3 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja

pentingnya belajar bahasa inggris

Pelatihan Business English untuk Karyawan – Bahasa Inggris sekarang bukan hanya menjadi bahasa  asing saja. 

Melainkan sudah digunakan di berbagai aspek kehidupan kita di zaman sekarang termasuk di dunia kerja.  Untuk itu kesadaran pentingnya belajar bahasa Inggris sangat diperlukan dan dipupuk sejak dini. 

Bahasa Inggris untuk dunia kerja 

Bahasa Inggris untuk dunia kerja dibutuhkan untuk apa saja sih? Apakah hanya untuk bertemu klien saja? Tidak hanya sebatas itu lho! 

1. Mengirimkan email yang proper dan profesional 

Kemampuan bahasa Inggris yang baik dibutuhkan dalam dunia kerja untuk keperluan sales, marketing maupun penyebaran informasi resmi dari perusahaan yaitu mengirimkan email. 

Menulis email dengan struktur bahasa yang baik membuat perusahaan terlihat profesional.  Sehingga akan menaikkan citra perusahaan. 

Email untuk bisnis bukan hanya untuk komunikasi resmi saja melainkan juga digunakan untuk kegiatan marketing. Ini akan meningkatkan brand awareness dan juga leads penjualan. 

Untuk itu  kemampuan menulis email dengan bahasa Inggris yang baik sangat dibutuhkan di dunia kerja. 

2. Melayani pelanggan english native speaker 

Jika jangkauan market perusahaan kamu adalah  lingkup asia maupun internasional  maka menguasai bahasa Inggris untuk melayani pelanggan adalah hal wajib. 

Terutama untuk  posisi sales, marketing dan juga customer service di mana posisi ini akan langsung bersinggungan dengan pelanggan. 

 Apalagi jika sering mengikuti event besar seperti pameran,  seminar teknologi  dan lainnya yang dihadiri banyak orang baik dari Indonesia maupun luar negeri.

Dengan begitu penyampaian informasi,  penjualan,  maupun periklanan,  dan penanganan masalah bisa berjalan dengan baik karena komunikasi terjalin sempurna. 

3. Presentasi dan negosiasi 

Vocabulary English dibutuhkan untuk kegiatan presentasi maupun negosiasi baik.  Penggunaan bahasa Inggris terutama  English speaking pada proses presentasi dan negosiasi menjadi hal penting untuk  nama baik perusahaan. 

Apalagi untuk perusahaan yang bermain dengan tender untuk mendapatkan proyek,  presentasi penjualan, seminar dan lainya. Kemampuan bahasa inggris membuat peserta presentasi akan terkesan. 

4. Penggunaan software dan teknologi 

Sekarang ini penggunaan teknologi untuk dunia kerja adalah suatu kemajuan positif yang membantu pekerjaan lebih mudah. Contoh teknologi yang digunakan misalnya perangkat,  software,  layanan website app  dan lain sebagainya. 

Umumnya  teknologi ini menggunakan bahasa pengantar bahasa  Inggris.  Sehingga untuk  memahami cara kerjanya, menggunakan dan juga ketika menemui masalah  pengguna perlu  memahami bahasa Inggris walaupun dasar. 

Komunikasi dengan vendor teknologi tersebut juga akan jauh lebih mudah jika sedang ada masalah. Inilah pentingnya bahasa inggris di era digital.

5. Pengembangan jaringan secara internasional 

Jika bisnis Anda membutuhkan  hubungan dengan orang lain secara internasional   kemampuan bahasa Inggris adalah hal wajib.  

Misalnya jika perusahaan mencari investor,  partnership,  maupun tender  dari berbagai kalangan termasuk secara internasional  kemampuan bahasa Inggris akan sangat dibutuhkan. 

Selain itu untuk Interaksi sosial guna memajukan bisnis  kemampuan bahasa Inggris ini juga akan sangat membantu untuk bisa berinteraksi dengan baik. 

Ada banyak kesempatan yang lebih terbuka jika kamu menguasai bahasa Inggris. Itulah pentingnya belajar bahasa Inggris mulai dari sekarang!

baca juga : English for Business: Cara Menulis Email Profesional

Kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan di dunia kerja 

Dengan penggunaan bahasa Inggris untuk berbagai pekerjaan di atas,  ada beberapa  kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan di dunia kerja  seperti 

1. Menulis (writing

Kemampuan menulis dalam bahasa Inggris atau writing dibutuhkan untuk banyak bidang kerja. 

Dari mulai pembuatan dokumen penting untuk perusahaan,  membuat proposal, menulis email sampai dengan menulis copywriting dan melayani  pelanggan dalam customer service. 

Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik  penulisan akan terhindar dari kesalahan  yang menyebabkan citra perusahaan menurun. 

2. Membaca (reading

Reading atau membaca dalam bahasa Inggris adalah memahami teks dalam bahasa Inggris dengan baik. 

Untuk dunia kerja pastinya teks dalam bahasa Inggris sering ditemui.  Baik dalam email,  undangan,  dokumen resmi  dan teks lainnya. 

Memahami bahasa Inggris tertulis dengan baik akan menghindarkan dari kesalahpahaman  sehingga  isi dari teks dapat diterapkan  untuk perusahaan. 

3. Berbicara (speaking

Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris atau speaking  pastinya sangat dibutuhkan apalagi untuk posisi yang banyak berhubungan dengan orang luar. 

