9 Oleh-Oleh Khas Turki yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

oleh-oleh khas turki

Kursus Bahasa Turki – Jika berkunjung ke Turki, ada berbagai macam oleh-oleh yang wajib kamu cicipi atau kamu jadikan cendera mata bagi orang tersayang. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Oleh-Oleh Kuliner Khas Turki

Berikut adalah empat kuliner populer dari Turki yang wajib kamu coba dan bisa dibawa pulang sebagai tanda mata untuk orang di rumah.

Turkish Delight

Turkish Delight adalah manisan berbentuk jeli yang terbuat dari pati dan gula. Di Turki, makanan ini sering disebut lokum yang diambil dari bahasa Arab al-halkum atau rat al-ulqm, artinya penyejuk tenggorokan.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang Turkish Delight? Baca selengkapnya dalam artikel Mencicipi Turkish Delight, Penganan Legit Khas Turki Persia.

Baklava

Baklava merupakan sejenis roti kering yang terbuat dari lapisan pastry dengan isian kacang pistachio dan siraman sirup atau madu. Hidangan penutup ini sangat terkenal di daerah Timur Tengah.

Kamu bisa dengan mudah menemukan baklava di berbagai kota di Turki, terutama Gaziantep. Bahkan, kini baklava juga bisa dijumpai di Indonesia dengan rasa yang tidak kalah nikmat.

Rempah-rempah Turki

Turki merupakan salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah. Kamu dapat mengunjungi pasar rempah-rempah tertua kedua di Istanbul bernama Spice Bazaar.

Pasar ini menjual berbagai macam rempah, mulai dari saffron, cabai, kacang-kacangan, buah kering, hingga madu. Saking terkenalnya di kalangan turis, sebagian besar pedagang di sana fasih berbahasa Inggris. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kendala bahasa.

Simit

Simit.
Simit.

Dikutip dari Cairo Food, simit adalah roti khas Turki yang berbentuk seperti donat kepang. Roti ini sekilas terlihat seperti gabungan antara pretzel dan bagel.

Simit biasa dihidangkan dengan secangkir teh, irisan mentimun, tomat, keju feta, dan buah zaitun. Bisa juga dijadikan camilan dengan olesan mentega, selai, keju, atau cukup dimakan polos tanpa tambahan apa-apa.

Oleh-Oleh Cendera Mata Khas Turki 

Berikut beberapa kerajinan indah dan unik dari Turki yang wajib kamu beli.

Nazar Boncugu

Nazar Boncugu.
Nazar Boncugu.

Nazar boncugu atau biasa disebut evil’s eye dipercaya masyarakat Turki sebagai jimat yang dapat mengusir hal negatif dan nasib buruk. Nazar boncugu biasanya dijadikan gantungan kunci atau dekorasi rumah, serta dapat ditemui di tempat umum di Turki.

Nazar boncugu berbentuk bulat dengan warna biru yang dominan, serta titik hitam di tengahnya. Warna biru dimaksudkan sebagai lambang kedamaian. Kerajinan ini umumnya terbuat dari kaca dan terdiri dari berbagai ukuran.

Karpet motif

Istanbul sebagai kota terbesar di Turki terkenal dengan kerajinan karpet yang berkualitas tinggi. Karpet-karpet ini memiliki berbagai warna dan motif khas Turki yang indah.

Kamu dapat menemukan pilihan karpet yang beragam di Grand Bazaar. Di sini tersedia berbagai jenis ukuran karpet dengan banyak variasi harga yang bisa kamu pilih.

Batu Oltu

Batu Oltu merupakan batu amber hitam yang mempunyai karakteristik unik. Teksturnya ringan tetapi dapat membakar permukaan yang menggosoknya.

Batu ini biasa digunakan untuk membuat tasbih, cincin, atau kalung. Jika tertarik mendapatkan batu Oltu, kamu bisa mengunjungi kota Erzurum yang merupakan distrik pengrajin batu Oltu.

Cezve

Turki memiliki teknik khusus dalam menyeduh kopi yang sudah ada sejak abad ke-15, yakni metode Turkish Coffee. Teknik ini disebut-sebut sebagai salah satu metode menyeduh kopi tertua dalam sejarah.

Kamu dapat menyeduh kopi arabika menggunakan pot khusus yang disebut dengan cezve agar menghasilkan rasa dan aroma yang lebih nikmat. Jika kamu adalah pecinta kopi, maka kamu wajib memiliki cezve untuk mendapat sensasi baru dalam menikmati kopi.

Tembikar Iznik

Tembikar Iznik.
Tembikar Iznik.

Iznik merupakan nama daerah di Turki yang terkenal sebagai pusat kerajinan keramik hias. Sejak abad ke-15, para pengrajin di kota Iznik telah memproduksi keramik hias berkualitas tinggi.

Salah satu alasan keramik Iznik populer adalah ciri khas desainnya yang indah tetapi rumit. Keindahan motifnya berasal dari gabungan budaya Ottoman dan China. 

Ingin Traveling ke Turki? Mulai Pelajari Bahasanya!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Turki adalah menguasai bahasanya. Daftarkan dirimu dengan mengikuti di Kursus Bahasa Turki di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya tentang belajar bahasa asing.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.