Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

4 Manfaat Bahasa Jepang yang Tak Kamu Sadari Sebelumnya

bahasa jepang

Bahasa adalah bagian terpenting dalam sebuah negara. Melalui bahasa, suatu negara dapat menjelaskan posisi dan identitas kebudayaannya. Hal ini juga dapat menjadi indikator bagi majunya peradaban negara tersebut.

Tidak terkecuali dengan bahasa Jepang. Bahasa yang dianggap sulit untuk dipelajari ini menjadi sebuah identitas yang tidak bisa dilepaskan dari negara Jepang.

Hal ini ditandai dengan penggunaan dan pelestarian bahasa tersebut dengan sangat ketat. Menjadi bahasa wajib, sehingga diajarkan di sekolah-sekolah dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam penggunaan aksara pun, Jepang sangat ketat mengaturnya. Orang-orang Jepang sangat terbatas dalam menggunakan huruf latin.

Tidak hanya di Jepang, di beberapa negara di dunia terutama di Asia Timur, bahasa Jepang juga mendapatkan prioritas tersendiri untuk diajarkan.

Saat ini tercatat terdapat 128 juta penutur bahasa Jepang, termasuk 127 juta penutur asli. Terdapat sekitar 1 juta orang Jepang di dunia dengan populasi yang besar di negara-negara seperti Brazil dan Amerika Serikat. Selain itu banyak orang Jepang di berbagai negara yang dulu menjadi jajahan Jepang sebelum 1945, seperti Taiwan, Korea, dan Indonesia.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mempelajari bahasa Jepang. Selain kita sedikit memahami kebudayaan Jepang, kita juga akan memahami lebih banyak eksotisme Jepang, memiliki akses untuk belajar dan mendapatkan beasiswa ke Jepang, memudahkan kita ketika traveling ke Jepang, dan tentunya berkaitan dengan akses pekerjaan yang lebih luas.

Bagaimana penjelasannya?

Memahami dan Mengetahui Eksotisme Jepang

belajar bahasa jepang

Jepang merupakan kota berbudaya tinggi yang masih menekankan unsur-unsur tradisionalitas dalam berbagai sisi, meskipun Jepang saat ini merupakan salah satu negara termaju di dunia di bidang sains dan teknologi.

Meskipun ini sangat kontras antara modern dan tradisional, di Jepang kedua aspek ini terlihat sangat seimbang dan layak untuk dijadikan referensi dalam kehidupan.

Jepang juga memiliki budaya gastronomi yang sangat kaya, banyak restoran Jepang yang tersebar di dunia. Tidak terkecuali di Indonesia yang menawarkan menu-menu khas Jepang dengan konsep dan budaya tradisional yang sangat ditekankan dalam setiap sajiannya.

Jepang juga memiliki sejarah panjang, bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Dengan mempelajari bahasa Jepang, kita akan dapat mempelajari peninggalan-peninggalan Jepang masa lampau yang telah menjadi warisan sejarah serta budaya multimillennial.

Budaya artistik Jepang juga sangat kuat. Jika kamu belajar bahasa Jepang, kamu akan melihat hal ini dalam setiap aksara yang ada dalam bahasa Jepang.

Mempelajari bahasa Jepang nantinya juga akan mengantarkan kita untuk dapat mengetahui berbagai pandangan unik mereka terkait dengan kehidupan. Terutama terkait dengan spiritualitas, taoisme, dan berkaitan dengan rasa hormat.

Baca juga: Cara Mudah Belajar Huruf Jepang: Hiragana, Kanji, Katakana

Memiliki Akses untuk Belajar dan Mendapatkan Beasiswa ke Jepang

studi 2

Mempelajari bahasa Jepang juga dapat membuka akses kita untuk belajar dan mendapatkan beasiswa ke Negeri Sakura tersebut. Jepang adalah salah satu tempat yang menjadi tujuan belajar bagi mahasiswa. Terutama untuk calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan teknik.

Banyak univeritas berskala internasional yang menjadi tujuan calon mahasiswa. Seperti University of Tokyo, Tokyo Institute of Technology, dan masih banyak lagi.

