Halaman Testing

Hero Image Persiapan Tes GMAT
0%

You only have 90 minutes (5.400 seconds) to complete the test.

The time is over.


Welcome to Try Out SNBT - TPS Test

Information to Test takers

Each question carries 1 point.

No. of Questions : 85 items
Timing : 90 Minutes

Complete the form below correctly before starting the test.

At the end of the test, the score report will be sent to your email

1 / 85

1. Ketika pandemi selama dua tahun lalu, kualitas udara meningkat karena mobilitas berkurang, kemacetan di sana-sini jelas terurai sehingga emisi yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan pun berkurang. Di sisi lain, tumpukan sampah bertambah karena banyaknya orang yang menggunakan APD, baik itu masker, sarung tangan, hand towel bekas, dan sebagainya. Salah satu pola yang dapat dipilih untuk penanggulangan sampah tersebut adalah build forward better, artinya dengan sumber daya dan kondisi yang ada, disusun manajemen yang lebih baik lagi sehingga banyak perubahan-perubahan yang terjadi, salah satunya paradigma cara berpikir. Baik itu dalam pengelolaan sampah, manajemen lingkungan, maupun yang lainnya.

2 / 85

2. Sebuah penelitian menemukan bahwa 60% orang yang sedang mengalami perubahan dalam hidupnya sedang mengalami stres. Penelitian terbaru pada orang yang sedang mengalami perubahan dalam hidupnya menunjukkan bahwa tingkat stres orang yang merasa kesepian dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merasa kesepian. Dari penelitian tersebut pula, jumlah orang kesepian yang berjenis kelamin perempuan lebih tinggi daripada orang yang berjenis kelamin laki-laki.
Manakah dua simpulan yang paling didukung oleh bacaan tersebut?

3 / 85

3. Penerbit majalah saat ini mengalami kerugian besar karena masyarakat lebih memilih untuk membaca melalui internet atau bacaan digital. Guna mengurangi kerugian, banyak cara dilakukan, salah satunya mengurangi jumlah halaman. Penerbit yang mengikuti perkembangan media memanfaatkan internet dalam melakukan terobosan pemasaran untuk menekan biaya promosi dan meminimalisasi kerugian.

Simpulan: banyaknya berita di internet tidak menyebabkan kerugian para penerbit majalah.

Manakah pernyataan berikut yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?

4 / 85

4. Lele yang sudah siap panen umumnya mencapai ukuran 8-10 ekor per kilogram. Ukuran sebesar itu bisa dicapai dalam tempo 2,5-3,5 bulan dari benih berukuran 5-7 cm. Berbeda dengan konsumsi domestik, ikan lele untuk tujuan ekspor biasanya mencapai ukuran 2 ekor per kilogram.
Jika berat lele kurang dari 100 gram, manakah simpulan yang benar?

5 / 85

5. Korban perundungan yang terjadi secara online dapat merasa seperti diserang dari manapun, bahkan ketika di rumah sendiri. Dampaknya dapat bertahan lama dan memengaruhi seseorang dalam banyak hal. Secara mental, korban akan merasa kesal, malu, marah, bahkan bodoh. Secara emosional, korban akan merasa malu atau kehilangan minat pada hal-hal yang awalnya disukai. Secara fisik, korban akan merasa lelah, bahkan mengalami gejala sakit psikosomatis seperti sakit perut dan sakit kepala.

Simpulan: Korban perundungan siber tidak merasa aman meskipun di rumah sendiri, dampaknya memengaruhi mental, emosional, dan fisik seseorang.

Manakah pernyataan berikut yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?

6 / 85

Berikut ini teks untuk soal nomor 6 dan 7

Datangnya era pandemi Covid 19 memaksa bahkan telah merubah pola kehidupan manusia secara luas. Perubahan yang kentara diantaranya pada pola kerja yang sebelumnya mengharuskan kehadiran fisik di kantor menjadi pola kerja hybrid, yaitu adanya pembagian tempat kerja antara kantor, rumah yang dikenal dengan Work From Home (WFH) atau tempat di luar kantor lainnya yang mendukung terlaksananya kegiatan/capaian kinerja yang dikenal dengan istilah Work From Anywhere (WFA).

Bekerja tanpa rekan kerja untuk berbagi dan berdialog secara formal maupun emosional misalnya berkeluh kesah atau dikenal dengan ‘curhat’ menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja kantoran maupun non kantoran dalam mengatasi kejenuhan ataupun kendala non teknis lainnya.
Sumber: KPKNL Purwakarta

6. Berikut ini simpulan yang paling paling mendukung pernyataan tersebut adalah ...

7 / 85

7. Simpulan: Para pekerja merasa stres saat bekerja di era pandemi Covid 19
Manakah pernyataan berikut ini yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?

8 / 85

8. Diana sangat menyukai olahraga renang. Setiap minggu ia selalu berlatih berenang. Hana sangat suka berolahraga, tetapi ia tidak bisa berenang. Olahraga favoritnya adalah bulu tangkis
Simpulan yang paling tepat adalah ...

9 / 85

9. Salah satu efek mudahnya mendapatkan akses internet adalah meningkatnya pelanggan platform penyedia film berbayar, seperti Netflix, Disney Hotstar, Prime, VIU, dll. Hal tersebut berdampak pada menurunnya jumlah kunjungan ke bioskop. Kondisi ini memaksa bioskop untuk memberikan berbagai promosi, salah satunya harga tiket masuk. Namun demikian, jumlah kunjungan tetap tidak bertambah karena pecinta film lebih memilih untuk menikmati film melalui platform penyedia film berbayar.
Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang pasti benar?

10 / 85

10. Daging sapi yang bagus dan segar adalah daging yang masih berwarna kemerahan. Apabila ditekan, daging akan kembali ke posisi semula dan aromanya segar, sedikit amis khas daging sapi. Daging sapi yang segar juga tidak berair karena sari-sarinya masih ada dalam daging.
Daging sapi merk X berwarna kemerahan, kenyal dan aromanya amis khas daging sapi. Manakah simpulan yang benar?

11 / 85

11.

Pengamat A: Anak-anak belajar sambil bermain dengan mengaduk, melumatkan, dan melempar-lempar makanannya
Pengamat B: Anak akan mengeksplorasi kemampuan makannya sendiri untuk berlatih mandiri
Hasil penelitian: Anak yang makannya berantakan dapat menjadi pembelajar yang lebih baik di masa yang akan datang daripada anak yang makannya selalu disuapi orang lain.

Manakah pernyataan berikut yang paling tepat mengenai hasil peneitian tersebut?

12 / 85

12. Penggunaan biodiesel menimbulkan dampak bagi semua bidang. Hampir semua bidang memperoleh dampak positif. Bidang yang mengalami dampak positif terbesar adalah sumber daya energi, ekonomi. Namun, ada aspek lingkungan yang terkena dampak negatif karena adanya pengalihan fungsi hutan menjadi perkebunan.
Manakah pernyataan berikut yang pasti benar berdasarkan informasi di atas?

13 / 85

Berikut ini bacaan untuk soal nomor 13 dan 14

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah terus berubah bahkan bisa memunculkan tanda-tanda penuaan. Salah satu cara mengatasinya bisa menggunakan retinol. Produk skincare berbahan ini sangat cocok untuk mengatasi masalah kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, pori-pori besar, warna, dan tekstur kulit tidak merata. Ini karena retinol berfungsi sebagai anti-aging yang dapat mencegah, bahkan mengatasi penuaan pada kulit wajah sehingga tampak awet muda. Saat ini hampir 70% produk-produk skincare mengandung retinol. Hal ini merupakan hal yang baik asal persentase retinol dalam kandungan produknya masih dibatas wajar.

13.  Manakah yang paling mungkin menjadi asumsi yang dasar argumen tersebut?

14 / 85

14. Berdasarkan bacaan tersebut, manakah pernyataan berikut yang pasti benar?

15 / 85

15. Siswa yang memiliki pemahaman kuat terhadap pelajaran fisika adalah siswa yang dapat menjawab soal ujian ini 10 nomor atau lebih dengan benar.
Manakah argument yang benar?

16 / 85

Berikut ini grafik untuk soal nomor 16 dan 17

(Jika grafik tidak muncul, klik kanan di sini dan buka pada tab baru)

Berikut ini jumlah penjualan kamus bahasa asing (dalam ratusan), untuk bulan Januari, Februari, dan Maret.

16. Berdasarkan grafik di bawah, berikut ini pernyataan yang sesuai adalah …

17 / 85

17. Berdasarkan grafik di bawah, berikut ini pernyataan asumsi yang paling memungkinkan adalah …

(Jika grafik tidak muncul, klik kanan di sini dan buka pada tab baru)

18 / 85

18. Kamar kost yang ditinggal penghuninya selama lebih dari dua hari wajib untuk mematikan lampu, memutus semua kontak listrik, dan meninggalkan kamar kos dengan keadaan bersih tanpa ada sampah terutama sampah organik. Apabila lampu kamar kos Hana masih menyala, manakah simpulan di bawah ini yang paling benar?

19 / 85

19. Semua penghuni kelas A menyukai musik bergenre pop. Sebagian besarnya sangat menyukai kpop. Mereka yang menyukai kpop berencana akan menonton konser pada hari terakhir jadwal kelas mereka class meeting.
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat menurut ilustrasi di atas?

20 / 85

20. Perusahaan yang mempunyai limbah dari emisinya akan dicabut izin operasionalnya. Rusunawa Marunda, Jakarta Utara dicemari polusi udara dengan bentuk debu dan batu bara dari PT Karya Cipta Nusantara.
Berdasarkan ilustrasi di atas, manakah simpulan yang paling tepat?

21 / 85

21. Pedagang martabak menawarkan 2 jenis martabak yaitu martabak durian dan martabak manis, untuk martabak durian dapat dipilih maksimal 2 toping, yaitu choco chips atau keju. Sedangkan untuk martabak manis dapat dipilih salah satu rasa yaitu coklat, stoberi dan srikaya dengan toping di antara meses atau bluberry. Berapa banyak menu yang terdapat di kedai tersebut?

