Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Thanksgiving adalah: Sejarah, Hidangan, dan Cara Merayakan

thanksgiving adalah

Program Lister – Dalam banyak kebudayaan populer seperti film atau novel, salah satu tradisi Amerika Serikat yang sering muncul adalah perayaan Thanksgiving. Thanksgiving adalah tradisi dan hari libur penting di masyarakat Amerika, terutama sebagai kesempatan berkumpul bersama keluarga dan teman terdekat.

Bagaimana awalnya perayaan ini muncul?

Thanksgiving adalah

Thanksgiving adalah hari libur nasional di Amerika Serikat yang dirayakan setiap tahun pada hari Kamis keempat di bulan November. Sementara itu di Kanada, Thanksgiving dirayakan pada hari Senin kedua di bulan Oktober.

Pada awalnya, Thanksgiving adalah perayaan atas hasil panen yang berlimpah. Perayaan ini sering dikaitkan dengan peristiwa keagamaan dan tradisi budaya. Namun seiring berjalannya waktu, Thanksgiving menjadi perayaan yang umum bagi setiap kalangan, serta menjadi hari libur sekuler.

Sejarah

Asal-usul perayaan Thanksgiving berkaitan erat dengan sejarah datangnya kolonial di Amerika. Pada mulanya, dataran tersebut dihuni penduduk asli Wampanoag, tepatnya di wilayah yang saat ini dikenal dengan nama Massachusetts dan Rhode Island.

Suku Wampanoag telah menghuni kawasan tersebut selama lebih dari 12 ribu tahun. Mereka hidup dengan hasil panen dan buruan dari generasi ke generasi.

Dikutip dari National Geographic, kaum pendatang yang awalnya datang di Amerika adalah Koloni Plymouth, yakni kelompok Protestan Inggris yang menyebut diri mereka sebagai kaum Puritan. Mereka ingin melepaskan diri dari Gereja Inggris dan pindah ke Belanda.

Dengan bantuan dana dari pedagang Inggris, mereka menyeberangi Samudra Atlantik pada 1620 menuju dataran yang disebut dengan Dunia Baru. Setelah persediaan menipis dan munculnya penyakit menular di kapal, mereka mendarat di tempat yang kini disebut dengan Cape Cod, Massachusetts.

Perjanjian dengan Penduduk Asli

Kaum Puritan bersiap menghadapi musim dingin dengan mengumpulkan makanan. Suatu ketika Samoset, pemimpin Abenaki, dan Tisquantum alias Squanto, mendatangi kelompok pendatang tersebut.

Squanto adalah suku Wampanoag yang pernah diculik oleh kapten kapal asal Inggris, kemudian dijual sebagai budak. Ia kabur dari London dan berhasil kembali ke tanah kelahirannya. Ia pun mampu berbahasa Inggris.

Squanto membantu para pendatang dengan mengajari cara menanam jagung dan membuat lahan lebih subur. Setelah beberapa pertemuan, terjadi perjanjian resmi di antara pendatang dengan penduduk asli. Pada Maret 1621, mereka berjanji untuk saling melindungi dari kelompok atau suku lain.

Thanksgiving Pertama

Pada musim gugur, empat orang dari kelompok pendatang berburu untuk perayaan panen. Suku Wampanoag mendengar letusan senapan dan memperingatkan pemimpin mereka, Massasoit. Mereka mengira para pendatang tengah mempersiapkan perang.

Massasoit membawa 90 orang dan mengunjungi kelompok pendatang. Mereka mendapati fakta bahwa kelompok tersebut hanya sedang berburu untuk merayakan panen. Massasoit pun mengirim beberapa orang untuk membantu perburuan rusa.

Selama tiga hari, kelompok pendatang dan penduduk asli berpesta rakyat. Makanan yang dihidangkan terdiri dari daging rusa, jagung, ikan, dan lain-lain. Mereka melakukan permainan tradisional, bernyanyi, dan menari bersama.

Pada mulanya, perayaan ini tidak berkaitan dengan rasa syukur dan ritus ibadah keagamaan. Ungkapan syukur secara keagamaan baru tercatat pada Thanksgiving di Plymouth dua tahun kemudian, yakni pada 1623. Pada perayaan tersebut, kaum kolonial mengucapkan syukur kepada Tuhan atas turunnya hujan setelah kekeringan selama dua bulan.

Perpecahan

Kehidupan harmonis antara penduduk asli dan kelompok kolonial hanya bertahan selama beberapa generasi. Perpecahan dan pertumpahan darah muncul, yang kemudian menimbulkan konflik berkepanjangan.

