Baklava, Si Manis dari Turki yang Renyah nan Menggoda

baklava

Kursus Bahasa Turki – Bagi pecinta hidangan manis, wajib hukumnya mencoba baklava dari Turki. Hidangan ini adalah salah satu oleh-oleh populer dari Turki karena memiliki rasa dan tekstur yang khas.

Apa itu baklava?

Baklava adalah hidangan penutup populer yang berasal dari Turki. Makanan ini terbuat dari lapisan pastry berisi kacang pistachio dan disiram madu atau sirup, kemudian dipanggang hingga tercipta tekstur renyah.

Selain di Turki, baklava juga umum ditemukan di negara lain seperti Iran, Irak, dan Syria.

Kuliner ini sering ditemukan di rumah-rumah warga Turki sebagai suguhan bagi tamu yang datang, suguhan di upacara pernikahan, sebagai oleh-oleh, maupun dijadikan takjil selama bulan Ramadhan.

Asal-usul Baklava

Penganan manis nan renyah ini memiliki sejarah panjang dalam khazanah kuliner Turki. Bagaimana awal mula kemunculannya?

Dari mana baklava berasal?

Baklava memiliki sejarah yang panjang. Tak mengherankan jika banyak negara yang mengklaim baklava sebagai makanan khasnya.

Mengutip dari Historia, sejarawan Turki menjelaskan bahwa nama baklava dipinjam dari bahasa Turki Ottoman, sedangkan beberapa lainnya meyakini baklava berasal dari kata Mongolia, yaitu bayla yang artinya mengikat atau membungkus.

Sementara orang-orang Armenia menegaskan kata baklava berasal dari bahasa mereka, yakni bakh yang berarti prapaskah dan halvah yang berarti manis.

Dikutip dari Daily Sabah, perdebatan tersebut membuat Turkish Standards Institute merilis pernyataan bahwa nama baklava berasal dari Turki. Baklava dalam bahasa Turki kuno disebut juga baklagu atau baklagi.

Sejarah Baklava

Catatan sejarah sejauh yang dapat ditelusuri mengungkapkan istilah baklava pertama kali disebutkan oleh seorang penyair Turki bernama Kaygusuz Abdal. Ia menuliskan “dua ratus baki baklava“.

Dalam catatan ini disebutkan pula bahwa beberapa baklava dibuat dengan kacang badam, sedangkan lainnya dengan lentil. 

Selain itu, ditemukan jejak sejarah tentang baklava dalam buku catatan dapur Istana Topkapi. Menurut laporan ini, penganan tersebut dipanggang di istana pada tahun 1473.

Satu dekade kemudian, keberadaan baklava kembali tercatat sebagai hidangan yang disajikan saat pesta khitan putra sultan. Dalam catatan tertulis, “bernampan-nampan baklava berlapis banyak, terbuat dari adonan pastry yang tipis”.

Baklava.
Baklava.

Perkembangan Resep Baklava

Resep baklava telah mengalami perkembangan dari masa ke masa untuk menyesuaikan dengan preferensi selera makan masyarakat.

Dilansir dari Gulf Times, orang Yunani berperan menciptakan teknik membuat lapisan pastry tipis yang khas pada baklava. Para pedagang Armenia di jalur rempah dan sutra memiliki andil dalam ditambahkannya cengkeh dan kayu manis di resep tersebut.

Disusul dengan orang Arab yang menambahkan air mawar dan air bunga jeruk pada baklava agar menciptakan aroma yang khas.

Tak hanya baklava, makanan lainnya yang populer sebagai oleh-oleh dari Turki adalah Turkish Delight. Seperti apa rasanya? Berikut penjelasannya dalam artikel Mencicipi Turkish Delight, Penganan Legit Khas Turki-Persia.

3 Fakta tentang Baklava

Masyarakat Turki sangat menggemari penganan yang satu ini. Tak hanya memiliki sejarah panjang, baklava juga identik dengan budaya khas Turki lainnya.

Identik dengan Ramadan

Pada akhir abad ke-17, baklava disajikan bagi tentara pasukan kerajaan. Camilan manis ini disajikan menggunakan baki yang diantar ke barak diiringi barisan parade yang dinamakan Prosesi Baklava.

Hingga kini, baklava masih menjadi takjil andalan saat bulan Ramadan.

Dulu hanya dapat dinikmati pejabat dan orang kaya

Hingga abad ke-19, baklava adalah hidangan mewah yang khusus disajikan bagi para pejabat dan orang kaya. Kuliner manis ini juga menjadi suguhan yang khas pada acara pesta tertentu.

Dalam proses pembuatannya, dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dengan tetap mempertahankan unsur budaya yang kental di dalamnya. Setiap lapisan pastry harus disusun setipis mungkin yang membutuhkan waktu lama. Hal ini menjadikan baklava sebagai kuliner mewah.

Namun seiring berkembangnya zaman, baklava dapat ditemui di mana saja dengan mudah, baik di toko oleh-oleh atau e-Commerce.

17 November merupakan Hari Nasional Baklava di Turki

Menurut Turkish Baklava Dubai, banyak warga Turki yang membuat baklava setiap 17 November yang diperingati sebagai Hari Baklava Nasional. Beragam variasinya juga akan tersedia di berbagai toko makanan Turki.

Ingin Tinggal di Turki? Mulai Pelajari Bahasanya!

Tinggal di Turki akan lebih mudah jika kamu menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Turki di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.