6 Jenis Pelatihan SDM dan Manfaatnya untuk Perusahaan 

pelatihan SDM

Training business english –  Memberikan karyawan pelatihan adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sdm di perusahaan atau bisnis.

Seperti banyak orang bilang karyawan adalah aset Sehingga dengan pelatihan SDM yang baik maka akan memberikan dampak positif untuk bisnis kita. 

Jenis pelatihan SDM

Ada berbagai kategori program pengembangan karyawan. Cek jenis-jenis pelatihan SDM berikut ini.

1. Technical training 

Technical training adalah pelatihan SDM yang diharapkan bisa mendukung kemampuan teknis karyawan.  Di mana kemampuan teknis ini akan  berpengaruh pada hasil kerja karyawan. 

Dengan mengikuti pelatihan teknis seperti ini maka karyawan akan mengupdate ilmu  dan melihat perkembangan ilmu  terbaru,  mengikuti trend  dan juga bekerja lebih efektif. 

 Beberapa contoh pengembangan SDM teknikal training adalah seperti berikut 

Posisi Kerja Pelatihan Teknis 
Copywriter Pelatihan Technical copywriting Pelatihan SEO copywriting 
Perawat Pelatihan pengelolaan obat Pelatihan penanganan cedera
Desain grafisPelatihan untuk percetakan Pelatihan fotografi 
Marketer Pelatihan digital marketing Pelatihan analisa data google 
Contoh pelatihan SDM untuk technical training

Umumnya technical training  diberikan agar karyawan memiliki wawasan baru tentang ilmu yang sedang trend.  Atau juga diberikan kepada karyawan yang  skill teknisnya kurang sesuai dengan standar perusahaan. 

Sehingga dengan diberikan pelatihan Seperti di atas diharapkan mampu mendukung pekerjaan karyawan bahkan memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. 

2. Leadership training 

Leadership training atau pelatihan kepemimpinan cocok diikuti untuk para team leader, manager,  supervisor  dan tingkatan atas  dalam struktur organisasi perusahaan. 

Terutama diberikan kepada karyawan yang mendapatkan promosi jabatan. Jika karyawan  awalnya memiliki posisi sebagai staff kemudian diangkat menjadi Tim leader atau manajer maka membutuhkan kemampuan leadership yang bagus. 

Untuk membantu karyawan beradaptasi dengan posisi barunya juga mendukung pekerjaan maka pelatihan kepemimpinan seperti ini sangat cocok diberikan. 

Beberapa hal penting dalam pelatihan sumber daya manusia leadership training ini seperti mengenali karakter kepemimpinan,  mengetahui cara mengkoordinasikan tim,  mengetahui cara berkomunikasi yang baik dengan tim, cara pengambilan keputusan  dan lain sebagainya. 

Di mana kemampuan-kemampuan di atas sangat dibutuhkan untuk leader dalam memimpin timnya. 

baca juga : 3 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja

3. Team building training 

Adalah pelatihan SDM yang diberikan untuk menguatkan hubungan individu di dalam tim.  Pelatihan ini tidak hanya diikuti oleh tim leader namun untuk semua personal dalam. 

Tujuan dari tim building training ini adalah untuk mengenali  karakter satu sama lain,  memperkuat hubungan, membangun komunikasi antar individu  dan mengatasi konflik. 

Selain itu juga penting untuk memperkuat hubungan kerja dan meningkatkan kerjasama. Semua ini dilakukan agar individu dalam tim  bekerja dengan nyaman  dan tim terbangun dengan solid. 

Jika sebuah tim saling bersatu maka pekerjaan akan lebih mudah di lakukan.  Jika ada konflik lebih mudah mencari penyelesaian  dan juga memiliki visi dan misi yang sama untuk perusahaan. 

 Apabila terjadi hubungan di dalam tim tidak berjalan baik maka untuk mencapai target dari perusahaan akan sulit dilakukan. Untuk Itulah kenapa pelatihan SDM tim building ini dilakukan. 

4. Communication training 

Pelatihan komunikasi  yang penting diberikan untuk semua kalangan karyawan.  Baik tingkatan staf sampai dengan pemimpin. 

Komunikasi bukan hanya tentang berbicara dan mendengarkan,  namun ada tata caranya.  Misalnya : 

  • Bagaimana  atasan memberikan  teguran kepada staf tanpa membuat staf tersebut merasa  minder maupun sakit hati
  • Bagaimana cara komunikasi untuk meminta bantuan dalam hal pekerjaan 
  •  Bagaimana seharusnya karyawan bersikap ketika komunikasi dengan atasan
  • Bagaimana cara berkomunikasi  dan berkolaborasi dengan sesama rekan kerja setim maupun  untuk divisi lain
  •  Bagaimana cara public speaking yang bagus 

Kemampuan komunikasi memang perlu diasah.  Sehingga perusahaan perlu untuk memfasilitasi pelatihan komunikasi. 

5. Language training 

Language training adalah salah satu Pelatihan dan pengembangan SDM yang dibutuhkan di dunia kerja.

