13 Istilah-Istilah Ramadhan dalam Bahasa Inggris

istilah ramadhan dalam bahasa inggris

Kursus General English – Ramadhan atau bulan puasa memiliki banyak istilah dalam berbagai kondisi. Dalam artikel ini, kamu bisa mempelajari istilah-istilah ramadhan dalam bahasa Inggris yang sengaja Lister rangkum untuk kamu. Cek isinya sebagai berikut 

baca juga : 7 Tradisi Idul Fitri di Berbagai Negara, Unik dan Meriah

Istilah ramadhan dalam bahasa Inggris 

Berikut adalah beberapa istilah yang banyak disebut dalam bulan Ramadhan, memahami istilah ini dalam bahasa Inggris akan sangat mendukung vocabulary kamu. Cek sebagai berikut : 

1. Puasa : fasting 

Nah istilah puasa pastinya akan sering disebut di masa bulan ramadhan. Apa sih bahasa Inggris puasa? 

Kamu bisa menyebut puasa dalam bahasa Inggris dengan istilah fast atau juga fasting. Fast lebih tepat digunakan sebagai verb sedangkan fasting digunakan sebagai noun. 

Misalnya adalah sebagai berikut : 

  • Fasting sebagai noun : Fasting has huge benefits for us, so lucky we are Muslims who can fast during Ramadan
  • Fast sebagai verb : My family and I fast during Ramadan, and we love doing that 

2. Berbuka puasa : iftar 

Istilah ramadhan dalam bahasa Inggris yang banyak digunakan selanjutnya adalah berbuka puasa. 

Kamu dapat menyebut buka puasa dengan istilah break the fast atau juga bisa dengan iftar. Gunakan salah satu dari dua istilah ini untuk menyebut kegiatan membatalkan puasa setelah seharian menahan lapar dan haus. 

Berbuka puasa bahasa inggris misalnya : Let’s break out fast with iftar together. 

3. Sahur : suhoor 

Sahur merupakan kosakata yang akan sering disebut selama bulan ramadhan. Sahur adalah kegiatan bangun waktu seperempat malam atau akhir malam untuk mengisi tubuh dengan makanan dan minuman untuk persiapan puasa. 

Dalam bahasa Inggris kamu dapat menyebut sahur dengan istilah suhoor. Ada istilah lain untuk yaitu pre dawn meal untuk bahasa inggrisnya sahur. 

Misalnya : Muslims have suhoor before the morning prayer, preceding a day of fasting

4. Tarawih : tarawih prayer

Muslim pastinya juga sangat familiar dengan ibadah malam hari yaitu solat tarawih. Ibadah ini cukup spesial karena hanya dilakukan di bulan ramadhan. Kamu bisa menyebut tarawih dalam bahasa Inggris dengan tarawih prayer atau juga night prayer. 

Misalnya : Tarawih prayer is a worship performed at night during the month of Ramadan

baca juga : Dari Mudik Hingga Ketupat, Berikut Makna Idul Fitri dan Tradisinya

5. Tadarus Al-Qur’an : recitation of the Qurán 

Ketika bulan ramadhan,kegiatan yang juga biasa dilakukan adalah tadarus al-qurán yaitu kegiatan mengaji atau memahami makna al qurán. Biasanya dilakukan secara mandiri atau bersama-sama di masjid.

Tadarus al-quran bisa kamu sebut dengan recitation of the Qurán dalam bahasa Inggris atau juga bisa disebut dengan tadarus of the Qurán. 

Misalnya : The recitation of the Qur’an has significant benefits for Muslims during the month of Ramadan

6. Sedekah Ramadhan = charity during ramadan 

Sedekah di bulan ramadhan memiliki ganjaran yang besar dibandingkan dengan hari-hari biasa. Untuk itu banyak orang yang juga mengamalkan sedekah di masa ramadhan. Kamu bisa menyebut sedekah dengan Istilah ramadhan dalam bahasa Inggris lainnya yaitu charity during ramadan. 

Misalnya : Charity during Ramadan holds great virtue; Allah promises abundant rewards for acts of generosity during this sacred month

7. Zakat = obligatory charity 

Istilah ramadhan dalam bahasa Inggris adalah zakat dimana Zakat juga merupakan salah satu amalan atau ibadah wajib selama bulan ramadhan. Zakat menjadi istimewa karena hanya dilakukan di bulan ramadhan untuk memberi keberkahan hidup. 

