Keuntungan dan Strategi Optimal dalam Melamar Kerja secara Online

Bimbingan Job Interview–Di era digital yang semakin berkembang, melamar kerja secara online telah menjadi trend yang semakin populer. Tidak dapat dipungkiri bahwa melamar kerja melalui platform online memiliki banyak keuntungan. Platform untuk mencari pekerjaan mempermudah para kandidat untuk mengakses berbagai lowongan kerja dan mengirimkan lamaran kerja dengan cepat. Adanya teknologi ini mengubah cara kita untuk memasuki dunia kerja. Di artikel ini, Lister akan menjelaskan beberapa keuntungan dan strategi optimal dalam melamar kerja secara online.

Pentingnya Melamar Kerja Secara Online

Melamar kerja secara online telah menjadi hal yang sangat penting dalam dunia kerja saat ini. Ada beberapa alasan yang membuat ini penting. Pertama, para pencari kerja dapat mengakses ribuan pekerjaan dari berbagai perusahaan di berbagai lokasi melalui platform online. Hal ini memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat mereka. Selain itu, pencarian kerja online juga menawarkan efisiensi waktu dan biaya. Pencari kerja tidak perlu lagi mencetak dan mengirimkan surat lamaran atau melakukan perjalanan ke lokasi wawancara.

Semua proses dapat dengan mudah dilakukan menggunakan komputer atau ponsel. Keunggulan lainnya juga termasuk dalam kemudahan pengiriman dokumen. Pencari kerja dapat mengunggah dan mengirimkan resume, surat, dan portofolio mereka secara elektronik, sehingga memudahkan perekrut untuk mengevaluasi aplikasi dan meminimalkan risiko kehilangan atau kerusakan dokumen. Selain itu, pencarian kerja online juga bisa lebih cepat dan tanggap. Perekrut dapat dengan mudah melihat dan mengevaluasi lamaran dan mengirimkan tanggapan atau undangan untuk wawancara. Terakhir, lamaran online juga menawarkan pilihan yang lebih banyak. Pencari kerja tidak terbatas pada wilayah geografis tertentu tetapi dapat mencari peluang kerja di berbagai negara atau kota. Dengan semua manfaat ini, penting bagi pencari kerja untuk memanfaatkan peluang lamaran online untuk meningkatkan peluang kesuksesan karir mereka. 

Keuntungan Melamar Kerja Secara Online

Melamar kerja secara online memberikan banyak keuntungan yang signifikan bagi para pencari kerja. Berikut ini beberapa keuntungan utama dari melamar kerja secara online :

1. Jangkauan yang luas. 

Melalui platform online, para pencari kerja dapat menjangkau berbagai lowongan kerja dari perusahaan di seluruh daerah bahkan negara. Lowongan pekerjaan yang ditampilkan tidak terbatas pada wilayah geografis tertentu, dengan demikian akan memperluas peluang mereka untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minat para pencari kerja.

2. Efisiensi waktu dan biaya

Dengan melamar pekerjaan secara online, hal ini akan memnghemat waktu dan biaya. Para pencari kerja tidak perlu lagi mencetak surat lamaran, mengirimkan melalui pos, atau bahkan melakukan perjalanan jauh untuk menghadiri wawancara di kantor perusahaan.  Semua proses tersebut dapat diringkas melalui internet, sehingga dapat mempercepat dan mengurangi biaya dalam proses melamar kerja

3. Kemudahan dalam pengiriman dokumen

Melamar kerja secara online memudahkan para pencari kerja untuk mengunggah dan mengirimkan dokumen seperti CV, surat lamaran, dan portofolio dengan mudah. Perekrut dapat dengan cepat mengevaluasi aplikasi tanpa perlu menunggu surat lamaran yang dikirim melalui pos, hal ini juga meminimalisir risiko kehilangan atau kerusakan dokumen.

Jika kamu merasa bingung bagaimana membuat portofolio, kamu bisa membaca selangkapnya di artikel ini 7 Cara Membuat Portofolio, Fresh Graduate juga Bisa!

4. Mendapatkan respon perusahaan lebih cepat

Dengan melamar kerja secara online, para pencari kerja dapat menerima respons dari perusahaan dengan cepat.  Hal ini dikarenakan informasi yang diterima perusahaan melalui internet yang cepat, sehingga perusahaan dapat memberikan respon, misalnya untuk lanjut ke tahap wawancara lebih cepat.