22 / 85

22. Di sebuah toko Laptop terdapat banyak sekali merek laptop. Laptop merk B lebih mahal daripada laptop merk A, tetapi lebih murah daripada laptop merk E. laptop merk F lebih murah daripada laptop merk A dan C. laptop merk D lebih mahal dari pada laptop merk F tetapi lebih murah dari laptop merk C. harga laptop C lebih murah dari laptop A. Harga laptop termurah dan termahal adalah . . .

23 / 85

23. Anton lebih tua dari Yani, Fitri lebih muda dari Anis, Andi lebih muda dari Yani, Anton lebih muda dari Fitri, Yani lebih tua dari Andi maka urutuan dari yang termuda sampai yang tertua adalah . . .

24 / 85

24. Dalam perjalanan menuju sekolah, lima sekawan Surya, Jono, Andin, Riko, dan Rahmi selalu berangkat bersama. Jono selalu menjemput Surya setelah ia dijemput oleh Andin. Rumah Riko menjadi rumah terakhir yang dijemput. Sementera rumah Rahmi terletak di antara rumah Jono dan rumah Andin. Berikut ini pernyataan yang BENAR adalah . . .

25 / 85

25. Kebiasaan sesorang tidak sarapan pagi di anggap buruk bagi kesehatan, karena tubuh yang tidak mendapat asupan energi saat pagi akan terasa lebih letih dan lelah. Selain itu, dampak melewatkan sarapan juga bisa menyasar organ vital seperti jantung. Menurut studi dari Universitas Harvard, pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit jantung, daripada mereka yang memiliki kebiasaan sarapan. Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan yang PASTI benar

26 / 85

26. Suatu survey menyatakan bahwa orang dewasa (laki – laki dan perempuan) menyukai makanan yang terdiri atas jenis makanan berat dan makanan ringan. Makanan ringan lebih disukai oleh perempuan. Pernyataan yang paling tepat adalah . . .

27 / 85

27. 1, 2, 3, 3, 6, 5, 11, 7

28 / 85

28. 0, 1, 2, 4, 8, 15, …

29 / 85

29. 1,2,2, -4, 4, -9, 8, ….

30 / 85

30. 4, 81, 100, 8, 27, 90, 16, 9, ….

31 / 85

Pengetahuan dan Pemahaman Umum (20 Soal)

Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Indonesia mendapat predikat sebagai negara adidaya dalam pengendalian perubahan iklim. (2) Hal yang diungkap oleh Presiden Konferensi Perubahan Iklim Dunia (COP) ke 26 di Glasgow, Inggris akhir tahun 2021. (3) Predikat ini menjadi semangat Indonesia untuk terus meningkatkan aksi-aksi iklim demi menjaga suhu bumi tidak meningkat lebih dari 2 derajat Celcius. (4) Menilik kondisi global pada tahun 2022, tantangan pengendalian perubahan iklim menjadi cukup berat karena terpengaruh berbagai krisis akibat konflik Geopolitik Global. (5) Di tengah kondisi yang kurang baik tersebut, Indonesia tetap dapat menunjukkan komitmen globalnya melalui contoh-contoh nyata dalam mengatasi perubahan iklim dengan meningkatkan ambisi iklim.

(6) Pada target penurunan emisi Indonesia, berdasarkan hasil Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Nasional, sejak tahun 2020 Indonesia telah mampu mengendalikan GRK secara signifikan dari yang ditargetkan. (7) Penurunan emisi karbon juga dicapai dari upaya pengendalian bahan perusak ozon. (8) Pada tahun 2022 Indonesia berhasil merealisasikan penurunan sebesar 120.45 odp (ozone depletion potential). (9) Kemudian dari pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), secara akumulatif pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 terjadi penurunan 43 persen luas karhutla atau seluas 152.797 hektare.
(Dikutip dengan pengubahan dari https://www.menlhk.go.id/ )

31. Kata yang bermakna sama dengan adidaya pada kalimat (1) dalam bacaan tersebut adalah ….

32 / 85

32. Berdasarkan teks, kalimat yang tidak logis ditunjukkan oleh ….

33 / 85

33. Makna bertingkat dari kata krisis dalam kalimat (4) adalah ….

34 / 85

34. Kalimat yang memiliki asosiasi dengan akumulatif dalam kalimat (9) pada bacaan tersebut adalah ….

35 / 85

35. Hubungan kalimat (7) dan (8) dalam bacaan di atas yang paling tepat adalah sebagai …

36 / 85

Bacalah teks berikut dengan saksama!

(1) Cherophobia merupakan fobia yang dimiliki oleh seseorang dengan rasa keengganan irasional untuk bahagia. (2) Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) saat ini tidak mencantumkan cherophobia sebagai gangguan. (3) Namun, sejumlah ahli medis mengklasifikasikan cherophobia sebagai bentuk gangguan kegelisahan (rasa takut yang irasional, biasanya meningkat ketika merasa terancam).

(4) Padahal, berdasarkan fakta penderita cherophobia belum tentu seseorang yang sedang sedih dan terancam. (5) Tetapi, penderitanya merupakan orang yang menghindari kegiatan yang dapat mengarah pada kebahagiaan atau kegembiraan. (6) Misalnya, mengalami kecemasan ketika memikirkan pergi ke pertemuan sosial yang menyenangkan, seperti pesta, konser, atau acara serupa lainnya.

(7) Penderita cherophobia mungkin berpikir bahwa menjadi bahagia berarti sesuatu yang buruk akan terjadi padanya. (8) Bahkan, menganggap kebahagiaan membuatnya menjadi orang yang buruk atau lebih buruk. (9) Selain itu, penderita cherophobia juga mungkin berpikir bahwa menunjukkan dirinya bahagia itu buruk baginya, teman, ataupun keluarganya. (10) Kemudian, mereka mungkin berpikir mencoba untuk bahagia adalah buang-buang waktu dan usaha.
(Dikutip dengan pengubahan dari https://www.asumsi.co)

36. Hubungan antarparagraf bacaan tersebut adalah ….

37 / 85

37. Kelemahan paragraf ke (3) pada bacaan tersebut adalah ….

38 / 85

38. Kesalahan penggunaan konjungsi pada bacaan tersebut terdapat dalam kalimat ….

39 / 85

39. Bentuk perulangan buang-buang pada kalimat (10) memiliki kesamaan makna pada kalimat berikut, yaitu …

40 / 85

40. Kata kecemasan pada kalimat (6) memiliki makna yang berlawanan dengan kata ….

41 / 85

Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Perundungan yang terjadi di sekolah seperti halnya fenomena gunung es. (2) Meskipun lebih dari 79% siswa dilaporkan pernah mengalami perundungan, namun hanya 21% kasus perundungan yang terangkat ke permukaan. (3) Sejumlah intervensi telah dilakukan untuk mencegah terjadinya perundungan, akan tetapi belum memberikan hasil yang signifikan. (4) Perundungan yang terjadi di sekolah tidak bisa dilepaskan dari iklim sekolah. (5) Terdapat tiga hal utama dalam pencegahan perundungan, yaitu dukungan atau perhatian guru, pembentukan nilai dan norma sekolah yang sehat, serta relasi antar teman sebaya.

(6) Berdasarkan penelitian terhadap siswa yang berasal dari lima wilayah provinsi DKI Jakarta, baik ketiga dimensi iklim sekolah maupun iklim sekolah secara total, masing-masing memiliki korelasi terhadap perundungan. (7) Dari ketiga dimensi iklim sekolah, ternyata dimensi perhatian dan penghargaan guru memiliki pengaruh yang paling besar terhadap pencegahan perundungan. (8) Dengan demikian, diharapkan nilai-nilai positif dapat tertanam pada diri siswa dengan bantuan guru, serta tampil dalam bentuk tingkah laku yang sesuai norma sosial. (9) Iklim sekolah yang positif juga menandakan sekolah mampu memberikan suasana psikologis yang aman dari perundungan bagi setiap warga sekolah, termasuk siswa.

(Dikutip dengan penyesuaian dari: https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/12480)

41. Kalimat yang mengandung kata dengan makna perumpamaan dalam bacaan tersebut adalah

42 / 85

42. Penggunaan konjungsi yang tidak tepat dalam bacaan tersebut terdapat pada kalimat ….

43 / 85

43. Maksud yang disampaikan penulis berdasarkan kalimat (5) adalah ...

44 / 85

44. Kata yang dapat menggantikan kata bercetak tebal pada paragraf kedua adalah, kecuali ….

45 / 85

45. Hubungan antarparagraf bacaan tersebut adalah …

46 / 85

Bacalah teks berikut dengan saksama!

(1) Hingga 2018, Indonesia tercatat sebagai negara penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia setelah Tiongkok. (2) Bila dikerucutkan lagi, Jakarta adalah penyumbang sampah yang paling banyak di Indonesia. (3) Dari 3,22 juta metrik ton sampah plastik, Jakarta adalah salah satu penyumbang sampah paling produktif. (4) Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat sampah yang dihasilkan Jakarta mencapai 9.300 ton/hari selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (5) Sebenarnya, Pemprov DKI Jakarta sudah berusaha mengurangi penggunaan sampah plastik dengan berbagai cara, seperti memberi sosialisasi, berlakunya denda, dan pembuatan kebijakan. (6) Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 149 Tahun 2019 yang melarang penggunaan kantong belanja berbahan plastik sekali pakai. (7) Sayangnya, apabila penerapan di sektor mikro seperti rumah tangga tidak kunjung dilakukan, sampah plastik tetap akan menggunung seperti sebelumnya. (8) Perlu adanya dukungan dan kontribusi dari masyarakat terhadap permasalahan kebersihan lingkungan tersebut. (9) Apabila Indonesia tidak berbenah, peneliti memperkirakan pada tahun 2050, sampah plastik bisa lebih banyak dari ikan di laut.
(Dikutip dengan pengubahan dari https://tirto.id)

46. Apabila bacaan tersebut dibagi menjadi dua paragraf, kalimat yang tepat untuk memulai paragraf kedua adalah …

47 / 85

47. Perumpamaan dalam bacaan tersebut terdapat pada kalimat ….

48 / 85

48. Kesamaan makna bentuk ke-an pada kata kebersihan kalimat (8) terdapat dalam kalimat berikut, yaitu …

49 / 85

49. Perbaikan ketidakteraturan kelompok kata yang bercetak tebal dalam kalimat (5) yang tepat adalah …

50 / 85

50. Kelompok kata yang berpasangan tetap dalam bacaan tersebut adalah ….

51 / 85

Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (20 Soal)
Cermati wacana berikut untuk mengerjakan soal nomor 51-55!

