Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mengenal Yokai, Makhluk Mistis dalam Cerita Rakyat Jepang

mengenal yokai

Kursus Bahasa Jepang – Setiap negara memiliki kebudayaan dan kepercayaan yang unik, termasuk hantu atau makhluk mistis. Tak terkecuali Jepang, makhluk gaib mereka disebut dengan istilah yokai (妖 怪). Apa saja yokai yang ada di Jepang? 

Apa itu Yokai?

Yokai (妖 怪) merupakan makhluk mistis yang bukan sekedar hantu di Jepang. Ada masyarakat Jepang yang mempercayai yokai dan menyembahnya, tetapi ada juga yang menakutinya.

Kepercayaan masyarakat Jepang terhadap yokai cukup erat, karena terkait dengan budaya dan keyakinan mereka.

Dikutip dari Hyakumonogatari, kepercayaan akan adanya yokai berawal saat zaman keemasan di Jepang, yakni saat Periode Edo (1603-1868).

Kata yokai yang memiliki karakter 妖 怪 diartikan sebagai misteri yang aneh atau memikat.

Wujud mereka bisa berbentuk rasa takut, bingung, atau suara dan bau yang aneh.

Ingin tahu contoh yokai yang diyakini keberadaannya oleh masyarakat Jepang? Berikut ulasannya dalam artikel Seperti Apa Kappa Jepang? Makhluk Mitologi Penghuni Sungai.

15 Jenis Yokai yang Terkenal

Berikut adalah beberapa jenis yokai yang terkenal di Jepang.

1. Amabie

Amabie adalah makhluk air yang berkaki tiga. Menurut Japan Objects, pemerintah Jepang mempercayai makhluk ini sebagai simbol yang melawan virus COVID-19.

2. Tatsu

Tatsu adalah yokai yang tinggal di air dan berbentuk menyerupai naga. Di Jepang masa modern, tatsu menjadi yokai yang dihormati dan banyak ditemukan di kuil.

3. Kirin

Kirin merupakan makhluk agung bertanduk dan bernapaskan api. Kirin melambangkan kemurnian, keadilan, dan kebijaksanaan. Asal-usulnya bermula dari mitologi China, di mana kirin memiliki kekuatan naga seperti phoenix. Berikut ulasan lebih lengkapnya dalam artikel Qilin, Makhluk Mitologi China Lambang Kemuliaan.

4. Ningyo

Ningyo berbentuk mirip ikan duyung dengan sisik emas, jari panjang, dan cakar tajam.

5. Zashiki warashi

Zashiki warashi adalah makhluk mistis yang menyerupai anak manusia. Zashiki warashi biasanya berada di rumah dan dipercaya membawa keberuntungan.

6. Tanuki

Tanuki adalah anjing rakun Jepang atau penipu jahil yang sering digambarkan membawa sebotol sake dan mengenakan topi jerami. Biasanya patung tanuki ditemukan di restoran atau bar untuk mengundang banyak pelanggan masuk.

7. Kitsune/Yako

Kitsune atau yako adalah yokai licik, cerdas, dan nakal. Kitsune berbentuk rubah Jepang atau rubah liar. Makhluk ini dipercaya bertindak sebagai pembawa pesan dewa dan penipu manusia.

8. Yamanba

Yamanba adalah makhluk misterius yang tinggal di pegunungan dan hutan Jepang sebagai pertapa.

9. Yuki onna

Yuki onna adalah wanita cantik yang mematikan dengan rambut hitam panjang dan berkulit putih. Ia dipercaya dapat membunuh korbannya dengan ciuman kematian yang dingin. Yuki onna dipercaya muncul pada saat badai salju hebat.

10. Tsuchigumo

Tsuchigumo adalah laba-laba besar yang bisa bertumbuh besar dan dipercaya bisa melawan pasukan perang.

11. Tengu

Tengu adalah jenis yokai Jepang yang sering dikaitkan dengan kisah roh gunung dan penghuni hutan.

12. Kappa

kappa
kappa

Kapai menyerupai kura-kura dengan tangan dan kaki berselaput dan tempurung di punggungnya. Di atas kepalanya terdapat lekukan yang berisi air.

13. Yurei

Yurei adalah hantu yang menyerupai sosok manusia saat masih hidup, tetapi berkulit lebih pucat dengan lengan tergantung. Biasanya yurei digambarkan mengenakan kimono putih dengan rambut panjang terurai.

14. Oni

Bentuk makhluk mistis oni tidak dapat dideskripsikan karena berubah dari waktu ke waktu. Keberadaan oni pertama kali disebutkan dalam Kojiki, teks kuno abad ke-8 dan Nihon Shoki (Kronik Jepang). Pada abad ke-19, yokai ini digambarkan sebagai makhluk besar seperti raksasa dengan wajah menakutkan.

15. Ijin

Ijin terdiri dari dua jenis, yaitu ijin jahat dan ijin baik. Ijin diyakini sebagai makhluk yang mampu melintasi batas dunia yang berbeda untuk menuntaskan tugas yang belum selesai.

Kursus Bahasa Jepang, Makin Seru Belajar Kulturnya!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!