Promo Hari Kartini

Diskon hingga 40%

Jam
Menit
Detik
Hubungi Admin kami untuk tahu Promo Terbaru!

Tryout Brister

SNBT – Tes Potensi Skolastik (TPS)

Hero Image Persiapan Tes GMAT

Welcome to Lister Tryout Test

The test will give you an indication of your score and provide feedback on areas to improve.

IMPORTANT : Please Make sure you have a stable internet connection before starting the test.

Good Luck!

0%

You only have 90 minutes (5.400 seconds) to complete the test.

The time is over.


Welcome to Try Out SNBT - TPS Test

Information to Test takers

Each question carries 1 point.

No. of Questions : 85 items
Timing : 90 Minutes

Complete the form below correctly before starting the test.

At the end of the test, the score report will be sent to your email

1 / 85

1. Ketika pandemi selama dua tahun lalu, kualitas udara meningkat karena mobilitas berkurang, kemacetan di sana-sini jelas terurai sehingga emisi yang dikeluarkan oleh knalpot kendaraan pun berkurang. Di sisi lain, tumpukan sampah bertambah karena banyaknya orang yang menggunakan APD, baik itu masker, sarung tangan, hand towel bekas, dan sebagainya. Salah satu pola yang dapat dipilih untuk penanggulangan sampah tersebut adalah build forward better, artinya dengan sumber daya dan kondisi yang ada, disusun manajemen yang lebih baik lagi sehingga banyak perubahan-perubahan yang terjadi, salah satunya paradigma cara berpikir. Baik itu dalam pengelolaan sampah, manajemen lingkungan, maupun yang lainnya.

2 / 85

2. Sebuah penelitian menemukan bahwa 60% orang yang sedang mengalami perubahan dalam hidupnya sedang mengalami stres. Penelitian terbaru pada orang yang sedang mengalami perubahan dalam hidupnya menunjukkan bahwa tingkat stres orang yang merasa kesepian dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merasa kesepian. Dari penelitian tersebut pula, jumlah orang kesepian yang berjenis kelamin perempuan lebih tinggi daripada orang yang berjenis kelamin laki-laki.
Manakah dua simpulan yang paling didukung oleh bacaan tersebut?

3 / 85

3. Penerbit majalah saat ini mengalami kerugian besar karena masyarakat lebih memilih untuk membaca melalui internet atau bacaan digital. Guna mengurangi kerugian, banyak cara dilakukan, salah satunya mengurangi jumlah halaman. Penerbit yang mengikuti perkembangan media memanfaatkan internet dalam melakukan terobosan pemasaran untuk menekan biaya promosi dan meminimalisasi kerugian.

Simpulan: banyaknya berita di internet tidak menyebabkan kerugian para penerbit majalah.

Manakah pernyataan berikut yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?

4 / 85

4. Lele yang sudah siap panen umumnya mencapai ukuran 8-10 ekor per kilogram. Ukuran sebesar itu bisa dicapai dalam tempo 2,5-3,5 bulan dari benih berukuran 5-7 cm. Berbeda dengan konsumsi domestik, ikan lele untuk tujuan ekspor biasanya mencapai ukuran 2 ekor per kilogram.
Jika berat lele kurang dari 100 gram, manakah simpulan yang benar?

5 / 85

5. Korban perundungan yang terjadi secara online dapat merasa seperti diserang dari manapun, bahkan ketika di rumah sendiri. Dampaknya dapat bertahan lama dan memengaruhi seseorang dalam banyak hal. Secara mental, korban akan merasa kesal, malu, marah, bahkan bodoh. Secara emosional, korban akan merasa malu atau kehilangan minat pada hal-hal yang awalnya disukai. Secara fisik, korban akan merasa lelah, bahkan mengalami gejala sakit psikosomatis seperti sakit perut dan sakit kepala.

Simpulan: Korban perundungan siber tidak merasa aman meskipun di rumah sendiri, dampaknya memengaruhi mental, emosional, dan fisik seseorang.

Manakah pernyataan berikut yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?

6 / 85

Berikut ini teks untuk soal nomor 6 dan 7

Datangnya era pandemi Covid 19 memaksa bahkan telah merubah pola kehidupan manusia secara luas. Perubahan yang kentara diantaranya pada pola kerja yang sebelumnya mengharuskan kehadiran fisik di kantor menjadi pola kerja hybrid, yaitu adanya pembagian tempat kerja antara kantor, rumah yang dikenal dengan Work From Home (WFH) atau tempat di luar kantor lainnya yang mendukung terlaksananya kegiatan/capaian kinerja yang dikenal dengan istilah Work From Anywhere (WFA).

