Intip Pekerjaan Data Analyst, Job Desk dan Tanggung Jawabnya!

pekerjaan data analyst

Pelatihan Data Analytics – Menjadi data analyst  memiliki prospek kerja yang menggiurkan.  Ada banyak perusahaan yang membutuhkan pekerjaan data analyst.

Dengan  kesempatan gaji besar  dan juga kebutuhan perusahaan yang tinggi,  kamu juga perlu tahu apa  job desk data analyst  beserta tanggung jawabnya.  

Rekomendasi artikel : Seluk-beluk Big 4, Kantor Akuntan Terbesar Impian Anak Akuntansi

Apa itu data analyst? 

Pekerjaan data analyst  adalah pekerjaan yang bertanggung jawab   untuk mengumpulkan,  menganalisis,  menyimpulkan,  dan menjabarkan data dengan mudah  kepada orang lain  untuk membantu  organisasi atau perusahaan melakukan pengembangan dan pengambilan keputusan  berdasarkan  data tersebut. 

Sekarang ini,  penggunaan banyak pekerjaan yang dilakukan dengan  teknologi.  Di mana hasil atau result  didapatkan  dari angka-angka laporan yang tersedia dalam sistem.

Namun tidak semua orang bisa membaca data tersebut,  oleh karena itu data analyst hadir untuk  mengevaluasi dan menjabarkan data tersebut sehingga mudah dipahami untuk perusahaan. 

Jika  kamu menyukai  pekerjaan yang berhubungan dengan angka,  analisa,  ketelitian  dan ketekunan  maka kamu cocok masuk di pekerjaan data analyst. 

Bagaimana gambaran  pekerjaan data analyst?

Tugas utama seorang data analyst adalah membaca data dan menyimpulkannya sehingga bisa dipahami banyak orang di perusahaan. Namun untuk mengumpulkan dan membaca data tersebut, bagaimana sih cara mereka bekerja? 

Gambaran pekerjaan data analyst adalah sebagai berikut : 

  • Pengumpulan data, mencari banyak data yang dibutuhkan dari berbagai sumber
  • Processing data, Dari data yang masuk mereka kemudian memproses data mulai dari clearing, mengidentifikasi pola/trends, menghubungkan antar variabel, menganalisa data sesuai masalah 
  • Visualisasi data dan membuat laporan, untuk membuat data mudah dipahami orang lain dan penjabaran atau kesimpulan data data tersebut. 

Tentunya, sebelum melakukan analisa data ini, mereka sudah ada poin yang ditanyakan atau masalah sehingga dengan proses analisa tersebut mereka dapat menjawab permasalahan yang ada. 

Selain itu analisa data juga bisa digunakan untuk meramal atau memperkirakan trends maupun hasil yang mungkin terjadi di waktu yang akan datang. 

Analisa data bukan pekerjaan yang mudah karena harus bermain dengan angka, ketelitian, rumus dan menjawab sebuah pertanyaan atau masalah. 

Baca juga : Waspadai Tanda Stress Kerja, Siapkan 3 Cara Menanganinya!

Tugas dan tanggung jawab data analyst 

Berikut adalah beberapa jobdesk untuk data analyst, diantaranya adalah 

  1. Mencari sumber data, baik secara primer maupun sekunder 
  2. Mengelola dan mengembangkan basis data 
  3. Preprocessing data (mengelola data yang akan di analisis) 
  4. Prosesing data dengan explorasi dan identifikasi berbagai pola dan trends, analisis data menggunakan berbagai teknik dan rumus
  5. Membuat model dan visualisasi data 
  6. Menyajikan data secara terstruktur dan deskriptif 
  7. Mengkomunikasikan data dengan pihak terkait 
  8. Bekerja sama dengan para programer, manajemen perusahaan maupun para pemimpin perusahaan mengenai pembuatan keputusan, pengembangan dan lain sebagainya. 

