Sejarah, Fakta, dan Destinasi Pilihan di Lisbon, Ibu Kota Portugal

ibu kota portugal

Kursus Bahasa Portugis – Lisbon merupakan ibu kota Portugal yang juga merupakan salah satu kota terbesar di Eropa Selatan. Berikut sejarah singkat, fakta menarik, hingga destinasi wisata di Lisbon yang mesti kamu ketahui.

Sejarah Ibu Kota Portugal, Lisbon

Lisbon didirikan oleh masyarakat Fenisia pada abad ke-12 SM, sebelum akhirnya dikuasai oleh bangsa Romawi pada abad ke-2 SM. Kawasan ini sempat menjadi bagian dari Kekhalifahan Umayyah pada abad ke-8 M, tetapi kemudian dikuasai oleh orang-orang Moor dari abad ke-8 M hingga abad ke-12 M.

Pada abad ke-12, Lisbon direbut oleh Raja Afonso Henriques dan dijadikan ibu kota Kerajaan Portugal. Kota ini berhasil menjadi pusat perdagangan internasional pada masa itu, terutama dalam perdagangan rempah-rempah dan emas dari Brasil.

Lisbon juga menjadi titik awal di mana penjelajah Portugis seperti Vasco da Gama dan Christopher Columbus memulai perjalanan mereka. Menurut Lisbon Lisboa Portugal, nama Vasco da Gama diabadikan menjadi nama jembatan sepanjang 17 km di ibu kota Portugal tersebut.

Dilansir dari UNESCO, pada 1 November 1755, Lisbon sempat mengalami gempa bumi besar yang menghancurkan sebagian besar infrastruktur kota dan menewaskan sekitar 60.000 orang. Usai kejadian itu, Lisbon dibangun ulang di bawah arahan Marquis of Pombal dengan mendirikan bangunan tahan gempa yang menggunakan inovasi terbaru.

3 Fakta tentang Lisbon

Berikut adalah beberapa fakta unik tentang Lisbon yang perlu kamu tahu.

Dijuluki Kota Tujuh Bukit

Lisbon terkenal karena pemandangannya yang indah. Salah satu alasannya adalah kota ini memiliki tujuh bukit.

Kontur geografis ini membuat Lisbon memiliki jalan yang curam. Puncak tertinggi di antara ketujuh bukit tersebut dinamai Miradouro yang berarti gardu pandang.

Musik Fado

Fado adalah musik tradisional Portugal yang bisa kamu temui diputar di bar-bar kecil di Lisbon. Fado memiliki latar belakang historis yang sedih.

Secara harfiah, fado berarti “takdir” atau “nasib” yang bermakna memahami keindahan dalam kesedihan dan menerima penderitaan yang kejam.

Dikutip dari BBC, tradisi ini berasal sejak dua abad yang lalu dari kalangan pekerja di Lisbon. Para penyanyi fado yang pertama, disebut dengan fadistas, merupakan pelacur dan istri para nelayan yang suaminya tak kembali dari laut.

Menara Belem

Menara Belem.
Menara Belem.

Menara dengan bentuk menyerupai benteng catur ini adalah salah satu bangunan terkenal di Lisbon yang dijadikan situs warisan budaya oleh UNESCO pada tahun 1983. Bangunan ini bahkan tidak hancur saat gempa di tahun 1755. Saat ini, Menara Belem terhitung sudah berdiri lebih dari 500 tahun.

Baca Juga: Cek Daftar Pecatur Terbaik Dunia yang Mesti Kamu Tahu!

5 Rekomendasi Destinasi di Lisbon

Tertarik mengunjungi Lisbon yang kaya akan budaya dan sejarah? Berikut rekomendasinya.

Kastel Sao Jorge

Kastel Sao Jorge adalah salah satu simbol kota yang paling ikonik di Lisbon. Di sini, kamu dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam.

Selama beberapa dekade, kastel ini difungsikan sebagai Istana Kerajaan dan sempat menjalani restorasi total pada tahun 1940-an.

Mosteiro dos Jeronimos

Mosteiro dos Jeronimos awalnya merupakan sebuah pertapaan kecil yang didedikasikan untuk Santa Maria. Dibangun oleh Infante D. Henrique pada tahun 1452, biara ini menjadi contoh arsitektur Manueline, yakni gaya arsitektur Portugis yang sangat dekoratif.

Kamu dapat menjelajahi gereja dan kapel di dalam biara serta mengunjungi museum di sekitarnya.

Praca do Comercio

Praca do Comercio.
Praca do Comercio.

Praca do Comercio adalah alun-alun megah di pusat kota Lisbon. Lapangan luas ini melambangkan kejayaan dan ambisi Portugal pada akhir abad ke-18.

Di sini terdapat patung megah yang didedikasikan untuk Raja Joseph I sebagai salah satu lapangan terindah di Eropa. Jika berkunjung ke alun-alun ini, kamu juga akan menemui banyak toko, restoran, dan kafe di mana kamu dapat menikmati suasana di sekitarnya.

Sebelum mengunjungi Lisbon, ada baiknya kamu mengetahui beberapa ungkapan dasar sehari-hari. Pelajari lewat artikel Bahasa Portugis Selamat Pagi dan Kata Sapaan Lainnya.

Alfama

Alfama adalah sebuah daerah bersejarah di Lisbon yang terkenal dengan jalan yang sempit dan rumah berwarna-warni. Hal ini menjadi daya tarik para fotografer dan pejalan kaki.

Fondasi Alfama yang kuat dan tersusun dari batuan dasar yang padat membuat kawasan ini selamat dari gempa bumi di tahun 1755.

Praia do Guincho

Praia do Guincho adalah pantai yang berada sekitar 30 menit dari pusat kota Lisbon. Pantai ini termasuk kawasan Taman Sintra-Cascais. Keindahan bukit pasir yang berwarna putih tampak kontras dengan Perbukitan Serra de Sintra yang menjulang di belakangnya.

Selain itu, kencangnya angin dan indahnya ombak juga menjadi destinasi khusus bagi peselancar dari berbagai tempat.

Ingin Tinggal di Portugal? Segera Kuasai Bahasanya!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Portugal adalah menguasai bahasanya. Bekali dirimu dengan keterampilan bahasa Portugis melalui Kursus Bahasa Portugis di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya tentang belajar bahasa asing.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.