Bekerja tanpa rekan kerja untuk berbagi dan berdialog secara formal maupun emosional misalnya berkeluh kesah atau dikenal dengan ‘curhat’ menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja kantoran maupun non kantoran dalam mengatasi kejenuhan ataupun kendala non teknis lainnya.
Sumber: KPKNL Purwakarta

6. Berikut ini simpulan yang paling paling mendukung pernyataan tersebut adalah ...

7 / 85

7. Simpulan: Para pekerja merasa stres saat bekerja di era pandemi Covid 19
Manakah pernyataan berikut ini yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?

8 / 85

8. Diana sangat menyukai olahraga renang. Setiap minggu ia selalu berlatih berenang. Hana sangat suka berolahraga, tetapi ia tidak bisa berenang. Olahraga favoritnya adalah bulu tangkis
Simpulan yang paling tepat adalah ...

9 / 85

9. Salah satu efek mudahnya mendapatkan akses internet adalah meningkatnya pelanggan platform penyedia film berbayar, seperti Netflix, Disney Hotstar, Prime, VIU, dll. Hal tersebut berdampak pada menurunnya jumlah kunjungan ke bioskop. Kondisi ini memaksa bioskop untuk memberikan berbagai promosi, salah satunya harga tiket masuk. Namun demikian, jumlah kunjungan tetap tidak bertambah karena pecinta film lebih memilih untuk menikmati film melalui platform penyedia film berbayar.
Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang pasti benar?

10 / 85

10. Daging sapi yang bagus dan segar adalah daging yang masih berwarna kemerahan. Apabila ditekan, daging akan kembali ke posisi semula dan aromanya segar, sedikit amis khas daging sapi. Daging sapi yang segar juga tidak berair karena sari-sarinya masih ada dalam daging.
Daging sapi merk X berwarna kemerahan, kenyal dan aromanya amis khas daging sapi. Manakah simpulan yang benar?

11 / 85

11.

Pengamat A: Anak-anak belajar sambil bermain dengan mengaduk, melumatkan, dan melempar-lempar makanannya
Pengamat B: Anak akan mengeksplorasi kemampuan makannya sendiri untuk berlatih mandiri
Hasil penelitian: Anak yang makannya berantakan dapat menjadi pembelajar yang lebih baik di masa yang akan datang daripada anak yang makannya selalu disuapi orang lain.

Manakah pernyataan berikut yang paling tepat mengenai hasil peneitian tersebut?

12 / 85

12. Penggunaan biodiesel menimbulkan dampak bagi semua bidang. Hampir semua bidang memperoleh dampak positif. Bidang yang mengalami dampak positif terbesar adalah sumber daya energi, ekonomi. Namun, ada aspek lingkungan yang terkena dampak negatif karena adanya pengalihan fungsi hutan menjadi perkebunan.
Manakah pernyataan berikut yang pasti benar berdasarkan informasi di atas?

13 / 85

Berikut ini bacaan untuk soal nomor 13 dan 14

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah terus berubah bahkan bisa memunculkan tanda-tanda penuaan. Salah satu cara mengatasinya bisa menggunakan retinol. Produk skincare berbahan ini sangat cocok untuk mengatasi masalah kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, pori-pori besar, warna, dan tekstur kulit tidak merata. Ini karena retinol berfungsi sebagai anti-aging yang dapat mencegah, bahkan mengatasi penuaan pada kulit wajah sehingga tampak awet muda. Saat ini hampir 70% produk-produk skincare mengandung retinol. Hal ini merupakan hal yang baik asal persentase retinol dalam kandungan produknya masih dibatas wajar.

13.  Manakah yang paling mungkin menjadi asumsi yang dasar argumen tersebut?

14 / 85

14. Berdasarkan bacaan tersebut, manakah pernyataan berikut yang pasti benar?

15 / 85

15. Siswa yang memiliki pemahaman kuat terhadap pelajaran fisika adalah siswa yang dapat menjawab soal ujian ini 10 nomor atau lebih dengan benar.
Manakah argument yang benar?

16 / 85

Berikut ini grafik untuk soal nomor 16 dan 17

(Jika grafik tidak muncul, klik kanan di sini dan buka pada tab baru)

Berikut ini jumlah penjualan kamus bahasa asing (dalam ratusan), untuk bulan Januari, Februari, dan Maret.

