Bahasa Portugis Selamat Pagi dan Kata Sapaan Lainnya

bahasa portugis selamat pagi

Kamu berencana bekerja atau kuliah di negara berbahasa pengantar Portugis? Kamu bisa mulai mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus bahasa Portugis.

Sementara itu, kamu bisa mempelajari berbagai kosakata bahasa Portugis. Termasuk di antaranya adalah sapaan dalam bahasa Portugis.

Bahasa Portugis Selamat Pagi

Salah satu kata sapaan yang lazim diucapkan adalah “selamat pagi”. Kata-kata ini digunakan untuk menyapa di pagi hari.

Ucapan “selamat pagi” dapat disampaikan siapa saja tanpa batasan usia maupun status sosial. Setiap bahasa memiliki padanan untuk ucapan “selamat pagi”, termasuk bahasa Portugis.

Apa bahasa Portugis dari kata sapaan “selamat pagi”? Padanan bahasa Portugis untuk ucapan tersebut adalah bom dia.

Kata sapaan sederhana seperti ini cukup untuk membuka percakapan dengan orang Portugis. Orang Portugis akan sangat menghargai usahamu menggunakan bahasa mereka.

Kata Sapaan dalam Bahasa Portugis

Selain bom dia, bahasa Portugis memiliki kata sapaan lainnya. Apa saja? Berikut daftarnya.

Olá – Halo

Olá berarti “halo”. Kata ini dapat digunakan dalam situasi sosial apapun. Olá cukup formal, tetapi juga menunjukkan keramahan.

Hati-hati dengan pelafalannya. Banyak yang salah melafalkannya dengan cara bahasa Spanyol. Pelafalan yang tepat untuk bahasa Portugis adalah “OH-lah”.

Oi – Hai

Oi adalah salah satu cara paling umum untuk menyapa sesama teman di Brazil. Walaupun begitu, kata ini tidak selazim olá. Oi tergolong informal dan menunjukkan keramahan.

Oi digunakan untuk menyapa teman yang sudah dikenal dekat. Namun tidak pernah digunakan untuk menyapa orang yang tidak begitu dikenal.

Tudo bem? – Apa kabar?

Kata sapaan ini juga umum digunakan. Kata sapaan “apa kabar” menunjukkan keramahan yang lebih bagi orang Portugis.

Ada beberapa variasi dari “apa kabar” dalam bahasa Portugis. Namun tudo bem adalah yang paling umum digunakan.

Boa tarde – Selamat siang

Kata sapaan boa tarde digunakan saat waktu makan siang sampai matahari terbenam. Boa tarde dilafalkan “boa TAHR-g” dalam Portugis-Brazil dan “boa TAHR-d” dalam Portugis-Eropa.

Boa noite – Selamat malam

“Selamat sore” atau “selamat malam” diartikan boa noite dalam bahasa Portugis. Di Brazil, kata sapaan tersebut dilafalkan “boa NOEE-tsh”. Sementara itu di Portugal dilafalkan “boa NOEE-t”.

Adeus – Selamat tinggal

Cara paling umum untuk mengucapkan “selamat tinggal” dalam bahasa Portugis adalah adeus. Kata ini dapat digunakan dalam situasi formal maupun informal.

Untuk situasi yang lebih informal, kamu dapat menggunakan kata tchau, artinya “dah”.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.