Biografi Haruki Murakami, Apa Saja 5 Novel Terbaiknya?

Kursus Bahasa Jepang – Bagi kamu yang penggemar novel berbahasa asing, pasti tidak asing lagi dengan nama Haruki Murakami. Penulis kenamaan asal Jepang tersebut terkenal akan gaya berceritanya yang surealis.

Beberapa karyanya yang terkenal yaitu Hear the Wind Sing, Norwegian Wood, Kafka on the Shore, dan 1Q84. Seperti apa kisah hidup Murakami?

Siapa Haruki Murakami?

Haruki Murakami (村上 春樹, Murakami Haruki) adalah penulis asal Jepang. Berbagai cerpen dan novel Murakami telah diterjemahkan ke 50 bahasa dan terjual jutaan kopi di seluruh dunia.

Selain novel dan cerpen, ia juga menulis esai. Murakami dianugerahi banyak penghargaan bergengsi di dunia, di antaranya adalah Gunzou Prize for New Writers, World Fantasy Award, dan Franz Kafka Prize.

Biografi

Murakami lahir di Kyoto, Jepang pada 12 Januari 1949. Ia dibesarkan di Nishinomiya, Ashiya, dan Kobe. Ia adalah anak satu-satunya.

Ayah Murakami turut berjuang dalam Perang Tiongkok-Jepang II. Murakami mengaku hal ini sangat memengaruhi dirinya di kemudian hari.

Sejak kecil, Murakami banyak membaca karya sastra dari Eropa dan Amerika. Ia gemar membaca karya Franz Kafka, Gustave Flaubert, Charles Dickens, Kurt Vonnegut, Fyodor Dostoyevsky, Richard Brautigan, dan Jack Kerouac. Karya-karya ini kemudian memengaruhi gaya penulisan Murakami.

Murakami menempuh pendidikan di Waseda University. Di sana bertemu dengan Yoko, yang kemudian menjadi istrinya.

Bersama Yoko, ia menjalankan sebuah bar bernama Peter Cat di Kokubunji, Tokyo pada 1974 sampai 1981.

Selain menulis, Murakami memiliki hobi berlari maraton. Ia bahkan mengikuti ultramaraton sepanjang 100 kilometer di Danau Saroma, Hokkaido, pada 1996.

Baca juga: Manfaat Bahasa Jepang yang Tak Kamu Sadari

Karya

Novel pertama yang ditulis Murakami adalah Hear the Wind Sing (1979). Ia mendapat inspirasi saat menonton pertandingan bisbol.

Murakami menulis naskah setiap malam setelah mengurus bar selama 10 bulan. Ia lalu mengirimkan novel tersebut ke kompetisi Gunzou Literature Prize. Ia mendapat juara pertama.

Murakami lalu menulis sekuel berjudul Pinball, 1973 dan A Wild Sheep Chase. Ketiga novel ini menjadi bagian dari Trilogy of the Rat.

Sejak saat itu ia terus menghasilkan karya-karya laris. Novel selanjutnya adalah Hard-Boiled Wonderland and the End of the World (1985).

Murakami semakin dikenal dengan novel Norwegian Wood (1987). Novel ini populer di kalangan anak muda Jepang, bahkan terjual hingga jutaan kopi.

Merasa tak nyaman karena mendadak terkenal, ia memutuskan pindah ke luar negeri. Selama masa ini ia menulis South of the Border, West of the Sun (1992) dan The Wind-Up Bird Chronicle (1994).

Murakami kembali ke Jepang setelah gempa Kobe. Ia membuat tulisan nonfiksi berisi sejumlah wawancara dengan korban gempa berjudul Underground (1997). Ia juga menerbitkan kumpulan cerita pendek After the Quake (2002).

Selain menulis, ia banyak menerjemahkan karya-karya asing ke dalam bahasa Jepang. Di antaranya karya F Scott Fitzgerald, Raymond Carver, Truman Capote, John Irving, dan Paul Theroux.

Karya Murakami selanjutnya adalah Sputnik Sweetheart (1999), Kafka on the Shore (2002), After Dark (2002), Mysteries of Tokyo (2005), dan Blind Willow, Sleeping Woman (2006).

Tulisan nonfiksi tentang hobinya mengikuti maraton diterbitkan dengan judul What I Talk About When I Talk About Running (2007).

Beberapa karya terbaru Murakami adalah 1Q84 (2009), Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage (2013), Men Without Women (2017), Killing Commendatore (2018), dan First Person Singular (2020).

5 Rekomendasi Novel Haruki Murakami

Mana saja novel karya Murakami yang wajib kamu baca?

A Wild Sheep Chase

A Wild Sheep Chase adalah kisah realis-magis tentang perburuan Domba Sangat Penting mulai dari Tokyo hingga pegunungan terpencil di Jepang utara.

Norwegian Wood

Berlatar belakang pemberontakan mahasiswa di Tokyo pada 1960-an, Norwegian Wood mengisahkan cinta dan kehilangan yang pahit. Novel ini adalah salah satu karya Murakami yang paling populer di seluruh dunia.

Kafka on the Shore

Kafka on the Shore adalah kisah tentang Kafka Tamura, remaja berusia 15 tahun yang kabur dari rumah. Sementara itu Satoru Nakata adalah seorang pria tua yang bisa berbicara dengan kucing.

Men Without Women

Kumpulan cerpen ini terdiri dari tujuh cerita pendek tentang kesendirian.

The Wind-Up Bird Chronicle

The Wind-Up Bird Chronicle adalah karya yang sangat khas Murakami, dengan kisah wanita misterius, penjahat, kekuatan supernatural, dan kucing misterius.

Quotes dari Buku Haruki Murakami

“If you only read the books that everyone else is reading, you can only think what everyone else is thinking.”

― Haruki Murakami, Norwegian Wood

“Memories warm you up from the inside. But they also tear you apart.”

― Haruki Murakami, Kafka on the Shore

“I think you still love me, but we can’t escape the fact that I’m not enough for you. I knew this was going to happen. So I’m not blaming you for falling in love with another woman. I’m not angry, either. I should be, but I’m not. I just feel pain. A lot of pain. I thought I could imagine how much this would hurt, but I was wrong.”

― Haruki Murakami, South of the Border, West of the Sun

“Pain is inevitable. Suffering is optional.”

― Haruki Murakami, What I Talk About When I Talk About Running

“If you remember me, then I don’t care if everyone else forgets.”

― Haruki Murakami, Kafka on the Shore

“What happens when people open their hearts?”

“They get better.”

― Haruki Murakami, Norwegian Wood

“Why do people have to be this lonely? What’s the point of it all? Millions of people in this world, all of them yearning, looking to others to satisfy them, yet isolating themselves. Why? Was the earth put here just to nourish human loneliness?”

― Haruki Murakami, Sputnik Sweetheart

Kursus Bahasa Jepang, Bekal Penting di Masa Depan

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jepang adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Jepang di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu lebih dekat tutor bahasa Jepang di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!