Konnichiwa Artinya Apa? Jangan Sampai Salah Ucap!

konnichiwa

Kamu ingin melanjutkan kuliah, bekerja di Jepang, atau sekadar menyukai budaya Jepang? Kamu bisa mengikuti Kursus Bahasa Jepang bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat.

Kamu tentu sering mendengar ucapan konnichiwa. Ucapan ini memang lazim dikatakan dalam keseharian di Jepang.

Namun sudah tahukah kamu arti dari konnichiwa? Simak penjelasan lengkapnya.

Apa Arti Konnichiwa?

Konnichiwa (こんにちは, 今日は) adalah kata sapaan dalam bahasa Jepang yang berarti “halo” atau “selamat siang”. Kata ini cenderung bersifat formal.

Konnichiwa biasa diucapkan mulai dari pukul 10.00 sampai 18.00. Walaupun begitu, kata ini jarang digunakan untuk menyapa secara informal.

Asal-Usul Konnichiwa

Kata konnichiwa sebenarnya berasal dari kalimat yang panjang yaitu, “Konnichi wa gokiken ikaga desu ka?” (今日はご機嫌いかがですか?).

Artinya adalah “Bagaimana kabarmu hari ini?” Seiring berjalannya waktu, orang lebih banyak menggunakan versi singkatnya dengan mengucapkan konnichiwa.

Aturan Penulisan Konnichiwa

Terdapat aturan untuk penulisan hiragana wa dan ha. Ketika wa digunakan sebagai partikel, maka digunakan hiragana ha. Konnichiwa termasuk contohnya.

konnichiwa

Cara Mengucapkan Konnichiwa

Kamu bisa menyapa seseorang dengan anggukan kepala atau membungkukkan badan lalu mengucapkan konnichiwa. Keduanya bisa digunakan di situasi formal dan informal.

Membungkukkan badan menunjukkan situasi yang lebih formal. Membungkukkan badan dengan dalam berarti lebih formal lagi, terlebih jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Sementara itu anggukan kepala menunjukkan situasi yang informal. Walaupun terkesan rumit, orang Jepang akan memahami jika kamu tidak begitu mengerti tradisi mereka. Mereka akan memaklumi jika kamu hanya menganggukkan kepala.

Jangan Salah Mengucapkan Konnichiwa

Walaupun kesannya mudah, kamu harus memerhatikan penggunaan konnichiwa agar tidak salah ucap.

Di pagi hari, kamu tidak bisa mengucapkan konnichiwa. Kamu harus mengucapkan ohayou gozaimasu atau “selamat pagi”. Versi informalnya adalah ohayou.

Kamu juga tidak bisa mengucapkan konnichiwa di malam hari. Kamu menggunakan konbanwa untuk mengucapkan “selamat malam”.