5 Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris Otodidak

Kursus Speaking Local – Banyak pelajar bahasa Inggris yang merasa ragu (gugup) untuk belajar sendiri. Namun akhirnya kamu sadar bahwa semua sumber daya yang kamu butuhkan bisa ditemukan di rumah, yakni dengan cara belajar speaking bahasa Inggris otodidak.

Di dunia digital seperti saat ini, internet tak hanya menjadi sumber terbaik kamu untuk belajar bahasa Inggris, tetapi juga cara termudah untuk belajar di rumah kapanpun kamu mau. 

Kamu bahkan tidak perlu tinggal di rumah sepanjang waktu hanya untuk belajar. Setelah kamu memiliki perlengkapan yang dibutuhkan, kamu bisa belajar di mana pun yang kamu inginkan.

Bagian terbaiknya adalah, kamu juga bisa belajar dengan kecepatan kamu sendiri tanpa harus mengikuti pelajaran tutor atau pencapaian (kemajuan) teman sekelas. Kamu bisa belajar dengan kecepatan yang nyaman dan sesuai, tentu akan menjadikannya pengalaman belajar yang lebih efektif, bukan? 

Yang terpenting, kamu menjadi kurang bergantung pada orang lain untuk belajar bahasa Inggris. Dengan kamu belajar sendiri, ada lebih banyak motivasi untuk membuktikan bahwa kamu bisa belajar bahasa Inggris sendiri.

Asalkan motivasi terus terjaga, belajar bahasa Inggris otodidak bukan sesuatu hal yang mustahil untuk dicapai!

Baca juga: Rekomendasi Topik ‘Speaking English’ yang Menarik dan Mudah Dipraktikkan

Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris Otodidak

Mendengarkan musik dan pelajari semua lirik lagunya

Sebagai latihan pemula, kamu bisa buka Youtube dan cari video yang kamu suka. Dengarkan lagu tersebut secara berulang-ulang hingga paham lirik keseluruhan. Misalnya, lagu dari Ed Sheeran yang berjudul Thinkin’ Out Loud, kamu bisa ikut bernyanyi sambil melihat liriknya. Setelah cukup mahir, cobalah versi karaoke-nya. 

Tonton video bahasa Inggris sesuai minat kamu

Cara ini adalah pelatihan yang baik untuk pemahaman dan komunikasi bahasa Inggris kamu. Menonton wawancara dan ulasannya akan membantu kamu terbiasa dengan percakapan bahasa Inggris, yakni tentang bagaimana kamu harus berkomunikasi dengan orang lain.

Tonton film dan acara TV bahasa Inggris 

Jika kamu menyukai film, kamu dapat menonton wawancara dengan aktor dan aktris favorit kamu. Apapun film atau acara TVnya, yang terpenting adalah kamu mendengarkan dan belajar dari konten bahasa Inggris yang real.

Cek pemahaman grammar dengan quiz bahasa Inggris 

Kuis bahasa Inggris akan menguji tata bahasa, konstruksi kalimat, pemahaman, dan masih banyak lagi. Kerjakan kuis bahasa Inggris setiap minggu atau setiap bulan untuk memastikan kamu berada di jalur yang benar.

Miliki teman online yang aktif dan mau berlatih bahasa Inggris secara rutin

Jangan lupa, ajak juga teman/rekan kamu untuk berbicara bahasa Inggris secara online/offline. Selain sebagai ajang pembuktian diri bahwa kemampuan kamu semakin baik, juga lebih bebas berlatih kapan saja.

Namun, jika kamu kesulitan menemukan teman berlatih, kamu bisa belajar bersama tutor yang akan membimbing dan menjadi teman berlatih yang pro.

Kursus Speaking Local, Bicara Bahasa Inggris Jadi Cas Cis Cus

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Speaking di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!