Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris, Perhatikan 5 Format yang Disukai HRD!

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Bimbingan Job Interview – Apakah kamu sedang mencari contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang baik dan profesional? Surat lamaran kerja adalah hal yang sangat penting dalam proses mencari pekerjaan. 

Melalui surat lamaran, kamu bisa menunjukkan keterampilan dan pengalaman kepada Human Resource Development (HRD). Namun, penulisan contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris seyogianya memerhatikan formal penulisan yang benar. 

Mengapa Penting Menulis Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik? 

Seiring dengan globalisasi, banyak perusahaan multinasional dan perusahaan lokal yang mencari karyawan dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Oleh karena itu, menulis surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang baik adalah suatu keharusan. 

Surat lamaran yang ditulis dengan baik dalam bahasa Inggris akan menunjukkan profesionalisme kamu. Pun hal ini bisa menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu serius dalam mencari pekerjaan. 

Format dan Elemen-elemen dalam Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 

Nah, sebelum mengetahui contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, kamu perlu mengetahui dulu apa saja elemen-elemen dan format yang benar dalam surat lamaran kerja. Pastikan dalam penulisannya memerhatikan kaidah berikut: 

1. Kepala Surat 

Ini adalah bagian awal dari surat yang berisi informasi tentang kamu dan perusahaan yang kamu lamar. Dalam kepala surat, kamu harus mencantumkan nama kamu, alamat, nomor telepon, dan alamat email kamu. 

Kemudian, kamu juga harus mencantumkan nama perusahaan, alamat perusahaan, dan tanggal ketika surat tersebut ditulis. Pastikan semua informasi ini ditulis dengan jelas dan rapi untuk menciptakan kesan profesional. 

2. Pembukaan 

Bagian ini adalah kesempatan kamu untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan mengapa kamu tertarik dengan posisi yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Kamu harus mulai dengan menyebutkan posisi yang kamu lamar dan di mana kamu menemukan informasi tentang lowongan tersebut. 

Kemudian, jelaskan secara singkat mengapa kamu tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi kepada perusahaan. 

3. Isi Surat 

Di bagian ini, kamu dapat menjelaskan keterampilan dan pengalaman kamu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Mulailah dengan menyebutkan pengalaman kerja kamu sebelumnya dan keterampilan yang kamu peroleh dari pengalaman tersebut. 

Kemudian, hubungkan keterampilan dan pengalaman tersebut dengan persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan untuk posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk memberikan contoh konkret yang menunjukkan bagaimana kamu telah menggunakan keterampilan tersebut dalam situasi kerja sebelumnya. 

4. Penutup 

Bagian ini adalah kesempatan kamu untuk menyimpulkan argumen kamu dan memberikan kesan positif terakhir kepada perusahaan. kamu dapat memulai dengan menegaskan kembali minat kamu pada posisi tersebut dan kepercayaan kamu bahwa kamu adalah kandidat yang tepat. 

Selanjutnya, ajukan permintaan untuk wawancara dan berikan informasi tentang bagaimana perusahaan dapat menghubungi kamu. Akhiri surat lamaran kamu dengan mengucapkan terima kasih kepada penerima atas waktu dan pertimbangannya.

5. Tanda Tangan 

Di akhir surat, kamu harus menkamutangani surat lamaran kamu untuk menunjukkan profesionalisme dan keseriusan Kamu. Kamu dapat menkamutangani secara digital atau mencetak surat lamaran dan menkamutanganinya secara manual. Di bawah tkamu tangan, tuliskan nama lengkap kamu. 

BACA JUGA: 6 Tips Ampuh Mempersiapkan Lamaran Kerja yang Tidak Boleh Dilewatkan

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dengan Format Benar dan Disukai HRD 

[Your Full Name]
[Your Street Address]
[City, State, Zip Code]
[Your Email]
[Your Phone Number]

June 14, 2023

[Recipient’s Full Name]
[Company’s Name]
[Company’s Street Address]
[City, State, Zip Code]

Dear [Recipient’s Full Name],

I am writing to express my interest in the [Job Title] position, as advertised on your company’s careers page. As a professional with a proven track record in [Your Field], I am confident that my skills and experience align with the qualifications you seek.

In my current role at [Current or Previous Company Name], I have [describe a responsibility or achievement that shows your skills relevant to the job]. This has not only enhanced my proficiency in [mention a key skill] but also highlighted my ability to [mention another key skill]. My superior performance in [mention a third key skill] has been repeatedly recognized, and I am confident that I can bring this level of success to your team at [Company’s Name].

What attracts me most about [Company’s Name] is your commitment to [something about the company’s values, goals, projects, etc. that appeals to you]. It aligns with my personal values and professional aspirations, and I am excited about the opportunity to contribute to [specific project or goal at the company].

I am convinced that I can bring a new and diverse perspective to your team, given my background in [mention your professional background or experiences]. My aim is to use my skills to foster innovation and growth at [Company’s Name].

Thank you for considering my application. I am eager to further discuss how my experience and abilities can be a valuable asset to your team. Please do not hesitate to contact me at your earliest convenience to arrange a time for an interview.

Sincerely,

[Your Full Name] 

BACA JUGA: Internship 101: Hak, Kewajiban, dan Tips yang Perlu Kamu Tahu

Mau Lolos Interview Kerja Bahasa Inggris? Ikuti Bimbingan Job Interview Sekarang! 

Tahap seleksi kerja memang tidak mudah, apalagi pada proses interview. Di beberapa perusahaan terutama perusahaan multinasional bahkan menggunakan bahasa Inggris dalam tahapan wawancara. 

Yuk ikuti Bimbingan Job Interview di Lister! kamu dapat belajar bersama tutor untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh para pencari kerja.Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.