6 Kampus yang Membuka Jurusan Data Science Di Indonesia

jurusan data science

Pelatihan Data Analytics –  Jurusan  data science  mulai  menarik banyak  anak muda zaman sekarang.  Hal ini  karena tingginya kebutuhan tenaga data analis atau data Scientist secara global maupun di Indonesia.

Jika ingin  belajar data Scientist, kampus mana sih yang menyediakan jurusan data science di Indonesia? 

Jurusan data science 

Masih  sedikit  kampus di Indonesia yang membuka jurusan ini  padahal  tenaga  data Scientist banyak dibutuhkan di dunia maupun di Indonesia.  Bahkan  gaji  data Scientist  di luar negeri  cukup fantastis. Di  Amerika Serikat,  data Scientist memiliki gaji mencapai  US$100ribu. 

Apa sih  sebenarnya yang dipelajari di jurusan data science ini? Jurusan data Scientist merupakan gabungan dari mata kuliah  matematika,  statistik  dan juga ilmu komputer. 

Tujuan  dari pembelajaran  data Scientist adalah  mampu mengolah data atau angka yang ada hingga menjadi informasi yang akhirnya bisa digunakan sebagai pertimbangan membuat keputusan. 

Sehingga  pelajaran  di dalam jurusan data Scientist meliputi  pelajaran mengolah data,  penggunaan rumus dan logika. menggunakan  teknologi  pengolahan data,  cara mengumpulkan data  dan  mata kuliah pendukung lainnya. 

Baca juga : Pelajari Jurusan Teknik Informatika, Prospek & Estimasi Gaji

Bagaimana  prospek kerja Data Science? 

Di  zaman teknologi ini, banyak perusahaan besar  yang mulai menggunakan Big data untuk membangun  teknologi-teknologi terbaru dan juga untuk mengembangkan bisnisnya. 

Misalnya  saja  teknologi Ai ( artificial  intelligence)  dan juga  machine learning  atau yang lainnya,  teknologi ini dibangun menggunakan Big data, di mana  seorang data Scientist banyak bekerja  di bidang ini. 

Kebutuhan data scientist semakin banyak  dicari baik perusahaan Indonesia maupun luar negeri. Di Indonesia sendiri, lulusan jurusan data science dapat bekerja menjadi data analis, data Engineer  maupun  data Scientist. 

Posisi ini  memiliki gaji yang cukup tinggi di Indonesia,  bisa mencapai 10 juta keatas perbulannya.  Sedangkan  di luar negeri  untuk data Scientist bisa mencapai US$100ribu. 

Dengan  terbuka lebarnya  pengembangan teknologi,  membuat peluang lulusan jurusan data science terserap dalam industri  akan  lebih tinggi. 

Nama negaraGaji / Tahun 
Amerika serikat US $165 
Swiss US $ 140
Australia US $124
Inggris US $120
Israel US $119
Norwegia US $111
Tiongkok US $98
Kanada US $95
India US $93
Belgia US $90
Gaji data science di dunia | Jurusan data science di Indonesia | sumber : databoks.katadata.co.id

Sedangkan  menurut Republika online,  rata-rata gaji data Scientist di Indonesia adalah 10 sampai 30 juta perbulannya tergantung dengan pengalaman kerja dan  kemampuan yang dimiliki. 

Apalagi di Indonesia sedang banyak  perusahaan teknologi yang terus melakukan pengembangan untuk layanannya.  Misalnya  e-commerce Shopee,  Tokopedia, Bhineka  dan perusahaan teknologi. 

Pastinya  untuk  mengembangkan layanannya mereka membutuhkan data analis atau data Scientist. 

Baca juga : Intip Pekerjaan Data Analyst, Job Desk dan Tanggung Jawabnya!

Kampus  yang data science di Indonesia 

Berikut  adalah kampus yang  membuka program jurusan data science  di Indonesia.  Kamu  bisa berkuliah  di berikut jika  tertarik dengan jurusan ini

1. Telkom University 

Salah satu  universitas swasta  yang cukup maju di Indonesia Telkom University baru membuka jurusan Data Scientist atau jurusan data sains untuk tingkat sarjana (S1). Di  Universitas Telkom,  jurusan  data sains berada di dalam Fakultas  informatika. 

