Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

R.M. Panji Sosrokartono: Keluarga dan Kisah Hidupnya

r-m-panji-sosrokartono-keluarga-dan-kisah-hidupnya

Program Lister – Jangan mengaku mencintai sejarah nusantara, jika kamu belum mengenal sosok tokoh yang satu ini. Beliau bernama R.M. Panji Sosrokartono. Banyak hal hebat yang ia lakukan pada masa pergerakan nasional sehingga dijuluki Jenius dari Timur. 

Bagaimana kisahnya?

Latar Belakang Keluarga R.M. Panji Sosrokartono

Raden Mas Sosrokartono atau disingkat R.M. Panji Sosrokartono lahir di Mayong, Jepara pada tanggal 10 April 1877. Merupakan anak keempat dari pasangan Raden Mas Ario Samingoen, yaitu Bupati Jepara, dengan istri keduanya, Ngasirah. Diketahui sejak kecil, Sosrokartono memiliki keistimewaan yaitu membaca masa depan.  

Kamu pasti tidak asing dengan tokoh emansipasi wanita R.A Kartini, bukan? Tahukah kamu, beliau adalah kakak kandung sekaligus pendukung utama aspirasi-aspirasi Kartini kala itu. 

Namun tak kalah pamor dengan adiknya, R.M. Panji Sosrokartono juga bukan orang biasa. Ia memiliki banyak prestasi dan pengaruh yang begitu krusial untuk Indonesia. 

Baca juga: Biografi Steve Harvey: Perjalanan Karir dan Keluarga

Fakta-Fakta R.M. Panji Sosrokartono

R.M. Panji Sosrokartono adalah orang Indonesia pertama yang kuliah di Belanda. Setelah lulus dari Universitas Leiden, Belanda dan memperoleh gelar Doctorandus in de Oostersche Talen, ia melanglang buana ke penjuru Eropa lalu menjajal berbagai pekerjaan. Pada tahun 1917, Sosrokartono pun terpilih menjadi wartawan koran di Amerika, The New York Herald Tribune di Wina, Austria. 

Mengapa Dijuluki “Si Jenius dari Timur?” 

R.M. Panji Sosrokartono dikenal sebagai orang yang menguasai banyak bahasa. Bahkan beberapa sumber mengatakan Sosrokartono menguasai 24 bahasa asing dan 10 bahasa suku di Nusantara. Oleh sebab itu, sebelum menjadi wartawan perang, ia pernah menjadi penerjemah di Wina. Bahkan pada tahun 1919-1921, Sosrokartono pernah menjabat sebagai kepala penerjemah untuk semua bahasa di Persyarikatan Liga Bangsa-Bangsa. Luar biasa, bukan? Dari pencapaian itulah, dirinya dikenal sebagai si Jenius dari Timur oleh kalangan luar. 

Berbakat Ilmu Magnetis 

Ada sebuah peristiwa yang membuat Sosrokartono keluar dari pekerjaanya di Jenewa untuk belajar ilmu Psikometri dan Psikoteknik di Paris. 

Peristiwa itu adalah saat seorang anak dari kenalannya di Swiss sakit keras. Namun, beberapa dokter tidak berhasil menyembuhkan penyakitnya. Ajaib! Sosrokartono berhasil menyembuhkannya hanya dengan menempelkan tangannya di dahi anak itu.

Saat di Paris, ia merasa kecewa dan kembali ke Indonesia karena mata kuliah yang bisa ia pelajari terbatas sebagai lulusan Bahasa dan Sastra dibanding lulusan Dokter. 

Persiapkan Studi Internasional dengan Kursus Bahasa Inggris 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Bahasa Inggris di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!