16. Berdasarkan grafik di bawah, berikut ini pernyataan yang sesuai adalah …

17 / 85

17. Berdasarkan grafik di bawah, berikut ini pernyataan asumsi yang paling memungkinkan adalah …

(Jika grafik tidak muncul, klik kanan di sini dan buka pada tab baru)

18 / 85

18. Kamar kost yang ditinggal penghuninya selama lebih dari dua hari wajib untuk mematikan lampu, memutus semua kontak listrik, dan meninggalkan kamar kos dengan keadaan bersih tanpa ada sampah terutama sampah organik. Apabila lampu kamar kos Hana masih menyala, manakah simpulan di bawah ini yang paling benar?

19 / 85

19. Semua penghuni kelas A menyukai musik bergenre pop. Sebagian besarnya sangat menyukai kpop. Mereka yang menyukai kpop berencana akan menonton konser pada hari terakhir jadwal kelas mereka class meeting.
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat menurut ilustrasi di atas?

20 / 85

20. Perusahaan yang mempunyai limbah dari emisinya akan dicabut izin operasionalnya. Rusunawa Marunda, Jakarta Utara dicemari polusi udara dengan bentuk debu dan batu bara dari PT Karya Cipta Nusantara.
Berdasarkan ilustrasi di atas, manakah simpulan yang paling tepat?

21 / 85

21. Pedagang martabak menawarkan 2 jenis martabak yaitu martabak durian dan martabak manis, untuk martabak durian dapat dipilih maksimal 2 toping, yaitu choco chips atau keju. Sedangkan untuk martabak manis dapat dipilih salah satu rasa yaitu coklat, stoberi dan srikaya dengan toping di antara meses atau bluberry. Berapa banyak menu yang terdapat di kedai tersebut?

22 / 85

22. Di sebuah toko Laptop terdapat banyak sekali merek laptop. Laptop merk B lebih mahal daripada laptop merk A, tetapi lebih murah daripada laptop merk E. laptop merk F lebih murah daripada laptop merk A dan C. laptop merk D lebih mahal dari pada laptop merk F tetapi lebih murah dari laptop merk C. harga laptop C lebih murah dari laptop A. Harga laptop termurah dan termahal adalah . . .

23 / 85

23. Anton lebih tua dari Yani, Fitri lebih muda dari Anis, Andi lebih muda dari Yani, Anton lebih muda dari Fitri, Yani lebih tua dari Andi maka urutuan dari yang termuda sampai yang tertua adalah . . .

24 / 85

24. Dalam perjalanan menuju sekolah, lima sekawan Surya, Jono, Andin, Riko, dan Rahmi selalu berangkat bersama. Jono selalu menjemput Surya setelah ia dijemput oleh Andin. Rumah Riko menjadi rumah terakhir yang dijemput. Sementera rumah Rahmi terletak di antara rumah Jono dan rumah Andin. Berikut ini pernyataan yang BENAR adalah . . .

25 / 85

25. Kebiasaan sesorang tidak sarapan pagi di anggap buruk bagi kesehatan, karena tubuh yang tidak mendapat asupan energi saat pagi akan terasa lebih letih dan lelah. Selain itu, dampak melewatkan sarapan juga bisa menyasar organ vital seperti jantung. Menurut studi dari Universitas Harvard, pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit jantung, daripada mereka yang memiliki kebiasaan sarapan. Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan yang PASTI benar

26 / 85

26. Suatu survey menyatakan bahwa orang dewasa (laki – laki dan perempuan) menyukai makanan yang terdiri atas jenis makanan berat dan makanan ringan. Makanan ringan lebih disukai oleh perempuan. Pernyataan yang paling tepat adalah . . .

27 / 85

27. 1, 2, 3, 3, 6, 5, 11, 7

28 / 85

28. 0, 1, 2, 4, 8, 15, …

29 / 85

29. 1,2,2, -4, 4, -9, 8, ….

30 / 85

30. 4, 81, 100, 8, 27, 90, 16, 9, ….

31 / 85

Pengetahuan dan Pemahaman Umum (20 Soal)

Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Indonesia mendapat predikat sebagai negara adidaya dalam pengendalian perubahan iklim. (2) Hal yang diungkap oleh Presiden Konferensi Perubahan Iklim Dunia (COP) ke 26 di Glasgow, Inggris akhir tahun 2021. (3) Predikat ini menjadi semangat Indonesia untuk terus meningkatkan aksi-aksi iklim demi menjaga suhu bumi tidak meningkat lebih dari 2 derajat Celcius. (4) Menilik kondisi global pada tahun 2022, tantangan pengendalian perubahan iklim menjadi cukup berat karena terpengaruh berbagai krisis akibat konflik Geopolitik Global. (5) Di tengah kondisi yang kurang baik tersebut, Indonesia tetap dapat menunjukkan komitmen globalnya melalui contoh-contoh nyata dalam mengatasi perubahan iklim dengan meningkatkan ambisi iklim.

