Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa? Catat 7 Profesi Bergaji Tinggi

Kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa

Kursus Business English – Pernahkah kamu bertanya-tanya, “Kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa?” Bagi banyak orang, manajemen adalah jurusan yang populer di perguruan tinggi, tetapi apa sebenarnya yang bisa kamu harapkan dari karir ini setelah lulus? 

Artikel ini akan membantu kamu memahami lebih dalam tentang prospek karir dan tentunya bakal menjawab pertanyaan, “Kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa?” Simak selengkapnya sampai tuntas. 

Alasan Mengapa Jurusan Manajemen Menjadi Pilihan Populer 

Manajemen telah menjadi salah satu jurusan yang paling banyak dipilih oleh para siswa perguruan tinggi. Ada beberapa alasan mengapa ini terjadi. Sebagai contoh, jurusan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. 

Keterampilan itu antara lain perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian berbagai jenis operasi bisnis. Selain itu, banyak orang yang memilih jurusan ini karena prospek karir yang luas dan peluang kerja yang beragam. 

Selain pengetahuan teoritis, jurusan manajemen juga mengajarkan keterampilan penting yang dibutuhkan di dunia kerja, seperti kemampuan analitis, komunikasi, pemecahan masalah, dan kepemimpinan.

BACA JUGA: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris, Perhatikan 5 Format yang Disukai HRD!

7 Prospek Kerja Lulusan Manajemen 

Jadi, kuliah jurusan manajemen, kerjanya jadi apa? Ada banyak jawaban untuk pertanyaan ini, karena ada berbagai bidang dan industri yang membutuhkan keterampilan manajemen.

1. Manajer Operasional 

Sebagai tulang punggung operasional sebuah organisasi atau perusahaan, Manajer Operasional bertanggung jawab untuk merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan operasi. Ini termasuk tugas-tugas seperti pembuatan jadwal kerja, pengawasan kualitas dan stok, serta pengelolaan anggaran.

2. Konsultan Manajemen 

Konsultan manajemen memainkan peran penting dalam membantu organisasi mencapai tujuan mereka dengan memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan analisis mendalam tentang struktur, operasi, dan proses bisnis organisasi tersebut. Mereka dapat bekerja secara mandiri atau dalam sebuah firma konsultan.

3. Analisis Bisnis 

Sebagai analis bisnis, kamu akan menggunakan data dan teknik analisis untuk membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang berinformasi. kamu akan memainkan peran penting dalam membantu organisasi memahami tren, merumuskan strategi, dan merencanakan masa depan.

4. Manajer Sumber Daya Manusia (HR) 

Kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa? Di era global saat ini, peran Manajer HR lebih penting dari sebelumnya. Dari perekrutan, pengembangan, hingga retensi karyawan, mereka memastikan bahwa perusahaan memiliki tim yang kuat dan terampil.

BACA JUGA: HR Adalah Salah Satu Poros Perusahaan, Begini Prospeknya

5. Manajer Proyek 

Manajer proyek bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan penyelesaian proyek tertentu. Ini dapat mencakup berbagai industri, dari teknologi hingga konstruksi.

6. Manajer Pemasaran 

Seorang manajer pemasaran bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Mereka mengawasi tim pemasaran dan bekerja untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan, baik melalui kampanye digital maupun tradisional.

7. Wirausahawan 

Jurusan manajemen memberikan landasan pengetahuan dan keterampilan yang kuat untuk menjadi wirausahawan. Sebagai wirausahawan, kamu memiliki kebebasan untuk memulai dan mengelola bisnismu sendiri, membuat keputusan strategis dan operasional, serta membawa visi menjadi kenyataan.

Prospek kerja lulusan manajemen sangat beragam dan meluas, memberikan peluang karir yang luas bagi mereka yang memilih jalur ini. Lewat pemaparan di atas, seharusnya sudah menjawab pertanyaan “Kuliah Kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa?” 

Peluang Karier di Luar Bidang Bisnis 

Selain di bidang bisnis dan korporat, kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa adalah lulusan manajemen juga memiliki peluang karir di sektor lain. Misalnya, dalam sektor pendidikan, mereka bisa menjadi dosen atau peneliti. 

Di sektor pemerintah, mereka bisa menjadi pengambil keputusan atau analis kebijakan. Bahkan di sektor non-profit, ada banyak organisasi yang membutuhkan manajer yang efektif. 

Progres karir lulusan manajemen bisa sangat beragam, tergantung pada industri dan perusahaan tempat mereka bekerja. Namun, secara umum, banyak lulusan manajemen yang mulai karir mereka dalam posisi junior. Beberapa dapat mencapai posisi eksekutif tingkat tinggi, seperti CEO atau direktur. 

Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa?

Kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa? Jawabannya beragam, sebab jurusan manajemen menawarkan banyak peluang karir di berbagai bidang dan industri. 

Manajemen bukan hanya tentang bisnis, tetapi juga tentang bagaimana mengendalikan operasi, memimpin orang, dan membuat keputusan yang efektif. 

Dengan latar belakang pendidikan ini, kamu memiliki banyak peluang untuk meraih sukses di berbagai bidang karir. Jadi, jika kamu merasa tertarik dan terpanggil, manajemen bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Sudah terjawab, kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa?

Kursus Business English, Langkah Pasti Persiapan Peluang Karier

Kosakata yang digunakan dalam dunia bisnis dan pekerjaan tentu berbeda dengan percakapan sehari-hari. Agar kamu semakin percaya diri, ikuti Kursus Business English di Lister.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di Testimoni Alumni.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.