Training Untuk Sales: Selling, Sales & Marketing Strategy – Sales adalah salatu posisi strategi di perusahaan. Keberhasilan perusahaan sangat bergantung salah satunya pada tim sales.
Salah satu bagian dari divisi sales adalah sales canvasser, memiliki tugas yang berbeda dengan sales general.
Baca juga : Definisi, Gaji, Kemampuan dan Jobdesk Marketing
Sales canvasser
Sebelum langsung pengertian sales canvasser, kita bahas dulu tentang canvassing dalam dunia bisnis. Canvassing adalah metode berkomunikasi langsung dengan para audience untuk mencapai tujuan tertentu.
Misalnya ingin mengetahui tentang informasi di lapangan, maka canvassing dilakukan dengan survey secara langsung dengan berinteraksi kepada audience sesuai target yang dibutuhkan.
Atau misalkan untuk tujuan penjualan, maka canvassing dilakukan dengan menjangkau market tertentu yang ditargetkan untuk kemudian melakukan kontak atau interaksi langsung kepada market tersebut.
Sehingga untuk sales canvasser dapat diartikan sebagai seseorang yang bertugas menjangkau konsumen secara langsung untuk urusan penjualan atau mencari pelanggan baru.
Jika dulu, sales canvasser banyak dilakukan dengan metode door to door maka sekarang metode canvassing dilakukan dengan berbagai cara. Apalagi sudah zamannya digital. Mereka bisa menggunakan email, telepon, media sosial dan aplikasi perpesanan lainnya untuk menjangkau audience.
Sales canvasser adalah bagian yang penting dalam divisi penjualan. Dan tentunya memiliki perbedaan dengan sales general juga ya!
Tanggung jawab sales canvasser
Dalam perusahaan, selain dari tim marketing, sales canvasser menjadi tumpuan utama yang membawa brand langsung berinteraksi dengan calon pembeli. Sales canvasser memiliki tanggungjawab sebagai berikut
1. Mengumpulkan informasi tentang kondisi pasar
Salah satu tanggung jawab sales canvasser adalah melakukan riset pasar. Dimana hal ini sangat penting untuk keperluan marketing dan penjualan.
Sales canvasser bertugas mengumpulkan data dan informasi kondisi pasaran mulai dari:
- Trend industri
- Kebutuhan pelanggan
- Kondisi daya beli di pasar
- Potensi pasar
- Riset tentang kompetitor (harga, kelemahan produk)
- Menganalisa tingkat kepuasan pelanggan
- Melakukan pemetaan pasar (distribusi produk, mencari lokasi potensial)
Dengan begitu, informasi yang dikumpulkan ini dapat membantu merumuskan strategi yang bisa digunakan untuk marketing dan sales juga menentukan produk baru, inovasi produk sampai dengan harga penjualan.
2. Mengumpulkan informasi tentang audience
Selain melakukan riset untuk market penjualan, sales canvasser juga memiliki tugas untuk melakukan riset fokus pada calon pembeli. Beberapa hal yang diperlukan untuk data calon pembeli adalah sebagai berikut
- Mencari kelompok target yang sesuai untuk penjualan
- Menganalisa perilaku, kebutuhan, keinginan target
Informasi di atas sangat dibutuhkan untuk membantu tim marketing dan sales general melakukan pendekatan yang tepat. Selain itu juga mencari informasi untuk merumuskan cara untuk menarik perhatian target pasar agar tertarik dengan produk yang berikan.
3. Membantu meningkatkan penjualan
Tanggung Jawab selanjutnya untuk sales canvasser adalah membantu meningkatkan penjualan. Hal ini dilakukan dengan cara berinteraksi langsung kepada calon pembeli menggunakan berbagai metode. Untuk selanjutnya closing dan deal penjualan bisa diberikan kepada sales general.
Baca juga : 3 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja
Tugas sales canvasser
Tugas sales canvassing adalah tindakan dari tanggungjawab yang diberikan. Beberapa tugas canvasser diantaranya
Riset pasar | Penjualan | Koordinasi |
1. Membuat materi riset Pengumpulan data dengan berinteraksi langsung di pasar 2. Membuat laporan riset Analisa hasil riset untuk dikoordinasikan dengan manajemen | 1. Menghubungi calon pembeli / direct sales menggunakan banyak media penjualan 2. Melakukan presentasi Melakukan kunjungan langsung Mengembangkan pendekatan kreatif kepada audience | Sales canvasser memiliki tugas untuk memberikan hasil riset kepada manajemen perusahaan dan juga tim sales dan marketing. Hal ini berhubungan dengan evaluasi dan inovasi produk maupun cara meningkatkan penjualan. |
Untuk menjalankan tugas-tugasnya, sales canvaser tidak hanya menggunakan cara lama berupa canvassing metode door to door namun bisa menggunakan berbagai media digital agar bisa berinteraksi dan menjangkau audience.
Mereka bisa menggunakan email, tools survey, aplikasi chat, sosial media dan lainya agar tujuannya bisa tercapai.