(6) Pada target penurunan emisi Indonesia, berdasarkan hasil Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) Nasional, sejak tahun 2020 Indonesia telah mampu mengendalikan GRK secara signifikan dari yang ditargetkan. (7) Penurunan emisi karbon juga dicapai dari upaya pengendalian bahan perusak ozon. (8) Pada tahun 2022 Indonesia berhasil merealisasikan penurunan sebesar 120.45 odp (ozone depletion potential). (9) Kemudian dari pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), secara akumulatif pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 terjadi penurunan 43 persen luas karhutla atau seluas 152.797 hektare.
(Dikutip dengan pengubahan dari https://www.menlhk.go.id/ )

31. Kata yang bermakna sama dengan adidaya pada kalimat (1) dalam bacaan tersebut adalah ….

32 / 85

32. Berdasarkan teks, kalimat yang tidak logis ditunjukkan oleh ….

33 / 85

33. Makna bertingkat dari kata krisis dalam kalimat (4) adalah ….

34 / 85

34. Kalimat yang memiliki asosiasi dengan akumulatif dalam kalimat (9) pada bacaan tersebut adalah ….

35 / 85

35. Hubungan kalimat (7) dan (8) dalam bacaan di atas yang paling tepat adalah sebagai …

36 / 85

Bacalah teks berikut dengan saksama!

(1) Cherophobia merupakan fobia yang dimiliki oleh seseorang dengan rasa keengganan irasional untuk bahagia. (2) Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) saat ini tidak mencantumkan cherophobia sebagai gangguan. (3) Namun, sejumlah ahli medis mengklasifikasikan cherophobia sebagai bentuk gangguan kegelisahan (rasa takut yang irasional, biasanya meningkat ketika merasa terancam).

(4) Padahal, berdasarkan fakta penderita cherophobia belum tentu seseorang yang sedang sedih dan terancam. (5) Tetapi, penderitanya merupakan orang yang menghindari kegiatan yang dapat mengarah pada kebahagiaan atau kegembiraan. (6) Misalnya, mengalami kecemasan ketika memikirkan pergi ke pertemuan sosial yang menyenangkan, seperti pesta, konser, atau acara serupa lainnya.

(7) Penderita cherophobia mungkin berpikir bahwa menjadi bahagia berarti sesuatu yang buruk akan terjadi padanya. (8) Bahkan, menganggap kebahagiaan membuatnya menjadi orang yang buruk atau lebih buruk. (9) Selain itu, penderita cherophobia juga mungkin berpikir bahwa menunjukkan dirinya bahagia itu buruk baginya, teman, ataupun keluarganya. (10) Kemudian, mereka mungkin berpikir mencoba untuk bahagia adalah buang-buang waktu dan usaha.
(Dikutip dengan pengubahan dari https://www.asumsi.co)

36. Hubungan antarparagraf bacaan tersebut adalah ….

37 / 85

37. Kelemahan paragraf ke (3) pada bacaan tersebut adalah ….

38 / 85

38. Kesalahan penggunaan konjungsi pada bacaan tersebut terdapat dalam kalimat ….

39 / 85

39. Bentuk perulangan buang-buang pada kalimat (10) memiliki kesamaan makna pada kalimat berikut, yaitu …

40 / 85

40. Kata kecemasan pada kalimat (6) memiliki makna yang berlawanan dengan kata ….

41 / 85

Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Perundungan yang terjadi di sekolah seperti halnya fenomena gunung es. (2) Meskipun lebih dari 79% siswa dilaporkan pernah mengalami perundungan, namun hanya 21% kasus perundungan yang terangkat ke permukaan. (3) Sejumlah intervensi telah dilakukan untuk mencegah terjadinya perundungan, akan tetapi belum memberikan hasil yang signifikan. (4) Perundungan yang terjadi di sekolah tidak bisa dilepaskan dari iklim sekolah. (5) Terdapat tiga hal utama dalam pencegahan perundungan, yaitu dukungan atau perhatian guru, pembentukan nilai dan norma sekolah yang sehat, serta relasi antar teman sebaya.

(6) Berdasarkan penelitian terhadap siswa yang berasal dari lima wilayah provinsi DKI Jakarta, baik ketiga dimensi iklim sekolah maupun iklim sekolah secara total, masing-masing memiliki korelasi terhadap perundungan. (7) Dari ketiga dimensi iklim sekolah, ternyata dimensi perhatian dan penghargaan guru memiliki pengaruh yang paling besar terhadap pencegahan perundungan. (8) Dengan demikian, diharapkan nilai-nilai positif dapat tertanam pada diri siswa dengan bantuan guru, serta tampil dalam bentuk tingkah laku yang sesuai norma sosial. (9) Iklim sekolah yang positif juga menandakan sekolah mampu memberikan suasana psikologis yang aman dari perundungan bagi setiap warga sekolah, termasuk siswa.

