Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Yuk Belajar Menyapa Orang Jepang dengan Ohayou Gozaimasu!

ohayou gozaimasu

Kamu ingin melanjutkan kuliah atau bekerja di Jepang, atau sekadar menyukai budaya Jepang? Kamu bisa mengambil Les Bahasa Jepang untuk memperdalam pengetahuan kamu.

Salah satu hal yang menarik dipelajari dari budaya Jepang adalah tradisi sopan santunnya. Orang Jepang dikenal akan budaya menyapa dengan sopan.

Termasuk salam selamat pagi di Jepang, atau sering kita dengar ohayou gozaimasu. Yuk kita belajar menyapa orang Jepang, dimulai dengan mempelajari ohayou gozaimasu!

Ohayou Gozaimasu Artinya Apa?

Pertama, ketahui terlebih dahulu arti dari kata tersebut. Ohayou gozaimasu (おはようございます) adalah kata sapaan bahasa Jepang untuk “selamat pagi”.

Untuk memahaminya lebih jauh, pahami ucapan ohayou gozaimasu per bagian. Kata tersebut dapat dipecah menjadi dua, yakni ohayou dan gozaimasu.

Ohayou berasal dari prefiks o dan kata hayai. Hayai berarti “dini”.

Sementara itu gozaimasu adalah frasa bahasa Jepang yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu dengan cara yang sopan.

Penggunaan Ohayou Gozaimasu

Ohayou gozaimasu tergolong kata sapaan formal dan sopan yang digunakan untuk menyapa orang lain di pagi hari. Kata ini tepat untuk menyapa atasan, senior, orang yang lebih tua, dan orang asing.

Sementara itu untuk menyapa orang yang lebih muda, teman, atau keluarga, cukup mengatakan ohayou (おはよう).

Untuk membalas ucapan ohayou gozaimasu, kamu cukup menjawab dengan kata-kata yang sama. Kamu juga dapat membalas secara singkat dengan ohayou jika kamu lebih tua atau memiliki status sosial yang lebih tinggi.

Penulisan Ohayou Gozaimasu

Kata sapaan “selamat pagi” tersebut dapat dituliskan dengan tiga cara, yakni menggunakan kanji, hiragana, dan katakana. Walaupun begitu, ohayou gozaimasu paling lazim ditulis menggunakan hiragana.

Kanji Ohayou Gozaimasu

お早うございます

Hiragana Ohayou Gozaimasu

おはよう ございます

Katakana Ohayou Gozaimasu

オハヨウ ゴザイマス

Contoh Kalimat Ohayou Gozaimasu

Penggunaan ohayou gozaimasu cukup sederhana. Perhatikan contoh berikut.

Ohayou gozaimasu, Haru san – おはようございます、はるさん.

Artinya, “Selamat pagi, Haru-san.”