Jika kamu terkendala masalah biaya kuliah, univeritas-universitas tersebut juga menyediakan berbagai macam beasiswa untuk mahasiswa asing.

Setelah resmi menyandang status mahasiswa Ritsumeikan, kamu bisa mendaftar beasiswa JASSO dan beasiswa lain, seperti beasiswa Monbukagakushou, Asia Development Bank, dan banyak lainnya untuk menunjang biaya hidup kita selama masa studi.

Tentu yang menjadi syarat utama jika kamu ingin kuliah di Jepang dan mendapatkan beasiswa di universitas pilihamukamu harus menguasai bahasanya. Perlu mulai memperdalam penguasaan bahasa Jepang mulai saat ini jika kamu ingin benar-benar kuliah di Jepang.

Memudahkan Ketika Traveling ke Jepang

kata sifat na dan i

Jika kita belajar bahasa Jepang, kita akan dapat memanfaatkan penguasaan bahasa tersebut ketika ingin jalan-jalan ke sana. Kita tidak perlu khawatir terhadap keterbatasan komunikasi, terutama untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita selama perjalanan berwisata di Jepang.

Jepang beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan pariwisata yang sangat signifikan. Bahkan pada 2015 terdapat 20 juta wisatawan yang datang ke Jepang. Tentunya angka tersebut terus meningkat setiap tahunnya hingga saat ini.

Tidak dapat dipungkiri karena Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki pemandangan yang sangat indah di setiap musim berbeda. Setiap musim memiliki ciri khas tersendiri, sehingga para wisatawan tetap datang di setiap musim yang berbeda.

Saat musim semi adalah waktu di mana bunga sakura pun mulai mekar. Suasana yang hangat dan keindahan buka sakura akan menemani kita menjelajah dan berjalan-jalan di berbagai kota di Jepang.

Sedangkan musim panas, orang-orang lebih banyak berkunjung ke Hokkaido, Pegunungan Chubu, dan Tohoku untuk mencari kesejukan dan menikmati keindahan di saat cuaca panas.

Musim gugur juga menjadi sangat istimewa karena kita akan disuguhi dengan pemandangan di mana daun-daun hijau dan kuning telah berubah warna menjadi kejinggaan dan mulai berguguran. Hal ini mampu menghadirkan nuansa hangat.

Sementara di musim dingin adalah saat yang tepat untuk bermain ski dan berendam air panas.

Akses Pekerjaan yang Lebih Luas

horenso pekerja jepang

Jepang memiliki kemajuan yang hebat di berbagai industri. Terutama berkaitan dengan otomotif dan teknologi lainnya.

Banyak perusahaan yang telah membuka cabangnya di Indonesia. Bahkan hampir setiap dari kita menggunakan produk Jepang di dalam setiap aktivitas sehari-hari.

Hal ini disebabkan hampir semua merek motor dan mobil yang beredar di Indonesia saat ini adalah hasil pabrik Jepang.

Dengan banyaknya industri berskala internasional, tentu Jepang juga membutuhkan sangat banyak tenaga kerja profesional. Artinya memiliki penguasaan terhadap bahasa Jepang juga dapat mempermudah akses kita untuk bekerja di berbagai industri besar Jepang.

Belajar Bahasa Jepang di Lister.co.id

Setelah kamu membaca berbagai manfaat Kursus Bahasa Jepang di atas, tentunya sedikit banyak kamu akan terbersit keinginan untuk belajar bahasa Jepang, bukan?

Nah, ini saatnya kamu berpikir untuk melangkah ke arah yang lebih serius. Satu hal yang perlu kamu tentukan adalah dengan siapa kamu akan belajar bahasa tersebut.

Salah satu platform yang direkomendasikan untuk belajar bahasa Jepang adalah Lister. Platform ini menawarkan berbagai paket hemat dan berkualitas untuk belajar bahasa ssing, salah satunya bahasa Jepang.

Lister memberikan manfaat berupa mentor-mentor yang berkualitas, modul pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan belajar para siswa, video rekaman belajar yang bisa kita akses untuk mengulang pelajaran yang telah kita lakukan, dan masih banyak keuntungan lainny.