(Dikutip dengan penyesuaian dari: https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/12480)

41. Kalimat yang mengandung kata dengan makna perumpamaan dalam bacaan tersebut adalah

42 / 85

42. Penggunaan konjungsi yang tidak tepat dalam bacaan tersebut terdapat pada kalimat ….

43 / 85

43. Maksud yang disampaikan penulis berdasarkan kalimat (5) adalah ...

44 / 85

44. Kata yang dapat menggantikan kata bercetak tebal pada paragraf kedua adalah, kecuali ….

45 / 85

45. Hubungan antarparagraf bacaan tersebut adalah …

46 / 85

Bacalah teks berikut dengan saksama!

(1) Hingga 2018, Indonesia tercatat sebagai negara penyumbang sampah plastik terbanyak di dunia setelah Tiongkok. (2) Bila dikerucutkan lagi, Jakarta adalah penyumbang sampah yang paling banyak di Indonesia. (3) Dari 3,22 juta metrik ton sampah plastik, Jakarta adalah salah satu penyumbang sampah paling produktif. (4) Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencatat sampah yang dihasilkan Jakarta mencapai 9.300 ton/hari selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). (5) Sebenarnya, Pemprov DKI Jakarta sudah berusaha mengurangi penggunaan sampah plastik dengan berbagai cara, seperti memberi sosialisasi, berlakunya denda, dan pembuatan kebijakan. (6) Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 149 Tahun 2019 yang melarang penggunaan kantong belanja berbahan plastik sekali pakai. (7) Sayangnya, apabila penerapan di sektor mikro seperti rumah tangga tidak kunjung dilakukan, sampah plastik tetap akan menggunung seperti sebelumnya. (8) Perlu adanya dukungan dan kontribusi dari masyarakat terhadap permasalahan kebersihan lingkungan tersebut. (9) Apabila Indonesia tidak berbenah, peneliti memperkirakan pada tahun 2050, sampah plastik bisa lebih banyak dari ikan di laut.
(Dikutip dengan pengubahan dari https://tirto.id)

46. Apabila bacaan tersebut dibagi menjadi dua paragraf, kalimat yang tepat untuk memulai paragraf kedua adalah …

47 / 85

47. Perumpamaan dalam bacaan tersebut terdapat pada kalimat ….

48 / 85

48. Kesamaan makna bentuk ke-an pada kata kebersihan kalimat (8) terdapat dalam kalimat berikut, yaitu …

49 / 85

49. Perbaikan ketidakteraturan kelompok kata yang bercetak tebal dalam kalimat (5) yang tepat adalah …

50 / 85

50. Kelompok kata yang berpasangan tetap dalam bacaan tersebut adalah ….

51 / 85

Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (20 Soal)
Cermati wacana berikut untuk mengerjakan soal nomor 51-55!

[….]
(1) Pada 2015, semua negara anggota PBB mengadopsi agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan yang juga kita kenal dengan Sustainable Development Goals atau SDGs. (2) Agenda tersebut menetapkan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan untuk melestarikan lingkungan dengan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia.

(1) Tujuan pembangunan berkelanjutan mencakup semua bidang kehidupan, mulai dari kemiskinan dan pendidikan hingga industri dan kesetaraan gender. (2) Tapi yang terutama, beberapa tujuan ini secara khusus membahas dampak lingkungan, yaitu pengelolaan air berkelanjutan yang menjamin akses air bersih untuk semua, energi bersih dan terjangkau, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, memprioritaskan daur ulang, penggunaan kembali, dan keberlanjutan secara keseluruhan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil dalam rantai pasokan, aksi untuk memerangi perubahan iklim dan memperjuangkan keadilan lingkungan secara global, konservasi lautan dan sumber daya dalam menghadapi kerusakan lingkungan, dan penggunaan lahan yang berkelanjutan untuk melindungi dan memulihkan keanekaragaman hayati.

(1) Sejak SDGs ditetapkan negara-negara mulai melangkah dan menciptakan sistem yang lebih hijau sambil mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam yang terbatas. (2) Sistem ini lebih baik untuk lingkungan, karena dapat meminimalisir emisi gas rumah kaca yang berasal dari kegiatan manusia dan menghambat perubahan iklim.

