Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

25 Makanan Khas Arab, Cita Rasa Rempah Eksotik Nan Lezat

makanan khas arab

Kursus Bahasa Arab – Makanan negara-negara Timur Tengah terkenal dengan bumbunya yang eksotik, rasa yang gurih, hingga tampilan yang menggugah selera. Salah satu negara terbesar di Timur Tengah yakni Arab,  memiliki sajian khas yang unik tersebut.

Inilah 25 makanan khas Arab yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana!

1. Falafel

Falafel adalah kacang arab yang digoreng dengan campuran tepung terigu dan bumbu khas Timur Tengah. Teksturnya lembut dengan cita rasa yang gurih. Falafel sering ditemukan di kios jajanan pasar tradisional atau menu camilan di restoran.

2. Hummus

hummus
hummus

Hummus merupakan saus cocolan gurih yang terbuat dari kacang arab (chickpeas), tahini, minyak zaitun, bawang-bawangan, dan jintan. Saus ini biasanya dikonsumsi langsung atau dioleskan pada roti, kentang, atau burger.

3. Yughmish

Makanan ini terbuat dari tepung gandum dengan isian daging yang lembut. Yughmish yang biasa dijadikan camilan ini dimasak dengan cara dipanggang.

4. Pita

pita makanan khas arab
pita

Pita adalah sajian roti khas Arab yang berbentuk seperti kantung. Pita biasanya dimakan dengan isian saus hummus, berbagai variasi sayuran, atau daging-dagingan.

5. Baba Ghanouj atau Moutabal

Bentuk baba ghanouj mirip dengan hummus, yaitu berupa saus cocolan dengan rasa gurih dan tekstur kental. Berbeda dengan hummus, baba gahnnouj atau moutabal ini terbuat dari terong dengan campuran bawang putih, minyak zaitun, tahini, dan air lemon.

6. Baklava

baklava
baklava

Baklava termasuk roti pastry yang berisi kacang walnut, mentega, dan madu. Rasanya manis dan sedikit gurih.

7. Tabouleh

tabouleh
tabouleh

Tabouleh adalah makanan vegetarian khas Arab yang terdiri dari tomat, daun mint, peterseli, couscous, dan daun bawang. Sering disebut sebagai salad, tabouleh lezat disajikan dingin dengan cita rasa segar.

8. Shawarma

Shawarma merupakan hidangan khas Arab dan negara Timur Tengah lainnya yang terbuat dari daging ayam, domba, kalkun, atau sapi dengan bumbu bawang putih. Dagingnya dipanggang dengan cara diputar di depan api, mirip dengan cara masak daging untuk kebab.

Shawarna biasanya dihidangkan dengan roti arab, pita, salad tabbouleh, fattoush, dan sayuran lainnya.

9. Fried Kibbeh

kibbeh makanan khas arab
kibbeh

Makanan ini mirip dengan roti goreng yang memiliki isian daging giling, bawang, dan kacang. Adonan bisa terbuat dari beras atau gandum bulgur. Fried kibbeh sangat cocok dimakan dengan hummus.

10. Kebab

Kebab berbahan dasar daging sapi, kambing, atau ayam yang dicampur dengan sayuran, mayones, dan saus. Seluruh isian ini dibungkus dengan kulit tortilla yang dipanggang. Dengan rasa yang gurih dan segar, kebab cukup populer di berbagai negara Timur Tengah. 

Negara Timur Tengah tidak hanya terkenal dengan makanannya tetapi juga bahasanya. Temukan lebih dalam mengenai fakta unik bahasa Arab pada artikel Fakta-fakta Unik Tentang Bahasa Arab.

11. Manakeesh

manakeesh makanan khas arab
manakeesh

Manakeesh merupakan pizza Arab. Biasanya topping manakeesh terdiri dari keju, daging giling, atau zaatar (rempah-rempah). 

Manakeesh cocok dimakan untuk sajian makan siang atau sarapan pagi. 

12. Halloumi panggang

halloumi panggang makanan khas arab
halloumi panggang

Makanan ini merupakan keju panggang yang terbuat dari susu kambing atau domba. Keju ini berbeda dengan keju pada umumnya, karena tidak menggunakan asam atau bakteri dalam proses pembuatannya.

