Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik dan Profesional

Bimbingan Job Interview–Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting dalam melamar pekerjaan. Tak heran jika banyak kandidat yang mencari contoh surat lamaran kerja sebagai referensi agar mereka dapat menampilkan surat lamaran kerja terbaik dan dapat bersaing dengan kandidat lainnya. Meskipun di internet terdapat banyak contoh surat lamaran kerja, namun kamu sebaiknya tidak meng-copy surat tersebut. Dikarenakan recruiter pasti akan tahu bahwa itu bersumber dari internet, lamaran kamu jadi tidak kreatif, hal ini akan mengakibatkan kamu tidak lolos seleksi.

Jika kamu mencari inspirasi untuk menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian recruiter, maka kamu ada di artikel yang tepat. Lister telah menyusun kumpulan contoh surat lamaran kerja terbaik, menarik, dan profesional.  Di artikel ini, kamu dapat melihat berbagai contoh surat lamaran kerja yang telah disesuaikan untuk berbagai posisi. Setiap contoh surat dilengkapi dengan struktur yang efektif, bahasa yang baik, dan menonjolkan pada kualifikasi yang relevan. Dengan mengacu pada contoh-contoh ini, kamu dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan

Baca juga : 6 Tips Ampuh Mempersiapkan Lamaran Kerja yang Tidak Boleh Dilewatkan

Contoh Surat Lamaran Kerja 

Berikut ini template surat lamaran kerja yang bisa kamu gunakan sebagai referensi:

Kepada Bapak/Ibu HRD

Saya menulis surat ini dengan penuh antusiasme untuk melamar posisi [Posisi yang Dilamar] di [Nama Perusahaan]. Saya sangat terkesan dengan reputasi perusahaan yang telah menciptakan terobosan dan memberikan nilai tambah dalam industri ini.

Saya lulus dari [Nama Universitas] dengan jurusan [Jurusan Kamu] dan memiliki pengalaman kerja di bidang [Bidang Pengalaman Kerja]. Selama [Jumlah Tahun Pengalaman], saya telah mengembangkan keterampilan yang kuat dalam [Mention Keterampilan Utama yang Relevan]. Selain itu, saya memiliki pemahaman yang mendalam tentang [Mention Pengetahuan yang Relevan] sertakemampuan untuk bekerja dalam tim yang efisien.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan tim [Nama Perusahaan] karena saya percaya bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam mencapai tujuan perusahaan. Saya sangat menghargai fokus perusahaan pada inovasi, kualitas, dan keunggulan layanan.

Saya meyakini bahwa kualifikasi, pengalaman, dan motivasi saya dapat menjadi bekal untuk posisi ini. Saya sangat bersemangat untuk dapat berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan kepada [Nama Perusahaan]. Terlampir dalam surat ini yakni CV dan  portofolio sebagai bahan pertimbangan Anda.

Saya berharap dapat memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan Anda dan membahas bagaimana saya dapat berkontribusi pada perusahaan ini. Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama]

Contoh Surat Lamaran Kerja Singkat Sebagai Staff

Kepada Bapak/Ibu HRD

Bersama dengan surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi Staff Sales di [Nama Perusahaan]. Saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dan telah mencapai kesuksesan di industri ini.

Saya memiliki pengalaman sebelumnya di bidang penjualan selama [Jumlah Tahun Pengalaman] di [Nama Perusahaan Terdahulu]. Selama waktu itu, saya berhasil mengembangkan keterampilan penjualan yang kuat dan memperluas jaringan pelanggan. Saya memiliki kepribadian yang ramah, kemampuan berkomunikasi yang baik, dan kecakapan dalam bernegosiasi.

Saya memiliki antusiasme yang tinggi dalam mencapai target penjualan dan memberikan layanan pelanggan yang luar biasa. Saya yakin bahwa dengan pengalaman dan dedikasi saya, saya dapat berkontribusi secara signifikan pada tim penjualan Anda dan membantu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Terlampir dalam surat ini, CV saya yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

Saya sangat berharap dapat memiliki kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan yang terhormat ini dan berdiskusi lebih lanjut mengenai bagaimana saya dapat membantu meningkatkan penjualan dan keberhasilan tim. Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama]

Contoh Surat Lamaran Kerja Part Time

Kepada Bapak/Ibu HRD

Saya dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan part time untuk posisi Barista di [Nama

Perusahaan/Kafe]. Saya sangat tertarik dalam industri kafe dan memiliki antusiasme yang besar dalam menyajikan minuman kopi yang berkualitas kepada pelanggan.

Saya memiliki pengetahuan yang luas mengenai berbagai jenis kopi dan proses penyajiannya. Saya juga memiliki pengalaman dalam mengoperasikan mesin kopi dan membuat berbagai minuman kopi seperti espresso, cappuccino, dan latte. Selain itu, saya memiliki keterampilan dalam menciptakan latte art yang menarik.

