7 Tradisi Idul Fitri di Berbagai Negara, Unik dan Meriah

tradisi idul fitri

Program Lister – Penasaran seperti apa perayaan Idul Fitri di berbagai negara? Kalau kamu saat ini sedang tinggal di luar negeri untuk bekerja atau kuliah, pasti merasakan tradisi unik Idul Fitri di setiap negara yang berbeda-beda.

Indonesia

Beberapa tradisi unik dari perayaan Idul Fitri di Indonesia adalah dimulai dengan melakukan salat Ied. Kemudian, dilanjutkan dengan berkumpul bersama keluarga atau berkunjung ke rumah kerabat dan tetangga terdekat.

Salah satu tradisi yang sangat ikonik saat lebaran adalah mudik, yakni orang yang bekerja atau kuliah di luar kota akan kembali ke kampung halaman demi merayakan hari raya bersama keluarga.

Halal bihalal juga menjadi tradisi di Indonesia pada saat maupun sesudah Lebaran. Pada acara ini, hadirin datang untuk bersilaturahmi, saling meminta maaf, dan merayakan momen hari raya.

Acara halal bihalal tidak terbatas pada keluarga saja, tetapi juga dapat diadakan di antara teman, kolega, kelompok masyarakat, maupun tetangga.

Salat Ied bersama keluarga.
Salat Ied bersama keluarga.

India

Sebagai bagian dari persiapan Idul Fitri, para perempuan di India mengenakan mehndi atau henna pada tangannya mulai dari satu hari sebelum hari raya.

Mehndi, pakaian yang meriah, perhiasan, dan gelang tradisional yang berwarna-warni adalah ciri khas perayaan Idul Fitri bagi wanita di India.

Pada hari raya, rumah-rumah akan diterangi dengan cahaya yang mewah. Kemudian, tersaji hidangan khas yang meriah seperti biryani daging kambing dan hidangan penutup sheer khurma (puding bihun yang terbuat dari susu, kurma, dan kacang).

Maldives

Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Maldives atau Maladewa ditandai dengan sajian makanan unik untuk setiap anggota rumah dan tamu yang diundang.

Selain itu, menggunakan baju baru juga menjadi bagian dari tradisi. Masyarakat Maldives saling memberi ucapan dengan “Eid Mubarak” atau salam Idul Fitri lainnya. Pada malam hari, perayaan berlangsung dengan musik, tarian, dan hiburan lainnya seperti Boduberu, yaitu lagu campuran tradisional khas Maladewa dan tarian untuk laki-laki dan perempuan.

Tradisi penting lainnya saat Idul Fitri adalah Koadi Kendun, sebuah permainan tradisional yang diikuti seluruh masyarakat dan Maali Erun, sebuah parade kostum berdasarkan tokoh-tokoh dalam cerita rakyat.

Turki

Di Turki, Idul Fitri dikenal sebagai Ramazan Bayramı (Festival Ramadan) atau Şeker Bayramı (Festival Makanan Manis).

Masyarakat Turki mengenakan baju baru yang disebut dengan bayramlık dan saling menyelamati satu sama lain dengan Bayramınız Mübarek Olsun yang berarti “Semoga Bayram (Idul Fitri) Anda penuh berkah.”

Perayaan Idul Fitri.
Perayaan Idul Fitri.

Malaysia dan Singapura

Di Malaysia dan Singapura, laki-laki dan perempuan mengenakan pakaian tradisional saat Idul Fitri, yaitu baju kurung. Menariknya, masyarakat nonmuslim di Malaysia juga biasanya turut mengenakan pakaian serupa untuk menghormati teman-teman atau keluarga muslim.

Umumnya seluruh anggota keluarga mengenakan warna dan pola yang sama.

Uni Emirat Arab (UEA)

Hari pertama Idul Fitri di UAE biasanya dihabiskan bersama dengan keluarga, yakni menjalankan salat Ied bersama. Selanjutnya, anggota keluarga akan makan bersama di rumah kakek-nenek atau keluarga besar.

Makanan tradisional umat muslim UAE saat Idul Fitri di antaranya adalah harees (bubur gandum dan daging) dan balaleet (bihun manis dengan telur dadar atau telur goreng).

Kuliner khas Arab memang menggoda dengan rempahnya yang kaya. Simak ulasan tentang kuliner masyarakat Arab dalam artikel 25 Makanan Khas Arab, Cita Rasa Rempah Eksotik Nan Lezat.

Rayakan Idul Fitri di Luar Negeri dengan Bekal Bahasa Asing!

Ingin merasakan kemeriahan tradisi Idul Fitri di luar negeri? Jangan lupa bekali diri dengan keterampilan berbahasa asing! Temukan kursus bahasa asing yang tepat untukmu dalam Program Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Untuk informasi promo dan fakta unik belajar bahasa asing lainnya, ikuti Instagram Lister.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.