Kursus Online Bahasa Belanda Terbaik No.1 di Indonesia

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Belanda
untuk Raih Kesuksesan Selama Masa Studi atau Bekerja di Belanda!

Ayo mulai perjalanan belajar bahasa Belanda Kamu bersama Lister!
img3

Lister Siap Membantu Kamu
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Belanda !

Keuntungan Belajar Bahasa Belanda

Mampu berbicara bahasa Belanda dengan lancar akan membuat aktivitas sehari-harimu lebih menyenangkan!

Terlebih, jika Kamu berkunjung ke Belanda, Kamu tak perlu takut untuk mengunjungi tempat – tempat baru, berbelanja kebutuhan, makan di restoran, hingga berkomunikasi langsung dengan orang Belanda. Selain menyenangkan, berkeliling Belanda dengan bekal kemampuan bahasa Belanda tentu akan sangat menambah kepercayaan dirimu. Jika Kamu ingin bekerja di sana, mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Belanda akan memperbesar peluangmu untuk diterima. Berkuliah dengan bahasa pengantar Belanda juga bukan sebuah masalah. Bahkan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan teman di sana ketika sudah bisa berbahasa Belanda. Menguasai bahasa ini juga akan membuatmu semakin cerdas karena ratusan kosakata baru yang bisa kamu gunakan untuk menggali informasi yang lebih beragam. Siapa sih yang nggak mau cerdas? 

Yuk, rasakan kemudahan belajar bahasa Belanda bersama Lister!

ip1 jsm3

Percakapan

Peserta akan diajarkan bagaimana caranya berkenalan, membuka percakapan, hingga mencairkan suasana dalam bahasa Belanda

ip3 jsm3

Kosakata

Materi satu ini sangat diperlukan sebagai dasar kemampuan berbahasa. Tanpa penguasaan kosakata, seseorang tidak akan bisa menggunakan suatu bahasa.

ip3 jsm3

Tata Bahasa

Materi satu ini akan sangat membantu peserta ketika harus menulis dalam bahasa Belanda yang baik dan benar.

ip2 jsm3

Latihan Speaking & Listening

Selain dibekali dengan materi, peserta akan diajak untuk berlatih menggunakan bahasa Belanda secara intensif hingga peserta mampu berkomunikasi dengan lebih lancar.

Kenapa Belajar di Lister?

iefektif jsm3

Total Flexibility

Dengan platform belajar yang mudah dan menyenangkan, Kamu akan mendapatkan akses level dan kurikulum yang sesuai dengan kemampuan dan waktumu.

isupport jsm3

Teknologi

Lister menggunakan teknologi meeting tatap muka secara langsung sehingga mampu menghadirkan kualitas pembelajaran maksimal layaknya belajar di kelas karena dibimbing oleh pengajar yang profesional, asik, dan bersahabat.

igaransi jsm3

Profesional Tutor

Para tutor Lister sudah terbukti berpengalaman dalam mengajar.Cara penyampaian materi yang menarik dan mudah dipahami akan membuat Kamu lebih enjoy saat belajar.

Corporate Client Kami

dirjen 1
OJK
Unesa
Polri
Sirclo

dan lainnya.
(Lister melayani training bahasa asing untuk karyawan perusahaan & Lembaga)

Lister : Kursus Bahasa Belanda Online

Kualitas yang bagus, fasilitas yang memadai serta sistem pendidikan yang modern membuat negara Belanda menjadi salah satu negara yang menjadi incaran para pelajar di Indonesia untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Beberapa program studi di Belanda juga semakin mendukung tingginya minat pelajar Indonesia untuk studi disana. Beberapa program beasiswa yang banyak diincar mahasiswa diantaranya seperti StuNed, Orange Tulip Scholarship, hingga beasiswa LPDP . Dalam menjalankan sistem pendidikan, Belanda juga termasuk negara yang membuka kesempatan lebar untuk pelajar asing. Saat ini saja, sistem pendidikan Belanda menawarkan 2.100 program studi internasional yang dilaksanakan sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Jadi, tanpa perlu khawatir kesulitan berkomunikasi menggunakan bahasa Belanda, pelajar bisa mengambil studi internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Meskipun bukan hal yang wajib, namun memiliki kemampuan berbahasa Belanda juga perlu dimiliki para pelajar yang akan menjalani studi di Belanda. Kemampuan berbahasa Belanda akan sangat bermanfaat dalam mempermudah komunikasi selama berada di Belanda.

