35 Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris

Istilah dunia kerja dalam bahasa inggris

Kursus Vocabulary Building – Ada banyak istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang perlu diketahui. Menguasai vocabulary seperti ini akan membantu kamu dalam berkomunikasi juga public speaking. Berikut Lister rangkum istilah bahasa Inggris dalam dunia kerja, semoga bermanfaat! 

35 Istilah Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah istilah yang banyak digunakan di dunia kerja dalam bahasa Inggris beserta penjelasannya. 

1. Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris seputar recruitment  

  • Open recruitment 

Adalah istilah yang digunakan untuk proses penjaringan karyawan baru. Biasa juga disingkat dengan nama oprec. Istilah ini sangat umum di lingkungan pekerjaan terutama bagian SDM atau HRD. 

  • Salary 

Adalah ungkapan yang memiliki arti upah atau gaji. Umumnya disebut saat wawancara rekrutmen kerja dalam proses nego gaji dan lainya. 

  • Contract 

Contract atau kontrak adalah surat perjanjian kerja yang mengikat antara karyawan dan perusahaan. Berisi aturan, poin kontrak dan juga landasan hukum yang jelas. 

  • Offering 

Istilah yang digunakan pada kegiatan memberi penawaran kerja untuk seseorang. Istilah ini juga banyak digunakan dalam proses rekrutmen kerja oleh HRD dan kandidat. 

  • Employee 

Merupakan bahasa Inggrisnya dari pegawai atau karyawan. Sedangkan untuk istilah employers memiliki arti si pemberi kerja. 

  • Full time employee 

Adalah istilah untuk karyawan yang bekerja secara penuh waktu di perusahaan. Bekerja sesuai peraturan perusahaan dan terikat komitmen dengan perusahaan.  

  • Part time employee

Part time atau pekerja paruh waktu adalah karyawan yang bekerja secara full. Peraturan pembayaran upah berdasarkan hitungan waktu atau jam. Umumnya hanya digunakan sebagai tenaga tambahan untuk membantu perusahaan. 

  • Freelance employee 

Pekerja lepas atau karyawan yang bekerja secara sementara. Tidak terikat peraturan sebagaimana karyawan full time. Direkrut untuk membantu menyelesaikan proyek. Umumnya dibayar berdasarkan jumlah proyek yang diselesaikan. 

  • Remote work

Sistem kerja jarak jauh untuk karyawan. Namun pekerjaan tetap dipantau dan diawasi oleh perusahaan. Tetap ada peraturan yang mengikat karyawan dalam menjalankan pekerjaan. Nama lain dari remote work ini adalah Work From Anywhere

  • Wages 

Selanjutnya adalah istilah wages yang memiliki arti upah. Hampir sama dengan salary, hanya saja wages lebih digunakan untuk gaji yang tidak tetap. Misalnya untuk karyawan part time yang dihitung perjam maupun freelance yang gajinya dihitung setiap proyek.

baca juga : 20 Kosakata Korea dalam Dunia Kerja + Contoh Kalimatnya

2. Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris seputar pekerjaan 

  • Leads 

Jumlah orang yang menunjukkan ketertarikan dengan mengambil tindakan tertentu pada program yang sedang dilakukan. Misalnya tindakan mengirim pesan, mengklik tombol dan juga berinteraksi dengan pemilik program. 

  • Conversion 

Jumlah leads yang masuk dan berubah statusnya menjadi pelanggan. Konversi didapatkan dari leads yang masuk. 

  • Weekly report 

Istilah yang digunakan untuk menyebut laporan mingguan. Weekly berarti mingguan sedangkan report adalah laporan. Umumnya berisi laporan progress pekerjaan dalam waktu seminggu yang lalu juga kendalanya.  

  • Monthly report 

Istilah untuk laporan bulanan. Monthly berarti bulanan. Umumnya berdasarkan KPI maupun OKR yang sudah ditetapkan. 

  • KPI

Key performance indicator adalah indikator penilaian kerja karyawan yang digunaakan perusahaan untuk menilai performa kerja karyawan. 

  • OKR 

Objective key result adalah kerangka kerja yang digunakan untuk melaksanakan strategi tertentu. Di beberapa perusahaan OKR juga menjadi alat penilaian performa kerja karyawan. Namun OKR dan KPI berbeda ya! 

  • Self assessment 

Adalah istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang berarti teknik penilaian diri karyawan yang dilakukan oleh karyawan itu sendiri. Dalam proses ini membantu karyawan untuk mengevaluasi dan mengoreksi diri apa yang kurang dalam pekerjaannya. 

  • Follow up 

Kegiatan untuk mengingatkan kembali atau kegiatan menindaklanjuti sesuatu agar berjalan sesuai yang diharapkan. Follow up ini dilakukan dengan tindakan-tindakan tertentu. 