Kamu bisa menyebut zakat dalam bahasa inggris dengan obligatory charity yang berarti sedekah wajib.

Misalnya : Zakat is a mandatory obligation for Muslims

8. Kurma : date

Kurma adalah salah satu makanan yang disarankan sebagai salah satu makanan ringan di bulan puasa. Untuk itu kurma banyak disebut dan juga disajikan di berbagai tempat makan selama bulan puasa. Kamu bisa menyebut kurma dengan sebutan date dalam bahasa Inggris. 

Misalnya : It is recommended to break your fast with three dates for a sweet and light snack

istilah ramadhan dalam bahasa inggris
Istilah ramadhan dalam bahasa inggris | Sumber gambar : rawpixel.com

9. Ngabuburit : killing time before iftar 

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, biasanya masyarakat di Indonesia melakukan ngabuburit yaitu kegiatan sore hari untuk mengisi waktu sebelum berbuka. Dalam bahasa Inggris, kamu bisa menyebut Istilah ramadhan dalam bahasa Inggris ngabuburit dengan istilah killing time before iftar. 

Misalnya : killing time before breaking the fast (‘ngabuburit’) is a enjoyable activity; you can explore various entertainment options

10. Lailatul Qodar : derivation night of Koran

Nah malam lailatul qodar adalah malam yang istimewa dan penuh berkah untuk umat muslim. Dimana pada malam lailatul qodar, Allah memberikan pengampunan, malam penuh berkah dan malam dimana Allah menurunkan Al-Quran sebagai kitab suci agama islam. 

Istilah ramadhan dalam bahasa Inggris Lailatul Qodar dalam bahasa Inggris bisa disebut dengan istilah the derivation night of Koran atau juga bisa tetap disebut lailatul qodr. 

Misalnya : You are considered fortunate if you can find the Night of Laylat al-Qadr

baca juga : Historiografi Tradisional: Definisi, Ciri-ciri, & Contohnya

11. Mudik : going back to hometown 

Mudik juga salah satu Istilah ramadhan dalam bahasa Inggris dimana ini adalah tradisi menjelang hari raya Idul Fitri di Indonesia. Mudik adalah nama lain dari pulang kampung selama masa merayakan hari raya Idul Fitri. 

Kamu bisa menyebut mudik Istilah ramadhan dalam bahasa Inggris dengan home coming atau juga dengan going back to hometown. 

Misalnya : I am planning to go back to Lampung for the fasting month this year.

12. Idul Fitri : Eid al-fitr 

Idul fitri dalam bahasa Inggris bisa disebut dengan eid al fitr. Jika ingin memberi ucapan selamat hari raya idul fitri bisa menggunakan happy eid al fitr! 

Sedangkan untuk menyebut sholat ied di hari raya idul fitri bisa menyebutnya dengan eid prayer. 

Misalnya : I can’t wait to welcome the celebration of Eid al-Fitr

13. THR 

Nah siapa nih yang bulan puasa sudah banyak yang membahas tentang THR. Istilah THR banyak digunakan di kalangan pekerja atau dalam keluarga juga banyak disebut untuk memberi uang saku pada anak. Dalam bahasa Inggris THR ini bisa disebut dengan Religious Holiday Allowance. 

Nah jadi itulah beberapa istilah ramadhan dalam bahasa Inggris, sekarang jika ingin menyebut istilah tertentu kamu bisa memahaminya dengan sangat mudah. 

Belajar bahasa Inggris dengan mudah bersama Lister 

Kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah, mempelajari banyak istilah dan kosakata dalam kehidupan sehari-hari di Kursus General English

Belajar A-Z masalah bahasa Inggris tidak lagi bingung atau kehilangan arah, bersama Lister kamu belajar bahasa Inggris sesuai kurikulum yang ada, tutor yang friendly dan juga pembelajaran secara online dengan nyaman. 

Mumpung masih ada promo, kamu bisa daftar Lister sekarang juga. Jangan lupa konsultasikan kebutuhan kamu juga melalui Whatsapp Lister. Cek informasi dan profil tutor di halaman tutor! 

Sumber gambar : deseyens di Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.