Seperti Apa Kappa Jepang? Makhluk Mitologi Penghuni Sungai

kappa jepang

Kursus Bahasa Jepang – Cerita rakyat dan Jepang tak lepas dari berbagai makhluk mitologinya. Tahukah kamu sosok kappa Jepang yang dikatakan menghuni sungai-sungai?

Kappa bisa jadi roh penjaga yang menakutkan, tetapi juga makhluk baik hati yang membantu manusia. Seperti apa sosoknya?

Kappa Jepang

Kappa (河童) berarti anak sungai. Kappa Jepang disebut juga gatarō (川太郎) atau kawako (川子).

Makhluk mitologi Jepang tersebut dikatakan tinggal di air, seperti sungai, danau, atau kolam. Kappa termasuk yokai, roh yang dapat bersifat nakal atau membawa keberuntungan.

Mitologi kappa diduga berasal dari sosok hewan air salamander, atau dalam bahasa Jepang disebut dengan hansaki. Konon, kappa berasal dari Prefektur Saga.

Dalam kepercayaan Shinto, kappa termasuk salah satu suijin, yakni dewa air.

Ciri-Ciri Kappa Jepang

Menurut Mythus, kappa memiliki bentuk dan tinggi seperti anak-anak. Kulitnya bersisik dan berwarna hijau gelap, merah terang, atau biru.

Mereka memiliki tempurung dan paruh seperti kura-kura. Tangan dan kakinya diliputi selaput untuk memudahkan berenang.

Kulit kappa elastis dan tahan air. Kulit ini dapat terlepas dengan mudah. Kappa memiliki tiga anus untuk memudahkan mereka buang gas.

Di atas kepalanya terdapat cekungan yang harus selalu diisi air. Cekungan ini disebut dengan sara.

Air sara menjadi sumber kekuatan kappa saat jauh dari perairan. Jika air di dalam cekungan tumpah, mereka tidak dapat bergerak, bahkan mati.

Baca juga: ​​Pixiu: Legenda dan Cara Menggunakannya dalam Fengshui

Perilaku Kappa Jepang

Menurut Tokyo Smart, pada Periode Edo, kappa dianggap sebagai makhluk kejam dan berbahaya. Mitos tentang kappa sering digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak agar tidak dekat-dekat dengan sungai.

Di Jepang, kamu akan menemukan banyak papan peringatan kuno bertuliskan “Hati-Hati Ada Kappa” di dekat sungai.

Kappa selalu tinggal di perairan. Namun terkadang ia keluar untuk mencuri makanan dari ladang atau rumah.

Tak jarang mereka menyerang manusia, terutama perempuan muda yang sedang berenang di sungai atau danau.

Makhluk tersebut menyerang dengan cara menggigit dan menarik korbannya sampai tenggelam. Kappa sangat kuat dan merupakan pegulat terampil.

Menyelamatkan Diri dari Kappa

Walaupun suka bergulat, kappa adalah makhluk yang sangat memperhatikan sopan-santun. Hal ini bisa menjadi kelemahan mereka.

Saat diserang kappa, cobalah menyapa dengan cara membungkuk dalam. Kappa akan balas membungkuk, sehingga air di kepalanya tumpah. Hal ini akan membuatnya kehilangan kekuatan dan menjadi lumpuh.

Selain itu, kappa sangat menyukai mentimun. Saat diserang makhluk air ini, cobalah menawarkan mentimun. Mereka akan sangat berterima kasih, sampai melepaskan orang yang diserang.

Maka dari itu, sushi berisi mentimun disebut dengan kappa-maki.

Mereka yang menganut kepercayaan Shinto seringkali membuat sesajen dari timun. Sesajen ini diletakkan di tepi sungai di mana kappa diyakini sering muncul.

Membantu Manusia

Kappa yang sudah tua lebih senang hidup sendiri atau bergaul dengan manusia. Mereka juga senang berteman dengan yokai lainnya.

Kappa disebut-sebut sangat cerdas karena mampu menguasai bahasa manusia. Menurut legenda, manusia pertama kali belajar menyembuhkan patah tulang dari kappa. Mereka juga membantu petani mengairi sawah dan melindungi dari bahaya.

Baca juga: Qilin, Makhluk Mitologi China Lambang Kemuliaan

Kuil Sogenji

Kuil Sogenji di Distrik Kappabashi, Tokyo, menjadikan kappa sebagai maskotnya. Daerah tersebut dikenal rawan banjir karena dekat dengan Sungai Sumida.

Pada abad ke-19, warga setempat membuat proyek pertahanan banjir. Kappa disebut-sebut membantu mereka membangun pertahanan tersebut.

Kursus Bahasa Jepang, Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Kenali lebih dekat tutor bahasa Jepang di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!