(1) Tujuan-tujuan keberlanjutan ini mengatur kelompok, perusahaan, pemerintah untuk bekerja sama membangun sistem berkelanjutan untuk lingkungan yang lebih baik. (2) Para pemangku kepentingan keberlanjutan adalah kekuatan pendorong di balik pembangunan atau peningkatan sistem berkelanjutan.

(1) Di dunia lingkungan, para pemangku kepentingan meliputi organisasi, pemerintah, bisnis, ilmuwan, pemilik tanah, dan individu. (2) Para pemangku kepentingan bisa mendukung tujuan-tujuan tersebut dengan berbagai macam cara, seperti mendanai program lingkungan, menggunakan platform yang mereka miliki untuk mempromosikan, menyediakan, atau memfasilitasi kegiatan yang bertujuan untuk perbaikan lingkungan.
Sumber: www.paprikaliving.com dengan penyesuaian

51. Judul yang paling sesuai dengan isi bacaan tersebut ialah….

52 / 85

52. Terdapat kesalahan penulisan yang terletak pada paragraf ketiga. Alasan yang tepat untuk menjelaskan kesalahan penulisan tersebut ialah….

53 / 85

53. Kata baku yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kedua adalah….

54 / 85

54. Pada paragraf kelima terdapat kerancuan yang menimbulkan adanya ambiguitas. Hal ini disebabkan oleh….

55 / 85

55. Kesalahan penulisan pada paragraf keempat disebabkan oleh konjungsi yang tidak tepat penggunaannya. Penjelasan paling logis terkait dengan konjungsi yang digunakan adalah….

56 / 85

Bacalah teks berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 56-60!

(1) Kasus perundungan yang dialami anak berinisial FH berusia 11 tahun di Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat, menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia tergolong berat dan kompleks lantaran korban mengalami kekerasan secara fisik, seksual, dan psikologis. (2) Dengan landasan ini, KPAI menilai kasus tersebut harus dibawa ke ranah hukum agar tidak terulang di masa mendatang - mengingat anak merupakan apa yang disebut KPAI, "peniru ulung". (3) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan telah memeriksa sebanyak 15 orang terkait peristiwa perundungan yang disertai tindakan asusila ini. (4) Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jasra Putra, mengaku miris dengan kasus yang menimpa bocah laki-laki kelas V sekolah dasar tersebut. (5) Apa yang terjadi pada korban menunjukkan perundungan di kalangan anak-anak semakin berat dan kompleks. (6) Menurut pengamatannya, korban setidaknya mengalami kekerasan fisik, seksual, dan psikologis.

(1) Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, Adi Widodo, mengatakan sebelum meninggal korban sempat dirawat di rumah sakit. (2) Dari hasil pemeriksaan medis, korban mengalami suspect depresim thypoid, dan ensefalopati atau peradangan otak. (3) Suspect thypoid, ensefalopati, dan suspect episode depresi, menurutnya, disebabkan adanya tekanan psikologis korban sebelumnya. (4) Apalagi seperti keterangan keluarga, korban sempat menjadi target perundungan teman-temannya. (5) Saat berada di rumah sakit, korban mengalami penurunan kesadaran karena masih tidak mau makan dan minum hingga mengalami demam.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mengatakan telah memeriksa sebanyak 15 orang terkait kasus perundungan yang disertai tindakan asusila. Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo, menyebut belasan orang itu adalah saksi yang melihat langsung maupun yang mendengar cerita perundungan tersebut. Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Dian Pornomo, menuturkan pihaknya akan menerapkan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). Komisioner KPAI, Jasra Putra, berharap polisi melibatkan psikolog anak dalam memeriksa para pelaku sebab ada kemungkinan mereka terpapar konten-konten pornografi. Dengan demikian, para pelaku pun dapat menerima pendampingan dan edukasi terkait sex education sehingga perilaku perundungan ini juga dapat dihentikan.
Sumber: www.regional.kompas.com dengan penyesuaian

 

56. Kalimat berikut yang tepat mewakili keseluruhan isi berita pada bacaan tersebut ialah….

57 / 85

57. Berikut ini yang tidak merupakan saran yang disampaikan dalam berita tersebut adalah….

58 / 85

58. Penjelasan yang tepat terkait istilah peniru ulung yang terdapat pada kalimat (2) paragraf pertama adalah….

59 / 85

59. Beberapa kosakata berikut yang sesuai dengan arti dan konteks kata kompleks pada paragraf pertama tersebut adalah….

60 / 85

60. Kesalahan penulisan masih terdapat pada paragraf kedua. Berikut ini yang bukan merupakan alasan yang tepat untuk menjelaskan kesalahan penulisan tersebut adalah….

61 / 85

Bacalah teks berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 61-65!