Kemampuan yang perlu dimiliki sales canvasser
Untuk menjadi seorang sales canvassing yang profesional, kamu perlu memiliki kemampuan seperti berikut ini.
1. Komunikasi
Kemampuan utama yang perlu dimiliki seorang sales canvasser adalah kemampuan komunikasi. Dimana sales banyak berhubungan dengan banyak orang dari banyak latar belakang dan kalangan, untuk itu kemampuan komunikasi yang baik harus dimiliki.
Kemampuan komunikasi yang baik akan sangat berguna saat melakukan survey, presentasi dan interaksi langsung dengan audience.
Semakin bagus kemampuan komunikasinya, akan semakin memberikan citra yang baik dan pembawaan diri yang bagus.
2. Negosiasi
Kemampuan negosiasi juga menjadi kemampuan utama yang harus dimiliki sales. Kemampuan negosiasi adalah kemampuan tawar menawar, berunding untuk mencapai tujuan atau keputusan tertentu.
Menjadi seorang sales, negosiasi adalah kebutuhan penting karena akan banyak terlibat perundingan harga, layanan dan lainya kepada banyak kalangan.
3. Penguasaan produk
Seorang sales yang akan langsung terjun di pasar tentunya harus memiliki kemampuan public knowledge yang bagus.
Sebab yang akan berinteraksi langsung dengan audience dan memberikan penjelasan cukup detail tentang layanan dan produk adalah seorang sales.
Mungkin anda suka : 6 Jenis Pelatihan SDM dan Manfaatnya untuk Perusahaan
Apa pentingnya sales canvasser untuk perusahaan?
Banyak yang bertanya apa manfaat secara spesifik sales canvasser untuk bisnis? Jika kita lihat lebih detail berkat sales canvasser market bisa lebih qualified dan tertarget akibatnya penjualan bisa dimaksimalkan.
a. Penetrasi pasar lebih tajam
Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan kehadiran sales canvasser yang cukup baik adalah penetrasi pasar yang bisa lebih cepat dan dalam.
Untuk keberhasilan sebuah produk, produk perlu dikenal dengan baik dari berbagai kalangan, memiliki harga yang tepat, produk sesuai kebutuhan market sampai dengan diskon untuk menarik hati pelanggan.
Jika penetrasi pasar sangat baik maka penjualan produk juga akan baik sehingga produk sukses dipasarkan.
Hal ini sudah menjadi tanggungjawab sales canvasser, sehingga kehadiran sales canvassing sangat diperlukan.
b. Target market presisi
Seperti yang kita pahami penjelasan sebelumnya, untuk menjual produk, kita perlu mengetahui kondisi pasar, demografi, informasi audience dan lainya agar tepat menjual dan mendistribukan produk.
Tujuan dari pengelompokan target market ini agar produk bisa diterima dan dibeli banyak audience. Yang akhirnya mempengaruhi kesuksesan penjualan.
Sales canvasser sangat dibutuhkan di proses ini.
c. Up to date kondisi pasar
Perusahaan juga perlu mengetahui kondisi pasar secara terkini. Untuk itu dari waktu ke waktu diperlukan riset pasar.
Misalnya kondisi kompetitor, perkembangan kompetitor, apa yang sedang trend di pasar dan lain sebagainya.
Informasi ini bisa terkumpul dengan bantuan sales canvasser, untuk itu kehadiran sales canvasing sangat diperlukan.
Bagaimana cara memaksimalkan sales canvasser di perusahaan?
Perusahaan bisa memaksimalkan kemampuan sales canvasser dengan memberikan pelatihan Pengembangan diri untuk sales.
Pelatihan membantu seorang sales bisa meningkatkan soft skillnya, dalam komunikasi, negosiasi maupun kemampuan teknis misalnya membuat dan membaca data hingga menjadi informasi untuk perusahaan.
Selanjutnya perusahaan juga bisa memaksimalkan kerja sales canvasser dengan memberinya teknologi yang mendukung untuk pekerjaan. Diharapkan pekerjaan akan lebih mudah dan efektif.
Training untuk Sales: Selling, Sales & Marketing Strategy. Diskon 10%
Pelatihan untuk sales sekarang sudah ada di Lister. Pelatihan ini dibuat untuk memaksimalkan dan mengembangkan kemampuan tim sales di perusahaan.
Anda bisa mengikuti pelatihan sales di Lister secara online maupun tatap muka. Untuk pelatihan tatap muka, bisa dilakukan dengan mengisi minimal 5 peserta pelatihan.
Sedangkan untuk kelas online bisa dilakukan secara fleksibel yaitu kebebasan scheduling class secara mandiri dan juga diakses menggunakan Zoom Premium.
Materi pelatihan di Lister sudah disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja dan juga kurikulum yang up to date dengan perkembangsan internasional.
Silakan daftar kelas sekarang, selagi ada promo 10% (maksimal diskon 500ribu) untuk Anda yang membeli kelas seharga satu jutaan. Klaim promo dengan kode voucher BLOGLISTER10 saat mendaftar di WhatsApp Lister!
Sumber : drazenzigic di Freepict