Semakin berkembangnya zaman kebutuhan bahasa untuk bisnis bukan hanya bahasa Indonesia saja melainkan bahasa internasional seperti bahasa Inggris dan juga bahasa  yang banyak digunakan yaitu bahasa Mandarin. 

Perusahaan perlu memfasilitasi karyawan untuk mendapatkan pelatihan SDM untuk bahasa agar bisa mendukung kelancaran pekerjaannya. 

Misalnya  tim marketing tim sales dan juga customer service yang membutuhkan bahasa Inggris untuk melayani klien. 

Dan juga para C-level  yang perlu mempelajari bahasa Inggris untuk mengembangkan hubungan bisnis dengan perusahaan atau partner lainnya. 

Itulah beberapa  jenis skill yang perlu diberikan perusahaan untuk pengembangan karir karyawan. 

Jika karyawan memiliki skill yang mendukung pekerjaannya dan menghasilkan  output kerja yang bagus maka  perusahaan juga yang akan merasakan manfaatnya. 

Mungkin anda suka : Pekerjaan Sekretaris: Tugas & Kemampuan yang Perlu Dimiliki

Waktu yang tepat memberikan pelatihan SDM 

Pelatihan  SDM  memang perlu diberikan secara berkala.  Namun juga ada waktu-waktu tertentu perusahaan perlu memberikan pelatihan untuk karyawan diantaranya 

1.  Ketika karyawan ada di posisi baru

Di dunia kerja kondisi promosi maupun rotasi adalah hal yang  biasa. Ketika karyawan menempati posisi baru  Maka ilmu untuk  menjalani pekerjaan barunya. 

Tidak heran perusahaan memberikan pelatihan SDM yang mendukung untuk posisi baru karyawan ini. 

Misalnya  karyawan menempati posisi baru sebagai marketer maka pelatihan marketing diperlukan untuk mendukung kerja karyawan tersebut. 

Atau juga ketika karyawan diangkat menjadi team leader,  maka untuk mendukung  posisi barunya perusahaan perlu memberikan pelatihan  leadership untuk membantu karyawan menghandle tim tersebut. 

2.  Ketika bounding tim kurang terbentuk 

Ada kasus tim yang memiliki bonding kurang erat.  Tentunya hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kinerja tim untuk kesuksesan perusahaan. 

Untuk menangani hal ini maka perusahaan bisa memberikan pelatihan tim building maupun training yang lainnya yang bertujuan untuk menguatkan bonding individu di dalam tim. 

Walau terlihat sepele,  namun masalah bonding tim ini menjadi hal penting. Apalagi jika tim tersebut memegang peranan  krusial untuk perusahaan. 

Selain untuk mengatasi tim yang  memiliki bonding yang jelek,  pelatihan juga diberikan di awal pembentukan tim.  Sehingga  terbentuk peranan masing-masing   di dalam tim. 

3. Ketika karyawan membutuhkan ilmu baru 

Bekerja adalah tempat menemui banyak problem,  maka mencari jalan keluar atau solving adalah salah satu pekerjaan karyawan. 

Untuk  membantu karyawan menemukan jalan keluar  atas masalah yang terjadi,  perusahaan bisa memberikan pelatihan terkait.  Terkadang  masalah baru muncul  dan membutuhkan penanganan yang berbeda. 

Penerapan ilmu baru  yang membutuhkan pelatihan juga terjadi untuk perusahaan yang ingin menerapkan metode baru atau inovasi baru.  sehingga karyawan perlu dibekali dengan pelatihan untuk mendukung  pekerjaan baru tersebut.

4. Peningkatan kinerja 

Pelatihan SDM juga  bisa diberikan kepada karyawan yang memiliki penurunan kinerja dari hasil evaluasi. 

Penurunan kinerja ini salah satunya dari  ketidakmampuan karyawan dalam menghadapi tantangan pekerjaan. Baik tantangan dalam hal teknis maupun dalam hal  lainnya. 

Perusahaan dibantu oleh HRD perlu menggali kenapa  kinerja bisa menurun kemudian perusahaan bisa memberikan pelatihan yang tepat. 

Pelatihan untuk karyawan di training for Company di Lister! 

Sudah waktunya membuat program pelatihan untuk karyawan?  Anda bisa mengecek program  training for corporate dari Lister! 

Tidak hanya training English for business,  sekarang lister juga memiliki banyak program untuk pengembangan karyawan di perusahaan. 

Mulai dari pelatihan teknis  sampai dengan  pelatihan soft skill. Program pelatihan ini bisa  anda cek  di training for corporate.  Silahkan pilih mana pelatihan yang tepat untuk perusahaan anda. 

Lister juga memberikan  potongan harga sebesar 10% untuk Anda yang membeli kelas  seharga 1 jutaan.  Promo ini bisa didapatkan dengan klaim kode voucher BLOGLISTER10  saat pendaftaran kelas melalui WhatsApp Lister

 Segera ambil kelas untuk pelatihan karyawan sekarang juga! 

Sumber gambar : rawpixel di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.