Speaking banyak dibutuhkan untuk  presentasi, negosiasi, menerima telepon dan perbincangan dengan berbagai macam pihak. 

Menguasai speaking akan membantu proses interaksi lebih mudah dan meningkatkan penilaian orang lain terhadap nama perusahaan. 

Kemampuan speaking ini juga dibarengi dengan kemampuan listening atau mendengarkan sehingga dalam percakapan dua arah akan saling memahami dengan baik. 

Tidak banyak orang yang bisa menguasai kemampuan bahasa Inggris dunia kerja seperti di atas.

Sehingga jika beberapa skill di atas bisa kamu kuasai, bisa memberikan nilai plus untuk kamu di mata perusahaan. 

Untuk bisa menguasai skill di atas, pentingnya belajar bahasa Inggris bisa mulai dari sekarang!

Mungkin anda suka : 5 Cara Belajar Speaking English Otodidak, Cas Cis Cus

Pentingnya belajar bahasa Inggris di dunia kerja

Bahasa Inggris bisa membawamu pada level yang lebih tinggi loh di dunia kerja.  Berikut adalah pentingnya belajar bahasa Inggris di dunia kerja,  cek manfaatnya. 

pentingnya belajar bahasa inggris
Pentingnya belajar bahasa Inggris untuk dunia kerja | Sumber : Freepict

1. Peluang karir lebih tinggi 

Pentingnya belajar bahasa Inggris untuk dunia kerja adalah kesempatan karir yang lebih besar.

Orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus memiliki peluang lebih besar untuk berkarir.  Dan juga ada banyak pilihan karir yang bisa dicoba  dibandingkan yang tidak menguasai bahasa Inggris. 

Selain peluang pekerjaan untuk memulai karir, karyawan yang menguasai bahasa Inggris juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan posisi kerja lebih baik. 

Bisa jadi kemampuan bahasa Inggris kamu menjadi salah satu penilaian untuk naik pangkat lebih tinggi  atau juga rotasi posisi yang lebih baik. 

Beberapa posisi kerja yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris misalnya interpreter,  sekretaris, English content writer, Penerjemah dan juga editor bahasa Inggris, Tour guide,  diplomat dan lainnya. 

Secara umum posisi yang mengharuskan kemampuan bahasa Inggris memiliki gaji yang lebih tinggi.  Dengan begitu kemampuan bahasa Inggris akan sangat menolongmu memulai karir maupun meningkatkan karir di dunia kerja. 

2. Membantu menyelesaikan tugas  kerja

Memiliki skill bahasa Inggris membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai tugas atau permasalahan di dunia kerja. 

Misalnya ketika menghadapi pelanggan native speaker bahasa Inggris atau juga mengirimkan  email penting dalam bahasa Inggris,  dan mungkin saja terjadi menemui pihak penting untuk bisnis. 

Dengan penguasaan bahasa Inggris yang bagus kamu tidak perlu bingung mencari bantuan atau juga bingung menghadapi masalah seperti di atas.

3. Peluang besar untuk terlibat di acara penting 

Perusahaan umumnya membutuhkan ahli bahasa Inggris untuk event besar Di lingkup nasional, asia maupun internasional. Hal ini karena bahasa Inggris menjadi bahasa internasional  yang banyak digunakan untuk bisnis. 

Menguasai bahasa Inggris dengan baik akan membantumu  mendapatkan kesempatan terlibat dalam hal penting di perusahaan. 

Misalnya presentasi  dengan pelanggan,  partnership  maupun investor,  menghadiri acara penting perusahaan  dan juga  menghadapi pelanggan. 

Di Indonesia sendiri sekarang sudah menggunakan bahasa Inggris sebagai campuran bahasa dalam percakapan sehari-hari maupun bisnis. 

Dengan begitu tidak ada alasan lain untuk tidak belajar bahasa Inggris. Sadari pentingnya belajar bahasa Inggris mulai dari sekarang.

Ada banyak manfaat belajar bahasa Inggris untuk mengembangkan karir kamu. 

Sudah waktunya sadar pentingnya belajar bahasa Inggris untuk bisnis,  mulai belajar sekarang! 

 Tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar hal baru termasuk bahasa Inggris untuk bisnis.  Kamu bisa mulai belajar bahasa Inggris bersama Lister. 

Dilister ada  program Lister for Company.  Program ini ditujukan untuk pelatihan bahasa maupun  materi bisnis lainnya untuk karyawan dan perusahaan. 

Termasuk kursus business English untuk karyawan. Program ini cocok diikuti untuk karyawan maupun atasan yang ingin mendalami bahasa Inggris untuk kebutuhan pekerjaan.  Termasuk Materi vocabulary,  speaking  dan juga writing.

Perdalam kemampuan bahasa  sekarang juga dengan daftar di kelas Lister. Dapatkan potongan harga sebesar 10% untuk pembelian kelas harga 1 jutaan.  Klaim kode promo BLOGLISTER1O  saat pendaftaran melalui WhatsApp Lister berikut ini. 

Sumber gambar : Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

bimbingan beasiswa lpdp

Bimbingan Beasiswa LPDP

Untuk kamu pejuang LPDP, bisa mengikuti bimbingan beasiswa LPDP dari Lister. Kelas ini memberikan strategi persiapan LPDP dengan mentor berpengalaman.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.