Alun-alun Selatan Yogyakarta adalah sebuah tempat luas yang terdapat di area Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta, mempunyai dua alun-alun, yakni Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan. Dibandingkan dengan Alun-alun Utara, Alun-alun Selatan lebih kecil. Akan tetapi bila dilihat dari keramaiannya, Alun-alun Selatan setiap harinya lebih ramai.

(1) Alun-alun Selatan merupakan tempat tujuan wisata yang berbentuk persegi panjang. Alun-alun Selatan tidak terlalu luas, jika dibandingkan dengan Alun-alun Utara. (2) Jika dibandingkan dengan lapangan bola, Alun-alun Selatan sebesar dua kali lapangan sepak bola. (3) Luas Alun-alun Utara bisa mencapai empat kali lapangan bola. (4) Alun-alun Selatan yang tidak terlalu luas tersebut disulap menjadi tempat yang menyenangkan.

Jika berkunjung ke tempat ini, sepanjang mata memandang, hanya akan terlihat tanah yang berumput di bagian pinggir lapangan. Setiap sore, Alun-alun Selatan banyak digunakan untuk berolahraga. Malam hari, suasana Alun-alun Selatan menjadi berbeda. Pengunjung bisa mendatangi Alun-alun pada siang atau malam hari. Jika berkunjung malam hari, pengunjung akan melihat bagaimana ramainya alun-alun.

Di bagian tengah Alun-alun Selatan, terdapat dua buah pohon beringin yang besar. Jika malam hari, pohon beringin tersebut tidak terlihat menyeramkan karena diterangi oleh beberapa buah lampu berwarna kuning keemasan. Pohon beringin di tengah alun-alun dikelilingi oleh pagar tinggi berwarna putih, sehingga tidak memungkinkan untuk dimasuki orang.

Pohon beringin adalah […] Alun-alun Selatan. Ada sebuah kepercayaan mengenai kedua pohon beringin tersebut. Bagi siapa saja yang bisa berjalan melewati di antara dua buah pohon beringin tersebut dengan mata tertutup, maka cita-cita atau keinginan akan tercapai. Tentu saja setelah disertai dengan doa dan usaha.

61. Pernyataan berikut yang paling tepat untuk menunjukkan alasan bahwa teks tersebut merupakan teks deskripsi adalah….

62 / 85

62. Kalimat berikut ini yang paling efektif sebagai hasil penggabungan kalimat (2) dan (3) pada paragraf kedua adalah….

63 / 85

63. Kalimat berikut ini yang tepat untuk menjadi kalimat utama pada paragraf ketiga ialah….

64 / 85

64. Kalimat berikut yang tepat untuk melanjutkan paragraf terakhir pada bacaan tersebut adalah….

65 / 85

65. Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf kelima tersebut adalah….

66 / 85

Bacalah teks berikut ini untuk mengerjakan soal nomor 66-70!

[….]
Anak-anak yang masih dalam fase pertumbuhan memiliki karakter yang cenderung imitative dan plagiarism. Oleh karena itu, dalam masa pertumbuhan tersebut, mereka akan meniru apa saja yang mereka dengar lihat, atau apapun yang mereka tonton. Selain itu, anak-anak mempunyai kepekaan dan daya simpan memori yang sangat baik terhadap apa yang mereka lihat, dengar, dan mereka rasakan.

Pada masa pertumbuhan tersebut anak harus mendapat banyak pengarahan dari segi positif, salah satunya yakni dari dongeng. Sejak dini, orang tua perlu menerapkan pendidikan karakter pada anak. Namun, mengingat sia anak masih kecil. Orang tua harus mempunya cara tersendiri untuk mengajarkan karakter positif kepada anak. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut, yakni dengan dongeng.

(1) Dongeng sendiri yakni tulisan berupa cerita anak termasuk dalam kategori sastra berjenis prosa. (2) Di dalam dongeng banyak berisi mengenai pemahaman dan pengenalan terhadap nilai-nilai. (3) Nilai-nilai yang ada pada dongeng tidak selamanya baik, namun terkadang juga memunculkan tokoh jahat dan buruk. (4) Namun orang tua tetap bisa mengarahkan anak dengan mengenalkan tokoh baik dan tokoh jahat, dan memberikan pengertian jika tokoh jahat bukan contoh yang baik. (5) Dengan mengenalkan antara tokoh baik dan tokoh jahat dalam dongeng, secara tidak langsung orang tua mengajarkan anak menjadi cerdas, tajam pikiran, lembut, peka, serta halus perasaannya.