Berbicara soal wawancara kerja, kamu dapat membaca artikel ini untuk informasi seputar wawancara dalam bahasa Inggris.  Contoh Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya, Siapkan Diri

5. Lowongan pekerjaan yang selalu diperbarui

Platform melamar online memungkinkan para pencari kerja untuk memantau lowongan apa saja yang masih aktif dan tidak aktif. Platform online juga dapat mensortir lowongan baru setiap harinya. Hal ini akan memudahkan para pencari kerja yang ingin mendapatkan kerja sesegera mungkin.

6. Penggunaan teknologi terkini. 

Platform melamar kerja online menggunakan teknologi terkini yaitu berupa algoritma pencocokan dan fitur rekomendasi pekerjaan. Hal ini akan membantu para pencari kerja untuk menemukan lowongan yang relevan dengan lebih efektif sehingga akan meningkatkan peluang mereka untuk berhasil

Strategi Optimal Melamar Kerja Secara Online

1. Perbarui profil dan dokumen

Pastikan profil kamu diperbarui secara berkala di platform pencarian kerja atau situs web profesional seperti LinkedIn. Sertakan informasi terbaru tentang pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang relevan. Selain itu, pastikan dokumen seperti resume dan surat lamaran kamu mutakhir dan dioptimalkan untuk setiap posisi yang kamu lamar.

2. Siapkan lamaran untuk setiap posisi

Baca dengan seksama persyaratan dan deskripsi pekerjaan dari setiap posisi yang kamu minati. Sesuaikan lamaran kamu dengan menyoroti keterampilan, pengalaman, dan pencapaian yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jelaskan bagaimana kamu dapat menawarkan nilai tambah yang konkret kepada perusahaan.

3. Gunakan kata kunci yang relevan

Saat melengkapi aplikasi online atau mengirimkan dokumen, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan lamaran kamu. Ini membantu meningkatkan visibilitas lamaran kamu dan mengaktifkan algoritma pencarian kerja untuk mencocokkan profil kamu dengan tawaran pekerjaan yang sesuai.

4. Bangun networking

Manfaatkan kekuatan jaringan profesional kamu secara online. Berinteraksi dengan profesional di bidang minat kamu, ikuti perusahaan yang kamu minati, dan bergabunglah dengan grup atau komunitas online yang terkait dengan keahlian atau karier yang kamu inginkan. Terhubung dengan orang-orang yang dapat menawarkan wawasan, rujukan, atau peluang kerja.

5. Perhatikan self-branding

Pelajari cara membangun citra diri dan branding yang kuat secara online. Pastikan tindakan, konten, dan pesan media sosial kamu mencerminkan citra profesional yang ingin kamu sampaikan. Buat konten yang menyoroti minat dan keahlian kamu di bidang tertentu, meningkatkan visibilitas dan kredibilitas kamu di mata perekrut.

6. Pantau situs pencarian kerja secara teratur

Tetap aktif dalam mencari dan mengikuti situs pencarian kerja yang relevan. Siapkan notifikasi untuk menerima pembaruan tentang pekerjaan yang sesuai dengan kriteria kamu. Silakan melamar segera setelah pekerjaan diposting karena ini dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapat tanggapan.

7. Cari tahu tentang perusahaan

Sebelum melamar, teliti perusahaan yang kamu minati. Ketahui nilai-nilai perusahaan, misi, produk atau layanan yang mereka tawarkan dan berita terbaru tentang mereka. Dengan cara ini kamu dapat menyesuaikan aplikasi kamu dengan perusahaan dan menyiapkan pertanyaan yang tepat untuk wawancara. 

Bimbingan Job Interview, Bantu kamu Lolos Interview Kerja

Setelah mengirimkan lamaran kerja melalui platform online, harapan selanjutanya adalah bisa lolos di tahap wawancara. Proses wawancara merupakan, hal yang paling mendebarkan karena kita akan berbicara langsung dengan pihak perusahaan.  Di beberapa perusahaan terutama perusahaan multinasional bahkan menggunkan bahasa Inggris dalam tahapan wawancara. 

Yuk ikuti Bimbingan Job Interview di Lister!

kamu dapat belajar bersama tutor untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh para pencari kerja.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Yunita Widyaningsih
Yunita Widyaningsih
Undergraduate German Studies Student

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.