Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pixiu: Legenda dan Cara Menggunakannya dalam Fengshui

China memiliki kebudayaan yang kaya dengan dengan berbagai cerita rakyat dan legenda. Salah satunya adalah pixiu, hewan mitologi yang menjadi simbol keberuntungan.

Simbol-simbol pixiu dapat digunakan dalam feng shui dengan harapan akan membawa keberuntungan.

Apa itu Pixiu?

Pixiu adalah hewan mitologi dalam kebudayaan China. Patung-patung pixiu sering ditemukan di berbagai gerbang bangunan di China sebagai lambang perlindungan.

Sosok pixiu berbeda-beda di setiap wilayah. Umumnya, pixiu berkepala naga dengan tubuh singa. Terkadang mereka memiliki sayap dan tanduk.

Pixiu sering ditampilkan sedang duduk. Tubuhnya agak gemuk, tetapi tampak gagah.

Legenda Pixiu

Terdapat beberapa legenda berbeda tentang pixiu. Salah satu kisah yang paling terkenal menyebutkan Pixiu adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara, anak dari Raja Naga.

Suatu ketika, Pixiu mengunjungi Kaisar Giok. Ia membuat kekacauan dengan buang air besar di lantai istana.

Kaisar sangat marah dan membuat Pixiu tidak bisa buang air besar lagi. Pixiu gemar makan batu berharga seperti perak dan emas. Namun karena ia tidak bisa buang air, batu berharga itu tetap berada di tubuhnya.

Pixiu lalu menjadi simbol kemakmuran dan kekayaan, karena menyimpan harta yang tidak pernah keluar dari dirinya.

Cara Menggunakan Pixiu untuk Feng Shui

Patung atau miniatur pixiu sering terbuat dari kuningan, giok, atau batu berharga lainnya. Hal ini sesuai dengan sifat pixiu yang menjaga kekayaan.

Kuningan dapat membawa kekayaan sesuai dengan warnanya, emas. Giok adalah batu penyembuhan dalam feng shui yang termasuk elemen kayu, melambangkan pertumbuhan dan kehidupan.

Menjaga Pintu Masuk

Pixiu ditempatkan sebagai penjaga kuil dan istana di masa lampau. Saat ini, patung dan miniatur pixiu sering digunakan untuk melindungi kekayaan pemilik rumah.

Sepasang patung pixiu biasanya ditempatkan di sisi kiri dan kanan pintu depan. Tujuannya agar penghuni rumah selalu selamat dan hartanya berkecukupan.

Melindungi Sudut Kekayaan

Dalam feng shui, ada yang disebut sudut kekayaan. Untuk menemukannya, kamu dapat berdiri di pintu depan sambil menghadap ke dalam.

Sudut terjauh di sebelah kiri yang dapat kamu lihat berhubungan dengan kesejahteraan dan kekayaan. Pixiu dapat ditempatkan di sudut ini untuk melindungi kekayaan.

Memastikan Kesuksesan di Meja Kerja

Meja dan ruang kerja merepresentasikan karier. Keberadaan pixiu akan membuat feng shui di ruang kerja menjadi lebih baik.

Pixiu dapat ditempatkan di sudut kekayaan meja kerja, yakni sudut kiri atas meja. Pixiu harus menghadap ke arah pintu, sehingga dapat menangkap dan menyimpan ‘kekayaan’ yang masuk.

Sebagai Jimat

Miniatur pixiu dapat digunakan sebagai jimat berbentuk gelang. Kehadiran jimat tersebut diharapkan akan membawa keberuntungan bagi pemakainya. Miniatur pixiu dapat terbuat dari batu kuarsa, giok, bahkan emas.

Merawat Pixiu

Patung atau miniatur pixiu yang ada di rumah atau dipakai sebagai perhiasan harus dirawat dengan baik layaknya hewan peliharaan. Pixiu harus dipoles dan dibersihkan dari debu. Kamu juga dapat menepuk-nepuk bagian kepalanya.

Belajar Bahasa Mandarin: Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di China adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu akan mendapatkan modul yang akan membantu proses belajar. Selain itu, kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!