Motivation Letter Magang: Poin Penting sebagai Isi hingga Tips Membuat

motivation letter magang

Kursus Business English – Sedang ingin melamar program magang dalam waktu dekat? Kamu perlu motivation letter atau surat motivasi dalam hal penerimaan magang. 

Lister merangkum penjelasan seputar motivation letter yang bisa kamu simak, termasuk tips membuatnya agar mudah diterima program magang. 

Apa itu Motivation Letter Magang?

Secara harfiah, motivation letter berarti surat motivasi. Umumnya, surat ini digunakan dalam hal penerimaan magang atau beasiswa. 

Nantinya, surat ini menyampaikan alasan dan motivasi para pelamar dalam mengajukan permohonan. 

Tujuan ditulis motivation letter adalah menjelaskan mengapa mereka tertarik dengan kesempatan tersebut, apa yang mereka harapkan untuk dicapai, serta bagaimana mereka dapat berkontribusi atau memanfaatkan pengalaman tersebut. 

Sehingga, motivation letter bisa digunakan untuk meyakinkan pihak penerima bahwa pelamar memiliki motivasi, komitmen, dan potensi untuk sukses dalam kesempatan yang mereka lamar. 

Fungsi Motivation Letter Magang

Ada banyak fungsi dari motivation letter magang, baik dari segi pelamar atau penerima program magang. 

1. Menyampaikan Minat dan Motivasi

Motivation Letter magang digunakan untuk menyampaikan minat dan motivasi pelamar dalam mengikuti program magang tertentu.

Surat ini membantu menjelaskan mengapa pelamar tertarik dengan magang tersebut dan apa yang mendorong mereka untuk melamar.

2. Menjelaskan Tujuan dan Harapan

Surat motivasi ini memungkinkan pelamar untuk menjelaskan tujuan dan harapan mereka selama magang. 

Pelamar dapat mengekspresikan apa yang ingin mereka capai, baik dalam hal pengembangan pribadi, peningkatan keterampilan, atau pemahaman lebih mendalam tentang bidang tertentu.

3. Memperlihatkan Kecocokan

Motivation Letter magang membantu menunjukkan kecocokan antara pelamar dan program magang yang ditawarkan. 

Pelamar dapat menjelaskan bagaimana latar belakang pendidikan, pengalaman, atau minat mereka sesuai dengan kebutuhan dan nilai perusahaan atau organisasi tempat mereka melamar.

4. Memperlihatkan Komitmen

Surat motivasi ini digunakan untuk menunjukkan komitmen pelamar terhadap program magang yang mereka lamar. 

Pelamar dapat menjelaskan seberapa serius mereka mengambil kesempatan ini, kesiapan mereka untuk belajar dan berkontribusi.

Apa saja isi dari motivation letter?

Jika kamu ingin langsung membuat motivation letter, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa aspek penting yang harus ada di dalamnya. 

1. Informasi Kontak

Motivation Letter biasanya dimulai dengan informasi kontak pribadi, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Ini memungkinkan pihak penerima untuk menghubungimu jika diperlukan.

2. Tanggal Menulis

Motivation Letter harus mencantumkan tanggal saat surat itu ditulis. Ini memberikan referensi waktu dan menunjukkan kebaharuan dari surat tersebut.

3. Salam Pembuka

Surat biasanya dimulai dengan salam pembuka yang sopan, seperti “Kepada [Nama Penerima],”. Pastikan untuk menyebutkan nama dan gelar penerima jika kamu mengetahuinya.

4. Pendahuluan

Tuliskan deskripsi seputar memperkenalkan diri, latar belakang pendidikan, dan alasan mengapa kamu tertarik sdengan posisi magang atau program tertentu secara singkat.

Ada pun isian untuk paragraf selanjutnya bisa tentang minat dan motivasi, pengalaman dan keterampilan, tujuan dan harapan, kecocokan dengan perusahaan. 

5. Penutup 

Akhiri surat dengan menyampaikan apresiasimu atas kesempatan ini, berterima kasih kepada penerima untuk mempertimbangkan motivation letter yang kamu buat. 

Tips Membuat Motivation Letter

Ada beberapa tips membuat motivation letter yang bisa meningkatkan peluangmu lolos program magang. 

1. Buat Rencana Sebelum Menulisnya

Rencanakan struktur surat motivasi sebelum menulis. Tentukan poin-poin yang ingin kamu sampaikan dan susunnya dengan urutan yang logis. Ini akan membantu menyampaikan pesanmu terbaca lebih jelas dan efektif.

2. Fokus pada Keunikan dan Keterkaitan

Kenali dan jelaskan keunikan yang kamu miliki. Kaitkan dengan kebutuhan atau nilai perusahaan. Jelaskan bagaimana latar belakang pendidikan, pengalaman, atau minatmu sesuai dengan program magang yang ditawarkan.

3. Berikan Contoh Nyata

Sertakan contoh konkret yang mendukung pernyataanmu. Ceritakan pengalaman, proyek, atau prestasi yang relevan yang menunjukkan keterampilan dan komitmen.

4. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Lugas

Sampaikan pesan yang kamu tulis menggunakan bahasa yang jelas, lugas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan jargon atau frasa yang terlalu formal yang bisa membingungkan pembaca.

5. Hindari Kesalahan Tata Bahasa dan Ejaan

Periksa dan perbaiki kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca dalam surat motivasi yang kamu tulis. Hal ini akan menunjukkan keterampilan komunikasi dan perhatian terhadap detail kecil surat. 

Lebih Percaya Diri dengan Kursus Business English

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. 

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). 

Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Apa itu Parallelism

Apa itu Parallelism?

Mengenal arti parallelism dalam grammar bahasa Inggris. Mulai dari pengertian hingga cara gunakan.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.

Click Here

Thank you!

Kode Diskon akan segera dikirimkan Tim Student Success ke Nomor WhatsApp Anda.