Administrasi Bisnis Kerjanya Apa? 7 Prospek Karier Jurusan Ini Menjanjikan Loh!

Administrasi bisnis kerjanya apa

Kursus Business English“Administrasi Bisnis kerjanya apa?” pertanyaan yang mungkin sering muncul di benakmu saat mempertimbangkan untuk menjadikan bidang ini sebagai pilihan kariermu. 

Di era digital saat ini, jurusan Administrasi Bisnis memiliki berbagai peluang dan prospek yang menjanjikan. Temukan jawaban atas pertanyaan “Administrasi Bisnis Kerjanya Apa?” dan jelajahi tujuh profesi menjanjikan dalam bidang ini yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

Apa Itu Administrasi Bisnis? 

peluang karier administrasi bisnis

Berbicara tentang “administrasi bisnis kerjanya apa”, kemungkinan besar pikiranmu langsung tertuju pada pekerjaan di balik meja dengan tumpukan kertas. Administrasi Bisnis adalah bidang studi yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan operasi dan manajemen bisnis. 

Fokus utamanya adalah pada perencanaan, organisasi, dan pengendalian operasi sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam bidang ini, kamu akan belajar berbagai aspek penting dari bisnis, seperti manajemen, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia. 

Mengapa Administrasi Bisnis Penting? 

Administrasi Bisnis memiliki peran penting dalam menjalankan dan mengembangkan suatu bisnis. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar manajemen, keuangan, dan operasi bisnis, seorang profesional administrasi bisnis dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya dan tumbuh secara berkelanjutan.

Selain itu, pengetahuan dalam administrasi bisnis juga membantu dalam membuat keputusan bisnis yang tepat dan efisien. Ini mencakup pengambilan keputusan tentang bagaimana mengalokasikan sumber daya, bagaimana mengatur struktur organisasi, dan bagaimana merencanakan strategi bisnis.

Bidang Studi dalam Administrasi Bisnis 

Dalam program studi Administrasi Bisnis, kamu akan diajarkan berbagai mata pelajaran yang mencakup berbagai aspek bisnis. Beberapa contoh mata pelajaran yang mungkin diajarkan dalam program ini antara lain Manajemen Operasional, Manajemen SDM, Akuntansi Keuangan, Prinsip-Prinsip Pemasaran, dan Strategi Bisnis.

Dengan mempelajari berbagai disiplin ilmu ini, kamu akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang cara kerja bisnis dan bagaimana mengelolanya secara efektif. 

Sehingga, saat kamu memasuki dunia kerja dan ditanya “administrasi bisnis kerjanya apa”, kamu dapat dengan yakin menjawab bahwa kamu siap untuk berbagai peran dalam berbagai jenis organisasi. 

Inilah 7 Prospek Karier dalam Bidang Administrasi Bisnis yang Menjanjikan

Mungkin kamu bertanya, “Administrasi Bisnis kerjanya apa?” Nah, berikut ini adalah tujuh prospek karier yang menjanjikan dalam bidang Administrasi Bisnis: 

1. Manajer Bisnis

Administrasi Bisnis kerjanya apa? Tentu, kamu bisa menjadi seorang manajer bisnis. Sebagai Manajer Bisnis, kamu akan bertanggung jawab atas perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan operasi sehari-hari dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Tugasmu melibatkan pengambilan keputusan strategis yang dapat memengaruhi produktivitas dan profitabilitas perusahaan.

2. Konsultan Bisnis

Konsultan Bisnis adalah profesional yang memberikan nasihat ahli kepada perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan kinerja dan efisiensi mereka. Mereka melakukan penilaian organisasi, menyarankan peningkatan, dan membantu dalam implementasi solusi tersebut.

3. Analis Bisnis

Sebagai Analis Bisnis, tugas utamamu adalah menganalisis data bisnis untuk menentukan peluang untuk peningkatan proses, produk, atau layanan. Kamu akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan bisnis untuk merumuskan dan menerapkan solusi yang menghasilkan nilai bagi organisasi.

4. Spesialis Pemasaran

Spesialis Pemasaran bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang akan membantu perusahaan mencapai tujuan penjualan dan brand awareness mereka. Ini bisa melibatkan pekerjaan seperti analisis tren pasar, pengembangan kampanye pemasaran, dan pengevaluasian efektivitas strategi pemasaran.

5. Manajer Keuangan

Manajer Keuangan bertugas mengelola keuangan perusahaan, termasuk pengawasan pengeluaran, laporan keuangan, dan perencanaan investasi. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan perusahaan mematuhi semua peraturan dan hukum keuangan.

6. Manajer Sumber Daya Manusia (SDM)

Manajer SDM bertanggung jawab atas berbagai aspek yang berkaitan dengan karyawan perusahaan, termasuk perekrutan, pelatihan, evaluasi kinerja, dan retensi karyawan. Mereka juga mengelola isu-isu seperti kompensasi dan manfaat, peraturan kerja, dan penyelesaian konflik di tempat kerja.

7. Entrepreneur

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapat dari studi Administrasi Bisnis, kamu juga bisa memilih untuk menjadi Entrepreneur. Ini memberimu kebebasan untuk menciptakan dan menjalankan bisnis sendiri, serta memiliki potensi untuk memberikan kepuasan kerja yang sangat tinggi jika berhasil. 

Banyak orang yang bertanya, “Administrasi Bisnis kerjanya apa?” dan menganggap bidang ini biasa saja. Tetapi, jika dicermati lebih dalam, kamu akan melihat bahwa Administrasi Bisnis adalah inti dari setiap organisasi. Tanpa Administrasi Bisnis, sebuah perusahaan tidak akan dapat beroperasi dengan efisien dan mencapai tujuan bisnisnya.

Baca Juga: Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa? Catat 7 Profesi Bergaji Tinggi 

Buka Peluang Karier Administrasi Bisnis Lewat Kursus Business English  

Apakah sudah terjawab kira-kira Administrasi Bisnis kerjanya apa? Di era sekarang, kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam setiap profesi yang berkaitan dengan Administrasi Bisnis. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di Testimoni Alumni.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.