Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

9 Fakta Unik Tentang Bahasa Arab yang Jarang Diketahui

fakta unik tentang bahasa arab

Kursus Bahasa Arab – Semakin tahun minat orang yang ingin belajar bahasa Arab semakin meningkat. Salah satu alasannya adalah bahasa Arab adalah bahasa kelima yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 300 juta orang penutur yang tersebar di seluruh dunia.

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua di dunia dengan sejarah yang panjang. Jenis bahasa Arab yang digunakan sekarang dibagi menjadi bahasa Arab klasik, yang digunakan dalam A-Qur’an, dan juga bahasa Arab modern yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Jika kalian adalah salah satu orang yang tertarik mempelajari bahasa Arab, sebelum belajar tidak ada salahnya mengetahui beberapa fakta unik tentang bahasa Arab berikut ini.

Fakta-fakta Unik Tentang Bahasa Arab

Bahasa Arab modern masih terbagi lagi menjadi beberapa dialek daerah. Namun yang umum digunakan di kalangan profesional adalah bahasa Arab standar modern yang juga banyak digunakan di lingkungan pemerintahan, media, hingga diajarkan di sekolah.

Apa saja fakta unik tentang bahasa Arab yang kita kenal saat ini?

1. Huruf dalam bahasa Arab sebenarnya bukan alfabet

Kalian pasti tahu kalau bahasa Arab memiliki huruf-huruf tersendiri yang berbeda dari alfabet latin yang biasa kita gunakan. Sebanyak 28 huruf dalam bahasa Arab ini memiliki bentuk uniknya masing-masing.

Hal ini juga yang biasanya menyulitkan para pemula yang ingin belajar bahasa Arab. Namun faktanya huruf dalam bahasa Arab bukan merupakan sistem alfabet, melainkan ajbad.

Abjad adalah sebuah sistem di mana setiap hurufnya mewakili sebuah konsonan, bukan huruf vokal. Jadi, bedanya dengan alfabet adalah huruf bahasa Arab membutuhkan tanda atau simbol lain supaya bisa digunakan secara utuh, biasa dikenal dengan istilah harakat.

Huruf dalam bahasa Arab juga tidak mengenal penggunaan huruf kapital seperti dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Selain itu bentuk huruf bahasa Arab juga bisa berubah-ubah tergantung penempatannya.

Satu huruf bahasa Arab bisa memiliki hingga empat bentuk, yaitu bentuk saat berdiri sendiri, ada di awal kata, di tengah, dan di akhir kata.

2. Ada lebih dari 300 juta penutur bahasa Arab di seluruh dunia

Bahasa Arab adalah bahasa resmi yang digunakan di 22 negara di daerah Arab. Selain itu ada lebih dari 300 juta penutur bahasa Arab yang tersebar di seluruh dunia.

Kebanyakan penutur bahasa Arab tinggal di daerah yang tersebar sepanjang Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa Arab juga menjadi salah satu dari enam bahasa resmi di United Nations (UN).

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci umat Muslim, Al-Qur’an, sehingga sebagian besar pengguna bahasa Arab adalah orang Islam, walaupun tidak semuanya.

3. Ada banyak variasi dialek bahasa Arab

Semua bahasa memang memiliki logat atau dialeknya masing-masing, begitu juga dengan bahasa Arab. Bahasa Arab sangat erat hubungannya dengan bahasa Aramaic dan Ibrani, beberapa kesamaan juga masih bisa terlihat dalam bahasa Arab klasik yang digunakan dalam Al-Qur’an.

Ada juga bahasa Arab standar modern yang sekarang banyak digunakan dalam buku, film, koran, diajarkan di sekolah, dan digunakan dalam percakapan sehari-hari. Walaupun sudah menjadi standar, jenis bahasa Arab modern ini masih tetap memiliki banyak dialek yang berbeda tiap daerah penggunaannya.

Bagi para pemula, disarankan untuk mulai mempelajari bahasa Arab standar modern terlebih dahulu. Di antara sekian banyak dialek bahasa Arab yang ada, yang paling umum digunakan dan dimengerti adalah Arab Mesir yang digunakan di wilayah Mesir.

4. Cara unik membaca dan menulis dalam bahasa Arab

Ini juga salah satu hal unik yang biasanya mengagetkan non-native speaker yang baru belajar bahasa Arab. Bahasa Arab dibaca dan ditulis dari kanan ke kiri! Tidak seperti bahasa lain yang biasa kita gunakan.

