Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sosok Murasaki Shikibu, Novelis Pertama di Jepang dan Dunia

murasaki shikibu

Kursus Bahasa Jepang – Kebudayaan mencerminkan kehidupan dan tata cara perilaku masyarakatnya, termasuk karya sastra. Mari mengenal Murasaki Shikibu, seorang novelis dan penyair Jepang. Novel karya Murasaki Shikibu konon dikatakan sebagai novel pertama di dunia, lho!

Siapakah Murasaki?

Murasaki Shikibu adalah penulis wanita Jepang yang terkenal dengan karyanya Genji Monogatari atau Hikayat Genji (The Tale of Genji). Sejarawan mengatakan bahwa Murasaki Shikibu adalah nama pena, sedangkan nama aslinya adalah Fujiwara Takako. 

Selain penulis, ia juga seorang dayang istana pada kekaisaran di zaman Heian.

Biografi Murasaki Shikibu

Dikutip dari Nippon dan Wikipedia, inilah biografi singkat Murasaki Shikibu.

Kehidupan awal

Murasaki Shikibu lahir pada tahun 973 di Heian-kyo, Jepang. Ia hidup berkecukupan karena ayahnya, Fujiwara Tametoki, merupakan salah satu orang berpengaruh di Jepang saat itu, yakni pada abad ke-10. Sosok ibunya tidak banyak diketahui, karena diperkirakan meninggal saat Murasaki masih kecil.

Awal mula menulis

Ia belajar aksara Tionghoa di rumah keluarga ayahnya, walaupun tradisi pada masa itu melarang perempuan untuk belajar membaca dan menulis. Murasaki termasuk orang yang pandai dalam mempelajari karya klasik.

Kehidupan dewasa dan menulis karya

Saat umurnya matang, Murasaki dinikahkan dengan Fujiwara Nobutaka, seorang pejabat provinsi, dan melahirkan seorang anak perempuan, Kenshi. Namun suaminya meninggal setelah dua tahun pernikahan. Buku Hikayat Genji diperkirakan ditulis saat Murasaki telah menikah.

Bakat menulisnya menarik perhatian, sehingga Murasaki diminta untuk menjadi dayang istana di bawah Permaisuri Shoshi. Cerita dalam Hikayat Genji juga dilanjutkan selama lima sampai enam tahun ia tinggal di istana.

Ia juga menghasilkan banyak puisi dan syair mengenai keresahan dan curahan hatinya.

Meninggal dunia

Murasaki meninggalkan istana saat pensiun dan hidup di dekat Danau Biwa, Jepang. Beberapa sejarawan memperkirakan Murasaki meninggal pada tahun 1014 atau tahun 1025.

Jika Murasaki adalah novelis Jepang di masa lampau, ada juga Haruki Murakami, seorang novelis Jepang di masa modern dengan gaya cerita surealis. Ini kisah perjalanan hidupnya dalam artikel Biografi Haruki Murakami, Apa Saja 5 Novel Terbaiknya?

Karya-karya Murasaki

Semasa hidup, Murasaki menulis tiga karya, yakni Hikayat Genji, Buku Harian Murasaki Shikibu, dan Murasaki Shikibu Shu.

Hikayat Genji

Hikayat Genji adalah novel yang terdiri dari 1100 halaman dan 54 bab. Murasaki menuliskan karya ini setelah menikah dan saat sedang mengabdi sebagai dayang istana. Karya ini adalah karya paling terkenal dari Murasaki.

Murasaki Shikibu Shu

Murasaki Shikibu Shu adalah kumpulan 128 puisi yang menceritakan tentang surat cinta kepada kekasihnya dan peristiwa yang terjadi dalam hidup Murasaki. Karya ini diterbitkan pada tahun 1206 dan menjadi antologi kekaisaran, Shin Kokin Wakashu.

Buku Harian Murasaki Shikibu

Buku harian ini mulai ditulis ketika Murasaki menjalani kehidupan sebagai dayang istana Permaisuri Shoshi sekitar tahun 1008 hingga 1010. Beberapa cerita di dalamnya mengenai kehidupan dengan dayang-dayang lain, kelahiran anak-anak Shoshi, hubungannya dengan seorang pria di istana bernama Michinaga, dan kehidupan di istana.

Quotes Murasaki

“Real things in the darkness seem no realer than dreams.”

Hikayat Genji (The Tale of Genji)

“There are as many sorts of women as there are women.”

Hikayat Genji (The Tale of Genji)

“Autumn is no time to lie alone.”

Hikayat Genji (The Tale of Genji)

Life is full of uncertainties, perhaps one day some unforeseen circumstance would bring her into his life once more.”

Hikayat Genji (The Tale of Genji)

“Beauty without color seems somehow to belong to another world.”

– Murasaki Shikibu

Pelajari Karya Sastra Jepang Melalui Bahasanya!

Kemampuan berbahasa diperlukan untuk sekolah, bekerja, hingga menetap di Jepang. Persiapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!