Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Curriculum Vitae in English: Pengertian, Format, Template, dan Contohnya

CV dalam bahasa Inggris

Di tengah persaingan kerja yang semakin kompetitif, bagaimana agar CV kamu bisa menarik perhatian HRD dan stand out dibandingkan lainnya? Apakah menggunakan bahasa Inggris saja cukup? Lalu, seberapa penting memiliki CV berbahasa Inggris (Curriculum Vitae in English)?

Nah, tapi sudah sejauh mana kamu belajar bahasa Inggris? Kamu bisa gabung di Kelas Bahasa Inggris Lister untuk belajar langsung dengan pengajar yang berpengalaman lho.

Baca juga: Cara Membuat CV yang Menarik HRD

Oke, kembali ke pertanyaan sebelumnya,

“Seberapa penting memiliki CV berbahasa Inggris (Curriculum Vitae in English) di era sekarang?”

Jawabannya penting banget! Bahkan, menurut laman kompas.com, banyak perusahaan lebih menyukain CV Bahasa Inggris. Membuat CV dalam Bahasa Inggris lebih menunjukkan semangat, menjual diri dan menunjukkan kemampuan.

Pada artikel ini, kita akan belajar tentang Curriculum Vitae in English: Pengertian, Format, Template, dan Contohnya. Simak ya!

Apa itu CV?

Curriculum Vitae (CV) atau Resume atau Daftar Riwayat Hidup adalah gambaran diri kamu yang sesungguhnya. CV adalah hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan.

Bagaimana format sebuah CV?

Menurut situs indeed.com, format CV bahasa Inggris diantaranya memuat hal-hal seperti:

  • Informasi kontak: Cantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  • Riwayat akademik: Daftar semua sekolah dari sekolah menengah hingga pascadoktoral (jika ada). Sertakan judul gelar yang diperoleh, tahun lulus dan nama sekolah.
  • Pengalaman profesional: Cantumkan organisasi tempat kamu bekerja, jabatan, tanggal kamu bekerja, dan ringkasan pengalaman dan pencapaian kamu.
  • Kualifikasi dan keterampilan: Buat daftar kombinasi keterampilan keras dan lunak yang telah kamu kembangkan sepanjang karier kamu.
  • Penghargaan dan penghargaan: Untuk setiap penghargaan, tambahkan nama, tahun diterima, organisasi yang memberi Anda penghargaan dan detail terkait (seperti seberapa sering penghargaan itu diberikan).
  • Publikasi dan presentasi: Untuk publikasi, berikan kutipan lengkap, tanggal, ringkasan, volume, halaman, nomor DOI. Untuk presentasi, berikan judul, tanggal, dan tempat presentasi.
  • Asosiasi profesional: Cantumkan nama organisasi, lokasi atau cabang dan tanggal keanggotaan aktif.
  • Hibah dan beasiswa: Berikan nama hibah atau beasiswa, tanggal pemberian dan lembaga yang memberikan penghargaan.
  • Lisensi dan sertifikasi: Cantumkan nama lisensi atau sertifikat, tanggal kamu mendapatkannya, dan lembaga yang memberikannya.

Template dan Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV Bahasa Inggris Pekerja Kreatif

Curriculum Vitae in English
www.cv-template.com

Tips Membuat CV Bahasa Inggris

  • Ukuran font yang berbeda untuk judul dan deskripsi
  • Gunakan warna dan gambar yang sesuai dan tidak berlebihan
  • Letakan logo dan ikon untuk menunjang CV yang profesional