5 Cara Ampuh Belajar Bahasa Mandarin Secara Otodidak!

belajar bahasa mandarin secara otodidak

Kursus Bahasa Mandarin – Belajar bahasa Mandarin sebaiknya memang dilakukan dengan tutor. Namun jika ingin belajar mandiri juga sangat bisa dilakukan karena sekarang sudah banyak platform pembelajaran bahasa Mandarin online yang gratis.

Jika ingin belajar bahasa china otodidak dengan berhasil, coba ikuti 3 cara ampuh belajar bahasa Mandarin secara otodidak dari Lister berikut ini.

5 cara belajar bahasa Mandarin secara otodidak

Bahasa Mandarin termasuk salah satu jenis bahasa yang sulit dipelajari. Selain karena harus mengenal huruf Hanzi satu persatu, juga harus belajar Pin Yin agar bisa menguasai bahasa Mandarin yang sempurna.

1. Tetapkan target dan tujuan

Salah satu hal utama yang mempengaruhi keberhasilan belajar bahasa asing termasuk bahasa Mandarin adalah memiliki tujuan pembelajaran.

Di awal proses, kamu perlu untuk menentukan, apa saja yang ingin dikuasai sehingga materi pembelajaran akan mengikuti.

Misalnya, kamu ingin belajar bahasa Mandarin dengan tujuan untuk komunikasi sehari-hari maka secara otomatis ada beberapa list yang perlu dipelajari. Seperti kosakata komunikasi sehari-hari, percakapan dan lainnya.

Buatlah daftar yang spesifik apa yang ingin dikuasai agar nantinya mencari materi juga tidak sulit dilakukan karena sudah dikerucutkan.

cara belajar bahasa mandarin secara otodidak
Cara belajar bahasa Mandarin secara otodidak

Jika kamu mengikuti kursus, berbagai kurikulum atau silabus untuk pembelajaran sudah disiapkan sehingga kamu hanya tinggal enjoy mengikuti pembelajaran.

Namun jika belajar bahasa Mandarin secara otodidak atau mandiri, kamu harus perlu energi ekstra untuk merumuskan berbagai materinya.

2. Cari materi dari berbagai media

Nah selanjutnya jika sudah mengetahui apa saja yang akan dipelajari, maka cari materi belajar dari berbagai media.

Kamu bisa mencari sumber materi dari Youtube, website, artikel, buku cetak dan lainnya. Sekarang ini belajar bahasa Mandarin sudah bisa dilakukan secara mandiri karena banyaknya sumber yang tersedia.

Di Youtube banyak creator yang membahas tentang belajar belajar mandarin otodidak. Pun tentunya creator ini sudah bisa atau malah expert di bidangnya.

belajar bahasa mandarin secara otodidak
Belajar bahasa Mandarin secara otodidak | sumber gambar : Freepict

Selanjutnya di website, umumnya ada forum-forum belajar bahasa Mandarin yang bisa kamu ikuti dan biasanya juga dilengkapi dengan berbagai artikel untuk dibaca atau didiskusikan.

Mencari sumber dari internet memang tidak ada habisnya! explore diri kamu untuk dapatkan semua materi yang kamu butuhkan ya!

3. Buat jadwal pembelajaran dan latih diri

Salah satu keberhasilan belajar bahasa Mandarin secara otodidak adalah disiplin melatih diri. Kamu perlu komitmen untuk mau belajar.

Tidak ada hal yang mendorongmu belajar kecuali motivasi diri sehingga pastikan kamu selalu ingat tujuan dari belajarmu. pa ya

Buat jadwal belajar perminggu lengkap dengan to do list nya. Apa yang perlu dipelajari minggu tersebut dan bagaimana latihannya.

Latihan bahasa Mandarin bukan hanya dari menulis Hanzi atau kosakata baru namun juga belajar Pin Yin yang benar dan juga latihan pengucapan.

Ambil contoh belajar dari berbagai sumber yang sudah kamu kumpulkan ya!

4. Download aplikasi bahasa Mandarin

Jika ingin belajar bahasa Mandarin dimanapun dan kapanpun dengan mudah, maka download aplikasi bahasa Mandarin.

Kamu bisa belajar bahasa Mandarin dalam genggaman. Sekarang sudah ada banyak aplikasi belajar bahasa Mandarin gratis yang lengkap.

belajar bahasa Mandarin otodidak
Belajar bahasa Mandarin secara otodidak | Doc pribadi Lister

Dengan download aplikasi bahasa Mandarin, belajar lebih mudah dan menyenangkan sesuai kebutuhan kamu!

5. Imersi diri dengan budaya Mandarin

Cara belajar mandarin otodidak lebih mudah dengan mempelajari budayanya. Pelajari bahasa Mandarin menggunakan lagu, film, video dan lainnya.

Lagu maupun video dan film akan membantumu belajar bahasa Mandarin lebih mudah. Terutama jika ingin mengenal kosakata bahasa Mandarin lebih banyak.

Banyak orang yang terbantu belajar bahasa dengan menggunakan berbagai media lagu dan media visual.

Nah itulah berbagai tips belajar bahasa Mandarin secara otodidak ala Lister. Kamu bisa mempelajari bahasa baru dengan mudah dan menyenangkan secara otodidak.

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah kamu perlu memiliki komitmen dan mengatur jadwal sebaik mungkin.

Juga temukan cara belajar bahasa china otodidak yang kamu sukai agar proses belajar lebih menyenangkan!

Belajar bahasa Mandarin lebih terarah bersama tutor Lister!

Belajar bahasa Mandarin lebih terarah dan juga mudah dengan menggunakan tutor. Ikuti Kursus Bahasa Mandarin dari Lister agar dapatkan pembelajaran yang berkualitas dan menarik.

Kelebihan mengikuti pembelajaran di kursus adalah silabus dan materinya sudah siap sehingga kamu dapatkan materi selanjutnya tinggal mempelajari.

Juga tutor yang komunikatif yang bisa menjawab kebutuhan kamu termasuk jika ada pertanyaan maupun kesulitan.

Kelas Lister hadir untuk kamu dengan berbagai paket pembelajaran. Ada program cicilan dan juga promo yang siap digunakan.

Konsultasikan kebutuhan kamu melalui Whatsapp untuk dapatkan informasi lebih lengkap tentang kursus di Lister ya!

Sumber gambar sampul : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 50% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.