Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Banyak Pengaruh Bahasa Portugis di Indonesia, Apa Saja?

bahasa portugis di indonesia

Jika kamu ingin bekerja atau kuliah di negara-negara berbahasa pengantar Portugis, kamu bisa mulai mempersiapkan diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari bahasanya melalui kursus bahasa Portugis.

Tahukah kamu bangsa Portugis berpengaruh banyak terhadap Indonesia? Salah satunya dalam aspek kebahasaan.

Banyak kosakata bahasa Portugis yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Seperti apa sejarahnya dan contoh kata-kata yang diserap ke dalam bahasa Indonesia? Berikut ulasannya.

Sejarah Kedatangan Portugis di Indonesia

Setelah berhasil memijakkan kaki di Asia Tenggara dengan menguasai pelabuhan Malaka pada 1511, bangsa Portugis mengirim tim ekspedisi ke Indonesia dalam upaya mendominasi sumber perdagangan rempah-rempah. Mereka juga memiliki misi untuk memperluas upaya misionaris Katolik Roma.

Portugis melancarkan upaya awal membentuk koalisi dan perjanjian damai dengan Kerajaan Sunda pada 1522. Namun upaya tersebut gagal karena permusuhan di antara kerajaan-kerajaan di Jawa.

Portugis lalu bertolak ke Maluku. Melalui penaklukan militer dan aliansi dengan penguasa lokal, mereka mendirikan pos-pos perdagangan, benteng dan misi di Indonesia bagian timur termasuk Ternate, Ambon, dan Solor.

Menyusul kekalahan di Ternate di tangan penduduk asli pada tahun 1575, Portugis kehilangan banyak pos perdagangan dan sejumlah wilayah di tangan Belanda. Kekuasaannya menyusut di wilayah Solor, Flores, Timor, dan Nusa Tenggara saja.

Portugis memengaruhi sejumlah aspek kebudayaan di Indonesia. Di antaranya keberadaan musik keroncong serta nama-nama keluarga di Indonesia bagian timur seperti Costa, Dias, de Fretes, dan Gonsalves.

Kata Serapan dari Bahasa Portugis

Selain dari aspek kebudayaan, kehadiran bangsa Portugis turut memengaruhi sejumlah kosakata bahasa Indonesia. Diketahui bahasa Indonesia banyak menyerap kosakata dari bahasa lain, seperti bahasa Arab dan bahasa Belanda, walaupun akarnya berasal dari bahasa Melayu.

Berikut ini daftar berbagai kata dalam bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Portugis.

mentega – manteiga

keju – queijo

bendera – bandeira

meja – mesa

jendela – janela

gereja – igreja

sepatu – sapato

kemeja – camisa

Minggu – domingo

gudang – gudão

Inggris – Ingles

kampung – campo

kereta – carreta

Natal – natal

Paskah – Páscoa

palsu – falso

pesta – fiesta

Sabtu – sabado

tolol – tolo