Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Ingin Bisa Bekerja di Jepang? Simak Informasi Lengkapnya

Negara Jepang adalah salah satu negara maju yang cukup menarik. Kita semua tahu bahwa Jepang adalah negara yang memiliki keunikannya sendiri dan tidak bisa dibandingkan dengan negara manapun.

Adanya budaya, sejarah, kuliner, dan tempat atau bangunan di Jepang adalah sesuatu yang tak dapat ditemukan di tempat lain. Kulturnya sudah mendunia dan menarik minat banyak orang untuk mengunjunginya. Tak sedikit juga orang-orang yang ingin bekerja atau magang ke Jepang supaya bisa merasakan hidup di sana. Apakah kamu salah satunya?

bekerja di Jepang
Freepik

Pemerintah Jepang cukup terbuka terhadap warga asing yang ingin tinggal dan bekerja di Jepang. Hal ini lantaran masalah serius yang dialami Jepang yaitu kurangnya tenaga kerja.

Industri kecil menengah yang terdampak paling serius. Sama seperti Indonesia, Jepang juga memiliki budaya urbanisasi. Budaya ini membuat para angkatan muda yang ada di desa cenderung berbondong-bondong pindah ke kota, padahal industri kecil menengah lebih banyak terdapat di desa.

Sehingga terjadi persaingan yang ketat di beberapa kota di Jepang karena memperebutkan lapangan pekerjaan yang ada. Jika kamu adalah orang yang tertarik untuk mencoba peruntungan di Jepang, inilah saatnya persiapkan diri dengan baik.

Namun, sebelum melakukan itu, alangkah baiknya persiapan itu dimulai dari aspek kesiapan berbahasa Jepang dahulu.

Baca juga: Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang, Dijamin Bisa!

Hal ini untuk menunjang performa kamu saat melakukan pekerjaan di sana. Meski terkadang, ada lembaga yang menyediakan pendidikan bahasanya, namun bila sebelumnya kita sudah pernah mengikuti kursus bahasa Jepang basic tentu akan menjadi nilai tambahan bukan? Selain itu, kita juga akan mendapatkan gambaran tentang budaya dan bahasa Jepang secara detail dari para tutor yang expert.

Tujuan Bekerja di Jepang

Ada berbagai macam alasan orang bekerja atau magang di Jepang. Seperti kita ketahui, Jepang adalah negara maju dimana menjadi kebanggaan tersendiri ketika kita mampu bekerja di sana. Tak perlu khawatir akan merasa kesepian di sana, karena banyak juga orang Indonesia yang sedang merantau di Jepang.

Pada artikel ini, Lister akan memberikan gambaran kira-kira apa saja alasan seseorang memtuskan bekerja/magang di Jepang.

  • Penghasilan besar dan peluang sukses di usia muda. Persyaratan untuk bekerja di sana adalah minimal berusia 18 tahun. Sehingga apabila di usia tersebut memutuskan merantau di Jepang, maka peluang memiliki dana modal/tabungan semakin besar.
  • Peluang memiliki bisnis
  • Pengalaman kerja di luar negeri dan kesempatan bekerja di pabrik Jepang yang lebih besar
  • Memperlancar bahasa Jepang sekaligus merasakan 4 musim di Jepang

Selanjutnya, kita akan membahas tentang bagaimana cara dan strategi bekerja di Jepang dari tahap persiapan, pendaftaran, persyaratan, hingga etika di tempat kerja.

Gaji Bekerja di Jepang

Rata-rata gaji di Jepang sebesar 874-1,000 Yen atau Rp120.000 per jam. Jika seorang karyawan di Jepang kerja selama 18 jam per hari, maka setiap karyawan akan mendapatkan gaji sekitar Rp19 juta per bulan.

