling sulit. Tetapi hasil tes ini dapat ana pakai untuk melamar kerja atau beasiswa ke institusi manapun yang anda mau. Biasanya syarat minimum skor TOEFL iBT untuk masuk universitas kelas dunia adalah sekitar 100 dari skor maksimum 120.

Berbeda dengan test TOEFL yang lainnya, test TOEFL iBT juga mencakup sesi subtest speaking yang dilakukan secara daring. Hasil dari subtest speaking ini akan dikirim ke pengelola test TOEFL di seluruh dunia yaitu ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk kemudian di koreksi menggunakan mesin dan staff ahli.

Test TOEFL Online

Test TOEFL online adalah salah satu alterntif ujian kemahiran bahasa Inggris yang dapat anda tempuh di rumah selama masa pandemi Covid19. Untuk mengikuti test TOEFL (terutama TOEFL iBT) melalui cara ini, berikut syarat syarat yang berkenaan dengan alat test yang harus anda penuhi[ii]:

  1. Gunakan laptop atau komputer dan bukan HP atau Tablet;
    • Untuk PC, gunakan windows 10, 8 atau windows 7;
    • Untuk Mac, gunakan Mac OS X 10.5 atau lebih tinggi;
  2. Pakai Mozila Firefox atau Google Chrome sebagai browser;
  3. Download dan Install ETS Secure Test Browser untuk memastikan browser anda sudah siap;
  4. Anda akan menggunakan ProctorU System Check selama test. Jadi pastikan anda telah menginstal program ini sebelum hari H test;
  5. Gunakan speaker internal atau speaker eksternal sepanjang test;
  6. Anda tidak diperbolehkan menggunakan headset atau earphones;
  7. Pakai Mikrofon internal atau eksternal yang tidak jadi satu dengan earphone atau headset selama test;
  8. Anda dapat memakai kamera komputer anda atau kamera lain yang sudah anda pasangkan dengan komputer anda;
  9. Kamera harus bisa menangkap gambar seluas 360 degree termasuk meja test anda.

Sedangkan syarat syarat lokasi test adalah berikut ini:

  1. Anda berada ditempat yang sunyi dan memiliki kemungkinan kecil ada orang yang masuk dan mengganggu anda;
  2. Anda tidak boleh melaksanakan test ditempat yang ramai;
  3. Komputer dan keyboard anda harus diatas meja;
  4. Meja dan sekeliling anda harus bersih dari barang barang yang tidak diperbolehkan seperti HP, kamera, catatan dan buku;
  5. Anda harus duduk di kursi biasa dan bukan duduk di lantai atau di atas kasur;
  6. Tidak boleh membawa makanan dan minuman sepanjang test;
  7. Telinga anda harus selalu terlihat sepanjang test berlangsung. Jika anda merupakan perempuan berjilbab, jilbab boleh anda pakai tetapi telinga anda harus tetap terlihat;
  8. Pakai pakaian yang pantas selama test. Sebab hasil rekaman test anda akan tersebar di internal ETS untuk keperluan koreksi dan teknis lainnya;
  9. Hindari penggunaan aseksoris seperti anting, atau aseksoris lainnya yang sekiranya mengganggu proses test;
  10. Anda tidak boleh mencatat apapun di kertas. Sebaliknya, anda boleh mencatat menggunakan aplikasi pencatat di desktop anda. Pada akhir test, anda akan diminta untuk menunjukkan bahwa catatan tersebut sudah anda hapus.

Untuk test TOEFL iBT secara daring, anda hanya bisa mendaftar dan melangsungkan test dalam 4 hari kerja. Sejauh ini ETS hanya mempersiapkan test daring ini hingga tanggal 31 Desember 2020. Jadi, jika anda berminat untuk mengambil test TOEFL iBT online anda harus segera mendaftar mulai dari sekarang karena waktu test yang terbatas.

Mungkin untuk tes TOEFL jenis lain peraturan peraturan diatas akan sedikit lebih longgar. Namun berkenaan dengan alat seperti laptop dan operation system anda lebih baik menggunakan persyaratan diatas untuk memastikan lancarnya test anda.

Biaya test TOEFL Online

Baik untuk test TOEFL iBT, test TOEFL ITP maupun test TOEFL prediksi, biaya untuk mengikuti test secara daring tidak ubahnya test secara luring (offline). Namun jika anda mengambil test TOEFL daring di Lister.co.id anda akan mendapatkan diskon early bird sebesar Rp. 100.000.,00.

Dengan harga tersebut anda sudah mendapatkan test dengan standar Internasional yang hasilnya dapat langsung anda peroleh seusai test, hard copy sertifikat anda yang mana sertifikat tersebut legal untuk anda gunakan saat melamar kerja atau beasiswa. Anda juga dapat memilih jadwal test sesuai keinginan anda sehingga jadwal test tersebut tidak mengganggu aktivitas anda yang lain dan anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin selama test.