  • Revenue 

Penghasilan kotor yang didapatkan perusahaan dari semua sumber. Revenue adalah hasil kasar belum dikurangi dari biaya-biaya operasional lainya. 

  • Profit 

Merupakan istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris yang berarti keuntungan atau untung bersih. Yang dihasilkan dari jumlah uang masuk dikurangi dengan kebutuhan operasional lainya. 

  • Deadline 

Batas waktu kerja yang disepakati. Deadline bisa diartikan sebagai tenggat waktu dalam untuk menyelesaikan pekerjaan. 

  • On duty 

On duty adalah istilah yang menggambarkan seseorang sedang sibuk bekerja atau sedang bertugas. 

  • ASAP 

ASAP merupakan singkatan dari As soon as possible atau secepat mungkin. Tidak ada waktu tertentu untuk menyelesaikan pekerjaan namun bisa dikerjakan secepat mungkin. 

baca juga : [Cerita Alumni] Demi Stay Up-to-date di Dunia Kerja, Bayu Sri Ananto Ambil Kursus Business English di Lister

3.  Istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris seputar kepegawaian

  • Paid leave 

Selanjutnya istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris adalah paid leave yang berarti cuti. Jika banyak yang bertanya apa artinya cuti dalam bahasa Inggris maka paid leave bisa digunakan untuk mewakili. Paid berarti dibayar, leave berarti tidak masuk. 

  • Force Majeure Leave

Sedikit berbeda dengan konteks cuti, force majeure leave adalah sebutan untuk karyawan yang meninggalkan pekerjaan karena alasan mendadak. 

  • Maternity leave 

Adalah istilah bahasa Inggris yang menunjukkan cuti melahirkan untuk pekerja perempuan. Karyawan perempuan diberikan jatah cuti untuk melahirkan umumnya 3 bulan baik kumulatif maupun sebelum dan sesudah melahirkan. 

  • Payroll 

Payroll adalah istilah untuk pengurusan penggajian karyawan. Umumnya istilah ini banyak digunakan oleh HR yang menghitung gaji karyawan. 

  • Salary slip 

Salary slip adalah slip gaji yang digunakan sebagai bukti pembayaran gaji perusahaan kepada karyawan. Diberikan setiap bulan pasca gaji didistribusikan. 

  • Onboarding 

Onboarding adalah kegiatan pengenalan dan penyesuaian karyawan dengan organisasi. Proses ini membantu karyawan beradaptasi dengan mudah ke depannya. 

  • Turn over 

Istilah yang ada untuk menggambarkan tingkat perputaran pegawai di perusahaan dari karyawan keluar dan karyawan masuk. Jika turnover tinggi dapat dinilai ada yang kurang dari perusahaan. 

  • Gathering 

Adalah istilah untuk mengumpulkan karyawan dalam satu forum dengan agenda diluar pekerjaan. Umumnya disebut dengan employee gathering dan sebagainya. 

  • One on one 

Kondisi dimana karyawan berhadapan empat mata dengan karyawan lain. Umumnya hal ini diagendakan karena ada hal penting yang perlu didiskusikan. Misalnya one on one dengan HR maka ada hal yang perlu di review dari kinerja karyawan. Atau one on one dengan team leader maka ada yang perlu didiskusikan tentang pekerjaan bersama atasan kamu. 

  • Overtime

Istilah untuk karyawan yang lembur atau bekerja lebih dari jam kerja harian yang ditentukan. 

Kamu bisa menggunakan beberapa istilah dunia kerja dalam bahasa Inggris di atas di tempat kerja. Tentunya akan membuat dirimu terlihat lebih fluent dalam bahasa Inggris  dan profesional. 

Artikel lainya : Business English untuk Persiapan Dunia Kerja, Lebih Percaya Diri

Ikut kelas vocabulary untuk kuasai kosakata untuk bisnis di Lister

Ingin menguasai ratusan bahkan ribuan vocabulary dalam bahasa Inggris khususnya di dunia kerja? Bisa banget ikut kursus vocabulary building di Lister. 

Kelas vocabulary  ini bantu kamu belajar bahasa Inggris secara intensif untuk pemula. Bersama tutor terbaik, kelas akan lebih menyenangkan. 

Belajar vocabulary juga bisa disesuaikan dengan schedule kamu karena Lister memiliki sistem belajar yang fleksibel. Kamu berkesempatan menyesuaikan jadwal dan juga memilih tutor sendiri. 

Jika ingin potongan 10% bisa klaim kode promo BLOGLISTER10 dengan minimal pembelian kelas seharga satu jutaan. Booking bangku kursus sekarang juga dengan daftar kursus di Whatsapp Lister

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.