Syarat Bekerja di Jepang

Jika kamu tertarik, berikut ini beberapa syarat magang/kerja di Jepang yang harus dipenuhi:

  • Calon peserta magang harus berpendidikan minimal SMA atau sederajat. Lebih baik lagi jika lulusan D3 atau S1.
  • Memenuhi syarat umur yang ditentukan lembaga rekrutmen. Jalur negeri antara 19-26 tahun, jalur swasta antara 18-30an tahun masih diperbolehkan.
  • Calon peserta magang memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 150 cm untuk wanita. Berat badannya juga harus ideal dengan tinggi badan, bisa dihitung dengan rumus -> Berat Badan = Tinggi Badan – 110.
  • Calon peserta magang tidak boleh memiliki penyakit mata bahkan tidak boleh menggunakan kacamata.
  • Tubuh dalam keadaan bersih, tidak boleh bertindik, bertato, dan memiliki penyakit kulit.
  • Tubuh tidak pernah mengalami masalah serius seperti operasi, patah tulang, atau memiliki masalah pada organ tubuh.

Selain persyaratan umum, ada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Surat lamaran dan/atau formulir pendaftaran.
  • KTP & KK.
  • Kartu Pencari Kerja (AK1).
  • SKCK.
  • Surat keterangan sehat.
  • Surat pernyataan pemberian izin magang dari orang tua atau wali.
  • Ijazah dan transkrip nilai.
  • Sertifikat keterampilan.
  • Pas foto 

Strategi Persiapan Kerja di Jepang

Lister sudah merangkum beberapa etika yang bisa kamu pahami saat persiapan bekerja di Jepang, seperti di bawah ini.

Setelan hitam adalah pakaian yang paling aman dan umum dipakai saat wawancara kerja. Meskipun tidak selalu harus menggunakan setelan hitam tetapi ini menjadi pilihan yang baik untuk menghindari mengenakan pakaian yang terlalu kasual.

Saat wawancara kerja, laki-laki sebaiknya mengenakan setelan berwarna hitam dengan dasi berwarna gelap (tidak mencolok), kemeja putih berkerah, sepatu hitam, kaos kaki hitam, dan tas kerja yang berwarna hitam atau gelap. Untuk wanita sebaiknya menggunakan setelah berwarna hitam (celana maupun rok), kemeja putih berkerah, sepatu hitam dengan hak, kaos kaki berwarna kulit, dan tas kerja yang berwarna hitam atau gelap.

Saat wawancara sangat tidak baik memiliki rambut berwarna terang (sebisa mungkin jangan mewarnai rambut). Sebaiknya tidak mengenakan kalung atau anting (boleh mengenakan jam tangan). Aksesoris dan setelan yang terlalu mencolok juga tidak disarankan.

Untuk laki-laki, sebaiknya pangkas pendek dan juga mencukur kumis dengan rapi. Untuk perempuan sebaiknya rambut diikat ekor kuda, menggunakan makeup tipis, dan memilih stocking dengan warna yang sama dengan kulit. Lister juga menyarankan untuk menggunakan sepatu hitam dengan hak yang pendek untuk menghadirkan kesan elegan.

Terlepas dari pagi, siang atau malam hari, mengucapkan salam adalah etika paling dasar di tempat kerja Jepang. Salam yang diucapkan saat pagi adalah “ohayou gozaimasu (selamat pagi)”. Saat berpapasan dengan rekan kerja atau atasan di toilet, lorong kantor, kantin, maupun di luar kantor, kamu bisa mengucapkan salam “otsukaresamadesu (terima kasih atas kerja kerasnya hari ini)”.

Sebelum pulang, jangan lupa mengucapkan salam “osaki ni shisureishimasu (saya izin pulang lebih dulu)” kemudian disusul dengan salam “otsukaresamadeshita (terima kasih atas kerja kerasnya hari ini)”. Itu adalah beberapa ungkapan salam yang termasuk dalam etika di Jepang.

Lowongan Kerja Luar Negeri Jepang

Untuk kamu yang berminat bekerja di Jepang namun belum tau cara menemukan lokernya. Berikut ini 6 situs penyedia info lowongan kerja terpercaya di Jepang.

Demikian enam jenis situs penyedia informasi lowongan kerja yang tersedia di Jepang. Segera siapkan dirimu sesuai kualifikasi yang dibutuhkan dan semoga berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, ya!

Baca juga: Cara Mudah Belajar Huruf Jepang: Kanji, Katakana, Hiragana