Jurusan Bisnis Digital: Mata Kuliah hingga Prospek Kerja

Jurusan Bisnis Digital

Kursus Business English Salah satu jurusan yang terbilang baru di Indonesia adalah jurusan bisnis digital

Dalam artikel ini, akan lebih banyak membahas seputar bisnis digital. 

Jurusan yang tidak hanya mencerminkan adaptasi terhadap perubahan zaman, tetapi juga menawarkan pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi dan inovasi dapat merambah dunia bisnis. 

Jelajahi dunia pendidikan bisnis digital di Indonesia, dari kurikulum hingga peluang karir yang menjanjikan. 

Apa itu jurusan digital bisnis?

Jurusan bisnis digital adalah ilmu terapan yang mana mempelajari tentang merancang dan mengembangkan bisnis berbasis teknologi.

Program studi yang terbilang baru di Indonesia ini memadukan beberapa ilmu unggulan yang ada di prodi ilmu bisnis, manajemen, hingga sistem informasi. 

Jurusan ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam memahami, menerapkan, dan mengelola konsep bisnis yang terkait dengan lingkungan digital yang terus berkembang. 

Mahasiswa yang akan belajar dalam jurusan bisnis digital ini akan belajar seputar e-commerce, pemasaran digital, analisis data, manajemen proyek digital, dan inovasi teknologi. 

Ilustrasi dua orang sedang membicarakan seputar pertumbuhan bisnis (DOK.FREEPIK/DCStudio)

Ilustrasi dua orang sedang membicarakan seputar pertumbuhan bisnis (DOK.FREEPIK/DCStudio)

Bisnis digital belajar apa?

Dilansir dari laman Manajemen FEB UNDIP Semarang, jurusan bisnis digital merupakan suatu program studi yang mana mengedepankan keilmuan teknologi dan karakter kewirausahaan. 

Ada pun mata kuliah dari jurusan bisnis digital yang diajarkan seputar, 

  • Basis data
  • Pengantar manajemen
  • Pengantar teori ekonomi
  • Internet of things
  • Analisis dan desain sistem 
  • Manajemen pemasaran 
  • Pemrograman
  • Data analysis dan big data
  • Manajemen lintas budaya
  • Cloud system server
  • Majajemen proyek digital 

Dilihat dari mata kuliah yang ditawarkan, memberikan mahasiswa pemahaman dasar yang kuat untuk berkontribusi dalam lingkungan bisnis dan terus beradaptasi dengan teknologi digital.

Dengan pemahaman ini, lulusan bisnis digital dapat menjadi pemimpin yang efektif dalam mengelola bisnis di era digital.

Baca juga: Administrasi Bisnis Kerjanya Apa? 7 Prospek Karier Jurusan Ini Menjanjikan Loh!

Prospek kerja jurusan bisnis digital

Lulusan dari bisnis digital bisa menyasar banyak industri, mulai dari e-commerce, pemasaran digital, analisis data, hingga pengembangan produk berbasis teknologi. 

Keberlanjutan pertumbuhan teknologi digital telah membuka peluang pekerjaan baru yang menuntut keahlian khusus dalam mengelola aspek bisnis yang terkait dengan dunia digital. 

Tentu saja, para profesional bisnis digital tidak hanya diperlukan untuk menguasai konsep bisnis tradisional, tetapi juga harus memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi, analisis data, dan strategi pemasaran digital. 

Digital marketing specialist

Prospek kerja bisnis digital yang pertama ini bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan strategi pemasaran digital, termasuk kampanye iklan online, manajemen media sosial, dan analisis kinerja kampanye.

Analisis Data

Menilai dan menganalisis data untuk memberikan wawasan yang mendalam, membantu perusahaan membuat keputusan berdasarkan data, dan meningkatkan kinerja bisnis.

Pengembang Produk Digital

Pekerjaan dari lulusan bisnis digital ini memiliki tanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan mengelola produk atau layanan digital yang inovatif. 

Sering kali melibatkan keahlian dalam pengembangan perangkat lunak.

Mengapa harus memilih jurusan bisnis digital

Memilih jurusan bisnis digital memiliki sejumlah alasan yang kuat, terutama dengan pertumbuhan pesat teknologi dan transformasi digital yang melanda berbagai sektor bisnis. 

Peluang karier cukup menjanjikan

Bisnis digital adalah industri yang terus berkembang, menciptakan berbagai peluang pekerjaan di berbagai sektor seperti e-commerce. 

Oleh karena itu, lulusan dari jurusan bisnis digital memiliki day saing cukup tinggi di pasar kerja. 

Keterampilan dan keahlian yang cukup dibutuhkan

Industri saat ini membutuhkan profesional yang tidak hanya memahami konsep bisnis tradisional tetapi juga memiliki keterampilan dalam teknologi digital, analisis data, dan inovasi.

Kemampuan dalam memadukan bisnis dan teknologi 

Jurusan bisnis digital memungkinkan mahasiswa untuk menggabungkan pengetahuan bisnis dengan pemahaman teknologi digital, menciptakan lulusan yang dapat berperan di berbagai aspek bisnis modern.

Baca juga: Pelatihan Manajemen Stress Kerja untuk Karyawan

Buka Peluang Karier Administrasi Bisnis Lewat Kursus Business English  

Apakah sudah terjawab kira-kira Administrasi Bisnis kerjanya apa? Di era sekarang, kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam setiap profesi yang berkaitan dengan Administrasi Bisnis. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di Testimoni Alumni.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.  

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Foto utama oleh Ivan Samkov di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.