Pandemi Covid19 memang banyak merubah aspek kehidupan masyarakat dunia. Termasuk diantaranya cara mengambil test kemahiran bahasa Inggris. Banyak lembaga yang berbenah dengan menyediakan test TOEFL online termasuk ETS yang menyediakan test TOEFL iBT special home edition karena pandemi ini.

Fasilitas ini tentunya ditujukan untuk anda yang berminat mengambil test TOEFL sejak jauh jauh hari namun harus terkendala pandemi. Lister.co.id adalah salah satu startup pendidikan yang menyediakan opsi ini untuk anda dengan harga yang lebih terjangkau dan kualitas terjamin. Jadi, tunggu apa lagi, mari ikut tes TOEFL ITP di Lister.co.id.

[i] https://www.ets.org/toefl. Di akses pada tanggal 11 Oktober 2020.

[ii] https://www.ets.org/s/cv/toefl/at-home/equipment/

TEST TOEFL SECARA ONLINE

Jika kamu ingin mengetahui kemampuan bahasa Inggris kamu, test TOEFL adalah hal yang diperlukan. Lantas,  apa itu TOEFL? Dan bagaimana cara memperoleh skor TOEFL ? Berikut adalah penjelasannya. 

 

Apa itu TOEFL?

TOEFL merupakan singkatan dari Test Of English as a Foregn Langguagge.  TOEFL biasa digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris, dan banyak hal  yang ditest dalam TOEFL . Yang ditest biasanya adalah Writing (menulis), Listening (Mendengar), dan juga Reading (Membaca) .

Selain untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris, sertifikat test TOEFL bisa kamu lampirkan untuk mendaftar ke Universitas diluar negeri.  Universitas universitas diluar negeri biasanya memberi syarat TOEFL, agar kamu bisa diterima di Universitas tersebut.  

Yang Di Test Dalam TOEFL

  1. Reading (Membaca)

Pertama , ada  Kemampuan Reading  yang ditest dalam TOEFL. Ada bacaan cerita atau berita dalam soal, dan bacaan tersebut menguji grammar bahasa Inggris kamu.  Pelajari kembali grammar atau kosakata Bahasa  Inggris, agar kamu bisa menjawab soal Reading.

  1. Writing (Menulis)

Selanjutnya,ada Kemampuan Writing  yang diuji dalam TOEFL .  Lewat soal bentuk essay,  kamu akan diuji kemampuan bahasa Inggris kamu.   Agar dapat menulis dengan baik, mempelajari bahasa Inggris wajib kamu lakukan.

  1. Listening (Mendengar)

Test Listening  juga  test yang dilakukan di TOEFL.  Lewat test tersebut, pemahaman bahasa Inggris lewat percakapan akan diuji . Jika kamu tidak cermat dalam memahami kata kata yang diucapkan lewat audio, kamu akan sulit untuk menjawab soal tersebut.

TOEFL ONLINE (IBT)

Sebelum menggukanan internet, test TOEFL dulu  hanya menggunakan kertas.  Kertas tersebut berisi soal, dan juga plihan jawaban  dari soal tersebut.  Test TOEFL  ini dinamakan test TOEFL PBT (Paper Based Test) .

Untuk mengikuti Test TOEFL PBT, kamu harus mencari lembaga yang menyediakan test tersebut.  Selain mencari lembaganya, kamu juga harus mengikuti test ditempat. Dengan peserta yang banyak, kamu akan bersaing untuk memperoleh skor TOEFL yang bagus.

Seiring perkembangan zaman, TOEFL tidak lagi menggunakan kertas, melainkan menggunakan internet. Test TOEFL ini dinamakan TOEFL IBT (Internet Based Test) . Test TOEFL IBT bisa dilakukan dimanapun, dan jadwalnya bisa disesuaikan dengan kegiatan yang biasa kamu lakukan.

Banyak lembaga yang menyediakan Test TOEFL IBT, sehingga kamu semakin dimudahkan untuk melakukan test TOEFL . Sama seperti TOEFL PBT, TOEFL IBT juga mengukur kemampuan Reading kamu.

Selain Reading, kemampuan Writing dan Listening juga diuji.  Durasi yang diperlukan untuk test TOEFL IBT adalah  4 jam, sehingga kamu bisa lebih teliti untuk menjawab pertanyaan dalam test.

Range skor TOEFL IBT adalah 0-120.  Dalam TOEFL IBT, nilai 70-80 adalah nilai yang tertinggi.  Namun jika ingin lebih bagus, skor 100 adalah skor yang sempurna. Sertifikat TOEFL IBT bisa kamu lampirkan, saat ingin mendaftar ke universitas luar negeri.