[….]
(1) Pada 2015, semua negara anggota PBB mengadopsi agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan yang juga kita kenal dengan Sustainable Development Goals atau SDGs. (2) Agenda tersebut menetapkan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan untuk melestarikan lingkungan dengan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia.

(1) Tujuan pembangunan berkelanjutan mencakup semua bidang kehidupan, mulai dari kemiskinan dan pendidikan hingga industri dan kesetaraan gender. (2) Tapi yang terutama, beberapa tujuan ini secara khusus membahas dampak lingkungan, yaitu pengelolaan air berkelanjutan yang menjamin akses air bersih untuk semua, energi bersih dan terjangkau, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, memprioritaskan daur ulang, penggunaan kembali, dan keberlanjutan secara keseluruhan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil dalam rantai pasokan, aksi untuk memerangi perubahan iklim dan memperjuangkan keadilan lingkungan secara global, konservasi lautan dan sumber daya dalam menghadapi kerusakan lingkungan, dan penggunaan lahan yang berkelanjutan untuk melindungi dan memulihkan keanekaragaman hayati.

(1) Sejak SDGs ditetapkan negara-negara mulai melangkah dan menciptakan sistem yang lebih hijau sambil mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam yang terbatas. (2) Sistem ini lebih baik untuk lingkungan, karena dapat meminimalisir emisi gas rumah kaca yang berasal dari kegiatan manusia dan menghambat perubahan iklim.

(1) Tujuan-tujuan keberlanjutan ini mengatur kelompok, perusahaan, pemerintah untuk bekerja sama membangun sistem berkelanjutan untuk lingkungan yang lebih baik. (2) Para pemangku kepentingan keberlanjutan adalah kekuatan pendorong di balik pembangunan atau peningkatan sistem berkelanjutan.

(1) Di dunia lingkungan, para pemangku kepentingan meliputi organisasi, pemerintah, bisnis, ilmuwan, pemilik tanah, dan individu. (2) Para pemangku kepentingan bisa mendukung tujuan-tujuan tersebut dengan berbagai macam cara, seperti mendanai program lingkungan, menggunakan platform yang mereka miliki untuk mempromosikan, menyediakan, atau memfasilitasi kegiatan yang bertujuan untuk perbaikan lingkungan.
Sumber: www.paprikaliving.com dengan penyesuaian

51. Judul yang paling sesuai dengan isi bacaan tersebut ialah….

52 / 85

52. Terdapat kesalahan penulisan yang terletak pada paragraf ketiga. Alasan yang tepat untuk menjelaskan kesalahan penulisan tersebut ialah….

53 / 85

53. Kata baku yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kedua adalah….

54 / 85

54. Pada paragraf kelima terdapat kerancuan yang menimbulkan adanya ambiguitas. Hal ini disebabkan oleh….

55 / 85

55. Kesalahan penulisan pada paragraf keempat disebabkan oleh konjungsi yang tidak tepat penggunaannya. Penjelasan paling logis terkait dengan konjungsi yang digunakan adalah….

56 / 85

Bacalah teks berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 56-60!

(1) Kasus perundungan yang dialami anak berinisial FH berusia 11 tahun di Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat, menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia tergolong berat dan kompleks lantaran korban mengalami kekerasan secara fisik, seksual, dan psikologis. (2) Dengan landasan ini, KPAI menilai kasus tersebut harus dibawa ke ranah hukum agar tidak terulang di masa mendatang - mengingat anak merupakan apa yang disebut KPAI, "peniru ulung". (3) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan telah memeriksa sebanyak 15 orang terkait peristiwa perundungan yang disertai tindakan asusila ini. (4) Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jasra Putra, mengaku miris dengan kasus yang menimpa bocah laki-laki kelas V sekolah dasar tersebut. (5) Apa yang terjadi pada korban menunjukkan perundungan di kalangan anak-anak semakin berat dan kompleks. (6) Menurut pengamatannya, korban setidaknya mengalami kekerasan fisik, seksual, dan psikologis.

(1) Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, Adi Widodo, mengatakan sebelum meninggal korban sempat dirawat di rumah sakit. (2) Dari hasil pemeriksaan medis, korban mengalami suspect depresim thypoid, dan ensefalopati atau peradangan otak. (3) Suspect thypoid, ensefalopati, dan suspect episode depresi, menurutnya, disebabkan adanya tekanan psikologis korban sebelumnya. (4) Apalagi seperti keterangan keluarga, korban sempat menjadi target perundungan teman-temannya. (5) Saat berada di rumah sakit, korban mengalami penurunan kesadaran karena masih tidak mau makan dan minum hingga mengalami demam.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mengatakan telah memeriksa sebanyak 15 orang terkait kasus perundungan yang disertai tindakan asusila. Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo, menyebut belasan orang itu adalah saksi yang melihat langsung maupun yang mendengar cerita perundungan tersebut. Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Dian Pornomo, menuturkan pihaknya akan menerapkan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). Komisioner KPAI, Jasra Putra, berharap polisi melibatkan psikolog anak dalam memeriksa para pelaku sebab ada kemungkinan mereka terpapar konten-konten pornografi. Dengan demikian, para pelaku pun dapat menerima pendampingan dan edukasi terkait sex education sehingga perilaku perundungan ini juga dapat dihentikan.
Sumber: www.regional.kompas.com dengan penyesuaian

 

56. Kalimat berikut yang tepat mewakili keseluruhan isi berita pada bacaan tersebut ialah….

57 / 85

57. Berikut ini yang tidak merupakan saran yang disampaikan dalam berita tersebut adalah….

58 / 85

58. Penjelasan yang tepat terkait istilah peniru ulung yang terdapat pada kalimat (2) paragraf pertama adalah….

59 / 85

59. Beberapa kosakata berikut yang sesuai dengan arti dan konteks kata kompleks pada paragraf pertama tersebut adalah….

60 / 85

60. Kesalahan penulisan masih terdapat pada paragraf kedua. Berikut ini yang bukan merupakan alasan yang tepat untuk menjelaskan kesalahan penulisan tersebut adalah….

61 / 85

Bacalah teks berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 61-65!

Alun-alun Selatan Yogyakarta adalah sebuah tempat luas yang terdapat di area Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta, mempunyai dua alun-alun, yakni Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan. Dibandingkan dengan Alun-alun Utara, Alun-alun Selatan lebih kecil. Akan tetapi bila dilihat dari keramaiannya, Alun-alun Selatan setiap harinya lebih ramai.

(1) Alun-alun Selatan merupakan tempat tujuan wisata yang berbentuk persegi panjang. Alun-alun Selatan tidak terlalu luas, jika dibandingkan dengan Alun-alun Utara. (2) Jika dibandingkan dengan lapangan bola, Alun-alun Selatan sebesar dua kali lapangan sepak bola. (3) Luas Alun-alun Utara bisa mencapai empat kali lapangan bola. (4) Alun-alun Selatan yang tidak terlalu luas tersebut disulap menjadi tempat yang menyenangkan.

Jika berkunjung ke tempat ini, sepanjang mata memandang, hanya akan terlihat tanah yang berumput di bagian pinggir lapangan. Setiap sore, Alun-alun Selatan banyak digunakan untuk berolahraga. Malam hari, suasana Alun-alun Selatan menjadi berbeda. Pengunjung bisa mendatangi Alun-alun pada siang atau malam hari. Jika berkunjung malam hari, pengunjung akan melihat bagaimana ramainya alun-alun.

Di bagian tengah Alun-alun Selatan, terdapat dua buah pohon beringin yang besar. Jika malam hari, pohon beringin tersebut tidak terlihat menyeramkan karena diterangi oleh beberapa buah lampu berwarna kuning keemasan. Pohon beringin di tengah alun-alun dikelilingi oleh pagar tinggi berwarna putih, sehingga tidak memungkinkan untuk dimasuki orang.

Pohon beringin adalah […] Alun-alun Selatan. Ada sebuah kepercayaan mengenai kedua pohon beringin tersebut. Bagi siapa saja yang bisa berjalan melewati di antara dua buah pohon beringin tersebut dengan mata tertutup, maka cita-cita atau keinginan akan tercapai. Tentu saja setelah disertai dengan doa dan usaha.

61. Pernyataan berikut yang paling tepat untuk menunjukkan alasan bahwa teks tersebut merupakan teks deskripsi adalah….

62 / 85

62. Kalimat berikut ini yang paling efektif sebagai hasil penggabungan kalimat (2) dan (3) pada paragraf kedua adalah….

63 / 85

63. Kalimat berikut ini yang tepat untuk menjadi kalimat utama pada paragraf ketiga ialah….

64 / 85

64. Kalimat berikut yang tepat untuk melanjutkan paragraf terakhir pada bacaan tersebut adalah….

65 / 85

65. Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kelima tersebut adalah….

66 / 85

Bacalah teks berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 66-70!

[….]
Anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan memiliki karakter yang cenderung imitative dan plagiarism. Oleh karena itu, dalam masa pertumbuhan tersebut, mereka akan meniru apa saja yang mereka dengar lihat, atau apapun yang mereka tonton. Selain itu, anak-anak mempunyai kepekaan dan daya simpan memori yang sangat baik terhadap apa yang mereka lihat, dengar, dan mereka rasakan.

Pada masa pertumbuhan tersebut anak harus mendapat banyak pengarahan dari segi positif, salah satunya yakni dari dongeng. Sejak dini, orang tua perlu menerapkan pendidikan karakter pada anak. Namun, mengingat sia anak masih kecil. Orang tua harus mempunya cara tersendiri untuk mengajarkan karakter positif kepada anak. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut, yakni dengan dongeng.

