Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mengenal Gyaru, Fashion dan Budaya Jepang yang Nyentrik!

gyaru

Kursus Bahasa Jepang – Budaya populer Jepang memiliki keunikan tersendiri, salah satunya kemunculan gyaru. Gaya fashion yang tidak biasa membuat gyaru menarik bagi banyak orang, terutama kaum muda.

Faktanya, gyaru mulai populer di Jepang tahun 2000-an ketika terjadi krisis di negara tersebut. Cari tahu lebih dalam tentang pop-culture yang satu ini, yuk!

Pengertian Gyaru

Gyaru (ギャル) berasal dari kata gal atau girl, yang berarti gadis muda atau anak perempuan. Namun asal-usul penggunaan istilah gyaru sebagai gaya fashion sebenarnya diambil dari merk jins ternama tahun 1970-an, yaitu Gurls. Jenama gyaru ini mempunyai slogan “I can’t live without men.”

Seiring dengan perkembangannya, gyaru menjadi simbol gaya berpakaian dengan busana yang berwarna nyentrik, riasan rambut pirang atau coklat, dan dandanan yang out of the box.

Ada juga gaya fashion yang tak kalah terkenal di Jepang, harajuku. Berikut ulasan lengkapnya dalam artikel Kenalan dengan Harajuku: Style Kawaii dari Shibuya, Jepang.

Asal-usul Gyaru

Tren berpakaian gyaru pertama kali muncul di Shibuya, salah satu distrik di Tokyo. Ternyata gyaru bukan hanya tentang fashion, tetapi termasuk subculture di Jepang.

Dikutip dari Hello Lizzie Bee, gyaru hadir di tahun 90-an sebagai bentuk pemberontakan terhadap stereotip kecantikan khas Jepang, yaitu kulit pucat dan rambut gelap. 

Kehadiran gyaru mengejutkan masyarakat Jepang saat itu, karena perbedaan yang begitu mencolok dengan fashion konvensional. Ungkapan “Get wild and be sexy!” pun menjadi tagline mereka.

Ciri Khas Gyaru

Mode gyaru identik dengan rambut yang diwarnai coklat tua hingga blonde, riasan wajah yang dramatis, dan hiasan kuku yang mencolok.

Berdasarkan Wiki Gyaru, mereka juga memakai eyeliner gelap dan bulu mata palsu sehingga mata terlihat lebih besar. Setiap gyaru dapat menggunakan kostum sesuai selera masing-masing.

Beberapa ikon gyaru yang terkenal adalah Tsubasa Masuwaka, Kumiko Funuyama, Rie Matsuoka, Hikari Shiina, Satomi Yakuwa, Sayoko Ozaki, dan Rina Sakurai.

Jenis-Jenis Gyaru

Gaya berpakaian gyaru terbagi menjadi beberapa kategori yang berkembang dari tahun ke tahun.

1. Agejo

Agejo adalah style yang lebih glamor dengan kesan imut. Biasanya mereka mengenakan stoking, pakaian berenda, dan aksesoris fishnet.

2. Amekaji

Amekaji menggunakan warna-warna terang dengan gaya kebarat-baratan, topi baseball, dan kaus dengan slogan. Gyaru jenis ini umumnya hanya menggunakan kaos dan celana jeans.

3. Ane Agejo

Ane agejo adalah versi dewasa dari style agejo. Gaya mereka mirip dengan estetik khas agejo.

4. Gaijin Gyaru

Gaijin gyaru adalah penikmat style gyaru tetapi bukan orang asli Jepang.

5. Ganguro

Ganguro adalah jenis gyaru dengan warna kulit lebih gelap, tetapi menggunakan riasan putih mencolok. Ada beberapa gyaru yang mempunyai style mirip dengan ganguro, antara lain manba, yamanba, dan kurogyaru.

6. Gyaruo

Gyaruo adalah gyaru versi laki-laki. Penampilan mereka tetap nyentrik dan stylish, tidak kalah dengan versi perempuan.

7. Hime Gyaru

Gyaru ini sering menggunakan rambut palsu yang yang bervolume tebal. Hime gyaru juga menggunakan aksesoris permata, mahkota, dan renda dengan warna merah muda atau hitam. 

Ayano Tokumaru dan Himena Ousaki adalah dua sosok yang terkenal dengan style jenis ini.

8. Himekaji/Roma Gyaru

Himekaji atau roma gyaru populer dengan model pakaian seperti putri kerajaan.

9. Kogal/Kogyaru

Kogal atau kogyaru biasanya adalh anak SMA yang menyukai fashion gyaru. Mereka sering memakai rok pendek, aneka macam aksesoris, dan mengecat rambut menjadi coklat atau blonde.

10. Onee Gyaru

Onee gyaru adalah senior di dunia gyaru. Umumnya mereka terlihat estetik dengan riasan wajah dan rambut tidak ekstrim.

11. Ora Ora dan Ane Gyaru

Gyaru jenis ini hanya mengenakan baju olahraga, tetapi tetap tampak stylish.

12. Rokku dan Goshikku

Rokku dan goshiku adalah jenis gyaru dengan gaya tipe rockstars dan gothic

Kursus Bahasa Jepang, Makin Paham dengan Budayanya! 

Kemampuan berbahasa diperlukan untuk sekolah, bekerja, hingga menetap di Jepang. Persiapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang! Daftar sekarang!