Kelas SEMI PRIVATE

Di Lister Semi Private, kamu bisa ajak 1-4 teman untuk belajar bareng dengan tutor pilihanmu. Lebih HEMAT dari kelas Private namun lebih FOKUS dari kelas reguler.

Klik Link Dibawah
Untuk Mendaftar Kelas SEMI PRIVATE

Investasi Terbaik Untuk Masa Depan Anda

Regular Course

Bahasa Belanda Building

Private Class

Rp 7.600.000

Rp 3.799.000

Bahasa Belanda Intensive

Private Class

Rp 10.000.000

Rp 4.999.000

Bahasa Belanda
Prime

Private Class

Rp 12.000.000

Rp 5.999.000

Belanda Ultimate Bronze

Private Class

+ Gratis Bimbingan Beasiswa/Job Interview

Rp 14.000.000

Rp 6.999.000

Belanda Ultimate
Silver

Private Class

+ Gratis Bimbingan Beasiswa/Job Interview

Rp 16.000.000

Rp 7.999.000

Belanda Ultimate
Gold

Private Class

+ Gratis Bimbingan Beasiswa/Job Interview

Rp 18.000.000

Rp 8.999.000

Investasi Terbaik Untuk Masa Depan Anda

Short Course Program 

Bahasa Belanda Short 1

Private Class

Rp 1.400.000

Rp 699.000

Bahasa Belanda Short 2

Private Class

Rp 2.000.000

Rp 999.000

Bahasa Belanda Short 3

Private Class

Rp 2.600.000

Rp 1.299.000

Bahasa Belanda Flash

Private Class

Rp 3.600.000

Rp 1.799.000

Bahasa Belanda Express

Private Class

Rp 4.400.000

Rp 2.199.000

Bahasa Belanda Brushup

Private Class

Rp 5.200.000

Rp 2.599.000

Kursus makin ringan! Bisa cicilan dengan bunga Nol Persen di Lister

Klik Link Dibawah
Untuk Mengajukan Cicilan Pembayaran

img intro pay

Terima Pembayaran
Online secara Instan

Lister  bisa menerima pembayaran melalui channel pembayaran digital seperti :

icon pay1

Transfer Bank

icon pay1

Kartu Kredit (VISA & MasterCard)

icon pay1

E-Wallet (GoPay, OVO & DANA)

Claim Your Discount!

Satu Langkah Lagi ... Khusus Untuk Kamu Yang Daftar Hari Ini, Kamu Akan Mendapatkan DISKON 50%. Jangan Lewatkan Kesempatan Ini Karena Promo Ini Akan Berakhir Dalam Waktu Dekat!

Ingat Promo ini hanya berlaku sampai
00 days 00 hours 00 minutes 00 seconds
timer bomb 1

Butuh Informasi Lebih Lanjut?
Chat Admin kami sekarang!

Karena harga kursus yang terjangkau, banyak peserta yang ingin mendaftar. Kelas online kami bisa tutup sewaktu-waktu jika jumlah peserta telah membludak. Sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk mendaftar!
Semakin cepat Kamu daftar, semakin cepat Kamu mulai belajar dan menjadi bisa!

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Temukan Jawaban Anda mengenai Lister di Sini

PT Lister Teknologi Edukasi

Gedung Innovation Factory | BLOCK71 Yogyakarta, Jl. Prof. Herman Yohanes No.1212, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Follow Us On :

For further enquiries please contact us through
info@lister.co.id | +6282233589331

Copyright © 2020 lister.co.id | PT Lister Teknologi Edukasi

Kursus Bahasa Belanda di Indonesia: Mengenal Bahasa Belanda dan Perkembangannya di Negara Ini.

