6 Tips Ampuh Mempersiapkan Lamaran Kerja yang Tidak Boleh Dilewatkan

Bimbingan Job Interview–Setelah lulus dari jenjang pendidikan, hal yang mungkin akan kamu lakukan adalah melamar pekerjaan. Melamar sebuah pekerjaan bukanlah yang mudah, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan mulai dari dokumen hingga wawancara.  

Tidak cukup sampai di situ, para kandidat yang hendak melamar pekerjaan harus mempersiapkan mental untuk bersaing dengan ratusan hingga ribuan kandidat lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pendaftar kerja setiap tahunnya terus bertambah.  

Tips Mempersiapkan Lamaran Kerja

Perlu persiapan yang maksimal agar dapat lolos di perusahaan impian. Namun kamu tidak perlu khawatir lagi, karena di artikel ini Lister akan memberikan kamu informasi terkait 6 tips mempersiapkan lamaran kerja. Yuk langsung simak penjelasan di bawah ini!

1. Cermati Dokumen Lamaran dengan Posisi yang Dilamar

Mencermati dokumen lamaran merupakan hal yang mudah, namun terkadang orang melewatkannya. Meski kamu sudah membaca persyaratan pekerjaan di awal, tetapi kamu juga perlu mengecek ulang dokumen lamaran kamu, baca dengan cermat deskripsi pekerjaan dan persyaratan yang tercantum.  Kemudian sesuaikan resume, portofolio, dan dokumen lainnya dengan posisi yang kamu lamar. Tonjolkan pada pengalaman, keterampilan, dan prestasi yang relevan dengan kebutuhan perusahaan atau posisi yang kamu lamar. Dengan begitu, kamu telah menunjukkan kesesuaian kamu dengan posisi yang diingkan perusahaan dan meningkan peluang untuk diterima.

2. Buatlah Surat Lamaran yang Menyampaikan Nilai atau Value Kamu

Surat lamaran merupakan kesempatan bagi kamu untuk menonjolkan keunikan dan nilai karakter yang kamu punya untuk perusahaan.  Berikan penjelasan mengapa kamu tertarik dengan perusahaan dan posisi tersebut. Sampaikan dengan jelas bagaimana keterampilan, pengalaman, keahlian, pencapaian, dan kontribusi yang berarti bagi perusahaan. Buatlah sebuah surat lamaran yang persuasif dan penuh semangat.

3. Sertakan Kata Kunci dalam Resume

Periksa deskripsi pada setiap pengalaman perusahaan yang kamu tulis, buatlah kata-kata yang berhubungan dengan sifat, keterampilan, atau pengalaman yang dicari perusahaan. Pastikan bahwa kamu menyertakan kata kunci yang menggambarkan bahwa kamu mampu memenuhi persyaratan pekerjaan. Contohnya, ketika kamu melamar di bidang pemasaran, tonjolkan keahlian kamu dalam pemasaran, gelar atau kursus yang relevan, dan prestasi lainnya yang relevan.  Kemudian, jika pekerjaan mengharuskan kamu untuk berinteraksi secara aktif dengan pelanggan atau rekan kerja, sebutkan keterampilan interpersonal kamu dalam berkomunikasi.

4. Cari Tahu Profil Perusahaan

Sebeleum melakukan sesi wawancara atau bahkan sebelum melamar pekerjaan tersebut, lakukan riset mendalam mengenai perusahaan tersebut. Ketahuilah visi, misi, nilai budaya, sejarah, dan produk/jasa yang ditawarkan.  Hal ini akan membantu kamu ketika saat wawancara recruiter bertanya mengenai  “Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan?” dan akan membantu kamu menyesuaikan lamaran serta menjelaskan mengapa kamu cocok dengan budaya perusahaan.

Berbicara soal wawancara, ada beberapa perusahaan yang menggunakan bahasa Inggris untuk proses wawancara. Untuk kamu yang masih takut wawancara menggunakan bahasa Inggris, baca contoh wawancara bahasa Inggris di artikel ini Contoh Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya, Siapkan Diri! 

5. Buatlah Daftar Progres yang Melacak Lamaran Kerja

Buatlah daftar perusahaan yang kamu lamar, hal ini untuk melacak semua profil pekerjaan online yang kamu lamar. Sehingga kamu tahu perusahaan lama saja yang sudah kamu lamar, posisi apa saja yang sudah kamu lamar, dan lainnya. Buatlah dalam bentuk spreadsheet yang berisi nama perusahaan, posisi yang dilamar, posisi, dan berikan keterangan sejauh mana tahap seleksi. 

Dengan begitu, akan mempermudah kamu untuk melacak pekerjaan yang kamu lamar, jika mendapatkan beberapa posisi yang berbeda. Hal ini akan mempermudah kamu ketika mendaftar di beberapa perusahaan, sehingga kamu akan mengetahui perusahaan mana yang tahap seleksinya sudah jauh dan dapat diprioritaskan. 

6. Periksa Kembali Sebelum Mengirimkan dokumen Lamaran

Meskipun di awal kamu telah meninjau dokumen kamu untuk memeriksa kesalahan dan memastikan sesuai instruksi, kamu perlu meninjau kembali sebelum kamu memencet tombol kirim. Perlu kamu ingat bahwa setelah mengrimkannya, kamu tidak dapat mengedit kembali dokumen yang sudah kamu kirim. Setelah dirasa cukup, kamu dapat mengirimkan lamaran tersebut. Kemudian menunggunya mendapat balasan dari recruiter.

Baca juga : 7 Cara Membuat Portofolio, Fresh Graduate juga Bisa!

Bimbingan Job Interview, Bantu Kamu Lolos Interview Kerja

Tahap seleksi kerja memang tidak mudah, apalagi pada proses interview. Di beberapa perusahaan terutama perusahaan multinasional bahkan menggunkan bahasa Inggris dalam tahapan wawancara. 

Yuk ikuti Bimbingan Job Interview di Lister!

Kamu dapat belajar bersama tutor untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam berkomunikasi bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh para pencari kerja.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Yunita Widyaningsih
Yunita Widyaningsih
Undergraduate German Studies Student

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.