Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Omamori, Jimat Sakti untuk Ketenangan dan Kekuatan di Jepang

omamori

Kursus Bahasa Jepang – Di tengah era modern ini, Jepang masih menjaga kebudayaan lokalnya dengan taat hingga sekarang. Omamori, sebuah benda unik nan cantik ini memiliki arti yang penting untuk kehidupan orang-orang Jepang. Mari simak lebih dalam mengenai omamori, yuk!

Apa itu Omamori?

Omamori adalah jimat keberuntungan yang dipercaya dapat melindungi kehidupan orang yang memilikinya. Dapat dijadikan dekorasi gantungan kunci, omamori berbentuk mungil seperti kantung kecil dengan hiasan yang indah dan unik.

Selain omamori, ada juga budaya Jepang yang tak kalah unik yaitu gyaru. Baca ulasannya dalam artikel Mengenal Gyaru, Fashion dan Budaya Jepang yang Nyentrik!

Asal-usul Omamori

Omamori muncul sejak Zaman Heian atau sekitar 1400-1000 SM. Pada zaman itu, kuil memiliki pengaruh besar dalam kehidupan bermasyarakat dan dipercaya sebagai sumber kekuatan.

Namun saat itu sarana transportasi menjadi kendala. Ada banyak orang yang tinggal jauh di pelosok dan tidak bisa mengunjungi kuil. Oleh karena itu, omamori dibuat sebagai jimat ketenangan dan perlindungan.

Macam-macam Omamori

Berdasarkan Live Japan, omamori memiliki berbagai jenis bentuk yang masing-masing unik, antara lain:

Hukuro mamori

omamori
hukuro omamori

Omamori ini memiliki bentuk seperti tas kecil.

Omamori ya

Bentuknya seperti panah yang disebut sebagai “hama-ya”. Hama berarti mengalahkan roh jahat.

Ofuda, Mamori fuda

Terbuat dari kayu yang didalam diisi dengan ofuda. Omamori ini selalu dibungkus dengan kertas putih dan dipercaya melindungi kekuatan dan kebersihan ofuda.

Suzu mamori

Bentuknya seperti lonceng. Omamori jenis ini dipercaya bunyinya dapat menakuti roh jahat. Suzu mamori ini diyakini dapat melindungi pemiliknya.

Bagaimana mendapatkan omamori?

Omamori bisa dibeli di kuil, tepatnya di jimusho, shamusho, atau juyosho. Walaupun memiliki bentuk yang kecil dan menggemaskan, tetapi omamori memiliki makna religius yang mendalam.

Setiap omamori merupakan sebuah bentuk pemberian dari Hotoke (Buddha) secara langsung. Di dalamnya tersimpan doa-doa, sehingga tidak hanya dianggap sebagai pembelian, tetapi dedikasi.

Cara Merawat Omamori

Omamori sebaiknya disimpan di rumah pada tempat yang bersih dan terang. Jika memungkinkan, omamori diletakkan lebih tinggi di atas garis mata.

Idealnya, omamori ditaruh di lokasi yang menghadap sinar terang langsung, bisa di arah utara atau timur.

4 Fakta Menarik Omamori

  1. Orang Jepang bukanlah masyarakat yang sangat religius, tetapi masih banyak yang menyimpan omamori. Biasanya mereka mengambil omamori saat tahun baru pada kunjungan pertama ke kuil atau saat ada peristiwa penting dalam hidup. Tradisi ini disebut dengan hatsumode, yang dibahas secara lengkap dalam artikel Ke Jepang saat Tahun Baru? Jangan Lupa Ikuti Hatsumode!
  2. Omamori tidak boleh dibuka untuk melindungi kesakralannya.
  3. Omamori dilarang untuk dibuang jika sudah tidak diperlukan. Orang-orang Jepang percaya bahwa omamori harus dikembalikan ke tempat asalnya karena memiliki kekuatan suci.
  4. Beberapa omamori memiliki fungsi dan tujuan perlindungan khusus.

Lebih Dekat dengan Budaya Jepang Melalui Bahasanya!

Budaya dan tradisi  Jepang yang unik akan lebih mudah dipahami apabila menguasai bahasanya. Oleh karena itu, ikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!