Untuk menjadi seorang data analyst di dunia kerja harus memiliki pondasi hardskill dan softskill yang kuat. (Baca juga : Perbedaan Softskill dan Hardskill, Ideal Mana untuk Si Kecil)

Karena yang dibutuhkan bukan hanya kemampuan analisa data namun juga kemampuan intrapersonal (komunikasi, simpati, public speaking) untuk menyampaikan hasil data yang sudah dianalisa. 

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang data analyst

Jika kamu ingin memiliki pekerjaan data analyst, perlu menguasai beberapa kemampuan teknik seperti berikut ini. 

1. Menguasai teknik dan bahasa pemrograman

Seorang data analyst perlu menguasai banyak bahasa pemrograman seperti phyton, R, SQL, MATLAB dan lainnya. Bahasa pemrograman ini digunakan sebagai modal atau bekal seorang data analyst dalam bekerja. 

2. Menguasai alat pengolah angka

Kemampuan yang harus dikuasai selanjutnya untuk data analyst adalah software pengolah angka, termasuk rumus di dalamnya. Misalnya Microsoft Excel, Google sheet, MATLAB dan lain sebagainya. 

3. Menguasai alat pengolah data

Kenapa seorang data analyst perlu untuk menguasai bahasa pemrograman? Karena alat pengolah data yang banyak digunakan adalah Phyton, R, SQL, dan juga framework Apache. 

Sehingga dengan alat pengolah data seperti di atas, penguasaan bahasa diperlukan. 

Python digunakan karena memiliki library pengolah data seperti Numpy dan SciPy. Sedangkan R menjadi pengolah data analisis data statistik yang kuat. Begitu juga dengan SQL yang digunakan untuk mengelola dan mengakses data.

4. Menguasai alat visualisasi data

Membuat grafik based on data juga dibutuhkan dalam pekerjaan analisis data. Beberapa alat yang dibutuhkan untuk visualisasi data adalah Tableau, Plotly, Google data studio, d3.js, PowerBI  dan lain sebagainya. 

Jadi ada banyak software atau program yang perlu dikuasai jika kamu ingin memiliki pekerjaan data analyst. 

pekerjaan data analyst
Pekerjaan Data Analyst | Sumber : Wayhome studio di Freepict

Berapa gaji data analyst? 

Berdasarkan laman pencari kerja, indeed.com gaji rata-rata pekerjaan data analyst adalah 5juta perbulan di Indonesia. Namun jika kita cek untuk lokasi kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta gaji data analyst ini bisa sampai 7 juta per bulannya. 

Hmm menarik! Apakah tertarik memiliki pekerjaan data analyst? 

Dimana tempat belajar data analyst? 

Di Indonesia ternyata belum ada universitas yang memiliki program studi data analyst lho! Di Luar Negeri, ada beberapa kampus yang membuka program ini. Seperti Universitas Stanford, University of Washington, University of California, Oxford University dan lainnya. 

Jika ingin mempelajari data analyst bisa mengambil kuliah basic terlebih dahulu di jurusan matematika, statistika maupun ilmu komputer. Dari sini kamu bisa mengambil belajar ilmu dasar ditambah mempelajari skill lainya yang dibutuhkan.

Belajar data analyst bersama Lister

Selain itu kamu bisa belajar data analyst melalui pelatihan data analyst yang memberikan ilmu dasar dan siap diterapkan untuk pekerjaan. 

Kabar baiknya, Lister juga ada program pelatihan data analyst yang siap membantu kamu belajar tentang ilmu ini. Ditujukan untuk individu maupun perusahaan yang ingin memberikan pendalaman materi untuk karyawan tentang data analyst. 

Untuk program corporate, kelas dilakukan secara online sedangkan untuk kelas tatap muka, minimal peserta pelatihan adalah 5 orang. 

Daftar sekarang, manfaatkan promo 10% yang sedang ada. Klaim kode voucher BLOGLISTER10 untuk dapatkan promo. Daftar sekarang melalui Whatsapp Lister

Sumber gambar : Our Team di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.