5 Tips Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik

Bimbingan Job Interview–CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen penting dalam melamar pekerjaan yang mana dalam dokumen ini berisi gambaran singkat tentang kualifikasi, pengalaman, keahlian, pendidikan, dan lainnya. Apakah kamu ingin membuat kesan yang kuat dan profesional saat melamar pekerjaan? Salah satu kunci untuk mencapai hal itu adalah dengan memiliki CV yang elegan dan menarik. 

Di artikel ini, Lister akan membantu kamu membuat CV yang menarik. Kamu akan mempelajari bagaimana menyesuaikan konten, struktur, desain, dan bahasa penulisan yang efektif untuk menciptakan CV yang menonjol diantara para pesaing.

Tips Untuk Membuat CV yang Menarik

Berikut adalah tips untuk membuat CV yang menarik, kamu dapat langsung menyimak penjelasan di bawah ini.

1. Tonjolkan Hasil Lebih dari Tanggung Jawab

Mengutip dari Top University, daripada hanya mencantumkan tanggung jawab di perusahaan sebelumnya, kamu dapat membuat CV yang menonjolkan hasil, yakni dengan menggunakan data yang dapat diukur untuk menunjukkan pencapaian kamu. Contohnya, daripada menuliskan “Membantu meningkatkan impression media sosial perusahaan X”, sebaiknya dituliskan “Membantu meningkatkan impression media sosial perusahaan sebesar 35%”

2. Jangan Gunakan Satu CV Untuk Melamar Beberapa Posisi Pekerjaan

Jangan gunakan satu CV untuk melamar beberapa posisi pekerjaan yang berbeda. Perlu ditekankan agar kamu menyesuaikan CV dengan posisi yang dilamar. Misalnya, jika kamu memiliki ketertarikan pada 2 posisi pekerjaan yakni Content Writer dan HR. Maka kamu dapat membuat dua CV yang berbeda untuk masing-masing posisi tersebut. 

Mungkin akan memakan waktu lebih lama bagi kamu untuk menulis di beberapa CV, terutama ketika melamar sejumlah besar peran, tetapi jika itu membantu kamu agar lolos ke tahap interview.

3. Kaitkan Pencapaian dengan Job description

Agar semakin menarik, kaitkan pencapaian kamu dengan job description posisi yang akan kamu lamar. Recruiter akan tertarik dengan kandidat yang memahami peran pekerjaan yang mereka lamar, semakin kamu menunjukkan hal itu, semakin menonjol pula CV kamu.

4. Gunakan Kata-kata yang Memiliki Power

Dilansir dari Top University  menggunakan kata-kata yang yang memiliki  kekuatan akan menekankan pencapaian kamu dan memberikan nilai tambah pada CV kamu. Contoh dari kata-kata yang memiliki power adalah mudah beradaptasi, inovatif, keratif, mampu berkembang, dan lainnya. Banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi untuk menyaring kandidat, dengan adanya kata kunci atau kata-kata kuat, mampu menjadi penyelamat CV kamu.

5. Periksa Tata Bahasa

Apapun bahasa yang kamu gunakan dalam CV, jangan lupa untuk selalu memeriksa tata bahasa. Jangan sampai ada typo, kesalahan tata bahasa, kesalahan tanda baca, dan lainnya. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu dapat memeriksa kembali CV kamu atau menggunakan aplikasi grammar corrector.

Bimbingan Job Interview, Bantu kamu Lolos Interview Kerja

Setelah membuat CV dan melamar pekerjaan, harapan selanjutnya adalah bisa lolos di tahap wawancara. Proses wawancara merupakan, hal yang paling mendebarkan karena kita akan berbicara langsung dengan pihak perusahaan. Beberapa perusahaan terutama perusahaan multinasional bahkan menggunkan bahasa Inggris selema tahap wawancara. 

Yuk ikuti Bimbingan Job Interview di Lister!

Kamu dapat belajar bersama tutor untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh para pencari kerja.

Ikuti Instagram Lister untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Yunita Widyaningsih
Yunita Widyaningsih
Undergraduate German Studies Student

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.