Saya percaya bahwa keceriaan, keramahan, dan kemampuan berkomunikasi yang baik

adalah kunci dalam memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Saya siap untuk bekerja secara tim, mampu beradaptasi dengan cepat, dan memiliki kedisiplinan yang tinggi.

Terlampir dalam surat ini,  CV saya yang memberikan informasi lebih detail mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya. Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim di [Nama Perusahaan/Kafe] dan memberikan kontribusi positif dalam memberikan pengalaman kopi yang luar biasa kepada pelanggan. Saya siap untuk menghadapi tantangan dan belajar lebih banyak dalam industri ini.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran ini. Saya sangat berharap dapat memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan membahas bagaimana saya dapat menjadi bagian dari perusahaan yang terhormat ini.

Hormat saya,

[Nama]

Contoh Surat Lamaran Kerja Freelance

Kepada Yth Bapak/Ibu HRD

Saya dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan freelance untuk posisi Copywriter di [Nama Perusahaan/Klien]. Saya sangat tertarik dalam bidang penulisan kreatif dan memiliki pengalaman yang relevan  dalam menulis konten yang menarik dan persuasif.

Saya telah bekerja sebagai freelance copywriter selama [Jumlah Tahun Pengalaman] dan telah bekerja dengan berbagai klien dari berbagai industri. Saya memiliki keahlian dalam menghasilkan konten yang menginspirasi, menginformasikan, dan mempengaruhi target audiens. Saya juga menguasai teknik penulisan SEO untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat konten di mesin pencari.

Saya memiliki kemampuan untuk memahami brief proyek dengan cepat, melakukan riset yang mendalam, dan menghasilkan tulisan yang sesuai dengan kebutuhan klien. Saya juga dapat bekerja dengan tenggat waktu yang ketat dan memiliki kualitas kerja yang baik.

Terlampir dalam surat ini, CV dan portofolio saya yang berisi contoh-contoh tulisan saya yang telah dipublikasikan sebelumnya.

Saya sangat berharap dapat bekerja sama dengan [Nama Perusahaan/Klien] dan membantu menciptakan konten yang menarik dan efektif untuk mencapai tujuan pemasaran. Saya siap untuk berkolaborasi dengan tim kreatif Anda dan memberikan kontribusi yang bernilai.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran ini. Saya berharap dapat memiliki kesempatan untuk berdiskusilebih lanjut mengenai proyek yang mungkin kami kerjakan bersama.

Hormat saya,

[Nama]

Contoh Surat Lamaran Kerja Magang

Kepada Yth Bapak/Ibu

Dengan ini surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan magang untuk posisi Government Relations di [Nama Perusahaan/Organisasi]. Saya tertarik dalam mempelajari dan berkontribusi dalam hubungan pemerintah yang efektif dan strategis.

Saya sedang menempuh studi di [Nama Universitas/Institusi] dengan program [Jurusan/Studi] dan saat ini berada di tahun [Tahun Studi]. Saya memiliki minat yang kuat dalam kebijakan publik dan memahami pentingnya menjaga hubungan yang baik antara perusahaan dan pihak berwenang.

Selama studi saya, saya telah mengembangkan pemahaman yang baik tentang proses kebijakan publik dan peran pemerintah dalam menjalankan fungsi-fungsinya. Saya juga memiliki kemampuan analitis yang kuat dalam memeriksa kebijakan terkini dan menganalisis dampaknya terhadap perusahaan.

Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik, baik secara lisan maupun tertulis, serta mampu bekerja dengan baik dalam tim. Saya juga memiliki kemampuan riset yang solid dan dapat menyusun laporan yang komprehensif.

Saya sangat tertarik untuk berkontribusi dalam tim Government Relations di [Nama Perusahaan/Organisasi] dan belajar langsung dari praktisi yang berpengalaman dalam bidang ini. Saya yakin bahwa dengan antusiasme saya dan dedikasi untuk mempelajari aspek-aspek yang berkaitan dengan hubungan pemerintah, saya dapat menjadi aset yang berharga bagi perusahaan.

Terlampir dalam surat ini, Anda akan menemukan CV saya yang memberikan informasi lebih detail mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan.

Saya sangat berharap dapat bergabung dengan [Nama Perusahaan/Organisasi] sebagai magang dan memiliki kesempatan untuk belajar dan berkontribusi dalam pengembangan hubungan pemerintah yang sukses. 

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap lamaran ini.

Hormat saya,

[Nama]

Baca Juga : Rahasia Jitu Tingkatkan Peluang Lamaran Kerja Melalui Email

Bimbingan Job Interview, Bantu Kamu Lolos Interview Kerja

Tahap seleksi kerja memang tidak mudah, apalagi pada proses interview. Di beberapa perusahaan terutama perusahaan multinasional bahkan menggunkan bahasa Inggris dalam tahapan wawancara. 

Yuk ikuti Bimbingan Job Interview di Lister!

Kamu dapat belajar bersama tutor untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh para pencari kerja.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Yunita Widyaningsih
Yunita Widyaningsih
Undergraduate German Studies Student

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.