(1) Dongeng sendiri yakni tulisan berupa cerita anak termasuk dalam kategori sastra berjenis prosa. (2) Di dalam dongeng banyak berisi mengenai pemahaman dan pengenalan terhadap nilai-nilai. (3) Nilai-nilai yang ada pada dongeng tidak selamanya baik, namun terkadang juga memunculkan tokoh jahat dan buruk. (4) Namun orang tua tetap bisa mengarahkan anak dengan mengenalkan tokoh baik dan tokoh jahat, dan memberikan pengertian jika tokoh jahat bukan contoh yang baik. (5) Dengan mengenalkan antara tokoh baik dan tokoh jahat dalam dongeng, secara tidak langsung orang tua mengajarkan anak menjadi cerdas, tajam pikiran, lembut, peka, serta halus perasaannya.

Dongeng biasanya mengandung nilai-nilai baik misalnya nilai kejujuran, kepahlawanan, pengorbanan, keadilan, kebijaksanaan, dan lain-lain. Melalui dongeng yang dibacakan orang tua kepada anaknya, secara tidak langsung, orang tua tersebut sudah memberikan pendidikan karakter pada anak. Dongeng memiliki tujuan, yaitu agar anak mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dengan segala konsekuensinya. Misalnya, tokoh yang baik akhirnya hidup bahagia, sedangkan tokoh yang buruk akhirnya menderita, dan lain sebagainya.

66. Judul yang tepat untuk diberikan pada bacaan tersebut sesuai dengan isinya adalah….

67 / 85

67. Penulisan kata serapan bercetak miring pada kalimat pertama paragraf pertama yang tepat agar sesuai kaidah penulisan kata pada KBBI adalah….

68 / 85

68. Perbaikan kalimat yang benar untuk kalimat (1) paragraf ketiga agar menjadi kalimat efektif ialah….

69 / 85

69. Evaluasi yang benar untuk mengoreksi kesalahan penulisan pada kalimat (2) paragraf keempat agar menjadi kalimat efektif adalah….

70 / 85

70. Pernyataan-pernyataan berikut menjelaskan perlunya kebiasaan mendongeng untuk anak berdasarkan isi teks tersebut, kecuali….

71 / 85

71. Suatu kelas mengumpulkan uang sumbangan dan terkumpul sebesar Rp.499.000. Jika tiap siswa menyumbang paling kecil Rp.15.000 dan tidak ada siswa yang menyumbang lebih dari Rp.20.000. maka kemungkinan jumlah siswa yang mungkin dalam satu kelas tersebut adalah…

72 / 85

72. Jika (x-1),(2x+2),(8x-4) membentuk suatu barisan geometri, jika x > 0 tentukan suku ke 5 barisan tersebut . . .

73 / 85

73. Terdapat 7 bilangan yang mempunyai rata-rata 20. Jika rata – rata dari 4 angka terkecilnya adalah 15, dan rata – rata dari 4 angka terbesarnya adalah 30, maka nialai dari bilangan keempat yang terbesar adalah . . .

74 / 85

74. Jumlah bilangan asli yang habis dibagi 4 tetapi tidak habis dibagi 6 yang terletak di antara 1 dan 500 adalah . . .

75 / 85

75. Seorang pemborong menyewa 15 pekerja untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam waktu 10 hari. Jika 5 orang pekerja tersebut tidak dapat bekerja dikarenakan sakit, maka berapa persen penambahan hari untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut?

76 / 85

76. Terdapat 21 siswa di suatu kelas, nilai rata – rata satu kelas tersebut adalah 78. Rata – rata dari 11 siswa terkecil adalah 65, sedangkan rata – rata nilai 11 siswa terbesarnya adalah 90. Berapakah nilai dari bilangan ke sepuluh terkecilnya. . .

77 / 85

77. Barisan -5,x,y,-29, . . . merupakan barisan aritmatika. Nilai x-y adalah . . .

78 / 85

78. Diketahui a dan b adalah bilangan positif, jika a 20% lebih besar dari b, maka perbandingan a dan b adalah . . .

79 / 85

79. Rata – rata suatu barisan aritmatika mulai dari 100,101,102,. . . .300 adalah x, dan rata – rata dari suatu barisan aritmatika mulai dari 10,11,12,…..,100 adalah y, selisih rata-rata barisan aritmatika (x dan y) tersebut adalah . . .

80 / 85

80. Barisan -5,x,y,-29, . . . merupakan barisan aritmatika. Rata – rata 10 suku pertamanya adalah. . .

81 / 85

81. Dua puluh lima persen dari 50 sama dengan lima puluh persen dari bilangan berapa?

82 / 85

82. Sebanyak x liter cairan A 66% dicampur dengan y liter cairan 𝐵 75%. Jika campuran A dan B tersebut menghasilkan cairan 72% maka persentase cairan A dalam larutan tersebut adalah ….

83 / 85

83. Tiga bilangan positif membentuk barisan aritmatika naik dengan beda 5, Jika bilangan terbesar barisan tersebut ditambah 5 maka akan menjadi barisan geometri. Jumlah ketiga bilangan tersebut adalah . . .

84 / 85

84. Barisan – 4, a , b , - 16, . . . merupakan barisan aritmetika Nilai 2a – 2b adalah . . .

85 / 85

85. Barisan – 4, a , b , - 16, . . . merupakan barisan aritmetika. Jumlah suku ke – 7 dan ke – 8 tersebut sama dengan jumlah suku ke – 9 dan suku . . . .

0%

You only have 90 minutes (5.400 seconds) to complete the test.

The time is over.


Welcome to Try Out SNBT - Tes Literasi & Penalaran Matematika

Information to Test takers

Each question carries 1 point.

No. of Questions : 70 items
Timing : 90 Minutes

Complete the form below correctly before starting the test.

At the end of the test, the score report will be sent to your email

1 / 70

Tes Literasi
Soal terdiri dari 20 soal literasi Bahasa Inggris

The text is for number 1-3

If you want to catch sight of many of Britain's butterflies, you'll need to be quick.
A report by Butterfly Conservation warns that 24 of 58 species may soon disappear from our shores.Five more species are threatened with dying out than when the charity last compiled a Red List, 11 years ago. Humans are driving the loss of butterflies by destroying wildlife rich habitats, says Head of Science for Butterfly Conservation Dr Richard Fox. "They've literally been destroyed, been ploughed up, covered in fertilisers and used to grow crops or for housing," he told BBC News.

But there is some hope. Several species have been brought back from the brink by intense conservation work. It has focussed on protecting butterflies from the effects of changing land management and climate change, explains Dr Fox. One of the species is Large Blue. This dusky-blue butterfly was extinct in Britain in 1979, but it can now be spotted fluttering its wings largely in Somerset. Described as "fussy" by Dr Fox, the Large Blue needs to feed on the thyme plant and a specific type of ant. By creating grasslands with the right conditions, conservationists and landowners successfully created thriving colonies of the butterflies.
(Source: adapted from https://www.bbc.com/news/science-environment-61580712)

1. The word brink in the second paragraph means…

2 / 70

2. Humans are driving the loss of butterflies by destroying wildlife rich habitats
The best paraphrases for the statement is…

3 / 70

3. what cannot be inferred from the passage above..

4 / 70

The text is for number 4 -5

The tacos are among the dishes featured in the Taste and Create with Australia event. Held at the Raffles Hotel in Jakarta, the Australian Trade and Investment Commission or Austrade hosted the six-course dinner. “Taste and Create with Australia is set to inspire leading executive chefs across Indonesia to develop innovative creations in their menus with the diverse varieties and to feature world class flavors of Australian fresh produce,” Austrade said in a press release of the event.

Taste and Create with Australia also aims to increase awareness among Indonesian executive chefs from leading restaurants on the availability of fresh Australian produce, seasonal variations and new varieties and innovations. The event also encourages closer business links between Indonesia and Australia along the premium food supply chain.” Austrade Senior Commissioner for Trade Sally Deane agreed. She noted that Taste and Create with Australia, which featured foodstuffs from four Australian states including New South Wales, Queensland, Victoria and Western Australia, aimed to create a particular culinary inspiration. This includes six types of wine for food pairing.

(Source: adapted from https://www.thejakartapost.com/culture/2023/01/03/introducing-innovative-australian-tastes-to-indonesian-palates.html.)

4. aimed to create a particular culinary inspiration. The best word to replace the bolded word is…

5 / 70

5. The best title for the passage is…

6 / 70

The text is for number 6 and 7

My curiosity, in a sense, was stronger than my fear, for I could not remain where I was, but crept back to the bank again, whence, sheltering my head behind a bush of broom, I might command the road before our door. I was scarcely in position where my enemies began to arrive, seven or eight of them, running hard, their feet beating out of time along the road and the man with the lantern some paces in front. Three men ran together, hand in hand; and I made out, even through the mist, that the middle man of this trio was the blind beggar. The next moment his voice showed me that I was right. “Down with the door!” he cried.

“Aye, aye, sir!” answered two or three; and a rush was made upon the Admiral Benbow, the lantern-bearer following; and then I could see them pause, and hear speeches passed in a lower key, as if they were surprised to find the door open. But the pause was brief, for the blind man again issued his commands. His voice sounded louder and higher, as if he were afire with eagerness and rage. “In, in, in!” he shouted, and cursed them for their delay.

Four or five of them obeyed at once, two remaining on the road with the formidable beggar. There was a pause, then a cry of surprise, and then a voice shouting from the house, “Bill’s dead.” But the blind man swore at them again for their delay. “Search him, some of you shirking lubbers, and the rest of you aloft and get the chest,” he cried.