Fokus jurusan ini pada big data analisis. Dimana akreditasi untuk jurusan data sains di Universitas Telkom sudah B. Harapannya  nanti lulusan  dari jurusan  data Scientist ini bisa menjadi  data Scientist,  data analis,  data saintis arsitek,  business analysis,  data Steward,  digital data kurator,  data librarian  dan  data archivist. 

Kamu bisa melihat  informasi tentang jurusan ini di halaman https://telkomuniversity.ac.id/s1-sains-data/ . 

2. Universitas  Negeri  Surabaya (UNESA)

UNESA adalah salah satu universitas negeri yang terletak di Jawa Timur yang cukup  diperhitungkan  di Indonesia. 

Kampus ini  membuka jurusan  data sciences untuk tingkat pendidikan S1 atau sarjana sejak tahun 2022. Di UNESA, jurusan data sains  adalah penggabungan  ilmu matematika dan ilmu pengetahuan alam yang masuk dalam Fakultas FMIPA.

Mata kuliah yang akan dipelajari  di Unesa jurusan data science adalah Artificial intelligence,  neurocognitive science, machine learning, Software engineering,  bioinformatic, Data mining,  basis data,  Python programming basis data dan lainnya. 

Kamu  bisa mengecek  informasi lebih lengkap tentang jurusan ini di halaman https://datascience.fmipa.unesa.ac.id// 

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Di  fakultas fmipa IPB  ada program studi statistika dan data sains. Program studi  data sains ini sudah ada sejak tahun 2020. Jurusan ini hadir untuk program sarjana, pascasarjana  dan juga doktoral.

Kehadiran  jurusan data science  di IPB  karena  perkembangan teknologi dan industri di dunia yang banyak membutuhkan  ahli data sains. 

4. Binus University 

Perguruan tinggi  selanjutnya yang  menghadirkan jurusan  data science adalah Binus University untuk tingkat S1 atau sarjana. 

Program studi data science ini dibuat untuk menangani big data. Dalam laman Binus University menuliskan prodi ini akan mempelajari semua jenis data yang berasal dari proses bisnis dan operasional perusahaan. 

Nantinya lulusan dari jurusan data science ini diharapkan bisa masuk dan terserap industri menjadi Data Scientist, Big Data Engineer, Data Analyst, Data Visualizer, Database Administrator, Machine Learning Engineer. 

Kamu  bisa melihat kelengkapan informasi tentang jurusan ini melalui halaman https://binus.ac.id/program/data-science/ 

5. Universitas  Nusa Mandiri

Universitas Nusa Mandiri juga membuka jurusan data science untuk program sarjana.  Jurusan data sains  di Universitas Nusa Mandiri sudah terakreditasi B. 

Beberapa  mata kuliah yang akan diajarkan di  jurusan ini adalah  statistika, analisa big data,  metode numerik,  pola komputasi big data,  cloud computing  dan lainnya. 

Itulah  5 kampus yang membuka jurusan data science di Indonesia.  Untuk  belajar  data sains kamu tidak perlu jauh ke luar negeri namun memanfaatkan  Institut pendidikan yang ada di Indonesia. 

Mungkin anda suka :

Belajar data sains melalui kursus, cocok untuk karyawan

Salah satu  opsi untuk mempelajari data sains adalah dengan mengikuti kursus atau pelatihan.  Di  Indonesia,  sudah mulai  muncul  pelatihan data analis  yang merupakan turunan dari data Scientist. 

Kamu bisa belajar  data analis di Lister. Program ini ditujukan untuk karyawan maupun individu yang ingin mendalami ilmu data analyst. 

Kelas di Lister dapat diakses secara online sehingga tidak akan mengganggu waktu kerja kamu. Untuk program pengembangan karir, training ini sangat cocok diikuti karena banyak dibutuhkan di perusahaan. 

Ikuti kelas training data analyst di Lister dengan mengikuti trial class secara gratis. Jika ingin meneruskan berlangganan bisa banget daftar dan memanfaatkan promo yang ada.

Klaim Kode voucher BLOGLISTER10 untuk dapatkan promo 10% untuk pembelian kelas minimal satu jutaan. Daftar sekarang melalui Whatsapp Lister

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.