Dari Mudik Hingga Ketupat, Berikut Makna Idul Fitri dan Tradisinya

makna idul fitri

Kursus Bahasa Arab – Idul Fitri adalah hari perayaan besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini berlangsung setelah umat muslim menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh di bulan Ramadan.

Makna Idul Fitri

Momen Idul Fitri memiliki beberapa makna bagi umat Islam. Berikut penjelasannya.

Hari Kemenangan

Mengutip dari Geotimes, Idul Fitri terdiri dari kata id dan fitri. Kata id di kalangan penutur bahasa Arab asli memiliki arti merayakan. Sementara itu, kata fitri diambil dari bahasa Arab iftar yang berarti berbuka puasa.

Oleh karena itu, Idul Fitri merupakan hari merayakan kemenangan bagi umat muslim seusai berpuasa satu bulan penuh.

Kembalinya Seseorang dalam Keadaan Suci

Idul Fitri identik dengan tradisi saling memaafkan satu sama lain agar setiap manusia kembali suci dan memaafkan dari keburukan di masa lalu.

Momen Mempererat Silaturahmi

Selain saling memaafkan, Idul Fitri juga dijadikan momen untuk berkumpul bersama orang-orang tersayang. Tak jarang orang mudik ke kampung halamannya saat Idul Fitri demi mempererat silaturahmi dengan keluarga dan para kerabat.

Merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat.
Merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat.

Tradisi Idul Fitri di Indonesia 

Berikut adalah beberapa tradisi yang dilakukan saat Idul Fitri di Indonesia.

Takbiran

Takbiran adalah tradisi mengumandangkan takbir yang dilakukan pada malam terakhir di bulan Ramadan. Tradisi ini biasanya dimeriahkan oleh pemuda dan anak-anak dengan berkeliling desa atau kampung sambil membunyikan beduk.

Makan Ketupat

Ketupat adalah makanan dengan bahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda. Cara menikmati ketupat adalah dimakan dengan sayur opor atau rendang.

Dikutip dari Medcom, ketupat atau kupat berasal dari bahasa Jawa ngaku lepat yang artinya mengaku bersalah, sesuai dengan tradisi saling memaafkan.

Mudik

Mudik merupakan tradisi yang dilakukan oleh para perantau menjelang Idul Fitri tiba. Meskipun biasanya harga tiket kendaraan umum menjadi lebih mahal dan terjadi kemacetan di mana-mana, kesempatan mudik demi berkumpul bersama keluarga tetap menjadi momen yang penting.

Jika kamu ingin mengetahui tradisi Idul Fitri di belahan dunia lainnya, baca selengkapnya dalam artikel 7 Tradisi Idul Fitri di Berbagai Negara, Unik dan Meriah.

Ingin Melanjutkan Studi di Arab? Segera Kuasai Bahasanya!

Melanjutkan studi di negara-negara berbahasa Arab akan lebih mudah jika menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Arab di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya tentang belajar bahasa asing.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.