Internship 101: Hak, Kewajiban, dan Tips yang Perlu Kamu Tahu

internship adalah

Kursus Business EnglishInternship adalah salah satu cara seseorang mendapatkan pengalaman kerja. Kenali seluk beluk internship di Indonesia sebelum kamu memulainya, yuk!

Internship adalah

Internship adalah program kerja dalam periode tertentu yang umumnya dijalani mahasiswa atau fresh graduates di perusahaan atau industri yang terkait dengan bidang studi yang dipelajari. 

Dikutip dari Oxford Learners Dictionaries, internship merupakan periode waktu di mana mahasiswa atau lulusan baru mendapatkan pengalaman praktis dalam suatu pekerjaan.

Di Indonesia, pemerintah telah mengatur internship melalui Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Menurut undang-undang tersebut, internship didefinisikan sebagai sistem pelatihan kerja yang diadakan oleh perusahaan dengan bekerja langsung di bawah pengawasan pekerja yang lebih berpengalaman dalam keahlian atau keterampilan tertentu.

Program magang tak hanya ada dapat dilakukan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri, lho! Simak ulasannya dalam artikel Yuk Magang di Luar Negeri, Banyak Bidang yang Bisa Dipilih!

Tujuan Internship

Internship bertujuan memberikan gambaran nyata dunia karier profesional di industri atau perusahaan yang dipilih. Umumnya, internship dilakukan oleh pelajar, mahasiswa, atau fresh graduates yang ingin mencari pengalaman kerja. Akan tetapi, internship sering pula dilakukan individu yang ingin mencari pengalaman di industri baru sebagai langkah switch career.

Dengan melakukan internship, kamu dapat menambah pengetahuan, keahlian, koneksi, dan informasi lainnya yang berguna dalam perjalanan kariermu.

Kelebihan dan Kekurangan Internship

Dalam penerapannya, internship memiliki kelebihan dan kekurangan, baik di sisi perusahaan dan karyawan maupun intern itu sendiri.

Bagi perusahaan dan karyawan, menyelenggarakan program internship dapat memberikan banyak manfaat dan kelebihan, antara lain:

  • Meningkatkan brand awareness perusahaan di kalangan mahasiswa atau masyarakat.
  • Mengurangi biaya tenaga kerja karena intern biasanya tidak mendapatkan gaji penuh atau masa kerjanya dikonversi sebagai ganti satuan kredit kuliah.
  • Meningkatkan produktivitas dan manajemen waktu bagi karyawan, karena pegawai intern berkontribusi pada bagian pekerjaannya.
  • Perusahaan dapat menerima opini, perspektif, dan kreativitas baru dari intern mengenai budaya kerja di perusahaan.

Kekurangan program internship bagi perusahaan dan karyawan, antara lain:

  • Karyawan perlu mengalokasikan waktu lebih untuk membimbing intern dalam memahami tugas pekerjaan.
  • Intern yang cepat memahami dan membantu tugas karyawan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Akan tetapi, pegawai intern hanya bekerja dalam periode tertentu, sehingga perusahaan perlu mengatur alokasi cakupan kerja kembali jika program magang berakhir.

Sementara itu bagi intern, terdapat kelebihan dan kekurangan program ini. Kelebihannya antara lain:

  • Memberikan pengalaman kerja untuk menunjang CV profesional diri.
  • Mendapatkan networking di dunia kerja, sehingga dapat memperluas kesempatan karier.
  • Mengembangkan potensi diri, mulai dari skill hingga ilmu pengetahuan.
  • Memperoleh kompensasi satuan kredit kuliah atau gaji tergantung kebijakan perusahaan.
  • Membuka peluang menjadi karyawan tetap perusahaan.

Ada pula kekurangan yang mungkin muncul selama program internship.

  • Tugas pegawai intern terkadang tidak jelas dan tidak menentu, tergantung situasi perusahaan atau bimbingan mentor.
  • Ada perusahaan yang tidak memberikan jadwal hingga bimbingan, sehingga seringkali intern perlu belajar mandiri.
  • Terkadang tidak diberikan upah atau tunjangan yang sesuai, padahal menjalankan tanggung jawab pekerjaan setara karyawan full time.

Aturan Internship

Sebelum mengikuti internship, sebaiknya perlu diketahui peraturan magang terkait hak dan kewajiban bagi perusahaan dan intern

Di Indonesia, program internship diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 36 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Hak-hak intern diatur dalam Pasal 22 ayat (2) UU Ketenagakerjaan, yakni:

  • Memiliki hak sesuai perjanjian internship.
  • Mendapatkan bimbingan selama internship.
  • Memperoleh uang saku.
  • Mendapatkan fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja selama internship.
  • Mendapatkan program jaminan sosial.
  • Memperoleh sertifikat pemagangan atau surat keterangan telah mengikuti internship.

Perusahaan wajib memberikan perjanjian tertulis terhadap pegawai intern berdasarkan Pasal 10 ayat (2) Permenaker 6/2020 yang berisi hal-hal berikut ini:

  • Penjelasan program internship.
  • Hak dan kewajiban peserta intern.
  • Hak dan kewajiban penyelenggara intern.
  • Jangka waktu intern.
  • Jumlah upah atau uang saku.

Selain itu, perlu diketahui bahwa jangka waktu internship atau magang dibatasi paling lama satu (1) tahun berdasarkan Pasal 5 ayat (5) Permenaker 6/2020.

Umumnya, program internship di Indonesia memiliki jangka waktu beragam antara tiga hingga enam bulan.

Tips Melamar Internship

Beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum melakukan program magang agar dapat berjalan dengan sukses antara lain:

1. Melakukan riset 

Sebelum memutuskan untuk melamar sebagai intern, sebaiknya kamu melakukan riset berbagai peluang yang ada. Pilihlah program magang yang cocok dengan bidang studi atau minat. Cermati pula persyaratan, hak, dan kewajiban setiap program internship.

2. Mempersiapkan CV yang tepat dan efektif

Salah satu dokumen penting dalam melamar internship adalah CV. Tulislah CV terbaik dengan format yang profesional dan memuat rincian pengalaman yang relevan, kontak informasi yang jelas, latar belakang pendidikan, prestasi, dan skill.

Ingin tahu seperti apa format CV dalam bahasa Inggris yang baik? Simak ulasannya dalam Curriculum Vitae in English: Pengertian, Format, Template, dan Contohnya

3. Berinisiatif dalam menghubungi perusahaan yang diminati

Jika kamu memiliki minat bekerja di perusahaan tertentu, tak perlu ragu untuk langsung menghubungi email perusahaan serta menanyakan peluang internship di sana. Sertakan pula CV dan cover letter agar perusahaan dapat memahami profil, skill, dan pengalamanmu.

Masih bingung cara menulis cover letter atau surat lamaran kerja yang menarik? Pelajari dalam artikel Job Application Letter: Pengertian, Struktur, dan Contohnya.

Kursus Business English, Percaya Diri Dalam Persaingan Global!

Kemampuan berbahasa Inggris yang baik dapat meningkatkan kompetensimu di karier, studi hingga bisnis. Sebagai bekal, persiapkan dirimu dengan belajar di Kursus Business English Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.