Negara Belanda pernah menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun dan bahasa Belanda ‘pernah’ menjadi bahasa yang banyak digunakan di negara ini. Akan tetapi pernahkah anda berpikir mengenai alasan bahasa ini tidak banyak lagi digunakan di Indonesia sekarang? Atau pernahkah anda ingin tahu kata kata dalam bahasa Indonesia apa saja yang merupakan kata serapan (loanwords) dari bahasa Belanda ? Artikel ini akan menjawabnya untuk anda. Namun sebelum itu marilah kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu bahasa Belanda dan negara mana sajakah yang menggunakan bahasa ini.

Mengenal Belanda dan Bahasa Belanda

Negara Belanda adalah sebuah negara bersistem monarki konstitusional yang terletak di Eropa barat. Negara ini berbatasan dengan Jerman di timur, Belgia di selatan dan laut negara Inggris di utara.  Secara resmi negara ini disebut Netherlands, dan secara tidak resmi disebut Holland. 77% atau sekitar 13 juta penduduk negara ini adalah suku Dutch dan berbicara dengan bahasa Dutch (bahasa Belanda). Secara singkat, nama resmi negara Belanda adalah Netherland, nama tidak resminya adalah Holland dan orang orang Belanda adalah orang suku Dutch. Jadi anda tidak perlu kebingungan jika anda ditanyai istilah istilah tentang negara ini.

Meskipun di negeri asalnya jumlah penutur bahasa ini relative kecil, namun sebenarnya pengguna bahasa Belanda lebih dari jumlah tersebut. Sebab bahasa Belanda juga dipakai di negara lain seperti Belgia, Suriname, Aruba, Curacao dan Sint Maarten (nesoindonesia.or.id:2018). Selain itu bahasa Belanda juga memiliki pengaruh yang besar terhadap bahasa Afrikaans atau bahasa yang digunakan oleh orang orang Afrika Selatan. Bahasa ini banyak diserap kedalam bahasa tersebut sebab Afrika Selatan juga pernah dijajah oleh Belanda dalam waktu yang cukup lama.

Bahasa Belanda masih merupakan bagian dari rumpun bahasa Germanic barat (nesoindonesia.or.id:2018). Oleh karena itu bahasa ini memiliki cukup banyak kesamaan dengan bahasa Inggris. Maka tidak heran meskipun anda tidak menguasai bahasa Belanda dengan cukup baik ketika belajar di negeri kincir angina tersebut, penduduk setempat masih akan memahami perkataan bahasa Inggris anda.

Alasan mengapa bahasa Belanda saat ini tidak banyak digunakan  dalam kehidupan sehari hari orang Indonesia

Jika anda pernah mendengar negara bernama Suriname, maka anda sebaiknya juga mengerti bahwasanya sebagian negara tersebut merupakan orang Jawa dan menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari hari namun orang orang tersebut juga memakai bahasa Belanda sebagai bahasa resmi. Hal ini terjadi sebab pada abad ke 17 banyak orang Jawa yang dibawa oleh penjajah Belanda ke negara di Amerika Selatan tersebut. Suriname dan Afrika Selatan adalah negara eks koloni Belanda yang masih menggunakan bahasa Belanda hingga kini.Namun pernahkah anda bertanya mengapa Indonesia yang diajah Belanda sejak abad ke 16 (kecuali Aceh) kini tidak banyak memakai bahasa ini kecuali untuk bahasa serapan saja?

Dilansir oleh situs masteringbahasa.com setidaknya terdapat 4 alasan mengapa hal ini bisa terjadi. 4 alasan tersebut antara lain:

  1. Kondisi geografis bangsa Indonesia yang merupakan kepulauan sulit untuk diakses para penjajah Belanda. Oleh karena itu lokasi pusat pemakaian bahasa Belanda pada saat itu masih di kota kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makssar dan Ambon.
  2. Bahasa Belanda merupakan bahasa pendidikan sedangkan mayoritas orang Indonesia pada saat itu susah untuk mengakses pendidikan. Pendidikan pada masa jaman Belanda adalah komoditas eksklusif yang hanya bisa dinikmati oleh orang Belanda asli dan keturunannya, orang Indo (campuran Indonesia-Belanda) atau priyayi (ningrat). Maka tidak mengherankan apabila bahasa Belanda di negara ini tidak sampai pada mayoritas penduduk yang notabene adalah orang miskin.
  3. Bahasa Belanda relatif sulit untuk lidah orang Indonesia. Sehingga orang Belanda pada saat itu cenderung menggunakan bahasa melayu saat berinteraksi dengan penduduk Indonesia sebab bahasa melayu (rumpun bahasa Indonesia dan Malaysia) serta bahasa daerah di Indonesia lebih mudah diucapkan daripada bahasa Belanda.
  4. Orang Indonesia memang menghindari penggunaan bahasa Belanda. Salah satu kunci eksklusivitas perjuangan bangsa Indonesia saat itu adalah dengan menggunakan bahasa yang lebih umum digunakan dan bahasa yang lebih mudah dipahami yaitu bahasa Melayu. Sehingga bahkan dari sebelum kemerdaakaan, bangsa ini memang secara resmi memutuskan untuk tidak menggunakan bahasa Belanda (Sumpah Pemuda tahun 1928).

Dengan alasan alasan diatas, maka adalah hal yang wajar jika pengguna bahasa Belanda di Indonesia sangat sedikit walaupun bangsa tersebut pernah menguasai negeri ini selama kurang lebih 350 tahun.

Kata kata dalam bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa Belanda

Meskipun tidak lagi digunakan sebagai bahasa resmi disni, bahasa Belanda masih memiliki pengaruh dalam bahasa Indonesia. Pengaruh tersebut berupa kata kata serapan (loanwords) dalam bahasa Indonesia yang aslinya merupakan bahasa Belanda. Contoh dari kata serapan tersebut adalah:

Absen dari kata Absent

Peron dari kata Perron

Petisi dari kata Petitie

Administrasi dari kata administratie

Ban dari kata Band dan lain lain

(masteringbahasa.com:2017)

 

Tidak ada jumlah yang pasti mengenai berapa jumlah kata serapan dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Belanda. Sumber dari Wikipedia mengatakan bahwa jumlah tersebut sekitar 10.000 kata dan sumber yang lain sebesar 6.4% dari bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa ini.

Kursus bahasa Belanda di Indonesia

Meskipun tidak sebesar Amerika Serikat atau Inggris dan pernah menjajah negara ini, banyak mahasiswa atau orang dari Indonesia yang tertarik untuk mengunjungi negara ini baik sebagai turis maupun pelajar. Sebab negara ini memiliki daya tarik tersendiri terutama dibidang sejarah dan hukum bagi mahasiswa. Selain itu negara ini juga punya julukan sebagai ‘gerbangnya Eropa’ sebab dari negara ini anda bisa keliling kota kota besar di Eropa dengan relatif mudah. Oleh karena itu kursus bahasa Belanda di Indonesia masih sangat diminati.

Berbagai lembaga menghadirkan kursus bahasa Ini. Termasuk diantaranya adalah Erasmus Training Center yang berada di kantor Kedutaan Besar Belanda di Indonesia. Program yang ditawarkan oleh lembaga ini bermacam macam mulai dari kursus bahasa Belanda untuk akademik hingga kursus bahasa Belanda untuk keperluan akulturasi dan ujian Inburgerings-examen yang dipakai sebagai syarat tinggal dan menetap di negara tersebut. Biaya yang perlu anda keluarkan juga bermacam macam dari Rp. 1.500.000.,00 per semester hingga Rp. 4.500.000.,00 per semester tergantung dengan program yang anda ambil. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kursus bahasa Belanda di lembaga ini anda bisa mengunjungi laman yang tercantum dibagian footnote[1]. Selain lembaga ini anda juga bisa mengikuti kursus bahasa Belanda di lembaga lembaga lain yang tersertifikasi.

Semoga informasi diatas dapat membantu anda belajar bahasa Belanda ya! Selamat Mencoba!