I could hear their feet rattling up our old stairs, so that the house must have shook with it. Promptly afterwards, fresh sounds of astonishment arose; the window of the captain’s room was thrown open with a slam and a jingle of broken glass, and a man leaned out into the moonlight, head and shoulders, and addressed the blind beggar on the road below him.
((source: adapted from https://www1.udel.edu/LLL/language/deutsch/handouts/summer_2015/Schatzinsel_E.pdf)

6. two remaining on the road with the formidable beggar the bolded word has similar meaning to…

7 / 70

7. The author introduces the time of the story in paragraph…

8 / 70

The text is for number 8-10

Nowadays all the information we could ever need is available online and some people say that means the end of having to learn anything. It is true that these days everything you want to know is a few clicks away as long as you have internet access.
However, not everyone has working internet all the time, for example in certain buildings or remote locations, we need to be able to remember information. Moreover, it takes time to look up everything you need to know online, whereas remembering something is immediate. The human memory is a much more efficient system.
Another problem is the quality of the information online. How do we know if it is accurate or reliable? We need to think about other facts we know and remember how to compare information from different websites. Knowing (and remembering) how to find certain information will be more important than knowing the information itself.
Finally the internet is a good tool but it is not a useful replacement for our brains. If we did not remember anything, we would all spend even more time on our phones and computers than we already do, which is not good for society.
[...]

(source: adapted from https://learnenglish.britishcouncil.org/skills/writing/b2-writing/an-opinion-essay)

8. Even though the internet provides us with everything we need but…

the suitable statement to complete the sentence based on the passage is…

9 / 70

9. The paragraph following the passage most likely discusses…

10 / 70

10. What most likely motivates the author to write the passage?

11 / 70

The text is for number 11-13

According to the public school program Stop Bullying Now, parents and school officials can identify specific signs as indications of a bullying issue. In fact, according to studies reported by Stop Bullying Now, an incident of bullying occurs every seven minutes, as the experts assert: “Children, after all, learn from what they see us do, rather than from what we say. When adults do not intervene, bullies may feel there is nothing wrong with their actions. Targets may feel they deserve the bullying.” To prevent a negative cycle of violence and attacks, both kids and adults can identify three specific types of bullying: physical, verbal, and exclusive.

Physical bullying signs, as Stop Bullying Now supports, are evident through “hitting, kicking, pushing, choking, punching.” Verbal bullying, on the other hand, is seen by “threatening, taunting, teasing, starting rumors, hate speech.” Lastly, exclusive bullying is evident, often, through a less obvious symptom. In this third case, when a child is bullied by being excluded from activities, “This does not mean that a child should not have the right to choose to play, or not to play, with another child; it does mean that children should not be allowed to systematically exclude others: ‘No one play with Mary;’ ‘No one wants to play with him;’ ‘Don't be her friend.’” Bullying can lead to serious physical and emotional ramifications; specifically, oftentimes the act of bullying results in the bully blaming the victim for the abuse, or can also result in the victim blaming him or herself for the abuse. The impacts can be deeply emotional and painful.

As CNN reveals, research surmises that bullies can account for nearly 15 percent of a school’s population. To solve this crisis, CNN asserts that “parents and teachers must learn how to deal with bullying behavior because that makes it clear that it's not just a normal part of growing up.” While each school has its own specific consequences and codes of conduct, there are rising national organizations that are specifically aiming to cease the bullying acts that are occurring in public schools.

[...]

(source: adapted from https://www.publicschoolreview.com/blog/public-schools-and-bullying-the-issues-and-the-solutions)

11. What does the text discuss about?

12 / 70

12. How does the author organize the paragraph?

13 / 70

13. This does not mean that a child should not have the right to choose to play, or not to play, the word this refers to…

14 / 70

The text is for number 14 and 15

 

Malnutrition among children in refugee is a critical public health concern due to the heightened vulnerability. The rate of malnutrition in refugees’ camp needs to be viewed as not just a health issue but as a serious protection and access to basic rights failure. The magnitude of acute malnutrition among refugee camps in Ethiopia is relatively well-documented. A nutritional survey done in 2014 among South Sudanese refugee camps showed that the prevalence of acute malnutrition was almost two-fold the emergency threshold of 15%.

Acute malnutrition is not only a condition that kills but also has long term health and developmental consequences among recovered children after receiving appropriate treatment. These long term consequences include an increased risk of stunted growth, impaired cognitive development and a greater chance of developing non-communicable diseases in adulthood. This demonstrates that it is of utmost importance to invest not only in the treatment of acute malnutrition but also in its prevention.

The problem, as well as the solution to malnutrition, is multi-faceted. In addition to an actual shortage of food; poor sanitation, a lack of available potable water, caring practices and insufficient health services are all significant factors contributing to the population’s overall nutritional status and health. There is no single silver bullet that will instantly eradicate malnutrition from the refugee camps but only through a holistic approach and strong group effort. Effective policies and programs to alleviate malnutrition requires an understanding of the determinants of acute malnutrition in the refugee camps.
Source: Adapted from: http://primarycare.imedpub.com

14. The magnitude of acute malnutrition
Which of the following can best replace the bolded word..

15 / 70

15. The last paragraph of the passage aims…

16 / 70

The text is for number 16-18

 

John Mayer has announced a first-ever solo acoustic tour. The 19-date tour will stop at arenas across North America and is set to kick off on March 11 in New Jersey, according to a press release. The tour ends in Los Angeles on April 14. Tickets go on sale on February 3 at 9am in the ticket buyer’s time zone.
“I knew one day I’d feel it in my heart to do an entire run of shows on my own again, just like those early days,” the crooner said on Instagram. He added that while an acoustic solo tour has been decades in the making, “I feel it now.” Mayer also said that he’ll be playing old songs and some “you haven’t heard yet” that will be performed on acoustic and electric guitars, as well as on the piano.
Best known for his booming single “Your Body is a Wonderland” off his 2001 debut album “Room for Squares,” the singer-songwriter’s other hits include “Gravity,” “Waiting on the World to Change” and “New Light.” The Grammy winner’s solo tour will wrap up just in time for the start of Dead and Company’s final tour, a band with which Mayer has toured since 2015. Dead and Company’s final tour begins on May 19 in Los Angeles.

(source: adapted from https://edition.cnn.com/2023/01/26/entertainment/john-mayer-solo-acoustic-tour)

16. The best title for this passage is…

17 / 70

17. Which of the following is the incorrect statement based on the passage

18 / 70

18. Best known for his booming single
the bolded word can be replaced with

19 / 70

The text is for number 19 and 20

Seals are mammals. They spend most of their time in the ocean. Like many mammals, seals have fur. Because of their warm fur, most seals like to live in cooler waters. They also like to live in big groups, called herds.
But Hawaiian monk seals are different. They like to live in the warm, tropical waters around the islands of Hawaii. Instead of living in large groups, they like to live alone or in small herds. Hawaiian monk seals sleep on the beach. Baby seals are called pups. When Hawaiian monk seal pups are born, their fur is black. As they get bigger, their fur turns brown or gray. And these seals can get big! They can grow to 7 feet long and weigh up to 600 pounds.

The Hawaiian monk seal is one of the most endangered seals in the world. It may become extinct, which means they will all die. There are only about 1,200 Hawaiian monk seals left around the islands of Hawaii. So the people of Hawaii are working to protect the Hawaiian monk seal. About 100 years ago, people hunted Hawaiian monk seals for their fur. Now, there are laws against hunting the seals. But other dangers are also hurting monk seals. Sometimes, seal pups get caught in old fishing nets and can’t get out. So people are cleaning up old fishing gear to protect the seals. They are also cleaning up other trash from beaches. That way, Hawaiian monk seals have safe places to rest and raise their pups.

(source: adapted from https://www.readworks.org/article/Wildlife-of-Hawaii/465aa5dc-9052-4b88-90b7-78004ba14632#!articleTab:content/contentSection:c234bf8a-0215-4ab9-a94d-fbcacaf77141/)

 

19. That way, Hawaiian monk seals have safe places to rest and raise their pups.
What is the author’s reason to mention the word way

20 / 70

20. How are paragraphs 1 and 2 related?

21 / 70

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 21 s.d.23!

Demam berdarah adalah salah satu penyakit mematikan di dunia. Demam berdarah merupakan kasus penyakit yang banyak ditemukan di belahan dunia, termasuk Indonesia. Candra (2010: 110) mengatakan bahwa demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang banyak ditemukan di sebagian besar wilayah tropis dan subtropis, terutama Asia Tenggara, Amerika tengah, Amerika, dan Karibia. Sementara itu, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2017: 9) menyebutkan bahwa demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus dengue yang ditandai demam 2 – 7 hari disertai dengan manifestasi perdarahan, penurunan trombosit (trombositopenia), dan adanya hemokonsentrasi yang ditandai kebocoran plasma.

Penyakit demam berdarah bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Secara umum, penyakit demam berdarah disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang muncul dari dalam diri penderita atau pasien itu sendiri. Hal yang termasuk dalam faktor internal yaitu kondisi daya tahan tubuh. Kondisi daya tahan tubuh yang lemah akan sangat berpengaruh terhadap perjalanan virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti pada saat menggigit penderita. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat pada saat digigit nyamuk Aedes aegypti tidak akan langsung menunjukkan gejala yang berbahaya. Sistem kekebalan tubuh akan segera membangun imunitas untuk melawan virus tesebut. Akan tetapi, saat kondisi daya tahan tubuh penderita sedang lemah, sistem kekebalan tubuh tersebut tidak akan berlajan sebagaimana mestinya sehingga tubuh penderita akan langsung menunjukkan gejala penyakit demam berdarah.

Di samping faktor internal, demam berdarah juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal. Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri penderita. Salah satu contohnya adalah kebersihan lingkungan. Pada musim penghujan, sebagian besar wilayah akan tergenang oleh air. Genangan air yang dibiarkan secara terus-menerus akan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. Semakin banyak nyamuk Aedes aegypti yang berkembang, semakin besar kemungkinan penduduk di wilayah tersebut akan terkena DBD.

 

21. Kaitan antara paragraf 1 dengan paragraf 2 dan 3 adalah…

22 / 70

22. Kalimat yang paling tepat untuk mendukung gagasan pada paragraf ketiga adalah…

23 / 70

23. Judul yang tepat untuk teks tersebut adalah…

24 / 70

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 24 s.d. 26!

