Rahasia Jitu Tingkatkan Peluang Lamaran Kerja Melalui Email

Bimbingan Job Interview–Di zaman yang serba canggih ini membuat segala hal dilakukan dengan mudah dan simpel. Seperti halnya dalam melamar pekerjaan, dulu mungkin seseorang yang akan melamar kerja harus mencetak semua dokumen, menyimpannya dalam stopmap, kemudian mengirimkannya ke perusahaan. Sedangkan saat ini, kamu dapat mengirimkan lamaran kerja dengan mudah. Yaitu dengan mengirimkan lamaran kerja melalui email atau platform jobseeker lainnya.

Meskipun lamaran kerja dapat dilakukan dengan mudah melalui email, tetapi persaingan untuk mendapatkan posisi yang dilamar tidaklah mudah, bahkan lebih sulit dikarenakan banyaknya pesaing. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena di artikel ini Lister akan kasih rahasia dan tips jitu untuk meningkatkan peluang lamaran kerja kamu melalui email.

Tingkatkan Peluang Lamaran Kerja Melalui Email

1. Gunakan Nama dan Alamat Email yang Professional

Lamaran kerja merupakan hal yang profesional sehingga membutuhkan nama dan alamat email yang professional. Beberapa perusahaan mungkin akan mendiskualifikasi pelamar karena memiliki email yang tidak profesional, meskipun mereka menunjukkan resume yang cocok untuk pekerjaan tersebut.

Kamu dapat membuat alamat email profesioal dengan menggunakan nama asli kamu, bukan menggunakan nama panggilan atau nama samaran. Bahkan merupakan hal yang bagus, jika kamu membedakan email untuk profesional dan email untuk kegiatan lainnya.

2. Tulislah Subjek Email yang Jelas

Sebuah kesalahan besar ketika kamu melamar pekerjaan melalui email lalu mengosongkan subjek emai atau menulis subjek email yang tidak ada kaitannya dengan posisi yang kamu lamar.  Subjek merupakan hal pertama yang recruiter baca ketika membuka email, jadi pastikan subjek email kamu ditulis dengan benar. Contoh subjek email yang tepat : 

  • Lamaran_Admin Sales
  • Lamaran_Product Management

3. Jangan Lupa Melampirkan Dokumen yang Dibutuhkan

Terdengar sepele namun merupakan hal yang penting untuk dicermati. Baca kembali persayaratan pekerjaan, cermati apa saja yang perusahaan butuhkan. Pastikan kamu menyiapkan semua dokumen seperti resume, portfolio, surat rekomendasi, dan dokumen lainnya dengan baik.  Jika sudah, jangan lupa untuk melampirkan semua dokumen tersebut ke dalam email yang akan kamu kirimkan. 

Jika kamu merasa bingung bagaimana membuat portofolio, kamu bisa membaca selangkapnya di artikel ini 7 Cara Membuat Portofolio, Fresh Graduate juga Bisa!

4. Kirim Lamaran Kerja Pada Jam Kerja

Meskipun email sangat fleksibel dapat kamu gunakan kapan saja, namun bukan berarti kamu bebas mengirimkan email di jam berapapun, apalagi jika di dunia profesional. Kamu dapat mengirimkan email di jam kerja yakni pada hari Senin-Jum’at pukul 08.00-17.00. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki profesionalitas dan menghargai waktu.

5. Tulislah Cover Letter

Menulis cover letter dalam email lamaran kerja sangat penting, karena dapat memberikan informasi tambahan tentang diri kamu kepada recruiter dan memperkuat lamaran kerja kamu secara keseluruhan. Dengan adanya cover letter juga akan membantu body email kamu lebih berisi.

6. Periksa Kembali Email yang Akan Dikirim

Sebelum kamu mengirimkan lamaram emailmu, jangan lupa untuk memeriksa kembali. Mulai dari memeriksa apakah alamat email penerima sudah ditulis dengan benar, subjek email yang baik dan menarik, dokumen yang dilampirkan pastikan tidak melebihi 5 MB, dan baca ulang cover letter untuk memastikan bahwa kamu tidak salah ketik.

Baca juga : Contoh Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya, Siapkan Diri!

Bimbingan Job Interview, Bantu Kamu Lolos Interview Kerja

Setelah mengirimkan lamaran kerja melalui email, harapan selanjutanya adalah bisa lolos di tahap wawancara. Proses wawancara merupakan, hal yang paling mendebarkan karena kita akan berbicara langsung dengan pihak perusahaan.  Di beberapa perusahaan terutama perusahaan multinasional bahkan menggunkan bahasa Inggris dalam tahapan wawancara. 

Yuk ikuti Bimbingan Job Interview di Lister!

Kamu dapat belajar bersama tutor untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh para pencari kerja.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Yunita Widyaningsih
Yunita Widyaningsih
Undergraduate German Studies Student

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.