Apa Yang Harus Persiapkan Untuk Test TOEFL Online (IBT)

  1. Pelajari lagi Bahasa Inggris lewat kamus, atau media belajar lainnya . Dengan kembali mempelajari bahasa Inggris, kemampuan bahasa Inggris kamu akan bertambah.
  2. Cari lembaga yang menyediakan test TOEFL secara online atau menggunakan internet. Dengan cara online, kamu akan dimudahkan untuk melakukan test.
  3. Pastikan koneksi internet lancar , agar kamu bisa mengerjakan test TOEFL dengan baik.
  4. Persiapkan mental kamu .

Itulah informasi mengenai test TOEFL. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kamu, mengenai TOEFL secara online (IBT) .

“Cara Mengikuti Tes TOEFL di Masa Pandemi”

Seperti yang kita tahu, TOEFL (Test of English as Foreign Language) adalah sebuah tes untuk mengukur kemampuan Bahasa inggris seseorang dari segi listening (pendengaran), writing (penulisan), dan reading (pembacaan teks). Setelah mengikuti tes TOEFL, peserta biasanya akan mendapatkan sertifikat yang bisa dijadikan tolak ukur kemampuan Bahasa inggrisnya. Nah, sertifikat ini nantinya bisa digunakan untuk banyak keperluan, misalnya melamar pekerjaan atauapun melamar beasiswa.

Tes TOEFL sendiri ada 3 jenis, PBT (Paper Based Test) atau tes tertulis, CBT (Computer Based Test) atau tes berbasis computer, dan iBT (Internet Based Test) atau tes berbasis online. Di Indonesia sendiri, orang-orang biasanya memilih tes jenis PBT, karena harganya lebih murah dan cara mengikutinya pun mudah, tinggal daftar tes di lembaga yang ditunjuk, mengikuti tes, dan menunggu sertifikat.

Tetapi karena sekarang sedang masa pandemi, tes PBT dan CBT menjadi tidak mudah untuk dilakukan, mengingat protokol kesehatan yang sedang berlaku. Sedangkan untuk tes jenis iBT biayanya mahal. Lalu harus bagaimana?

Tenang! Ada satu jenis tes TOEFL lain. Biasanya pengerjaannya di atas kertas seperti PBT, tapi karena pandemi, pengerjaan tesnya bisa dilakukan secara online. Namanya adalah tes TOEFL ITP (Institutional Testing Program). Sertifikatnya nantinya bisa digunakan untuk mendaftar kuliah, melamar pekerjaan, atau mendaftar beasiswa. Tapi karena tes jenis ITP ini sekarang banyak menjadi alternatif pilihan selama pandemi, banyak pihak tidak bertanggung jawab yang membuka tes secara tidak resmi. Sehingga hasilnya nanti juga tidak terbukti dan tidak bisa digunakan.

Sertifikat tes TOEFL yang resmi diakui secara internasional dibuat oleh lembaga dari Amerika Serikat bernama ETS (Educational Testing Service). Anda bisa ikuti di Lister.co.id

Walaupun online, tapi tetap ada nominal biaya yang harus dibayarkan, kurang lebih 550 ribuan. Setelah transfer biaya, nantinya kita akan diberi arahan untuk melakukan persiapan tes. Karena tesnya online ada beberapa prosedur pengecekan perangkat (laptop) yang harus dilakukan, dan juga ada beberapa aplikasi yang harus diinstal, seperti zoom dan aplikasi lain. Tidak susah kok, karena nanti semua panduannya akan dikirimkan melalui email.

Kelebihan dari mengikuti tes secara online ini adalah pada saat tes listening kita bisa mendengarkan suara dari soalnya dengan jelas, karena menggunakan headset atau headphone masing-masing. Tidak seperti tes TOEFL PBT yang harus bergantung pada speaker ruangan. Selain itu, tes TOEFL online ini juga bisa menghemat waktu untuk menghitamkan jawaban di kertas, karena untuk menajwabnya hanya perlu meng-klik mouse, dan jawaban akan tersimpan.

Tes ITP online ini dibagi menjadi 3 sesi. Ada listening, structure & writing expression, dan reading comprehension. Waktu yang diberikan secara keseluruhan adalah sekitar 3 jam. Jadi selama 3 jam ini peserta tidak diperbolehkan untuk meninggalkan layar laptop.

Setelah selesai mengikuti tes, score atau nilai yang kalian dapatkan akan langsung keluar, jadi tidak perlu menunggu lama. Sedangkan untuk sertifikat resminya, kalian masih harus menunggu sekitar satu minggu kemudian.

Pelaksanaan tesnya cukup mudah, dan biayanya pun cukup terjangkau. Jadi tes TOEFL ITP ini bisa kalian jadikan alternatif selama pandemi untuk tetap mendapatkan sertifikat TOEFL tanpa harus keluar rumah.