5 Cara Belajar Speaking English Otodidak, Cas Cis Cus

speaking english

Kursus Speaking Local – Banyak pelajar bahasa Inggris yang merasa ragu (gugup) untuk belajar sendiri. Namun akhirnya kamu sadar bahwa semua sumber daya yang kamu butuhkan bisa ditemukan di rumah, yakni dengan cara belajar speaking english secara otodidak.

Mengapa penting belajar percakapan bahasa Inggris?

Di dunia digital seperti saat ini, internet tak hanya menjadi sumber terbaik kamu untuk belajar bahasa Inggris, tetapi juga cara termudah untuk belajar di rumah kapanpun kamu mau. 

Kamu bahkan tidak perlu tinggal di rumah sepanjang waktu hanya untuk belajar. Setelah kamu memiliki perlengkapan yang dibutuhkan, kamu bisa belajar di mana pun yang kamu inginkan.

Bagian terbaiknya adalah, kamu juga bisa belajar dengan kecepatan kamu sendiri tanpa harus mengikuti pelajaran tutor atau pencapaian teman sekelas. Kamu bisa belajar dengan kecepatan yang nyaman dan sesuai, tentu akan menjadikannya pengalaman belajar yang lebih efektif, bukan? 

Paling penting, kamu menjadi kurang bergantung pada orang lain untuk belajar bahasa Inggris. Dengan kamu belajar sendiri, ada lebih banyak motivasi untuk membuktikan bahwa kamu bisa belajar bahasa Inggris sendiri.

Asalkan motivasi terus terjaga, belajar bahasa Inggris otodidak bukan sesuatu hal yang mustahil untuk dicapai.

Baca juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula, Cocok Buat Anak

Cara Belajar Speaking English Otodidak

Belajar speaking English secara otodidak adalah suatu keterampilan yang sangat berharga dalam era globalisasi saat ini.

Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris tidak hanya membuka pintu ke berbagai kesempatan karier, tetapi juga memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang dari berbagai dunia.

1. Mendengarkan musik dan pelajari semua lirik lagunya

Musisi dan penyanyi seringkali menggunakan bahasa Inggris dalam lagu yang dibawakannya, dan ini dapat menjadi sumber daya yang sangat berharga untuk meningkatkan kemampuan berbicara.

Mengingat lirik lagu juga membantumu dalam memahami konteks dan ekspresi yang digunakan dalam bahasa Inggris sehari-hari.

Sebagai latihan pemula, kamu bisa buka Youtube dan cari video yang kamu suka. Dengarkan lagu tersebut secara berulang-ulang hingga paham lirik keseluruhan.

Misalnya, lagu dari Ed Sheeran yang berjudul Thinkin’ Out Loud, kamu bisa ikut bernyanyi sambil melihat liriknya. Setelah cukup mahir, cobalah versi karaokenya.

2. Tonton video bahasa Inggris sesuai minat kamu

Cara belajar speaking English otodidak yang selanjunya adalah pelatihan yang baik untuk pemahaman dan komunikasi bahasa Inggris kamu.

Menonton video dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan minatmu adalah cara yang sangat efektif untuk belajar speaking English secara otodidak.

Ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk mendengar bahasa Inggris dalam berbagai konteks, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi topik yang dinikmati.

Menonton wawancara dan ulasannya akan membantu kamu terbiasa dengan percakapan bahasa Inggris, yakni tentang bagaimana kamu harus berkomunikasi dengan orang lain.

Kamu bisa membuka media sosial video dan mulai dengan berbagai channel berkaitan dengan topik yang membuatmu tertarik. Lakukan ini secara berulang setiap hari, akan kamu bisa menangkap topik pembicaraan.

3. Tonton film dan acara TV bahasa Inggris 

Jika kamu menyukai film, kamu dapat menonton wawancara dengan aktor dan aktris favorit kamu. Apapun film atau acara TV, yang terpenting adalah kamu mendengarkan dan belajar dari konten bahasa Inggris yang real.

Sebagai pemula, kamu mungkin ingin mulai dengan film atau acara yang ditujukan khusus untuk anak-anak, karena biasanya menggunakan bahasa yang lebih sederhana.

Tonton film atau episode acara TV yang sama beberapa kali. Dengan setiap penontonan, kamu akan memahami lebih banyak kata dan frasa, serta meningkatkan pemahaman.

Jangan malu atau segan untuk coba mengucapkan dialog atau kalimat penting yang kamu dengar. Ini akan membantumu dalam hal melatih pelafalan dan intonasi.

Baca juga: Mudah! Ini 5 Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol

4. Cek pemahaman grammar dengan quiz bahasa Inggris 

Kuis bahasa Inggris akan menguji tata bahasa, konstruksi kalimat, pemahaman, dan masih banyak lagi. Kerjakan kuis bahasa Inggris setiap minggu atau setiap bulan untuk memastikan kamu berada di jalur yang benar.

Tata bahasa atau grammar English menjadi salah satu kunci untuk bisa berbicara dengan baik. 

Menguji pemahaman tata bahasamu dengan kuis bahasa Inggris dalam sebuah aplikasi adalah cara yang baik untuk melatih diri sendiri secara otodidak. 

Kamu bisa menggunakan banyak sumber daya online yang menawarkan kuis tata bahasa bahasa Inggris, mulai dari aplikasi ponsel hingga situs web. 

Pilih kuis yang sesuai dengan tingkat pemahaman tata bahasa, mulai dari pemula hingga tingkat lanjutan. 

Pilih kuis bahasa Inggris yang memiliki beragam topik grammar English, seperti tense atau waktu, part of speech atau jenis kata, conditional sentences, prepositions, dan sebagainya.

Gunakan hasil kuis untuk memahami topik tata bahasa di mana kamu perlu meningkatkan pemahaman, jangan ragu untuk memperlihatkan kepada tutor. Bagian mana yang kamu masih kurang ketahui.

5. Miliki teman online yang aktif dan mau berlatih bahasa Inggris secara rutin

Jangan lupa, ajak juga teman/rekan kamu untuk berbicara bahasa Inggris secara online. Selain sebagai ajang pembuktian diri bahwa kemampuan kamu semakin baik, juga lebih bebas berlatih kapan saja.

Namun, jika kamu kesulitan menemukan teman berlatih, kamu bisa belajar bersama tutor yang akan membimbing dan menjadi teman berlatih yang pro.

Bergabung dengan kelompok atau komunitas berbagi bahasa di platform seperti Facebook atau di LinkedIn untuk mendapatkan orang dengan minat belajar bahasa Inggris yang sama. 

Terdapat aplikasi dan situs web yang didesain khusus untuk mencari teman belajar bahasa. Contoh aplikasi ini termasuk HelloTalk, Tandem, dan Speaky. 

Kamu dapat mencari teman berbicara bahasa Inggris yang ingin belajar bahasa asingmu. 

Selain itu, di beberapa universitas atau pusat budaya menawarkan program atau kelompok belajar bahasa. 

Kamu bisa bergabung dengan kelompok ini, bahkan jika kamu tidak berada di wilayah tersebut secara fisik, dengan mengikuti kelas online atau pertemuan jarak jauh.

Kursus Speaking Local, Bicara Bahasa Inggris Jadi Cas Cis Cus

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking Local di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.