13. Foul meddamas

Foul meddamas terbuat dari kacang fava, bawang merah, bawang putih, minyak zaitun, dan lemon. Dari segi tampilan, sup kacang ini terlihat tidak menggugah selera, tetapi kelezatannya tidak tertandingi. 

14. Fattoush

Salad dengan rasa segar, asam, manis, dan asin ini terdiri dari potongan kecil selada, roti pita, tomat, timun, bawang merah, bawang putih, dan daun mint. Fattoush terkenal sebagai salad yang menyegarkan dengan campuran lemon, dan bawang-bawangan. 

15. Umm ali

umm ali makanan khas arab
umm ali

Umm ali merupakan puding roti yang dimasak dengan krim dan susu. Selain itu ada juga yang terbuat dari croissant, kismis, vanila, dan kacang pistachio.

16. Shanklish

Ini adalah keju khas Arab yang terbuat dari susu sapi atau kambing. Shanklish dibentuk sebesar bola golf dan dilumuri dengan rempah zaatar atau bubuk cabai.

Shanklish sering dikonsumsi dengan potongan tomat, bawang, dan minyak zaitun.

17. Pilaf

pilaf makanan khas arab
pilaf

Pilaf merupakan hidangan nasi gurih khas Timur Tengah yang disajikan dengan sayuran. Beras yang digunakan biasanya beras basmati, jasmine, atau beras putih biasa. Dikutip dari Restaurant Clicks, sayuran yang digunakan sebagai pelengkap hidangan ini adalah potongan kacang almond, wortel, buah kering, atau kacang polong.

 18. Shish tawook

Sate khas Timur Tengah ini terbuat dari ayam dengan bumbu bawang putih. Biasanya disajikan dengan gorengan dan roti pita.

19. Dolma

dolma makanan khas arab
dolma

Dolma memiliki bentuk yang mirip dengan arem-arem khas Indonesia. Hanya saja isiannya adalah sayuran atau daging domba yang dibungkus dengan daun anggur.

20. Kofta

Kofta adalah campuran daging domba atau daging sapi dengan bumbu pedas dan bawang. Hidangan ini berbentuk silinder yang digoreng atau dipanggang dengan saus pedas. Biasanya kofta disajikan dengan tusukan menyerupai tampilan sate.

21. Mansaf

Mansaf terbuat dari daging domba yang dimasak hingga lembut dengan yogurt, kacang almond, dan kacang lainnya. Makanan yang diadaptasi dari Yordania ini biasanya dimakan dengan nasi.

22. Knafeh

knafeh makanan khas arab
knafeh

Knafeh adalah cheesecake khas negara-negara Timur Tengah yang menggunakan keju Nabusi. Kue dengan tampilan yang menarik ini sering menjadi hidangan penutup dengan rasa manis dan legit.

23. Samboosa atau Samosa

samboosa makanan khas arab
samboosa atau samosa

Samboosa adalah kudapan ringan yang mirip dengan pastel. Samboosa berbentuk segitiga dengan isian potongan ayam, kambing, kentang, atau sayuran.

Sering dikonsumsi pada bulan Ramadhan, samboosa menggunakan bumbu kari yang disajikan dengan yogurt, irisan bawang bombay, dan chutney. Tradisi Ramadhan di setiap negara berbeda-beda, simak artikel Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara, Ternyata Seperti Ini untuk mengetahui kekhasan masing-masing negara.

24. Kushari

Kushari adalah hidangan nasi, makaroni, potongan spaghetti dengan saus tomat, kacang arab, dan bawang goreng. Nasi dengan cita rasa gurih ini cocok untuk vegetarian karena tidak menggunakan protein hewani.

25. Mutabbaq

Berdasarkan I Knead To Eat, mutabbaq terkenal sebagai martabak Arab yang terbuat dari campuran telur dan daging. Penjaja mutabbaq mudah ditemui di jajanan pinggir jalan Arab Saudi. Rasanya gurih dan memiliki tekstur renyah.

Pelajari Tradisi Arab Melalui Bahasanya!

Tak hanya untuk berwisata kuliner khas Arab, kemampuan bahasa Arab penting untuk berkomunikasi dalam studi, bekerja, hingga tinggal di sana.

Untuk mewujudkan impianmu, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Arab Lister.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo menarik informasi belajar bahasa asing lainnya.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!