Bagi masyarakat Wampanoag, Thanksgiving menjadi hari peringatan pertumpahan darah leluhur mereka. Sejak 1970, penduduk asli Amerika berkumpul di patung Massasoit di Plymouth, Massachusetts setiap Thanksgiving untuk memperingati perjuangan leluhur Wampanoag.

Thanksgiving di Masa Modern

Pada 1863, Presiden Abraham Lincoln menetapkan dua hari Thanksgiving nasional. Thanksgiving pertama jatuh pada bulan Agustus untuk memperingati Pertempuran Gettysburg saat Perang Saudara, dan yang kedua jatuh pada bulan November sebagai ungkapan syukur.

Thanksgiving kedua inilah yang dirayakan di masa modern. Momen tersebut menjadi kesempatan berkumpul bersama keluarga dan teman terdekat untuk bersyukur atas kebersamaan yang dialami. Tak hanya itu, Thanksgiving menjadi liburan nasional yang ditunggu-tunggu.

thanksgiving

Hidangan Khas Thanksgiving

Perayaan Thanksgiving berfokus pada makanan yang berlimpah. Maka dari itu, perayaan biasanya tak berlangsung pada hari Kamis saja. Makanan yang tersisa dapat disimpan untuk keesokan harinya, bahkan sampai akhir pekan.

Kalkun

Kalkun adalah salah satu hidangan khas yang hampir selalu ada saat perayaan Thanksgiving. Kalkun tersebut dapat dimasak dengan cara dipanggang, diasap, diasinkan, atau digoreng.

Kalkun yang dipanggang secara utuh biasanya diisi dengan berbagai macam sayuran. Setelah dipanggang di dalam kalkun, isian tersebut akan terasa sangat nikmat.

Mashed potato

Mashed potato atau kentang tumbuk adalah pasangan yang tepat untuk berbagai hidangan daging Thanksgiving.

Pai

Pai adalah makanan penutup yang cocok dalam perayaan Thanksgiving karena rasanya manis. Beberapa variasi pai yang populer adalah labu, ubi jalar, kacang, dan apel.

thanksgiving 1

Perayaan Thanksgiving

Selain makan bersama, apa saja yang biasanya dilakukan orang Amerika untuk merayakan ungkapan rasa syukur tersebut?

Pulang kampung

Thanksgiving adalah momen berkumpul bersama keluarga. Mereka yang merantau akan pulang ke rumah keluarga untuk merayakannya.

The Turkey Pardon

Setiap tahunnya saat Thanksgiving, Presiden Amerika Serikat akan menerima hadiah dua ekor kalkun hidup. Di Gedung Putih, sang presiden akan memberikan “pengampunan” kepada kalkun tersebut agar tidak dipotong. Kalkun tersebut kemudian dikembalikan ke peternakan.

Mematahkan tulang kalkun

Wishbone, yakni tulang garpu yang terdapat di bagian dada kalkun, harus dipatahkan menurut tradisi Thanksgiving. Setelah dagingnya diambil, akan tampak wishbone.

Sesuai tradisi, dua orang memegang kedua ujung wishbone tersebut, kemudian menariknya secara bersamaan sampai patah. Orang yang mendapat bagian wishbone lebih panjang harus mengucapkan permohonan.

Berkumpul dengan keluarga

Setelah makan bersama, keluarga dapat berkumpul bersama dan melakukan kegiatan santai. Misalnya menonton televisi, mengobrol, jalan-jalan, dan lain-lain.

Menonton parade

Parade Thanksgiving oleh Macy adalah salah satu parade paling meriah. Parade Macy diadakan pertama kali pada 1924.

Belanja

Setelah hari perayaan syukur, ada Black Friday yang menjadi awal musim liburan di Amerika Serikat. Saat Black Friday, banyak toko yang akan mengadakan diskon besar-besaran. Masyarakat pun penuh dengan euforia berbelanja dari satu toko ke toko lainnya.

Perayaan syukur atas hasil panen tidak hanya ada di Amerika Serikat. Di banyak negara, terdapat tradisi serupa, salah satunya adalah di Korea Selatan yang disebut dengan Chuseok. Berikut ulasannya dalam artikel Chuseok adalah Thanksgiving ala Korea, Begini Meriahnya!

Tertarik Belajar Berbagai Kebudayaan di Dunia? Awali dengan Belajar Bahasa Asing

Sudah tahu bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Kamu akan menemukan kelas yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Untuk informasi promo dan fakta unik belajar bahasa asing lainnya, ikuti Instagram Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!