Rekomendasi 5 Kue Lebaran Terfavorit Sepanjang Masa

kue lebaran

Program Lister – Idul Fitri selalu identik dengan sajian kue lebaran. Bahkan beberapa kue sengaja hanya dijual saat mendekati hari raya tersebut.

Berikut lima rekomendasi kue lebaran paling favorit yang siap menghiasi meja tamu rumahmu.

Nastar

Nastar adalah kue kering yang berisi selain nanas. Adonannya terbuat dari tepung terigu dan mentega, sehingga membuatnya beraroma wangi.

Meskipun identik dengan lebaran, nastar bukanlah kue asli Indonesia. Mengutip Good News From Indonesia, kue kering yang satu ini berasal dari Belanda yang terinspirasi dari pai loyang dengan isian selai stroberi, bluberi, atau apel.

Selai nanas dipilih karena buah ini mudah ditemukan di Indonesia dan memiliki cita rasa asam manis yang mirip dengan selai isian pai loyang lainnya.

Putri Salju

Putri Salju.
Putri Salju.

Kue cantik bertabur gula ini biasanya berbentuk bulan sabit, ditambah dengan taburan gula halus di atasnya. Hal ini menjadikan putri salju memiliki cita rasa gurih dari adonan kuenya dan manis dari gula halus.

Umumnya, resep putri salju di Tanah Air sudah disesuaikan dengan cita rasa masyarakat Indonesia.

Sama halnya dengan nastar, kue ini juga berasal dari negara lain, yaitu Austria. Di sana, putri salju biasa dihidangkan saat Hari Raya Natal. Kamu juga bisa membaca seputar kue populer saat Natal melalui artikel 11 Sajian Populer Kue Natal di Dunia, Manis dan Lezat! 

Kastengel

Jika kamu pecinta keju dan cita rasa asin, kastengel bisa menjadi teman lebaran yang cocok untukmu. Dilansir dari Fimela, nama kue ini berasal dari kata kaas (keju) dan stengels (batangan) dalam bahasa Belanda, negara asal kastengel.

Terbuat dari tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju yang melimpah, membuat kastengel didominasi oleh rasa gurih dari keju.

Lidah Kucing

Penamaan kue yang unik ini berasal dari bahasa Belanda kattentongen, yang berarti lidah kucing. Kue ini memang berbentuk tipis dan memanjang menyerupai lidah kucing.

Lidah kucing berbahan dasar tepung terigu, maizena, margarin, gula halus, dan putih telur yang kemudian dipanggang. Menurut Nibble, putih telur yang dikocok kaku merupakan kunci utama kenikmatan lidah kucing.

Kue ini memiliki cita rasa manis dan renyah, tetapi meleleh dengan lembut saat di mulut. Kini, lidah kucing sudah banyak dimodifikasi agar menjadi lebih kekinian dengan menambahkan coklat, taburan sprinkle, atau motif pelangi.

Sagu Keju

Sagu Keju.
Sagu Keju.

Sesuai namanya, kue kering ini berbahan dasar tepung sagu dan keju. Sagu keju menjadi kue kering lebaran paling favorit dari kalangan muda hingga tua, karena teksturnya yang lumer di mulut.

Tak hanya itu, rasa gurih dari santan di dalamnya ditambah dengan keju semakin menambah kenikmatan. Kue yang menjadi primadona saat lebaran ini harus disimpan dengan hati-hati karena cukup rentan dengan udara.

Ingin Menguasai Banyak Bahasa? Segera Ikuti Program di Lister!

Menguasai banyak bahasa memiliki berbagai keuntungan dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Daftarkan dirimu dalam Program Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya tentang belajar bahasa asing.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 50% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.