Meskipun mobil listrik tidak dapat dikatakan sebagai penemuan abad ke-21, teknologi ini baru dipopulerkan beberapa tahun terakhir. Mobil listrik adalah mobil dengan mesin pendorong berupa motor listrik yang energinya diambil dari baterai isi ulang. Berita paling menonjol dalam teknologi ini di antaranya adalah usaha pembangunan tempat pengisian daya pengganti pompa bensin. Pada dasarnya, stasiun pengisian daya dapat ditempatkan di mana saja, bahkan di rumah sekalipun. Dibandingkan dengan kendaraan bermesin pembakaran internal, mobil listrik lebih senyap dan tidak memiliki emisi gas buang.

Mobil listrik hemat energi dan tidak menyebabkan banyak polusi udara dan suara. Mobil listrik ini merupakan alternatif yang baik yang dapat mengurangi pencemaran lingkungan, termasuk lingkungan atmosfer yang dapat menyebabkan perubahan iklim. Perubahan iklim adalah masalah nyata dan tantangan terhadap pemanasan global yang merupakan persoalan sangat serius yang harus ditemukan solusinya.

Kendaraan listrik juga hadir dengan beberapa kekurangan. Salah satunya adalah bahwa stasiun pengisian daya tidak tersedia di semua area dan bahkan mungkin sulit ditemukan. Paket baterai di kendaraan listrik lebih mahal untuk diganti daripada yang ada di kendaraan biasa karena kapasitas dayanya harus besar. Akibatnya, waktu pengisian baterai lama dan volume ataupun berat baterai sangat besar sehingga mobil listrik menjadi lebih berat. Daya yang bisa disimpan baterai sampai saat ini masih terbatas yang berakibat baterai seperti tidak berguna untuk berkendara jarak jauh.

Sejumlah pemerintah di dunia telah memperkenalkan kebijakan untuk mendukung adopsi masal kendaraan listrik. Berbagai kebijakan telah ditetapkan untuk memberikan insentif nonmoneter, subsidi untuk penyebaran infrastruktur pengisian daya, dan peraturan jangka panjang dengan target khusus. Inti kebijakan tersebut adalah mendorong pengembangan dan penggunaan mobil listrik. (…)
Sumber: kampus.republika.co.id

24. Berdasarkan teks tersebut, mobil listrik dikatakan sebagai alternatif yang baik karena…

25 / 70

25. Gagasan yang tepat untuk melengkapi paragraf terakhir adalah…

26 / 70

26. Makna pernyataan-pernyataan penulis pada paragraf ketiga adalah…

27 / 70

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 27 s.d. 29!

(1) Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer yang terjadi di daerah yang dekat dengan kutub magnet dari sebuah planet. (2) Secara umum, aurora dapat muncul sebagai busur cahaya yang panjang dan sempit, seringkali memanjang dari timur ke barat dari cakrawala ke cakrawala lainnnya. (3) Di lain waktu, aurora membentang di langit malam bisa berbentuk pita yang melengkung, melipat, dan berputar, atau bahkan seperti tirai. (4) Aurora bisa terlihat di sekitar kutub Bumi, yaitu di daerah berbentuk cincin dengan diameter sekitar 4.000 km sekitar kutub magnet Bumi. (5) Untuk di belahan Bumi utara, aurora biasanya melintasi Alaska tengah dan Kanada, Greenland, dan utara Skandinavia dan Rusia. (6) (…), di belahan Bumi selatan, aurora sebagian besar berada di lautan mengelilingi Antartika, tetapi kadang-kadang bisa mencapai ujung Selandia Baru, Chili, dan Australia. (7) Aurora terjadi akibat atas pembelokan partikel angin matahari oleh magnetosfer ke arah kutub, serta adanya reaksi dengan molekul-molekul atmosfer. (8) Hal ini terjadi ketika sebuah ledakan di daerah sunspot yang melontarkan energi berupa arus proton dan elektron atau disebut juga angin matahari. (9) Kemudian, lontaran angin matahari tersebut menghantam planet-planet yang berada di tata surya. (10) Ketika melewati Merkurius dan Venus, angin matahari akan langsung begitu saja menerpa atmosfernya sehingga planet tersebut mengalami peningkatan suhu yang luar biasa akibat dari terpaan aliran proton dan elektron yang dibawanya. (11) Namun, tidak demikian ketika angin matahari itu menghantam Bumi. (12) Walaupun angin matahari menerpa magnetosfer, partikel-partikel angin matahari dibelokkan dan tertarik menuju kutub medan magnet Bumi. (13) Semakin tinggi partikel, semakin dalam lapisan magnetosfer yang berhasil ditembus olehnya. (14) Aliran partikel yang tertarik ke kutub medan magnet bumi akan bertumbukan dengan atom-atom yang ada di atmosfer. (15) Energi yang dilepaskan akibat reaksi dari proton dan elektron yang bersinggungan dengan atom-atom di atmosfer dapat dilihat secara visual melalui pendar cahaya yang berwarna-warni di langit atau yang kita kenal sebagai aurora.

(Diadaptasi dari https://oif.umsu.ac.id)

27. Judul yang paling tepat untuk teks tersebut adalah…

28 / 70

28. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat nomor 6 adalah…

29 / 70

29. Hubungan antara kalimat 10 dan kalimat 11 adalah…

30 / 70

Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 30 s.d. 32!

Indonesia adalah negara yang memiliki angka putus sekolah tertinggi nomor dua di dunia. Survei dari berbagai lembaga penelitian menunjukan bahwa posisi Indonesia berada di bawah China sebagai negara dengan angka putus sekolah tertinggi di dunia. Sejak kemerdekaan hingga saat ini, permasalahan pendidikan di Indonesia memang tidak kunjung selesai. Anggaran dana dari pemerintah yang setiap tahunnya selalu meningkat belum dapat memecahkan permasalahan pendidikan hingga ke akarnya. Berbagai sistem dan program yang telah diperbaharui dari tahun ke tahun juga belum mampu menyelesaikan permasalahan yang ada. Terkadang, perubahan sistem dan program tersebut justru memunculkan permasalahan baru dalam dunia pendidikan.

Angka putus sekolah dapat diartikan sebagai angka yang menunjukkan tingkat putus sekolah di suatu jenjang pendidikan, misalnya sekolah dasar (SD). Menurut data yang dimuat dalam website bps.go.id, angka putus sekolah biasanya dinyatakan dalam bentuk persen. Selain itu, angka putus sekolah juga dapat berarti perbandingan antara jumlah murid putus sekolah dengan jumlah murid seluruhnya pada suatu jenjang pendidikan.

Tingginya angka putus sekolah di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu faktor ekonomi dan faktor peran pemerintah yang belum optimal. Anak-anak yang tidak mampu melanjutkan pendidikan umumnya berasal dari keluarga kurang mampu. Para orang tua yang berasal dari keluarga pas-pasan lebih memilih untuk memberhentikan anaknya dari bangku sekolah daripada menghabiskan biaya yang lebih banyak. Bagi mereka yang berada pada taraf ekonomi rendah, menyekolahkan anak-anak adalah salah satu hal yang menjadi beban. Di samping biaya wajib yang biasanya ditetapkan oleh tiap sekolah, biaya-biaya tambahan seperti uang jajan, uang buku, dan uang les juga semakin memberatkan keadaan ekonomi mereka.

 

30. Berdasarkan teks tersebut, manakah pernyataan yang tidak tepat?

31 / 70

31. Ide pokok dari paragraf kedua adalah…

32 / 70

32. Simpulan paling tepat berdasarkan teks tersebut adalah…

33 / 70

Perhatikan tabel berikut untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!

Klik kanan dan buka pada tab baru

 

33. Manakah pernyataan yang paling tepat berdasarkan tabel berikut?

34 / 70

34. Simpulan yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah…

35 / 70

Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 35 s.d. 37!

Latar belakang Emha yang seorang agamis membawa karya-karyanya pada nuansa yang berketuhanan pula. Tidak dapat dipungkiri, nuansa agamis tersebut muncul pada setiap karya yang dituliskan oleh Emha. Dalam karyanya kali ini, Emha juga tak lupa menunjukan kesan agamis kepada pembaca. Meskipun hal itu tidak dijelaskan secara gamblang, tetapi beberapa kutipan berikut ini cukup menjadi bukti bahwa Emha adalah sosok yang mengaitkan karya sastra dengan unsur agama.
“Tuhan, kenapa jarang ada tidur yang tanpa bangun kembali? Alangkah gampangnya ini bagiku.”
“Aku tersentak tiba-tiba oleh suara adzan yang keras. Mesjid hanya seratus meter dari tempatku ini.”

Dari bukti-bukti tersebut, meskipun cerpen ini mengangkat tema tentang kehidupan seorang wanita yang kelam, tetapi cerpen ini tetap berhubungan dengan nuansa agama. Itulah salah satu ciri khas karya yang diciptakan oleh Emha Ainun Nadjib. Tuhan, adzan, dan masjid adalah kata-kata yang sangat berhubungan dengan agama, khususnya agama Islam. Kata-kata tersebut mampu membuktikan bahwa seliar apapun pikiran seorang Emha, ia tetaplah berpegang pada agama yang dianutnya. Kekuatannya dalam memegang teguh agama tersebut membawanya untuk menciptakan karya-karya yang mampu membawa para pembaca pada suatu nuansa yang agamis. (…)

35. Berdasarkan teks tersebut, kelebihan karya digambarkan secara jelas dengan cara…

36 / 70

36. Informasi yang terdapat dalam teks tersebut adalah...

37 / 70

37. Jika teks ulasan tersebut akan dilanjutkan, manakah pernyataan berikut yang paling mungkin untuk digunakan?

38 / 70

Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 38 s.d. 39!