Alasannya berasal dari zaman dulu saat awal mula penggunaan bahasa Arab. Dulu saat belum ada pena dan kertas, sehingga orang-orang harus mengukir di batu untuk menulis.

Proses penulisan ini menggunakan palu dan pahat, dengan palu dipegang menggunakan tangan kanan dan tangan kiri memegang pahat. Sehingga akan lebih mudah jika memahat atau menulis dari kanan ke kiri.

Cara membaca dan menulis ini hanya berlaku untuk tulisan atau teks, sedangkan untuk penomoran menggunakan angka tetap menggunakan sistem dari kiri ke kanan.

5. Tanda baca terbalik dalam bahasa Arab

Dari segi penulisan, bahasa Arab rasanya seperti tidak menggunakan tanda baca seperti yang biasa kita lihat. Ada tanda baca, tetapi posisi dan orientasinya berbeda.

Tanda baca koma dalam bahasa Arab menghadap ke arah yang berkebalikan dengan tanda koma normal (،). Tanda koma terbalik ini juga biasanya ditemukan di bagian atas garis, bukannya di bawah.

Tanda tanya dalam bahasa Arab juga bentuknya terbalik (؟) dari yang biasa kita gunakan (?). Selain itu, tanda titik dua digunakan sebelum bentuk kutipan, yang diakhiri dengan tanda petik.

6. Bahasa Arab termasuk dalam rumpun Afroasiatic

Dalam pohon keluarga dari persebaran bahasa, bahasa Arab termasuk dalam rumpun Afroasiatic yang tersebar di sepanjang Timur Tengah dan sebagian besar Afrika. Keluarga bahasa ini memiliki 6 cabang yang menimbulkan sekitar 300 bahasa dan dialek yang digunakan lebih dari 350 juta native speaker.

Di antara bahasa-bahasa lain dalam keluarga Afroasiatic ini, bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki pengguna paling banyak.

7. Dasar pembentukan kata bahasa Arab yang unik

Bahasa Arab memiliki metode yang kompleks dan unik dalam membentuk tiap katanya. Kosakata dalam bahasa Arab biasanya tersusun dalam tiga huruf, dan tiga huruf dasar ini nanti juga bisa digunakan untuk membentuk kata lain yang memiliki arti berkaitan.

Misalnya huruf dasar “k-t-b” yang bisa digunakan untuk membentuk kata-kata yang berkaitan dengan “menulis”, seperti “kitab” yang berarti buku dan “maktab” yang berarti meja atau kantor. Dengan sistem dasar seperti ini, penerjemahan langsung, terutama pada teks puisi, memang menjadi agak sulit.

Namun, sistem seperti ini juga bisa menguntungkan karena bisa menggambarkan keindahan dalam arti dan emosi dari bahasa Arab yang tidak bisa ditemukan di bahasa lain.

8. Suara dalam bahasa Arab yang tidak ada di bahasa lain

Dalam mempelajari bahasa baru, salah satu yang paling sulit adalah mempelajari teknik pengucapan yang berbeda dengan yang biasa kita gunakan sehari-hari. Bahasa Arab juga memiliki sedikit keunikan tersendiri dari segi pengucapannya.

Ada beberapa huruf dalam bahasa Arab yang teknik pengucapannya tidak bisa ditemukan pada bahasa lain, terutama beberapa huruf yang untuk mengucapkannya perlu mengeluarkan suara dari daerah belakang tenggorokan ataupun mengatur posisi lidah terlebih dahulu.

Untuk mempelajari materi huruf bahasa Arab mulai dari dasar, kamu dapat menyimak artikel Belajar Huruf Arab: Definisi, Daftar, Cara Baca, dan Ciri-Cirinya.

9. Salah satu bahasa dengan kosakata terkaya

Walaupun sulit menentukan jumlah pastinya, bahasa Arab sudah dipastikan merupakan salah satu bahasa dengan kosakata terkaya di dunia. Misalkan, ada 300 sinonim kata yang bisa menggambarkan singa dan ada 50 cara berbeda untuk mengekspresikan cinta.

Belajar Bahasa Arab dari Dasar sampai Mahir!

Kemampuan bahasa Arab penting untuk berkomunikasi dalam studi, bekerja, hingga tinggal di Arab Saudi maupun negara-negara Timur Tengah lainnya. Untuk mewujudkan impianmu, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Arab Lister.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo menarik informasi belajar bahasa asing lainnya.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!