Dongeng biasanya mengandung nilai-nilai baik misalnya nilai kejujuran, kepahlawanan, pengorbanan, keadilan, kebijaksanaan, dan lain-lain. Melalui dongeng yang dibacakan orang tua kepada anaknya, secara tidak langsung, orang tua tersebut sudah memberikan pendidikan karakter pada anak. Dongeng memiliki tujuan, yaitu agar anak mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dengan segala konsekuensinya. Misalnya, tokoh yang baik akhirnya hidup bahagia, sedangkan tokoh yang buruk akhirnya menderita, dan lain sebagainya.

66. Judul yang tepat untuk diberikan pada bacaan tersebut sesuai dengan isinya adalah….

67 / 85

67. Penulisan kata serapan bercetak miring pada kalimat pertama paragraf pertama yang tepat agar sesuai kaidah penulisan kata pada KBBI adalah….

68 / 85

68. Perbaikan kalimat yang benar untuk kalimat (1) paragraf ketiga agar menjadi kalimat efektif ialah….

69 / 85

69. Evaluasi yang benar untuk mengoreksi kesalahan penulisan pada kalimat (2) paragraf keempat agar menjadi kalimat efektif adalah….

70 / 85

70. Pernyataan-pernyataan berikut menjelaskan perlunya kebiasaan mendongeng untuk anak berdasarkan isi teks tersebut, kecuali….

71 / 85

71. Suatu kelas mengumpulkan uang sumbangan dan terkumpul sebesar Rp.499.000. Jika tiap siswa menyumbang paling kecil Rp.15.000 dan tidak ada siswa yang menyumbang lebih dari Rp.20.000. maka kemungkinan jumlah siswa yang mungkin dalam satu kelas tersebut adalah…

72 / 85

72. Jika (x-1),(2x+2),(8x-4) membentuk suatu barisan geometri, jika x > 0 tentukan suku ke 5 barisan tersebut . . .

73 / 85

73. Terdapat 7 bilangan yang mempunyai rata-rata 20. Jika rata – rata dari 4 angka terkecilnya adalah 15, dan rata – rata dari 4 angka terbesarnya adalah 30, maka nialai dari bilangan keempat yang terbesar adalah . . .

74 / 85

74. Jumlah bilangan asli yang habis dibagi 4 tetapi tidak habis dibagi 6 yang terletak di antara 1 dan 500 adalah . . .

75 / 85

75. Seorang pemborong menyewa 15 pekerja untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam waktu 10 hari. Jika 5 orang pekerja tersebut tidak dapat bekerja dikarenakan sakit, maka berapa persen penambahan hari untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut?

76 / 85

76. Terdapat 21 siswa di suatu kelas, nilai rata – rata satu kelas tersebut adalah 78. Rata – rata dari 11 siswa terkecil adalah 65, sedangkan rata – rata nilai 11 siswa terbesarnya adalah 90. Berapakah nilai dari bilangan ke sepuluh terkecilnya. . .

77 / 85

77. Barisan -5,x,y,-29, . . . merupakan barisan aritmatika. Nilai x-y adalah . . .

78 / 85

78. Diketahui a dan b adalah bilangan positif, jika a 20% lebih besar dari b, maka perbandingan a dan b adalah . . .

79 / 85

79. Rata – rata suatu barisan aritmatika mulai dari 100,101,102,. . . .300 adalah x, dan rata – rata dari suatu barisan aritmatika mulai dari 10,11,12,…..,100 adalah y, selisih rata-rata barisan aritmatika (x dan y) tersebut adalah . . .

80 / 85

80. Barisan -5,x,y,-29, . . . merupakan barisan aritmatika. Rata – rata 10 suku pertamanya adalah. . .

81 / 85

81. Dua puluh lima persen dari 50 sama dengan lima puluh persen dari bilangan berapa?

82 / 85

82. Sebanyak x liter cairan A 66% dicampur dengan y liter cairan 𝐵 75%. Jika campuran A dan B tersebut menghasilkan cairan 72% maka persentase cairan A dalam larutan tersebut adalah ….

83 / 85

83. Tiga bilangan positif membentuk barisan aritmatika naik dengan beda 5, Jika bilangan terbesar barisan tersebut ditambah 5 maka akan menjadi barisan geometri. Jumlah ketiga bilangan tersebut adalah . . .

84 / 85

84. Barisan – 4, a , b , - 16, . . . merupakan barisan aritmetika Nilai 2a – 2b adalah . . .

85 / 85

85. Barisan – 4, a , b , - 16, . . . merupakan barisan aritmetika. Jumlah suku ke – 7 dan ke – 8 tersebut sama dengan jumlah suku ke – 9 dan suku . . . .

Consult to our Student Success Team for more program information and recommendation

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.