Sekali hari aku datang pula mengupah Kakek. Biasanya Kakek gembira menerimaku, karena aku suka memberinya uang. Tapi sekali ini Kakek begitu muram. Di sudut benar ia duduk dengan lututnya menegak menopang tangan dan dagunya. Pandangannya sayu ke depan, seolah-olah ada sesuatu yang yang mengamuk pikirannya. Sebuah belek susu yang berisi minyak kelapa, sebuah asahan halus, kulit sol panjang, dan pisau cukur tua berserakan di sekitar kaki Kakek. Tidak pernah aku melihat Kakek begitu durja dan belum pernah salamku tak disahutinya seperti saat itu. Kemudian aku duduk di sampingnya dan aku jamah pisau itu. Dan aku tanya Kakek, “Pisau siapa, Kek?”
“Ajo Sidi.”
“Ajo Sidi?”
Kakek tak menyahut. Maka aku ingat Ajo Sidi, si pembual itu. Sudah lama aku tak ketemu dia. Dan aku ingin ketemu dia lagi. Aku senang mendengar bualannya. Ajo Sidi bisa mengikat orang-orang dengan bualannya yang aneh-aneh sepanjang hari. Tapi ini jarang terjadi karena ia begitu sibuk dengan pekerjaannya. Sebagai pembual, sukses terbesar baginya ialah karena semua pelaku-pelaku yang diceritakannya menjadi model orang untuk diejek dan ceritanya menjadi pameo akhirnya. Ada-ada saja orang-orang di sekitar kampungku yang cocok dengan watak pelaku-pelaku ceritanya. Ketika sekali ia menceritakan bagaimana sifat seekor katak, dan kebetulan ada pula seorang yang ketagihan menjadi pemimpin berkelakuan seperti katak itu, maka untuk selanjutnya pimpinan tersebut kami sebut pimpinan katak.
Tiba-tiba aku ingat lagi pada Kakek dan kedatangan Ajo Sidi kepadanya. Apakah Ajo Sidi telah membuat bualan tentang Kakek? Dan bualan itukah yang mendurjakan Kakek? Aku ingin tahu. Lalu aku tanya Kakek lagi. “Apa ceritanya, Kek?”
“Siapa?”
“Ajo Sidi.”
“Kurang ajar dia,” Kakek menjawab.
“Kenapa?”
“Mudah-mudahan pisau cukur ini, yang kuasah tajam-tajam ini, menggorok tenggorokannya.”
“Kakek marah?”
“Marah? Ya, kalau aku masih muda, tapi aku sudah tua. Orang tua menahan ragam. Sudah lama aku tak marah-marah lagi. Takut aku kalau imanku rusak karenanya, ibadatku rusak karenanya. Sudah begitu lama aku berbuat baik, beribadat, bertawakal kepada Tuhan. Sudah begitu lama aku menyerahkan diri kepada-Nya. Dan Tuhan akan mengasihi orang yang sabar dan tawakal.”

Sumber: Cerpen Robohnya Surau Kami karya AA Navis

 

38. Nilai keteladanan dari Kakek yang dapat diambil dari potongan cerpen tersebut adalah…

39 / 70

39. Tema dari penggalan cerpen tersebut adalah…

40 / 70

Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 40 dan 41!

Pada tahun 2014, jurnal Fitria dkk. yang berjudul Merokok dan Oksidasi DNA menyatakan bahwa kandungan nikotin dalam rokok mengakibatkan efek kecanduan pada para perokok. Nikotin memicu pelepasan neurotransmitter, salah satunya adalah dopamin yang memiliki efek menimbulkan rasa tenang dan bahagia bagi perokok. Nikotin yang memiliki efek meningkatkan kadar dopamin dalam otak, akan memicu perasaan gelisah dan stress bila kadar nikotin dalam otak menurun. Paparan nikotin yang berulang pada perokok akan meningkatkan kemampuan adaptasi otak terhadap nikotin. Dengan demikian, kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada DNA.

Selain berbahaya bagi kesehatan manusia, rokok juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan lingkungan. Gloria Setyvani Putri dalam artikel Kompas tahun 2019 yang berjudul Rokok dan Polusi Udara, Mana yang Lebih Mematikan? menyatakan bahwa racun yang dikeluarkan oleh rokok akan berbaur dengan udara di sekitarnya. Secara tidak langsung, asap yang ditimbulkan oleh rokok akan merusak tatanan udara yang ada di sekitar perokok. Selain asap yang ditimbulkan, puntung rokok ternyata juga dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan yang cukup parah.

Puntung rokok membutuhkan waktu sekitar 1,5-2,5 tahun untuk dapat terurai dalam tanah. Di dalam air laut atau air asin, puntung ini baru akan terurai setelah lima tahun. Hal ini berarti bahwa selama jangka waktu tersebut, baik tanah maupun air laut akan terus terkontaminasi dengan zat-zat sisa berbahaya yang masih terkandung dalam puntung rokok. Selain itu, puntung rokok yang dibuang dalam keadaan masih menyala dapat menyebabkan kebakaran pada semak-semak. Puntung rokok yang dibuang sembarangan dan terbawa oleh air hujan akan sampai ke ekosistem air sehingga dapat menyebabkan kehidupan ekosistem tersebut menjadi terganggu.

Sumber: dokumen pribadi

40. Informasi yang ingin disampaikan penulis melalui teks tersebut adalah sebagai berikut, kecuali…

41 / 70

41. Makna kata ekosistem dalam teks tersebut adalah…

42 / 70

Perhatikan teks berikut untuk menjawab sola nomor 42 s.d. 44!

Teks 1

Sayang, sebagai sebuah film musikal, tidak banyak yang disumbangkan oleh lagu-lagu yang dinyanyikan dan ditarikan dalam film ini, kecuali penekanan dramatis belaka. Satu-satunya yang terwakili oleh scene-scene musikal dan gerak kamera serta editing yang kadang hiperaktif adalah energi dan semangat kanak-kanak. Adegan musikal kebanyakan merupakan penampilan kolektif, jarang ada penampilan tunggal (solo). Penekanan pada kolektivitas ini merupakan salah satu “karateristik” film musikal klasik Hollywood yang ingin menjual ide-ide soal komunitas dan stabilitas sosial, baik relasi interkomunitas (konflik keluarga Aldo) maupun antarkomunitas (konflik antara keluarga Aldo dan komunitas Rara).

Teks 2

Film ini dibuka dengan beberapa adegan manis dua hari sebelum malapetaka itu. Delisa tinggal bersama Ummi dan tiga kakaknya, Fatimah (Ghina Salsabila), dan si kembar Aisyah (Reska Tania Apriadi) dan Zahra (Riska Tania Apriadi). Abi Usman, ayahnya (Reza Rahadian), bekerja di sebuah kapal tangker asing nun jauh dari tempat tinggal mereka. Delisa digambarkan sulit melakukan hafalan shalat, dibangunkan shalat subuh juga susah. Umminya sampai menjanjikan sebuah kalung berhuruf D yang dibeli dari toko milik Koh Acan (dimainkan dengan menarik oleh Joe P Project), jika Delisa lulus ujian praktik shalat. Seperti anak-anak kecil umumnya, Delisa senang bermain. Dia ingin belajar bersepeda dari Tiur dan bermain bola dengan Umam. Saya suka dengan akting Nirina Zubir yang mampu menghidupkan spontanitas seorang ibu ketika Aisyah cemburu pada Delisa atau Delisa sedang sedih. Ia juga menjadi imam ketika shalat bersama putri-putrinya. Awalnya akting anak-anak ini agak kaku, namun Nirina mampu membuat suasana hidup. Segmen ini milik Nirina.

42. Pernyataan yang tepat mengenai pola penyajian kedua teks resensi di atas adalah ....

43 / 70

43. Ide pokok yang terdapat dalam teks 1 adalah…

44 / 70

44. Kata yang tidak baku dalam teks 2 adalah kata…

45 / 70

Perhatikan teks berikut untuk menjawab sola nomor 45 s.d. 47!

Enam belas tahun reformasi 1998 kita lewati, politik terlanjur menjadi sesuatu yang membuat mual. Partal yang semestinya menjadi fondasi demokrasi berubah menjadi sekadar belalai kepentingan para oligarki. Lembaga perwakilan dipenuhi orang-orang yang secara formal mewakili pemilih, tapi sesungguhnya tak lebih dari sekadar pembeli suara orang ramal, Korupsi merajalela dan dalam beberapa kasus justru dilakukan oleh politikus yang masih belia.

Pemerintah menjadi perkumpulan pemenang persaingan pemilu semata-mereka yang siap mencari kesempatan mendapat kompensasi atas "jerih payah" yang sudah dikeluarkan dalam pemilu. Itulah sebabnya, ketika para relawan itu datang, kita menyaksikan hadirnya harapan. Wujud yang paling spektakuler adalah konser Salam 2 Jari di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 5 Juli 2014. Ketika itu, seratusan ribu orang menghadiri konser untuk tidak sekadar menikmati musik atau mengitari kampanye calon presiden Jokowi, tetapi juga menyaksikan volunterisme orang ramai. Abdee "Slank" untuk menyebut salah satu tokoh paling berperan dalam perhelatan itu, merupakan representasi mereka yang selama ini "diam": voice of the voiceless. Keberadaan relawan-relawan semacam ini harus dipelihara.

Salah satu caranya adalah tidak mengadopsi mereka dalam sebuah struktur. Biarlah mereka menjadi penjaga moral yang bebas berkumpul untuk meluruskan yang bengkok dan setelah tugas itu selesai, biarkan mereka kembali ke kesibukan masing-masing. Tugas pemerintah adalah memberi ruang hidup" agar para relawan itu terus berkarya: memelihara kebebasan dan memastikan suara mereka tidak dianggap sebagai pengganggu yang berisik.

Sumber: Kumparan.com

45. Tujuan penulis membuat teks tersebut adalah…

46 / 70

46. Makna kata oligarki pada paragraf satu adalah…

47 / 70

47. Kalimat yang dapat menyampaikan inti dari kalimat-kalimat pada paragraf ketiga adalah…

48 / 70

Perhatikan infografis berikut untuk menjawab soal nomor 48 s.d. 50!

Klik kanan dan buka pada tab baru.

48. Manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan isi infografis tersebut?

49 / 70

49. Berdasarkan data tersebut, manakah simpulan yang paling tepat?

50 / 70

50. Jika pemerhati lingkungan ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia, manakah pesan yang paling tepat?

51 / 70

Penalaran matematika (20 Soal)

51. Sebuah perusahaan ingin membagikan bonus perusahaan sebesar x juta rupiah untuk dibagikan secara merata kepada seluruh pegawai. Apabila setiap karyawan mendapat Rp. 3.750.000 uang bonus tersebut tidak bersisa. Namun jika bonus perusahaan diberikan Rp.3.500.000 setiap karyawan maka mempunyai sisa Rp. 8.000.000. Jumlah karyawan dari Perusahaan tersebut adalah . . . .

52 / 70

52. Dua orang karyawan mendaftar asuransi pendidikan dengan besaran premi yang sama. Karyawan A memiliki gaji Rp. 5.400.000 dan ia harus membayar premi asuransi sebesar 5% dari gajinya, sedangkan karyawan B harus membayar premi sebesar 6% dari gajinya. Berdasarkan informasi tersebut besar gaji karyawan B adalah . . .

53 / 70

53. Seorang pedagang, membeli 4 peti telur ayam yang berisi 15kg telur setiap petinya. Harga satu peti telur ayam Rp.469.000. jika dalam satu peti terdapat sekitar 2% telur pecah Pedagang tersebut menginginkan keuntungan 5% dari Modal keseluruhan. Maka harga jual telur per kilogramnya adalah . . .

54 / 70

54. Suatu tes masuk PTN terdiri dari 120 soal dengan ketentuan sebagai berikut.Benar = +4, Salah = - 1 Tidak menjawab = 0. Jika Rini mengerjakan 116 soal dan mendapat skor 424, maka jumlah soal yang dijawab benar oleh Rini adalah . . .

55 / 70

55. Pak Ruslan akan mengadakan acara khitanan anaknya di rumah sehingga ia harus membeli berbagai macam bahan kebutuhan pokok. Sebelumnya, ia sudah membeli 10 karung beras dan 14 liter minyak goreng dengan total harga Rp2.210.000,00. Kemudian, Pak Ruslan menambah 6 karung beras dan 8 liter minyak goreng dengan total harga Rp1.320.000,00. Berapakah tambahan pengeluaran Pak Ruslan jika ternyata keseluruhan kebutuhannya adalah 20 karung beras dan 25 liter minyak goreng?

56 / 70

56. Seorang sales penjual berhasil menjual mobil merk A seharga Rp.259.000.000 dan dari hasil penjualan tersebut dia akan mendapat komisi sebesar 12%, apabila ia baru menerima komisi sebesar Rp. 7.770.000, maka berapa persen lagi yang akan diterimanya . . .

57 / 70

57. Terdapat 4 saudara dengan beda umur yang sama, jika umur anak tertua adalah 27 tahun dan yang paling muda adalah 15 tahun, maka jumlah keseluruhan umur mereka berempat adalah . . .

58 / 70

58. Light Rail Transit (LRT) adalah salah satu moda transportasi massal yang ada di Palembang. LRT berbentuk seperti kereta api. Namun hal yang membedakan LRD dengan kereta api biasa adalah letak relnya yang berada di atas tanah (rel melayang). Satu rangkaian LRT Palembang terdiri atas 3 gerbong. Kapasitas setiap gerbong dalam LRT adalah sekitar 211 penumpang. LRT Palembang memiliki 13 stasiun. Pada pertengahan tahun 2019, jumlah penumpang rata – rata per hari mencapai 4.000 orang. Pernyataan yang paling tepat adalah . . .

59 / 70

59. Dimas dan Habibi adalah dua bersaudara yang kompetitif. Apapun yang mereka berdua lakukan selalu dipertandingkan. Karena Dimas adalah kakak Habibi, hampir semua hal bisa dilakukannya 1,5 kali lipat lebih baik daripada Joshua. Contohnya ketika mereka membersihkan kamar masing-masing, Dimas membutuhkan waktu 1 jam sementara Habibi membutuhkan waktu 1,5 jam. Contoh lain ketika mereka sedang belajar, Dimas mampu mengerjakan 20 soal dalam 1 jam sementara Habibi hanya mampu mengerjakan 15 soal dalam 1 jam. Jika Habibi dapat memasak 10 buah telur rebus sampai matang sempurna dalam 15 menit, maka Dimas dapat memasak … buah telur rebus sampai matang sempurna dalam 30 menit.

60 / 70

60. Dimas dan Habibi adalah dua bersaudara yang kompetitif. Apapun yang mereka berdua lakukan selalu dipertandingkan. Karena Dimas adalah kakak Habibi, hampir semua hal bisa dilakukannya 1,5 kali lipat lebih baik daripada Joshua. Contohnya ketika mereka membersihkan kamar masing-masing, Dimas membutuhkan waktu 1 jam sementara Habibi membutuhkan waktu 1,5 jam. Contoh lain ketika mereka sedang belajar, Dimas mampu mengerjakan 20 soal dalam 1 jam sementara Habibi hanya mampu mengerjakan 15 soal dalam 1 jam. Jika Habibi dapat mengecat tembok rumahnya dalam waktu 7,5 jam, maka Dimas dapat mengecat tembok rumahnya dalam waktu … jam.

61 / 70

61. Pada suatu kompetisi liga sepak bola, Tim A harus bertanding sebanyak 24 pertandingan, dengan poin jika menang 4 dan kalah 0 sedangkan seri mendapat poin 1. Tim A baru memenangkan 12 pertandingan, kalah 2 pertandingan dan seri 5 pertandingan. Agar dapat lolos ke babak selanjutnya Tim A harus mengumpulkan 65 poin dari keseluruhan pertandingan. Berapa minimal pertandingan yang harus dimenangkan tim A agar lolos ke babak selanjutnya . . .

62 / 70

62. Rizki membeli perlengkapan untuk sekolah masing – masing 1 lusin buku tulis, 1 lusin pena, 1 lusin pensil, 1 lusin rautan pensil dan 1 lusin buku gambar. Harga rata – rata barang tersebut adalah Rp.31.800 per lusin. Kemudian ia membeli lagi 1 lusin penghapus, sehingga rata – rata nya menjadi Rp. 34.000 per lusin. Maka harga sebuah penghapus adalah . . .

63 / 70

63. Perbandingan berat badan 4 orang siswa adalah sebagai berikut, A adalah 4 kg lebih berat dari B, C adalah 6 kg lebih ringan dari B, dan D adalah 1,5 kali lebih berat dibandingkan dengan C. Jika diketahui berat badan C = 32 kg, maka pernyataan berikut yang paling tepat adalah ….

64 / 70

64. Seorang pengrajin lemari kayu dengan modal Rp. 50.000.000 menghasilkan lemari kayu jenis A dan lemari kayu jenis B, yang masing – masing memberi keuntungan 12% dan 8% per bulan. Jika kedua jenis produk tersebut menghasilkan keuntungan Rp.5.280.000 setiap bulan. Maka modal membuat lemari kayu jenis B adalah . . .

65 / 70

65. Pak Yanto membeli 159 liter minyak makan curah. Minyak tersebut akan dijual eceran dalam plastik dengan masing-masing plastik berisi 1½ liter minyak tanah. Harga 1½ liter minyak tersebut dijual seharga 22.500, Persentase keuntungan keseluruhan yang di dapat pak Yanto adalah 20%, maka besar modal pak Yanto adalah . . .

66 / 70

66. Perusahaan A memiliki dua tipe pekerja di kantornya. Suatu pekerjaan jika dikerjakan oleh 4 pekerja senior akan selesai dalam waktu 15 hari, sedangkan jika dikerjakan oleh 8 pekerja pemula akan selesai dalam waktu 20 hari. Jika pekerjaan tersebut dikerjakan oleh 3 orang senior dan 2 orang pemula, maka pekerjaan tersebut akan selesai dalam waktu . . .

67 / 70

67. Ani ingin melakukan pengiriman barang A,B, dan C digabung dan ia juga membeli tambahan packing kayu seharga 10% dari total ongkos kirim. Berapakah ongkos kirim yang harus di bayar Ani secara keseluruhan?

68 / 70

68. Sebuah kebun nanas berbentuk persegi panjang memiliki panjang 16 m dan lebar 12 m. Sekeliling kebun nanas nantinya akan dibangun jalan selebar 3 m. Berapa meter persegikah luas jalan tersebut?

69 / 70

69. Jika guntur memacu motornya dari rumah ke kantor dengan kecepatan 24 km/jam maka ia akan terlambat 15 menit, tetapi jika ia memacu motornya dengan kecepatan 36 km/jam maka ia akan sampai 10 menit lebih awal. Berapa jarak tempuh rumah guntur ke kantor?

70 / 70

70. Isma membeli 600 Euro ketika harga 1 Euro sama dengan 1,5 Dollar. Jika isma kembali menukarkan uang 600 Euro ke Dollar ketika harga 1 Dollar sama dengan 0,75 Euro, maka selisih uang dollar yang dimiliki isma sebelum dia menukarkan uangnya ke Euro adalah …..

0%
2

You only have 60 Minutes (3600 seconds) to complete the test and your answers will be submitted automatically.

The time is up. Thank you for taking Placement Test with Lister


Welcome to Japanese Placement Test

Test your Japanese Language Skill

Information to Test takers

There are five parts to the test including Vocabulary, Grammar, Kanji, Reading and Listening.

Each question carries 1 point.

No. of Questions : 40 items
Timing : 60 Minutes

Complete the form below correctly before starting the test.

At the end of the test, the score report will be sent to your email

1 / 40

Category: Japanese-Vocabulary

1. なのかのつぎは _______ です。

2 / 40

Category: Japanese-Vocabulary

2. わたしはゆうべともだちに _______ をかきました。

3 / 40

Category: Japanese-Vocabulary

3. わたしのすきなスポーツは _______ です。

4 / 40

Category: Japanese-Vocabulary

4. わたしのうちにねこが _______ います。

5 / 40

Category: Japanese-Vocabulary

5. このみちは _______ です。

6 / 40

Category: Japanese-Vocabulary

6. きのう _______ にほんのえいがをみました。

7 / 40

Category: Japanese-Vocabulary

7. きのうかぞくのしゃしんを _______ 。

8 / 40

Category: Japanese-Vocabulary

8. _______ をしめてかいしゃへいきます。